Google Ad

Monday, June 30, 2014

Pastel Cireng Isi Tahu


Wah..alhamdulillah waktu kok jalan cepet banget ya teman2..hihi..jadi malah nggak berasa kayak puasa..enjoy aja gitu..banyak kerjaan di dapur..tau2 udah siang..tau2 udah sore. Dan..pengennya posting macam2 di bulan puasa ini..eh malah agak sibuk sedikit hari ini...ya oke dech..paling nggak sehari satu gitu aku usahain tetep posting ya teman2..menu2 baru di bulan puasa ini. Nah..kali ini masih..bertema aci acian..aku  masih suka bereksperimen pakai aci nich..jadilah aku buat pastel cireng isi tahu kemaren. Berawal dari ngobrol sama mba Intan dulu tentang makanan yang lagi terkenal di Majalengka Jabar gitu..namanya Jalangkotek..bukan Jalangkote..dari Makasar lho ya..tapi pakai *K* belakangnya..jadi Jalangkotek..hihi. Yaitu cireng yang di bentuk pastel dan di isi tumisan tahu pedas. Baiklah..ini dia Jalangkotek ala aku sendiri tapi ya mba Intan..dan teman2 yang suka cemilan aci goreng..enak lho. Nggak kalah enak sama aci goreng isi sayur atau Olos yang resepnya udah ku share kemaren di SINI.

18

Sunday, June 29, 2014

Menu Takjil..Nagasari Hungkwe Pandan


Masak apa hari ini....?..Wah..aku tadi seharian masih melanjutkan bikin stock lauk..jadi baru bisa update blog dech..biar besok2 bisa segera ujicoba berbagai macam kue kering ya..sesuai request beberapa teman yang minta resep2 kuker baru. Oke dech...mumpung udah kelaaaar semua kerjaan aku updat resep baru utuk menu takjil puasa ya teman2. Ini adalah jajan pasar favoritku kalau buat takjil buka puasa..yaitu kue Nagasari hungkwe. Rasanya itu lho..lembut banget..apalagi kalau pakai pisang raja yang benar2 matang dan harum..hemm..enak sekali. Makin nikmat lagi jika sebelum di sajikan..masukin kulkas sebentar saja..jadi di makan..nyess gitu dech.

8

Saturday, June 28, 2014

Nasi Bungkus Ala Nasi Ponggol Khas Tegal



Wah..besok udah mulai puasa ya teman2..alhamdulillah ketemu lagi sama bulan yang penuh berkah ini. Sudah siap segala persiapan untuk memulai puasa teman2..?...Di awal bulan baik ini..mari siapin hati dulu ya..mulai dari awal lagi..sebelum puasa..mohon maaf lahir batin dulu..maaf2 jika aku ada salah2 kata atau salah lainya..selama ini. Dan kami sekeluarga mengucapkan : * Selamat menjalankan ibadah puasa ya buat teman2 yang menjalankannya*


Sudah ada rencana..masak apa buat saur nanti ?..Jika belum..cobain yukk..menu murah meriah tapi enak ini. cocok banget dech buat sayur. Tinggal di tambah lauk lain sesuai selera. Nah..mengawali puasa kali ini aku posting menu sederhana dulu ya...tapi tetep enak kok Menu kali ini masih dari Tegal..hihi. Waktu kemaren browsing2 tentang resep *olos*..eh nggak sengaja nemu juga makanan khas Tegal lain yang namanya Nasi Ponggol. Beneran..baru tau lho aku teman2 nasi ponggol ini..soalnya biasanya cuma tau warteg atau warung Tegal gitu ya..hihi. Atau yang paling ku tahu dan populer ya tahu aci atau tahu plethok. Ternyata banyak lho makanan2 lain yang enak2 dari Tegal. Dan akhirnya aku penasaran juga untuk mencoba nasi ponggol ini di rumah. Lha..kalau mau nyicip ke Tegal kan jauh ya teman2..hihi..jadi masak aja sendiri dulu. Dan ternyata..enak lho..walau cuma masakan sederhana..tapi malah enak dan miroso gitu. 

Nah..apa itu nasi ponggol. Begini ceritanya..dari hasil aku baca berbagai sumber di internet ya..antara lain dari Wikipedia..dari infotegalcom..dll. Jadi..intinya..nasi ponggol itu adalah nasi khas sarapan orang Tegal. Nasi hangat biasa..tapi di bungkus duan pisang ketika nasi masih hangat..jadi tambah harum aromanya..yang di sajikan dengan aneka lauk pauk. Jadi mirip2 nasi bungkus daerah lain..cuma di sajikan di pagi hari buat sarapan. Namun..pada perkembangannya saat ini..karena nasi ponggol sudah jadi makanan khas Tegal yang terkenal..maka nasi ponggol bisa juga di jumpai di warung2 pada siang atau malam hari. Makanya..ada istilah Nasi Ponggol Setan..atau di singkat *Pongset*..hihi..yang lagi nge trend di Tegal. Apa itu nasi ponggol setan..ya nasi ponggol biasa..tapi di jual pada malam hari..hihi. Tapi ada juga yang mengartikan pongset ini..mengacu pada rasanya..yaitu nasi ponggol super pedas sambel goreng tempenya. Aih..ada2 aja..ya nama makanan sekarang ya teman2..tapi memang jurus cepat sich mempopulerkan kuliner suatu daerah ya..dengan nama2 unik seperti itu.

Lanjut ya cerita tentang nasi ponggol ini teman2..jadi nasi ini lauk utamanya yang harus ada adalah sambal goreng tempe. Dari yang aku baca..di warung2..bisa di sebut makan nasi ponggol, jika ada sambel goreng tempe ini. Lauk lain boleh habis atau nggak ada..tapi sambel goreng tempe ini harus ada. Tapi ada yang bilang juga lauk utamanya orek tempe. Nah..bingung kan..secara kalau di tempatku..kalau sambel goreng itu bersantan..sedang orek tempe itu oseng tempe berkecap. Aku cari2 resepnya jarang yang ngulas sich nasi ponggol ini..cuma dari liputan2nya ada pemilik warung nasi ponggol yang cerita tentang resep tempe bumbu ponggol ini..jadi intinya tempe masak pedas bersantan..tapi di masak hingga kering gitu kayak orek tempe. Jadi aku gabung2 aja dech resepnya..aku sesuaikan seleraku sendiri akhirnya. Jadi..aku kira2 aja dech resepnya..jadi intinya sambel goreng tempe pedes gitu dech.,..tapi di masak sampai kuah mengental dan kering tanpa kuah. Untuk lauk lainnya sesusai selera..biasanya ada sayur atau tumisan lain..ayam goreng dll. Tapi kalau yang versi murah meriah..isi nasi ponggol itu dari yang aku baca cuma sambal goreng tempe itu sama mie goreng kampung...dan sepotong telur. Ya oke dech...aku gitu aja..buatnya..pengen coba yang paling sederhana ini aja dulu..hihi. Aku buat sambel goreng tempe dan mie aja tadi. Hemm..suka dech sambel goreng tempe di masak hingga kering gini ternyata enak banget...bumbunya lebih meresap dan miroso..jadi *nglawuhi* gitu..atau enak..buat di makan pakai nasi anget aja. Apalagi nasinya pas masih panas2 di bungkus daun ala nasi ponggol..we lha kok jadi tambah harum aromanya..serasa makan nasi kucingan di angkringan..hihi.

Oke dech segitu aja ya ceritaku tentang nasi ponggol ini teman2..dan ini aku masak nasi..ala nasi ponggol gitu dech..soalnya belum tau juga resep aslinya gimana...jadi ya maaf ya jika nggak persis2 banget..soalnya ya belum pernah nyicip sich. Buat teman2 yang asli Tegal...mau nambahin cerita tentang nasi unik ini..ayukk..silahkan banget..di tunggu sharingnya. Soalnya aku suka penasaran sama menu2 unik yang khas suatu daerah..biasa..jadi langsung aja..asal coba2 sendiri...hihi.  

Nah..sambel goreng tempenya ala aku begini nich teman2..sambel goreng tempe bersantan yang aku masak lama dengan api kecil hingga kuah menyusut..nah ketika kuah udah menyusut..terus aku kasih kecap manis..wah sensasi rasanya jadi enak banget je..jadi ini separo sambel goreng..separo orek tempe dech..hihi.

Oke dech..resepnya aku share yang sambel goreng tempe keringnya aja ya..karena ini yang paling penting lauknya untuk makan nasi bungkus..ala nasi ponggol..kalau menu lain misal mie goreng dll..udah sering aku share ya teman2.
Sambel Goreng Tempe Kering

Bahan :
300 gram tempe, potong kotak2 kecil, goreng hingga setengah matang
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah 
1/2 sendok teh kaldu sapi  ( optional )
Garam secukupnya
Kecap 1 sendok makan ( secukupnya )
Santan kental 800 ml
Bumbu :
8 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
10 buah cabai merah, haluskan
5 buah cabai rawit merah, haluskan

Cara membuat :
Tumsi bawang merah dan putih hingga harum, masukkan cabai halus, tumis kembali hingga matang. Masukkan santan dan bumbu2 lain. Biarkan hingga mendidih, masukkan tempe. Masak dengan api kecil hingga kuah mengental , masukkan kecap manis, aduk rata, Koreksi rasa.
Sajikan dengan nasi hangat.



Oh ya..selain lauk utamanya sambal goreng tempe atau orek tempe itu..nasi ponggol ini biasa di makan juga bersama sayuran atau masakan lain, misal..oseng atau tumis labu siam, oseng kangkung..atau mie goreng kampung atau juga bihun goreng dll.
12

Tips Membuat Bubur Kacang Hijau Dan Bubur Ketan Hitam Yang Enak


Bubur kacang hijau...hemmm..menu gampang sekali ya teman2..kayaknya. Tinggal di rebus..kasih gula..santan dll..sesuai selera. Beli juga banyak..di mana2 ada. Namun kadang2 kalau beli itu ya kurang sesuai selera ya teman2..kadang terlalu manis..kadang terlalu encer..kadang kurang empuk dll..dech. Jadi intinya kalau bubur kacang hijau itu..aku lebih suka bikin sendiri di rumah. Bubur kacang ijo yang enak menurutku itu yang empuk dan medok gitu..hihi. Jadi beneran seperti makan bubur..bukan kayak makan wedang kacang hijau yang masih keras kacang hijaunya.
18

Friday, June 27, 2014

*Olos*..Aci Goreng Isi Dari Tegal


Akhirnya kesampaian bikin Olos.....tadi pagi. Beberapa waktu yang lalu ngobrol sama mba Emma dan mba Dewi yang asli Tegal..tentang olos ini. Katanya..Olos ini salah satu jajanan Tegal yang lagi booming..selain tahu aci. Hemm jadi penasaran dech pengen buat juga. Apa itu olos ?.. Olos..adalah aci goreng yang di bentuk bulat2 dan dalamnya di isi. Dulu asal mula olos ini isinya cuma kol dan cabe yang di tumis. tapi sekarang ini sudah berkembang jadi jajanan khas Tegal dengan aneka isian..misal ayam..keju..dll. 

15

Sayur Kalakan Khas Pacitan



Sayur Kalakan...mungkin menu ini terdengar kurang familiar ya teman2 di telinga kita..beda sama menu2 tradisional lain. Masakan ini adalah masakan khas Pacitan Jawa Timur. Menu ini biasa di sandingkan dengan nasi tiwul. Ketemu menu ini..biasa..hasil bongkar bongkar tabloid lama juga..dan liat liputan tabloid saji tentang menu ini di rubrik plesiran atau wisata kuliner gitu. Setelah aku baca2 bahannya..lho..kok mirip dengan mangut Jawa Tengah ya..cuma beda di penampilan aja..ikan asapnya di sundukin gitu alias di tusuk lidi gitu. Bedanya..sayur kalakan ini pakai bumbu kemiri dan kunyit juga..sedang mangut bisa pakai bisa juga tidak..dan kadang malah cenderung warna pucat karena bumbu2nya cuma di iris dan pakai santan encer. Kalau sayur kalakan ini bumbunya lebih kental dari mangut Jawa Tengah..kuning kemerahan gitu.
5

Thursday, June 26, 2014

Rawon Empal Goreng


Di waktu luang sambil nemeni Yodha main atau belajar..biasanya aku sambil baca2 majalah atau tabloid jadul koleksiku..hihi..jadul juga ya hobby ku teman2..di saat serba canggih mau liat2 resep masakan atau apapun bisa langsung baca di smart phone dll..aku kok masih suka ngulak alik tabloid resep2 jadul..karena kadang2 ya itu menemukan harta karun,.misal resep2 langka..atau unik..yang kadang2 sampai berjam2 ngubek2 google..belum tentu dapat resep2 jadul kayak gitu..hihi. Jadi..aku kadang suka ke tukang buku loak tuch temen2..kan ada ya di masing2 daerah..misal di Yogya..aku suka beli di shopping centre..tuch deket taman pintar. Kalau ke Jakarta..aku suka beli di pasar Festival Kuningan tuch..segepok majalah yang biasanya mahal2..jadi murah banget kalau udah lewat bulannya..hihi..misal majalah Pastry & Bakery..dll...kan kalau beli baru mahil ya..kalau beli bekas..dapet dech murah..hihi..kan ilmu tetep sama teman2..mau majalah lam atau baru..ya kan..hihi.  Kalau di Semarang nich jarang ada..di bawah dikit sich yang jual buku2 loak yang isinya resep2 jadul..atau majalah2 resep jadul gitu. Kadang2.di tempat loakan gitu,...aku sering juga nemu buku resep yang masih pakai bahasa edisi ejaan lama gitu..seru..hihi..jadi rasanya malah otentik dan juga jadul lho resepnya teman2..paling2 aku modif aja biar jadi modern atau aku sesuaikan seleraku. Di daerah teman2 juga adakah tempat loakan buku gitu ?..

15

Wednesday, June 25, 2014

Bakso Lombok Ulek...Bakso Khas Temanggung Yang Unik..


Tadi..habis bikin bakso bakar buat suami dan Yodha..eh jadi bingung mau sarapan apa ya buat diri sendiri..hihi. Lha lidah Jowo ki..kalau cuma sarapan susu kok ndak mantep..hihi. Beda sama Yodha dan papinya..kalau pagi tuch sarapannya sekarang pada minta sosis atau bakso bakar aja kahir2 ini..atau telur..dan susu..udah. Walah..pada diet apa ya..hihi. Iya..Yodha udah  bosan sarapan nasi goreng atau mie goreng katanya. Yo wis lah Kak..karena lagi libur ya ndak pa2..suka2 aja sarapannya..paling2 sebentar lagi teriak laper..hihi. Nah,..karena pada makan bakso bakar tadi..aku kok ya jadi pengen makan bakso juga. Tapi..aku kurang suka bakso yang banyak dagingnya kayak bakso yang aku bakar tadi..hihi..lebih suka bakso yang lebih banyak tepungnya..hihi..karena ada kenyal2nya..enak..dan..di buat bakso kuah. Nah..kebetulan aku punya stock bakso pasar juga..jadi dech pengen bikin bakso kuah. Karena pas..kebetulan tadi pesan kupat ke tukang sayur buat bikin kupat sayur..jadilah kepikiran buat bikin Bakso Lombok Ulek Khas Temanggung ya seger itu. Hemm..apa hubungan bakso dan kupat ?..Hihi..aneh kan teman2..tapi ya memang begitu lha..bakso lombok ulek khas Temanggung ini unik sekali..karena bakso kuah..tapi pakai kupat. Masih heran ??..Jangan ke mana2 kalau begitu..Yukk simak cerita selanjutnya..Halah..*Lebay..hihi.
26

Bakso Bakar



Bakso bakar nich lumayan sering aku masak buat Yodha dan papinya..secara..penggemar bakso semua itu para pria di rumah..hihi. Nah..tapi kalau di buat bakso kuah pada nggak suka..paling2 di buat campuran nasi goreng atau mie goreng..atau malah di bakar..terus di gado ..malah pada suka. Nah..pagi ini juga..pada males sarapan..cuma minta bakso bakar aja. 

17

Tuesday, June 24, 2014

Tips Menghemat Waktu Memasak di Bulan Puasa


Wah..nggak kerasa,..minggu besok udah puasa ya teman2..buat yang menjalankannya. Nah..pasti kalau bulan puasa..kerjaan emak2 pasti nambah ya..karena musti nyiapin saur juga dini hari. Apalagi kalau yang kerja juga..wah pasti berlipat2 capeknya. Tapi ya namanya ibadah..kalau kita lakukan dengan ihklas ya jadi ringan aja kok teman2..kan udah kewajiban kita ya..sebagai istri dan ibu..nyiapin menu2 buat buka dan saur keluarga di rumah. Nah..biar rada enteng dikit kerjaan..dan juga biar punya lebih banyak waktu buat beribadah misal..sholat terawih dll..yukk kita siapin aja menu2 yang awet..buat saur..atau buka, dan juga beberapa tips menghemat waktu masak di saat puasa ya teman2..semoga bermanfaat ya..buat ibu2 baru nich..yang lagi seneng belajar masak.
29

Arseng...Kolak Kukus Khas Kraton Yogya


Alhamdulillah..bentar lagi kita ketemu bulan puasa ya buat teman2 yang menjalankannya....jadi mulai dech mengeksplor menu2 takjil..atau menu2 khas bulan Ramadan ya teman2. Nah..karena pas di kirimi pisang dari mertua beberapa waktu lalu ..jadilah aku pengen ngolah pisang ini jadi berbagai macam kudapan. Sayang je..pisang raja yang ranum dan harum masak pohon cuma di makan gitu aja. Kalau beli kan suka pisang karbitan gitu di pasar..dan mahal kalau yang ranum2 begitu..hihi..*mak irit banget*. Jadilah..kalau dapat kiriman pisang suka aku simpan separo di dapur ( *baca : di umpetin...hihihi )..buat praktek bikin kue2 atau jajanan baru,..soalnya..kalau di taruh di meja makan..wis..di jamin langsung habis di makan suami..hihi..yang memang pecinta pisang..apalagi pisang raja..bisa2 rencana bikin jajanan dari pisang gagal maning..hihi.
17

Monday, June 23, 2014

Kangen makan *Thontho*



Hihi..Thontho..apa itu..mungkin banyak yang nggak tau ya teman2 makanan ini. Bentuknya sich cute ya teman..bulat2 imut kayak kroket..tapi ini terbuat dari kelapa parut aja...hihi. Makanan ini adalah lauk kendurian di tempatku di Yogya..biasanya buat lauk nasi golong atau nasi gurih..beserta lauk pauk lain untuk pelengkap nasi besekan / kendurian. Dulu jaman kecil..namanya anak2 ya suka ya..karena bentuknya yang bulat2 garing dan gurih..apalagi di makan sama nasi gurih gitu kok ya enak banget. Thontho ini mirip sama rempah kelapa..tapi lebih simpel bumbu2nya.

26

Kacang Tojin


Minggu kemaren pas ke pasar..liat kacang tanah bertebaran...banyak sekali mbah2 penjual di pasar yang jual kacang tanah hasil panen sendiri. Wah..lagi musim panen kacang nich kayaknya. Pasar deket rumahku nich memang unik teman2..yang jual banyak mbah2 yang cuma jualan barang2 dikit aja..hasil kebun masing2..jadi jualannya tergantung musim apa. Kalau musim mangga..ya pada jualan mangga..musim nangka..pada jualan nangka..gitu dech..tapi ya malah seru aja..soalnya pembeli jadi dapat bahan2 makanan fresh hasil kebun mereka..berasa penen sendiri..hihi. Nah..kali ini banyak yang pada jual kacang tanah..baik itu masih mentah..atau udah di rebus..atau udah di kupas. Nah..kemaren aku tertarik sama mbah2 yang lagi ngupas kacang..kacang yang di jualnya kok agak gede2..istilah jawanya *mentes2 gitu. Wah..langsung aku beli dech. Dan ini dia...setelah di kupas kulit arinya aja masih nampak gede2 kan teman2..kacangnya..dan yang jelas..fresh..hasil panenan sendiri.  
16

Nasi Tiwul Goreng


Pagi teman2..udah sarapan..?..Sarapan nasi goreng ?..Udah biasa ya..kalau nasi tiwul goreng udah pernah makan belum teman2 ?

Aku..baru coba ini juga sich yang namanya Nasi Tiwul Goreng. Kebetulan masih punya stock tepung gaplek..jadi penasaran untuk mengeksplorasi lebih banyak olahan gaplek ini..mencicipi berbagai olahan gaplek atau tiwul dari berbagai daerah...biar bisa lebih variasi gitu..dan juga memperkaya khasanah kuliner tradisional berbahan gaplek. Bangga gitu sama bahan pangan lokal..yang sekarang semakin naik aja kelasnya..hihi. Dulu..yang namanya tiwul..atau makanan dari gaplek kan di pandang sebelah mata..dan di anggap makanan kelas rendahan..berbeda dengan sekarang..malah di buru untuk di nikmati oleh warga perkotaan..bahkan pejabat dll..kalau ke daerah2..suguhannya ya malah nasi tiwul..dll. 
4

Sunday, June 22, 2014

Perkedel Jagung Udang Menul Menul


Hihi..judulnya lebay..tapi..memang menul menul..nggemesin banget kok perkedel jagungku ini teman2..*lol..!
Ceritanya Yodha lagi suka perkedel jagung ini..sejak makan perkedel jagung ini di salah satu food court..lha sejak makan itu..jadi seneng. Padahal..di rumah yo sering banget bikin dari dulu kalau cuma perkedel jagung ya..tapi ya..namanya Yodha..kalau belum kepepet dan nyoba sendiri ya belum seneng..dan nggak mau di paksa2 makan sesuatu. Pas di food court itu ceritanya kan sambil nunggu pesanan nasi gorengnya aku beli berbagai macam gorengan..nah..liat aku dan papinya makan gorengan nampak enak..akhirnya mau nyicip dia..dan suka jadinya sama perkedel jagung ini..hihi. O alah Kak..dari dulu kek ya suka..kan bisa makan dari dulu perkedel jagungnya. Sekarang lumayan lah udah mau maka gorengan dia..biasanya..kalau makan gorengan itu ndak mau ..katanya bikin kolesterol dan berkalori tinggi lho Mi..hihi. Halah..lha wong kamu je belum ndut udah mikir kolesterol..hihi..gara2 kebanyak baca buku *Why* dia nich. Tapi nich..dia jadi suka gorengan sekarang..pertama kemaren ketagihan sama tahu aci..cireng..dll. Eh sekarang nich lagi suka perkedel atau bakwan jagung..hihi.

18

Saturday, June 21, 2014

Sayur Empis Empis Khas Temanggung



Teman2 ada yang tau Sayur Empis Empis khas Temanggung...? Aku juga baru pertama nyoba memasak dan makan ini. Walau sebenernya kalau masak sayur cabe hijau bersantan gini ya sudah sering..tapi kalau versi Temanggung yang super pedas ini yang baru ini nyoba. Wah..ternyata enak sekali..pedesnya menggugah selera..bumbu2nya yang di iris semua juga bikin sayur ini jadi seger. tapi buat yang suka pedes lho..^^

30

Bubur Pati Kerut


Setelah banyak makan pedas..salah satu cara untuk mendinginkan perut yang paling enak..ya makan bubur pati kerut ini..hihi. Kemaren tuch lagi menimbang2 untuk mengolah tepung garutku yang tinggal sekilo..jadi di eman2..mau di buat apa..di pikir beneran..hihi. Soalnya udah janji juga mau bikin cookies garut buat teman2. Padahal selalu ingin buat ongol ongol lagi..hihi..mumpung ada tepung garut gitu..tapi sik ahh..bikin cookies dulu sama buat dawet ayu...soalnya kan tepungnya susah carinya..musti ke Yogya..hihi. Nah..pas lagi mengayak tepung garut kemaren mba art ku nanya.."Itu tepung apa Bu..?" "Aku bilang tepung pati kerut.."..Terus mba art ku bilang..wah..enak itu Bu..di buat bubur..dan cerita kalau di tetangganya ada yang buat pati kerut juga..tapi numbuk sendiri..katanya jadi rebutan di beli tetangga kiri kanan soalnya mau puasa ini pada nyetok di buat bubur.
22

Friday, June 20, 2014

Udang Goreng Krispi


Udang goreng..salah satu makanan favoritku. Udang goreng tepung model apa aja..sukaaa...hihi. Mau udang goreng tepung kering pakai tepung beras, atau udang goreng tepung yang di celup adonan adonan basah..udang goreng panir..udang goreng mentega..wis..pokoke udang goreng..aku mau. Kecuali udang goreng di acara kondangan gitu..aku ndak suka..kenapa..karena keras udang gorengnya..hihi. Kadang2 kalau kita kondangan..ada kan nemu udang goreng tepung ya teman2..nah tapi kadang udangnya tuch jadi keras banget..baik udang atau tepungnya juga..wah..beneran dech..alot dan keras..hihi. Karena memang udang ini nggak boleh di goreng terlalu lama ya teman....kalau nggak malah jadi alot dan ilang rasa manis alaminya. Jadi..prinsip goreng udang..api justru jangan terlalu kecil..biar udang cepet matengnya.

9

Brambang Asem Daun Glandir



Ini masakan super praktis dan mudah teman2...tapi uenakk lho.  Gara2 kemaren liat daun glandir muda2 dan seger di tukang sayur..jadi pengen masak ini buat suami..karena masakan ini memang favorit suami. Dulu pas..awal2 nikah..kaget juga..kok suami request daun glandir rebus dan sambel brambang asem ini. Lha..di Yogya daun glandir itu jarang di masak je..biasa buat ramban aja..buat makan *embek*..hihi. Dan ternyata..setelah di semarang aku sekarang jadi doyan daun glandir juga..hihihi. Apa itu daun glandir ?..Daun glandir adalah daun pucuk ubi atau ketela rambat teman2. Pertama makan dulu ya agak aneh..tapi lama2 doyan..hihi. aplagi kalau masih segar dan muda2 daunnya kayak yang aku masak kemaren ini..enak..kres2.
24

Thursday, June 19, 2014

Dawet Ireng..Beda Resep


Bentar lagi puasa ya teman2...jadi waktunya eksperimen berbagai resep dawet nich. Secara..minuman dawet merupakan salah satu minuman wajib ya..kalau bulan puasa. Buatku sich..hihi. Paling nggak beberapa kali suka dech bikin dawet buat buka puasa..di samping kolak dll. Makanya di pasar2 sering muncul dawet2 bertebaran ya..kalau puasa teman2. Nah..dawet yang paling aku suka..adalah dawet yang terbuat dari tepung beras aja..dan di campur tapioka dikit. Tapi kalau beli di pasar2 itu kebanyakan pewarna dech..jadi suka kalau bikin sendiri dech dawetnya. Nah..mumpung masih ada stock abu merang lagi di rumah..bikin dawet ireng aja dech. Untuk resep dawet ireng yang tepung beras sama tapioka..udah pernah ku share resepnya di SINI..dan aku suka dech tekturenya dawetnya..enak..lembutnya pas. Nah...biar dapet ilmu baru..aku coba resep dawet ireng versi lain..kali ini aku coba dari tabloid koki..tapi ki..kok kurang abu merangnya menurutku, dengan perbandingan tepung yang sampai hampir 250 gram..jadinya kurang hitam dawetnya..malah agak hitam keabu2an..hihi. Tapi kalau rasanya sich enak juga..lembut..dan kenyal karena ada tambahan abu merang ini.
12

Wingko Babat Nangka


Kalau ke pasar..pasti mampir ke tukang kelapa langganan..dan sudah pasti tahu pesananku dia..satu kelapa di parut panjang..jangan terlalu tua dan jangan terlalu muda. Penjual kelapa tuch sering nanya..buat apa tho Mba..kok sering banget beli kelapa parut panjang. Aku bilang..buat kue2..buat taburan jajan pasar dll. "Oh..mba nya jualan jajan pasar ya..?"..Oh ndak..aku bilang gitu..buat stock di freezer aja. Dan si mas nya jadi gumun..alias heran..kok sering banget bikin kue2 pakai kelapa..hihi. Iya..aku suka nyetok kelapa yang setengah tua ini di freezer. Ya..walaupun pasar deket..kan nggak tiap hari ke pasar. Jadi..kalau mau bikin apa2 yang pakai kelapa..selalu ada stock gitu. Kalau kelapanya baru marut..terus sampai rumah langsung masuk freezer itu bisa awet kok sampai semingguan teman2..jika di buat aneka jajanan dan taburan kue. Beda kalau aku pesan di tukang sayur..kan datang ke rumahku udah jam 11 siang..jadi kelapanya kadang udah kecut dan kalau di kukus jadi kehitaman. Ya wajar sich..tukang sayurnya kan belanja ke pasarnya jam 2 malam ya..jadi udah berapa jam kelapa parutnya kan umurnya..hihi. Jadi..kalau untuk buat kue2 atau taburan..aku lebih suka kelapa yang fresh dan marutin di pasar.

28

Wednesday, June 18, 2014

Cireng Praktis & Enak

 
Jangan bosan ya teman2..tema kali ini masih seputar aci aci an..hihi. Tadi cilok buatan kemaren..sekarang ganti cireng...hihi. Lha itu lho jagoanku Yodha lagi suka *aci acian* yang di goreng. Kan lagi libur panjang nich di rumah aja..jadinya..kalau pagi suka laperan tuch..jam 10 gitu udah teriak2.."Mi..*snack time*..katanya..hihi...kayak di sekolah aja Kak. Terus pas aku tanya mau makan apa buat snacknya..dia langsung bilang aci goreng..hihi. Walah..dari kemaren aci goreng mulu. Yo wis lah..mumpung mau..ya apa susahnya bikin aci goreng buat boss kecil tersayang..hihi. Sebenernya mau bikin pakai tepung aci berbumbu Aciku..tapi ki udah habis je..kemaren ada temen datang dan setelah baca ulasanku tentang *Aciku* ini..mau coba..yo wis..aku masih ada, tak kasih ke temanku aja..biar di coba. Tapi kalau buat teman2 mau coba buat cireng pakai tepung *Aciku*..bisa lho..kata mba Dewi..tepung aci *Aciku* ini enak di buat cireng juga. Apa itu tepung *Aciku*..liat di SINI ya teman2..ulasanku tentang tepung aci berbumbu asli Tegal ini...sapa tau ada yang ketinggalan infonya..hihi.

Akhirnya untuk cirengnya aku racik tepung sendiri..dan nggak susah2 kok..karena udah suka sama takaran cimol yang aku buat kemaren..aku coba sekarang buat cireng..walah..sama aja enak ternyata...hihi. Yo wis lah..kebetulan ya teman2..jadi ndak perlu repot2 bikin biang dulu..kayak di resep cirengku yang terdahulu...yang resepnya pakai biang ( adonan yang di masak sebagian ).
30

Cimol...Aci di Gemol..! ^^


Cimol...aci di gemol..atau di bentuk bulat2. Satu lagi jajanan murah meriah..dan enak dari Bandung atau Sunda ya..yang wajib di coba nich teman2. Walaupun cuma dari aci..eh kok ya enak banget..hihi. Dulu aku rada2 males kalau coba jajanan yang bahannya aci doang..eh sejak setelah ketagihan tahu aci..tahu plethok dll  dulu..langsung dech merembet suka bikin cireng..cilok..dan sekarang yang baru aku pertama coba..adalah cimol ini. Cimol nich sama aja kayak cilok..tapi versi goreng. Tapi membuat cimol ini menurutku lebih mudah daripada cilok. Kalau cilok kan di rebus ya teman2..jika perbandingan tepung aci  / tapioka dan terigunya nggak pas..bisa alot ciloknya. Tapi aku dari beberapa kali bikin cilok..sekarang sich udah bisa bikin perbandingan yang pas..sehingga ciloknya bisa empuk tapi tetep sedikit kenyal. resep cilok yang enak..dulu udah pernah ku posting di SINI ya teman2.
45

Tuesday, June 17, 2014

Manisan Kolang Kaling Bunga Telang..Bukan Biru..Tapi Jadi Ungu Warnanya



Masih asyik nich bikin2 sesuatu yang pakai bunga telang teman2...soalnya seneng liat hasilnya yang cantik2..kayak ketan biru..sirup bunga telang dan nasi kerabu. Nah..mumpung masih ada sedikit bunga telangnya..aku manfaatin sekalian buat bikin manisan kolang kaling bunga telang...dari pada ku simpan malah ilang..sayang kan. Warna manisan kolang kalingnya bisa berubah cantik dari biru jadi ungu juga lho teman2..karena kolang kaling kan ada rasa asamnya juga..atau kecut ya tepatnya..hihi..karena kelamaan di rendam di air. Tapi..karena tadi kolang kalingku baru dan segar tadi..warna ungunya kurang genjreng keluarnya..akhirnya..aku kucuri jeruk nipis sekalian..wah..langsung dech..warna ungu cantiknya nongol..dan rasa manisan kolang kalingnya juga tambah enak dan seger..karena ada asam2nya dikit...asam dari jeruk nipis lho..bukan asam dari kolang kaing yang udah terendam lama dan basi..hihi. Sipp dech..uji coba tak sengaja..malah bikin kolang kalingku tambah seger rasanya.
14

Uji Coba Bikin Sirup Bunga Telang W' Yodha


Masih..karena takjub dan benar2 terpesona dengan bunga telang kiriman mba Rina kemaren..hari ini  sekalian aku uji coba makanan dan minuman dengan pewarna alami bunga telang ini. Tapi karena bunga telangnya tinggal dikit..jadi uji cobanya dikit2 aja..hihi..biar nggak penasaran. Hari ini aku buat nasi kerabu biru..sirup bunga telang dan manisan kolang kaling bunga telang. Masyaallah..benar2 cantik semua warna2nya. Memang bener teman2..warna alami ciptaan Tuhan ini sungguh2 cantik..dan hebatnya lagi nggak merubah rasa makanan atau minumannya lho teman2..ya cuma warnanya aja yang berubah jadi cantik. Moga2 bunga telangku numbuh dech..hihi..biar aku punya stock pewarna alami ini banyak2 di rumah. ayukk..yang mau nanem bunga telang..jangan ragu lagi teman2..banyak sekali manfaat buga ini..selain buat pewarna makanan,..kata teman2 lain bisa buat obat mata..atau bisa buat merawat mata biar cling gitu ya..wah..sayangnya ndak bisa coba..lha udah habis bunga telang keringku..hihi.
16

Sayur Asem Sunda


Sayur asem..sudah pasti jadi sayur favorit banyak orang ya teman2..termasuk aku..dan suami. Sayur sederhana dengan isian aneka sayuran dan bercitarasa asam segar ini memang tak pernah bosan ya kita santap teman2. Sayur dengan bumbu utama asam Jawa atau belimbing wuluh ini juga sehat..tanpa minyak2 sama sekali ya teman..jadi cucok juga dech buat diet..apalagi kalau makan tanpa nasi..wis di jamin cepet langsing dech..hihi. Tapi jangan sama ayam goreng..tempe goreng..bebek goreng dll..wah lha itu sama aja menu nikmat namanya..bukan menu diet lagi..hihi. Eh ternyata..sayur asem ini ada macam2 versi ya teman2..kayak sayur asem Betawi..sayur asem Jawa Tengah..Sayur Asem Sunda..dll. Biasanya aku kalau bikin sayur asem tuch yag kuahnya buthek..karena bumbunya pakai kemiri..versi mana tuch..versi ibuku..hihi. 

21

Monday, June 16, 2014

Ketan Biru Bunga Telang Ku Yang Eksotis..^^


Wah..seneng sekali aku..kemaren dapet paket dari mba Rina Audie dari Bekasi..paket yang sangat berharga buatku..hihi. Apa itu ?..Bunga Telang kering dan biji2nya. Makasih banyak mba Rina..akhirnya rasa penasaranku terjawab..udah bisa buat ketan biru sendiri di rumah. Jadi ceritanya pas aku posting jajanan ketan biru dari pasar Gang Baru Semarang beberapa waktu lalu..eh aku penasaran pewarna biru alami yang namanya bunga telang ini. Dan alhamdulillah mba Rina nawarin aku untuk mengirim bijinya..biar aku bisa nanem bunganya. Tapi dasar akunya ngelunjak ya mba..maaf...hihi..di beri biji..tetep..minta bunganya...biar nggak kelamaan nuggu numbuh dan berbunga gitu..hihi. Soalnya kalau aku yang nanem..belum tentu numbuh juga..hahaha..jadi minta jadinya aja dech. Soalnya aku juga pernah liat di afc itu ada pengusaha resto Chinese peranakan di luar tuch pakai bunga telang kering bisa buat bikin ketan biru ini. Akhirnya mba Rina berbaik hati menguji coba untukku dengan di remas2 di air..katanya warna birunya tetep keluar walaupun udah kering..sipp dech mba..bahagianya hatiku..karena nggak harus nanem dan nunggu numbuh dulu bunga telangnya, buat bikin ketan biru..hihi. Tapi bijinya tetep aku suruh tanem kok mba..sama art ku..moga2 numbuh. Kalau aku yang  nanem..ya *mbuh2 an bisa numbuh atau ndak..hihi..shio naga api soalnya..susah di suruh bercocok tanam..cocoknya ya pegang kompor..* lol..!
28

Legitnya Madu Mongso


Madu mongso...jajanan jadul yang enak dan legit.....buat yang suka sich..hihi. Kalau aku suka banget. Dulu jaman kecil..ada salah satu tetangga yang kalau lebaran pasti suguhannya madu mongso ini...beliau biasa buat sendiri madu mongsonya. Karena anak kecil dulu seneng kan kalau lebaran keliling rumah tetangga dapat makanan baru2 yang belum pernah di makan..nah..kalau ke rumah tetangga yang bisa buat madu mongso itu..pasti kue lebaran inceranku ya madu mongso ini. Ternyata teman2 lain juga sama..jadilah  pada berebut dech madu mongso kalau berkunjung ke rumah tetanggaku itu. Hemmm..kenangan masa kecil yang indah..sekarang sich udah nggak usum atau nggak musim lagi kunjung mengunjung pas Lebaran..yang ada cuma acara salam salaman di masjid doang..udah..habis itu ya cuma pada ke saudara2 dekat aja. Kalau jaman aku kecil sampai remaja dulu ya keliling ramai2 dengan teman2 kalau Lebaran..ke rumah tetangga2..sampai antar rt..rw..bahkan lain kampung pun..saling kenal..hihi.

26

Sunday, June 15, 2014

Mi Kopyok Pak Dhuwur..Sederhana Dalam Rasa..Namun Bisa Membuat Lidah Ketagihan



Hidangan mie..sudah pasti banyak ragamnya ya teman2...dan banyak daerah di Indonesia punya ciri khas hidagan mie masing2..dari mie Jowo..Mie Medan..Mie Bandung..Mie Cirebon..dll..semua punya ciri khas masing2. Nah..di Semarang juga ada lho..hidangan mie yang sangat unik dan enak. Yaitu Mie Kopyok. Kenapa di sebut mie kopyok..karena cara buatnya adalah dengan di kopyok2 di air mendidih mie nya. Mie yang di pakai adalah mie pasar yang basah dan khas rasanya. Rasa dan penampilannya sich sederhana saja..tapi justru itulah yang menjadi keunikannya..kok bisa..mie sesederhana itu bisa enak banget..hihi. Mie yang minus tambahan daging2 an dll..ya cuma sekedar irisan kecil2 lontong dan mie..di tambah tahu pong yang di iris tipis2, taoge panjang, serta taburan daun sledri dan kerupuk karak banyak2..kemudian di siram kuah coklat berkecap dengan ras agurih dan sedikit manis..tapi rasanya kok ya sangat enak. Nyesel dech baru nyoba mie kopyok Pak Dhuwur ini baru2 ini..hihi, padahal udah tinggal di Semarang selama 10 tahunan..wua..kemana aja Bu..!..lol..ada makanan enak kok nggak di cicip dari dulu...hihi. 

13

Wedang Uwuh Khas Imogiri Bantul Yogya


Wah..ternyata masih ada satu oleh2 dari Yogya kemaren yang tertinggal..belum di posting teman2..hihi..ya baiklah..di posting aja ya..sayang ini udah di foto..hihihi. Gara2 suami begadang nonton bola dan minta minum hangat dan anti masuk angin..jadi ingat masih punya wedang uwuh ini, dan memang ini minuman paling tepat untuk mencegah atau mengusir masuk angin serta menghangatkan badan dan menjaga stamina di musim begadang atau musim bola ini..hihi.. 

2

Saturday, June 14, 2014

Mie Pentil & Mie Gaplek..Enake Rek..^_^



Alhamdulillah..tadi siang pulang dari kondangan ke Ungaran..ada mba Elmi datang ke rumah..ngoleh2 hi aku mie pentil, mie gaplek dan tempe benguk..wah..senengnya..jadi terharu aku mba..di bawain beneran jauh2 dari Sukoharjo..hihi. Yang paling pengen cepet2 aku makan ini mie pentilnya mba Elmi...hihi. Jadi..tadi mie pentilnya langsung aku masak..hihi..sudah lama sekali ndak makan mie ini..dan akhirnya kerinduanku terobati..hihi..enak sekali mie pentil ini je..apalagi kalau masak sendiri di makan anget2..wah..langsung habis tadi..hihi. Padahal ya habis kondangan lho..tapi tetep pengen langsung maem mie pentilnya..gara2 di kondangan bosan menunya itu2 aja jadi cuma makan dikit. Enakan mie pentilnya dech dari pada menu2 di kondangan tadi..hihi.
16

Keripik Bakso


Sudah pernah makan keripik bakso teman2..?..Enak lho..berasa makan bakso tapi kering..jadi kriuk2 banget gitu..hihi. Di Semarang sini dulu udah sering makan keripik bakso..yaitu di warung soto langganan..kadang ada keripik bakso di bungkusin kecil2 gitu. Tapi di situ keripik baksonya keras banget..walaupun tetep enak dan gurih. Nah..pas waktu di Yogya ..di salah satu toko oleh2 aku liat keripik bakso..murah pula..sebungkus besar gitu. Langsung aku beli dech. Dan ternyata enak sekali keripik baksonya...renyah..dan empuk..nggak keras kayak yang di Semarang. Yodha suka banget..jadilah habis buat di cemil di jalan...keripik baksonya. Nah..sampai di Semarang aku penasaran bikin sendiri keripik bakso ini di rumah. Dari hasil uji cobaku..ternyata yang hasilnya bisa empuk dan renyah adalah keripik bakso yang pakai bakso murah yang banyak tepungnya..hihi. Kalau pakai bakso mahal yang banyak dagingnya, malah jadi keras memang,..nggak bisa mengembang ketika di goreng. Sipp..ya okelah..kan sayang juga kalau bakso mahal di bikin keripik..hihi..kalau bakso murah kan nggak sayang ya teman2..hihi. 

18

Friday, June 13, 2014

Petis Kangkung..atau Kangkung Petis ?..^^



Yang bener yang mana hayo nama masakan ini teman2..? hihi..aku suka bingung..kadang ada yang nyebut petis kangkung..ada juga yang nyebut..kangkung petis..sama aja kali ya. Aku sendiri kenal masakan petis kangkung ya sejak tinggal di Semarang..maklum kalau di Yogya..jarang masak2 yang pakai bumbu petis. Dan anehnya..karena jarang makan dari kecil..dulu awal2 pindah Semarang..nggak doyan lho aku petis teman2..kalau sekarang ?..Doyan banget..hihi. Berbagai merek petis dari yang murah sampai yang mahal sering ku coba. Dari petis pasar sampai petis yang bermerk yang di jual di supermarket..dan akhirnya..aku sekarang ini lebih suka petis pasar yang produksi lokal Semarang sini..yang di kemas kecil2..kemasan cup plastik kecil..enak petisnya..sudah ada rasa gurih dan manisnya.

10

ACIKU...Tepung Aci Asli Tegal..Sudah Berbumbu..Praktis..! ..Membuat Tahu Aci Tegal Sendiri Di Rumah..Jadi Lebih Mudah & Enak


Tahu Aci khas Tegal...adalah salah satu cemilan favoritku dan suami. Tak pernah bosan dech makan yang gurih2 gini. Makanya aku sering banget bikin tahu aci Tegal atau tahu plethoknya...dan udah sering aku share, resep dan foto2nya di blog ini. Nah..pas terakhir aku posting tahu aci Tegal pakai tepung aci khusus buat tahu aci yang di kirim sama teman beberapa waktu lalu..aku di inbox mba Dewi, temen fb ku yang asli Tegal..dia cerita kalau Mamanya yang punya rumah makan di Tegal. Mamanya mba Dewi ini memproduksi tepung aci asli Tegal khusus untuk membuat tahu aci..yang sudah praktis..sudah berbumbu..dalam bentuk tepung racikan kering yang di kemas. Nah Mba Dewi nawarin aku untuk mencobanya..wah..ya dengan senang hati Mba..hihi..secara makanan favorit ku gitu lho. Pakai tepung tapioka biasa aja aku suka tahu aci ini..apalagi kalau asli pakai tepung aci Tegal..ya tambah seneng banget..hihi.

40

Thursday, June 12, 2014

Cara Membuat Adonan Tiwul Dari Tepung Gaplek


Masih..edisi *per gaplek an* ya teman2..masaknya..hihi. Ini memenuhi request mba Ifa juga yang pengen tau cara buat tiwul..aku posting sekalian ya..mumpung kemaren aku juga buat. Enak banget dech tiwul buatan sendiri ini..karena bisa sesuai selera manis dan tingkat kematangannya. Di makan pagi2 sambil nge teh atau ngopi..kok ya enak banget ngalahin sandwich..hihihi..*lebay lagi..lol..! *
47

Tho Plek..alias Lentho Gaplek..Khas Gunung Kidul Yogyakarta



Tho Plek..itu singkatan dari lentho gaplek..pasti banyak yang yang baru denger jajanan jadul ini teman2..kecuali yang aslinya Gunung Kidul..pasti tau dong. Eh tapi daku bukan dari GK..atau juga ding makanan ini..soalnya di tempatku juga ada..tho plek ini. Sepintas mirip lentho dari singkong segar parut ya teman2..ya memang sama sich bahan2 lainnya..bentuknya juga mirip. Cuma kalau tho plek ini..bukan dari singkong segar..tapi dari tepung gapleknya. Rasanya..tentu saja beda..kalau dari singkong segar kan rasanya empuk..dan frsh rasa singkong. Tapi kalau dari gaplek..sangat khas..ada aroma gaplek yang unik..rasanya kalau masih panas habis di goreng empuk..tapi setelah dingin..jadi kenyal2 liat agak alot, tapi enak dech..hihi..buat yang suka sich. Aroma gaplek yang khas ini inilah yang sangat menonjol dari rasa tho plek ini. Dan yang jadi ciri khas tho plek.yaitu bentuknya musti ada cap tangannya..hihi. Karena memang cara membentuknya itu dengan cara *dikepeli* atau di kepal2 pakai tangan. Nah..makanya di Gunung Kidul katanya jajanan ini punya nama unik..yaitu Tho Plek ****..yang merupakan singkatan dari lentho gaplek di kepeli..hihihi. Ada aja dech nama2 jajanan dari Gunungkidul ini..bikin kita ngekek..hihi.

13

Wednesday, June 11, 2014

Kue Ongol Ongol..Yang Jadul Yang Paling Enak..Ternyata Memakai Tepung Garut...^^



Ongol ongol..adalah salah satu jajan pasar favoritku. rasanya itu lho..enak banget..lembut dan mak nyess gitu kalau di makan..di tambah taburan kelapa parut yang gurih..jadinya enak banget jaman kecil dulu kalau makan ongol ongol ini. Nah..sudah lama aku mencari resep ongol ongol yang otentik..berbagai resep udah ku coba..dari yang pakai tepung tapioka..tepung sagu..tepung hungkwe..semuanya tidak ada yang sesuai dengan rasa ongol ongol jaman aku kecil dulu..beda jauh. Nah..pas pulang ke Yogya kemaren..kakakku beliin aku ongol ongol dari pasar karena tau aku memang suka. Ya ampun enak banget..rasa itulah yang sudah lama ku rindukan..hihi..*lebay..*

52

Gablok Pecel..Menu Sarapan Murah Meriah Tapi Mak Nyuss Versi Semarangan


Selingan dulu ya teman..di antara menu2 Yogya..back to menu Semarangan lagi..hihi. Lidahnya udah gabungan dua lidah nich aku..lidah Yogya dan semarangan..jadi ketika balik ke Semarang..langsung kangen sama menu sarapan murah meriah ala ndeso ala pasar..yaitu Gablok pecel. Gablok yang aku beli di pasar Damar Banyumanik sini..udah pernah ku posting juga sich..penampakannya di blog..nah kali ini versi buatan sendiri..tapi lebih tepatnya separo buatan sendiri..hihi...karena gabloknya beli di mbah2 langganan penjual gablok di pasar..baru pecel dan lauk pauknya yang aku buat sendiri..hihi. 

16

Tuesday, June 10, 2014

Gudeg Manggar..Varian Gudeg Spesial Yang Langka dan Melegenda Dari Bantul Yogya


Hihi..ngikik..sendiri aku sich bikin judul postingan yang lebay2 gini teman2..jadi kayak tulisan di internet tentang gudeg manggar ini...kan jadi salah satu yang bikin orang penasaran..dan akhirnya mau berbondong2 datang dan memburu gudeg ini kalau pas lagi liburan ke Yogya..hihi. Tapi apapun judulnya..memang benar kok..gudeg manggar ini termasuk gudeg yang langka..dan sekarang melegenda..hihi..karena bahan2 dan proses pembuatannya yang lebih rumit di banding gudeg nangka biasa..karena ada versi gudeg manggar ini yang pembuatannya dari manggar mentah yang musti di bakar dulu di arang berjam2 sebelum di masak. Tapi kalau ala ibuku ya di gudeg langsung biasa kayak bikin gudeg nangka muda gitu...karena ibuku beli manggarnya udah di rebus setengah matang. Jadi udah masuk dalam kategori warisan kuliner tradisional yang harus di lestarikan ini ya teman2.
8

Geplak Bantul Yogya..Dkk...^^



Kalau pulang mudik..pasti bawaannya banyak..hihi..bagasi sampai penuh kardus berisi macam2 makanan dan bahan2 makanan khas Yogya..lha apa2 di bawa..yang nggak ada di Semarang. Juga membelikan pesanan teman2..bahan2 yang aneh2..kayak abu merang..tepung garut...tepung gaplek..dll..hihi. Lama2 bisa buka warung bahan2 online aku nich..hihi..lha berawal dari bantuin temen2 aja cari bahan2 atau makanan khas Jawa yang nggak ada di tempat lain..kok ya banyak sekali yang pesan macam2 via email..ya oke dech ndak pa2..siapa tau jadi bisnis sampingan ya teman2..hihi. Tapi aku kok terkendala pengiriman yang agak mahal ya teman2..kalau ke luar Jawa..jadi kadang nggak enak gitu sama teman2 yang pesan...harga ongkirnya jadi mahal sekali. Ada yang tau nggak ya teman2..kurir yang murah yang melayani pengiriman ke luar Jawa..selain Jn* tentu saja..kadang2 kalau barangnya berat..misal kayak tepung2 gitu..jadi mahal banget je kurir tersebut..pernah aku kirim ke Kalimantan..sampai sama harga barangnya ongkirnya..hihi..ndak enak sama teman yag pesan..tapi untungnya ya tetep mau..tapi memang berat sich paketnya. Tapi jika ada yang lebih murah..kan lebih enak ya. Kayak sekarang nich lagi bingung..mau kirim abu merang ke Bengkulu..berat 5 kg..ada yang tau nggak ya..dari Jawa ke Bengkulu paling murah pakai jasa pengiriman apa ya teman2..kemaren nanya ke Jn* itu mahal sekali..huhu..kalau paket pos..kapok juga aku..masak kemaren kirim beras merah 5 kg ke Jakarta aja mahal sekali ongkirnya..^^

24

Monday, June 9, 2014

Clorot..Kue Tradisional Langka Yang Eksotis..^_^


Hore..akhirnya bisa masuk dapur lagi..hihi..masak2 lagi di Semarang..walau nanti dalam beberapa postingan ke depan..tema masakannya masih Yogya dan Yogya lagi ya teman2..hihi..soalnya ..biasa..kalau dari Yogya kan bawaannya banyak..beli macam2 yang nggak ada di Semarang..aku beli tepung garut..beli tepung gaplek..beli manggar buat di guded..dll..pokoke temanya masakan Yogya gitu dech. 

28

Soto Sholeh..Salah Satu Warung Soto Sapi Legendaris di Yogya


Ini..liputan wiskul terakhir di Yogya ya teman2..sebelum kembali ke dapur dan berkreasi dengan resep2 masakan baru..hihi. Biar ndak lupa..sekalian aku posting saja ya. Nah..pas ke Yogya kemaren aku sempat mampir ke warung soto yang lumayan legendaris..yaitu Warung Soto Sholeh. Sebenernya sich dari dulu pengen nyoba..cuma tutup terus pas Lebaran..atau kalau nggak ya lupa2 terus..hihi. Nah..pas mau ke Dowa itu kan lewat situ deket..pas waktunya makan siang..ya udah dech langsung aja belok ke warungnya.

2

Sunday, June 8, 2014

Kedai Gaul & Unik Di Yogya..The House Of Raminten


Yodha..terheran2 liatin foto *Mbak* Raminten di Yogya..hihi..padahal yang bukan pertama kalinya ke situ..tapi dia selalu excited kalau ke sana..soalnya ramai banget tempatnya. Kedai unik dan paling gaul di Yogya saat ini..ada istilah belum ke Yogya..kalau belum ke Raminten..atau anak muda Yogya..belum gaul..jika belum pernah nongkrong ke Raminten..hihi..ada2 aja ya. Memang beberapa taun terakhir sejak di buka nich..The House of Raminten ini jadi kedai paling hit di Yogya. Suasana yang unik..dan selalu ramai ini juga yang jadi daya tarik tersendiri kali ya. Walau makanannya terbilang biasa2 saja..tapi karena murah dan tempatnya seru..mungkin itu yang jadi daya tarik tersendiri. Kayak aku juga nich..walau udah beberapa kali  ke sana..eh kalau pas ke Yogya..kok ya sering mampir ke situ ..walaupun cuma menikmati aneka minuman atau wedangannya yang unik2. Paling pas kalau ke situ memang malam2..seru suasananya..sangat meriah..warna warni..kalau mau masuk harus daftar dulu..hihi..ada tempat nggak..kadang2 banyak yang antri pula..di depan kedainya di sediakan kursi2 untuk menunggu antrian..hihi..keren  ya..cuma mau masuk warung aja antri dulu. Untung aku ndak pernah antri kalau ke sana..kalau harus antri..wah ya pasti aku langsung kabur aja..hihi..makan di tempat lain..masih banyak.

6

Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung Yogya..Salah Satu Bukti Kesuksesan Usaha Kuliner..Tanpa Perlu Tempat Strategis di Yogya...Semakin Blusuk..Semakin di Cari..^^


Yogya..memang kota yang unik..demikian juga wisatanya. Salah satu daya tarik utama kalau main ke Yogya ya pasti wisata kuliner dong ya teman2. Nah..kalau mau menikmati sensasi wisata kuliner yang unik2 yang berbeda dari kota2 lain..ya di Yogya lah gudangnya. Tak heran jika pulang ke Yogya..aku di buat takjub dengan banyaknya tempat2 makan baru..baik itu resto..warung makan dll..yang bermunculan di Yogya. Karena ya memang usaha kuliner..jika berhasil..untungnya memang sangat menggiurkan. Tetapi..nggak semuanya berhasil lho di Yogya..kalau lewat kadang2 aku liat banyak restoran bagus2 ..malah sepi pengunjung...atua kadang berakhir dengan gulung tikar..hihi. Beda..dengan tempat makan yang unik..dan blusukan kampung..malah selalu ramai dan pengunjungnya bermobil2 semua..hihi. Itulah keunikan Yogya..tempat makan yang laris manis dan terkenal..nggak harus berlokasi di pusat kota Yogya..atau di tempat2 strategis, dengan bangunan bagus atau mewah..semakin ndeso warungnya..mblusuk..atau masuk ke bagian pinggir kota..atau bahkan sampai ke kampung2 di Yogya..semakin banyak di cari saat ini oleh para pelancong yang datang ke Yogya. Hal itu tidak lepas dari budaya Yogya..yang masih asli..apa adanya. Sebut saja beberapa tempat kuliner khas Yogya yang unik2 tempatnya..dari yang masuk ke dapur misal di mangut lele Nggeneng..yang kalau ke sana pengunjung bisa merasakan makan di pawon ndeso..dapur tradisional orang kampung khas Yogya..yang masak masih pakai kayu bakar..dll. Udah..cukup gitu aja jualannya..langsung di masak..taruh di dapur..pengunjung bisa ambil sendiri masakan yang masih anget dari dapur..yang di suka..ada mangut lele..gudeg dll. Ada juga sate ruji yang di antri2 di tengah pasar tradisional di Yogya..dll masih banyak lagi...bakmi di code yang juga di kampung..dll.

6

Saturday, June 7, 2014

Makan Malam di Angkringan Ndalem..Resto Angkringan Yang Bersih dan Unik di Rumah Bangsawan Kraton Yogya.


Yuhu...akhirnya bisa posting di blog lagi..setelah seharian muterrrrr..hihihi. Ya udah nunggu liputan wis kul ku di Yogya..oke..mari kita makan2 sama2 ya teman2..tapi bayar sendiri2 ya..hihihi. Nah..tujuan pertama kita buat makan malam..adalah Resto Angkringan  Ndalem..di daerah pasar Ngasem Yogya. Tempat ini pas banget buat teman2 yang lagi wisata ke Yogya..pengen mencoba menikmati angkringan tapi males jika harus makan angkringan versi tenda2 di pinggir jalan. Kalau Angkringan Ndalem ini..angkringan yang bagus..nyaman bersih dan rapi tempatnya...apalagi resto ini menempati bangunan rumah salah satu bangsawan Yogya..yang memang di fungsikan sebagai resto di siang hari dan warung angkringan di malam hari...jadi berasa banget nuansa Jawanya. Ruang restonya luas dan banyak meja..jadi nyaman dech..kayaknya ini adalah semacam bangsal atau pendoponya gitu dulu ya di rumah bangsawan Yogya..jadi ya enak tempatnya. Jadi ngebayangin..rumah2 bangsawan dulu memang bener artistik dan bagus..khas banget nuansa Jawanya. Sudah lama sich mau ke sana..tapi baru kesampaian ini..ya maklum saja..kalau pas mudik..tujuan wisata kulinernya banyak banget..jadi selalu tertunda..akhirnya bisa kesampaian juga makan di sana.
28

Friday, June 6, 2014

Belanja Tas Rajut Unik dan Seru Di Dowa..Yogya


Sekali2 ngeceng di blog ya teman2..hihi..bukan cuma masakannya aja yang nongol..yang punya blog juga..lagi kecentilan ini..lol..! Lagi di Yogya ceritanya..dan biasa..kalau udah di Yogya..kalap belanja macam2..dari pernak pernik dapur sampai buat diri sendiri..hihi. Nah..salah satu tempat belanja rekomendasikan kalau teman2 lagi liburan ke Yogya..ya ke Dowa ini..salah satu butik tas unik...berbahan rajutan tapi kualitas sangat bagus..karena memang dulu aslinya butik ini adalah pabrik tas yang khusus di ekspor. Atau sekarang masih ekspor juga..nggak tau juga ya..tapi konsep butiknya yang sekerang ini sich kayaknya buat umum sekarang..kalau dulu kan lebih ke arah ekspor nya yang utama..jadi dulu showroomnya nggak sebesar ruang display yang sekarang ini...cuma di bagian depan aja..ruangan2 lain..lebih berfungsi sebagai tempat produksi dan kantor..aku ya apal banget dulu sering ke sana..nge cek kualitas barang kalau sudah siap kirim..keluar negeri. Aku dulu sering order tas2 di sini..untuk buyerku dari Korea..wah dulu tas2nya lucu2 banget yang di order...sayangnya kok sekarang bisnis ekspor lagi lesu sejak aku married tuch..jadi nggak lanjut usaha di bisnis ekspor handycraft nya..dan cukup puas sekarang jadi koki di rumah..hihi.



21

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel