Google Ad

Saturday, May 31, 2014

Bumbu Dasar Putih



Wah..hari ini hari malas buatku teman2..hihi..apa sebabnya jadi malas..pasti tau dong kenapa..karena lagi seru nonton drama Korea..hihi. Memang drama Korea nich bikin emak2 malas ngapa2 in atau bikin masakan gosong..hihi..* aku banget...*..colek mba  Intan juga..yang lagi liburan nonton dra kor..hihi dan emak2 lain yang suka drakor..ini nich aku tadi habis nonton *Bride Of The Century*..bagus banget sampai jadi malas masak..dari semalem cuma ngebut nonton ini sampai selesai..hihi. Pagi2..Yodha cuma minta sereal buat sarapan..suami tenis sampai siang..ya udah..tambah nyantai di hari libur. Siang masak mie goreng sama goreng sosis..buat Yodha..aku dan pak tukang kebun yang lagi kerja..suami minta mie nyemek..ya udah beres tho..lanjut lagi nonton dra kornya..hihi. Baru setelah selesai nonton..baru beranjak ke dapur..mau bikin terik ayam. Jadi inget dech request temen2 kemaren yang minta resep bumbu dasar ya..akhirnya sebelum bikin terik..aku bikin bumbu dasar putih dulu lumayan banyak..buat stock di kulkas..jadi praktis...kalau mau masak terik..opor..empal kelem dll...sudah punya stock bumbu dasarnya.
23

Friday, May 30, 2014

Diah Didi's Kitchen..On Aroma Magazine Malaysia..Edisi Bulan Juni 2014



Tadi siang..ada Pak pos datang..bawa paket..wah..kirain paket apa..karena aku nggak merasa belanja online minggu ini hihi. Ternyata paket Majalah Aroma dari Malaysia...dan ketika aku buka..langsung dech..mengenali salah satu foto karyaku yang jadi covernya..hihi. Alhamdulillah..udah tayang 10 resep kreasi Diah Didi's Kitchen, beserta foto2 karyaku dan profil diriku sebagai food blogger yang di muat di Majalah Aroma edisi bulan Juni ini. 
114

Yukk Bikin Abon Cabe Super Hot..Sendiri Teman2..^^



Judulnya lebay..hihi. Tapi beneran lho..abon cabe yang ku buat ini benar2 super hot..karena hanya pakai cabai rawit merah atau rawit galak..atau rawit setan..hihihi. Buat penyuka pedas..mari merapat..! ^^
Buat teman2 yang anti pedas..don't ever try this at home..really hot...! Mba art ku yang nggak doyan pedas saja sampai batuk2..pas aku bikin abon ini. Tapi jika nggak suka pedas boleh di campur cabai merah sich..^^

34

Thursday, May 29, 2014

Tahu Tek Surabaya



Tahu tek..sama tahu telur..sama atau beda hayo..menurutku kok beda ya..hihi. Soalnya aku pernah beli di resto soto Sulung yang terkenal..yang buka cabang di deket rumahku..ya kayak yang aku masak ini kalau tahu tek..sedang kalau tahu telur..kayak yang udah aku posting di sini dulu. Tapi bumbu dan pelengkapnya ya sama saja sich..bedanya di tahu tek ini pakai tahu goreng aja dan tambahan potongan kentang..sedang tahu telur, tahunya di goreng sama kocokan telur...jadi kayak dadar tahu gitu, terus di siram kuah kacang juga. 
17

Pecel Sate Keong


Wah..libur lagi ya teman2..hihi..minggu ini..bayak hari kejepitnya ya..tapi ki ya nggak bisa ke mana2..lha Yodha masih ujian..akhirnya ya di rumah aja. Paling2 pagi2 ke pasar belanja kalau libur gini..sama suami dan anak. Nah..tadi pas ke pasar yang Jatiraya...suami pengen sate keong lagi..setelah minggu kemaren coba..katanya enak sekali. Hihi..keong..aduch..aku sich belum bisa makan..masih geli gitu ngebayanginnya..tapi kalau suami memang hobby..di mana2 ketemu sate keong ya langsung beli.

14

Wednesday, May 28, 2014

Kacang Bawang Empuk, Gurih & Renyah


Wah..kangen aku makan kacang bawang..jadi pas punya sedikit kacang tadi langsung bikin dech..gara2 kalau Rabu pagi kan jadwal nonton dra kor Emergency couple di channel M, sebelumnya I need romance..jadi berasa waktu terbuang sia2 kalau duduk manis saja di depan tivi pagi2..akhirnya..merendam kacang tanah sebentar di air panas, sambil nonton sambil ngupas kacang..hihi..selesai dramanya...selesai juga ngupas kacangnya..siap dech di goreng..jadi kacang bawang yang gurih dan renyah. Memang sich di pasaran banyak ya kacang yag udah kupasan teman2..gede2 pula..tapi kok kalau aku lebih suka mengupas sendiri kacang tanah lokal yang beli di pasar tuch..rasanya lebih enak..kecil2 tapi manis..dan kalau ibuku ngajarin..dari dulu ya memang musti bersusah2 dulu ngupas kacang..kalau mau bikin kacang bawang buat lebaran..di kerjakan rame2 sama kakak2 kok ya cepet selesai dulu. Mungkin biar ada kebersamaan kali ya..seru..di dapur bareng keluarga. Tapi kalau males..ya udah..pakai kacang kupasan saja teman2..lebih praktis..^^
63

Malbi Ayam



Waktu beberapa waktu lalu mencoba memasak Malbi hati sapi..kok di rumah pada suka semua. rasanya memang enak..seperti semur, tapi lebih kental dan beraroma rempah..jadi walaupun ini aslinya hidangan dari Palembang..tapi cocok lah dengan lidah Jawa kami. Akhirnya kemaren kepikiran pengen coba kalau ayam di masak bumbu malbi gini enak nggak..wah ternyata ya sama enaknya. Resep hampir sama dengan malbi  sapi..kemaren..cuma aku sesuaikan saja dengan jumlah ayam yang aku masak..dan aku hilangkan kelapa parut sangrainya..takut terlalu medok rasanya kalau untuk ayam. Jadilah malbi ayam yang enak dan kental bumbu2nya meresap ke ayamnya..enak sekali rasanya.

13

Tuesday, May 27, 2014

Kuliner Semarang Yang Rekomended Untuk Di Coba




Semarang..kalau di tanya soal tempat wisata memang nggak begitu bayak yang menarik, tapi..kalau di tanya soal makanan atau kulinernya..memang banyak yang enak2. Ada begitu banyak tempat makan dari warung2 kecil yang nyepil2..sampai kelas warung..rumah makan dan resto besar dan mahal..semua punya pasar sendiri2. Apalagi sekarang ini bermunculan banyak sekali resto2 baru yang mewah..ataupun yang biasa2 aja..sering sich aku coba2..tapi kadang2 ya aku pikir kurang khas Semarangnya...walaupun enak dan tempatnya nyaman. Jadi ketika ada teman2 yang nanya kuliner apa yang khas dan enak di Semarang..ya tergantung ya..mau makan yang enak..nggak mikir tempat..atau yang tempatnya bagus , makanannya biasa..wah..banyak sekali pilihannya. Jadinya aku pengen nulis saja yang recomended untuk di coba yang memang benar khas Semarang ya teman2..tapi ini ya baru sebagian saja sich, karena masih banyak sekali yang lain..next aku sambung lagi ya..kalau udah ada waktu nulis tempat2 lain secara lebih komplet..dan di legkapi reviewnya tentu saja.. 

19

Monday, May 26, 2014

Gemblong


Gemblong...sama saja dengan getas di Jawa kali ya..cuma kalau gemblong ini bestanya pakai gula merah..atau gula Jawa. aku belum pernah coba dan makan yang besta gula Jawa ini..makanya penasaran pengen tau rasanya. Kalau di Jateng..getas itu selalu pakai besta gula pasir putih..jadinya kuenya bersalut gula putih bersih..kayak yang udah aku share dulu resepnya di SINI
29

Sunday, May 25, 2014

Kepala Ayam Goreng Gepuk & Sambal Hejo


Wua..udah jam segini ya..nggak kerasa dech..padahal ya nggak kemana2 sich dari pagi..cuma ke pasar..abis itu ya udah..nguplek masak di dapur. Tapi karena menunya pada request sendiri2 tadi..hihi..ya jam segini baru selesai semua..dan semua udah makan siang..beres dech tugas di dapur..hihi. Teman2..udah makan siang ?
4

Saturday, May 24, 2014

Bubur Ubi Tapioka





Happy weekend teman2...semoga hari liburnya menyenangkan ya bersama keluarga..^^
Yang mau jalan2...selamat jalan2..ya mau di rumah saja ya selamat beristirahat ya..atau mau masak2 bareng keluarga..wah..pasti seru tuch. Kalau weekend gini tapi kegiatan di dapur di pagi hari lebih santai ya..nggak gubrak gubruk kalau seperti hari kerja..soalnya mesti nyiapin sarapan buat keluarga yang mau beraktifitas. Kalau weekend gini nich kalau kami biasanya kesempatan jajan di luar..beli sarapan yang unik2..yang nggak bias di masak di rumah..misal nasi kebuli..soto dll..walau sering masak soto..tapi memang beberapa soto legendaris di sini..belum bisa aku tiru rasanya..hihi..jadi ya..tetep suka..beli soto di luar.
23

Friday, May 23, 2014

Oseng kates Ndeso...^^



Lagi kangen oseng kates nich daku teman2..gara2 pohon pepayaku roboh beberapa bulan yang lalu kena angin..karena kebanyakan buahnya..hihi. Akhirnya jadi jarang nyayur kates lagi. Padahal biasanya ya sering banget karena aku suka sekali pepaya muda ini..enak di masak apa aja..di jangan pedes, sambel goreng kates, di brongkos..dan di oseng versi ndeso kayak gini...dll. Di oseng sama daun so dan tempe semangit...enak banget lho teman2. Menu oseng kates ini kalau di tempatku di Yogya udah jadi menu harian hampir di banyak rumah kayaknya. Karena apa..? Murah meriah..karena bahannya ndak usah beli..cukup ambil di kebun. Jika tidak punya pohon kates pun orang bisa minta ke tetangga gratis..hihi..karena tanaman pepaya ini mudah sekali numbuh dan biasanya di pekarangan rumah ya pada punya sendiri2. Dan di semarangpun aku kemaren ada satu pohon *tukulan* sendiri ( nggak di tanem ) eh kok numbuh lebat dan buahnya nggak habis2..ampe puluhan kali ya..soalnya memang jenis pepaya sayur yang kecil2. Sayangnya pas musim angin kencang kemaren roboh dech pohonnya kebanyakan buah...huhu..akhirnya sekarang kalau mau nyayur kates atau pepaya muda ini ya musti beli di pasar..hihi...1 biji dua ribu.
19

Grubi / Carang Mas Homamade


Kemaren pas ke pasar..di tukang jualan sayur langganan..kok ada ubi sekarung...bagus2..besar2 dan mulus..nggak boleng2..ubi kuning yang keset pula..ya udah..langsung beli dech. Beli sekarung ??..Oh nggak teman2..cukup sekilo aja..hihihi..cuma 3 ribu rupiah..sudah dapat banyak 4 biji gede2..eh kok banyak amat ya dapetnya..hihi. Tapi Mase penjual sayur langgananku di pasar nich emang baik..suka bermurah hati..makanya laris manis..di kerubuti ibu2 tiap hari..hihihi. Nah..kemaren sich belum punya ide mau bikin apa..niatnya ya cuma beli dulu aja dech..toh ubi..makin di simpan..juga makin manis dan enak rasanya. Tapi..pagi2 tadi liat ubi nganggur kok ya ngawe ngawe..minta segera di olah..hihi..ya oke lah..akhirnya aku buat Grubi ini..dalam rangka..mengekpos aneka jajanan tradisional jadul lagi ya. Nah..grubi nich kan pas banget..masuk kategori jajanan jadoel juga...walau sekarang masih banyak yang jual sich..tapi kan sedari kita kecil udah ada ya jajanan ini.

29

Thursday, May 22, 2014

Stick Bawang Wortel




Klethikan lagi..hihi...iya nich...memanfaatkan sisa2 tepung di rak sapur biar cepet rapi..habis itu beli tepung lagi..podo wae ya..alias sama saja ya teman2..tetep..rak dapur ya bakalan penuh tepung lagi..hihi. Tapi tuch kadang aku memang suka lupa..misal sisa tepung cuma 100 gram masih di kemasan gitu..suka udah beli baru lagi..akhirnya mubazir kan. Jadi..sekarang kalau ada sisa2 tepung dikit ya langsung di karyakan aja dech. Kayak tadi..ngabisin tepug terigu dan tepung sagu..serta memanfaatkan dua kuning telur..sisa bikin donat pong kemaren..ya udah..klop dech bahannya buat di bikin stick bawang. Rencana sich mau bikin cheese stick..eh tapi ndak punya keju..ya okelah ganti stick bawang aja..terus yang harusnya keju parut..aku ganti wortel parut..enak juga ternyata. Jadilah..stick bawang wortel.
31

Yukk Nyetok Sambal Terasi Matang Homamade..! ^^


Sebentar lagi puasa ya teman..bagi yang menjalankan. Nah..biasanya..kalau bulan puasa..kan masaknya jadi dua kali lebih banyak ya di banding hari2 biasa..misal ketambahan bikin takjil dll. Nah..buat keluarga besar yang warga di rumahnya banyak..pasti akan ribet sekali ya jika masak berulang2. Nah..sebenernya hal tersebut bisa di siasati..dengan cara mencicil aneka lauk kering..dan di buat stock buat saur..dll. Selain itu untuk menghemat waktu memasak..apalagi di malam hari..akan lebih baik juga jika kita menyetok aneka bumbu dasar..misal bumbu dasar putih, kuning dan merah, dalam keadaan sudah halus dan sudah di tumis matang, lala simpan di botol2 kaca..dan taruh kulkas. Nanti aku buat satu persatu ya bumbu2 dasar tersebut..karena ya akan terpakai setiap harinya..kan menu2 kita ya nggak akan jauh2 dari menu berkuah pedas..atau kuah opor..ayam goreng sambel goreng dll ya sehari2..jadi bumbu yang di pakai ya..ketiga macam bumbu dasar tersebut.
40

Donat Pong


Masih..dalam rangka mengekplorasi snack2 jadul..kemaren pas ada waktu sempat bongkar2 koleksi tabloid lama..dan aku nemuin salah satu snack jadul yang menarik perhatianku untuk di coba...yaitu donat pong..atau ada yang nyebut juga kerupuk donat pong. Ini adalah snack jadul banget..nggak tau sekarang masih ada nggak ya..yang jual. Karena penasaran..aku sempat browsing2 juga..dan ternyata masih ada sich beberapa yang jual online..tapi kalau yang mengulas resepnya belum ada sama sekali. Baiklah..jadi daku yang pertama menulis resep dan melestraikan jajanan kuno ini di blog...hihi. Walau juga nyotek dari tabloid koki edisi lama sich resepnya..karena aku belum pernah bikin sendiri sebelumnya.
29

Wednesday, May 21, 2014

Brongkos Kering


Beberapa waktu lalu aku pernah bikin brongkos, karena masaknya lama..aku pakai api kecil dan aku sambi2..apa gitu lupa..nah..akhirnya brongkosku sampai kering..kuahnya habis. Tapi nggak gosong..dan setelah aku cicipin..lho kok malah tambah enak. Nah..sejak itulah kadang2 kalau bikin brongkos..sengaja aku keringkan..kayak kali ini aku masak. Kuahnya tinggal sedikit sekali..nyemek gitu dech istilah orang Jawa..dan bumbunya jadi mengental. Rasanya..enak sekali..berasa brongkos yang sudah nginap berhari2...hihi. Brongkos memang lebih enak kalau sudah di inapkan...rasanya makin mlekoh dan meresep bumbu2nya. Di makan sama nasi putih aja ya udah enak banget. Apalagi kacang tholonya..kan jadi lama di masak dengan bumbu2..jadinya tambah enak da merasuk bumbu2nya..daging juga..enak di buat brongkos versi kering ini. Kalau mau murah meriah ya tahu saja. Kalau aku...suka ketiganya aku campur..hemmm...yummy.
14

Manisan Cabe Khas Dieng Wonosobo


Dapet oleh2 lagi dari suami nich kemaren..carica dan manisan cabe Dieng. Kalau carica..jelas..enak dan aku suka..udah sering makan dari dulu. Kalau ke Dieng ya oleh2 utama yang di beli ya pasti carica..tau kan teman2..buah pepaya kecil2..khas Dieng..dan jika di olah jadi manisan.Wah..jadi banyak stock buah caricaku di kulkas..besok di berdayakan ah..pengen aku olah jadi macam2 gitu..misal jadiin puding atau agar2 kering..mumpung udah mulai panas menyengat mataharinya. Nah..karena carica udah pernah ku bahas di blog dulu..kali ini aku mau ulas tentang manisan cabe nya aja ya teman2..yang memang unik dan aku belum pernah makan..baik yang segar ataupun dalam bentuk manisan. Duch..jadi nyesel..kenapa pas ke Dieng beberapa waktu lalu aku ndak beli cabe Dieng segarnya ya..pasti enak tuch buat sambal atau oseng lombok ketok..soalnya cabenya unik..sangat pedas..tapi tidak bikin mulas di mulut..dan bentuknya itu lho..lucu..gendut2 dan warnanya merah atau hijau cerah.

14

Tuesday, May 20, 2014

Lotek Yogya



Mungkin buat teman2 yang belum tau..mengira lotek itu sama dengan pecel ya..padahal; beda lho. Kalau pecel..itu bumbunya kan sudah di buat dulu..makanya ada bumbu pecel kemasan..tinggal di encerkan sama air panas. Berebda dengan pecel..lotek selalu di bumbuin fresh from the cobek...hihihi. Jadi..kalau beli lotek..kita pasti akan melihat aksi penjualnya mengulek bumbu2 langsung di cobek setiap satu atau dua porsi..semua bumbunya yaitu cabe, bawang putih, kencur dan daun jeruk semuanya mentah, kecuali kacang tentu saja..bisa di goreng atau di sangrai. Setelah bumbu2 di ulek..makan penjual akan segera meramu bahan2 lain dari lotek..antara lain..karbonya..bisa lontong atau ketupat, tahu goreng, tempe goreng juga bisa, sayura matang antara lain bayam atau kangkung , kacang panjang, taoge dan wortel, sedang sayur mentahnya kol, ketimun. Semua bahan  lalu di aduk2 di cobek..baru setelah itu di pindah ke piring dan di sajikan. Jadi..setiap porsi lotek itu..pasti akan bau cobek..hihi.
23

Usus Goreng Krispi


Biasanya bikin keripik usus pakai tepung beras aja..langsung di awur2 ke usus yang sudah di cuci bersih dan di beri bumbu..nah..kali ini aku pengen coba versi yang ala ayam goreng tepung krispi gitu..jadi lapisan tepungnya lebih tebel dan banyak...karena memakai tehnik pelapisan yang di celup adonan basah dulu..baru di gulingkan ke adonan kering sambil di cubit2. Enak ternyata..jadi keingat usus goreng krispi yang di jual di abang2 pedagang kfc pinggir jalan tuch..kadang kan..selain ayam..ada juga ceker dan usus krispinya..hihi.

18

Monday, May 19, 2014

Kue Kuping Gajah



Yukk..coba2 lagi bikin cemilan jadul pengisi toples Lebaran teman2..nah..kali ini giliran kuping gajah dech. Pasti udah tau dong klethikan jadul satu ini. Iya..sekarang ini ya masih banyak yang jual ya..di pasar..di supermarket sampai di penjual snack curah. Tapi percayalah..bikin sendiri..lebih enak lho teman2. Lebih gurih dan terasa coklatnya. Karena bisa pakai santan adonannya..dan coklat bubuk asli. Kalau yang di jual2 itu kan biasanya cuma manis doang..dan pakai pewarna coklat aja kayaknya ya..dari yang aku rasakan sich..kalau beli kuping gajah di pasar atau di supermarket.
39

Tempe Bumbu Bali


Pagi tadi masih ada nasi kuning sisa aku buat kemaren malam..tapi lauknya habis..ya sudah..di makan pakai telur dadar saja...sama ini nich..lauk yang sederhana tapi nikmat..yaitu tempe bumbu Bali. Di makan pakai nasi kuning kok ya klop ternyata rasanya..enak banget. Aku yang rencana nggak mau sarapan banyak2..kok ya lupa..hihi..habis dech satu centong nasi kuning..^^
18

Sunday, May 18, 2014

Nagasari Pisang Cetak

 
Masih dalam rangka ngabisin pisang beberapa waktu lalu..aku bikin buat nagasari. Tapi..karena aku lagi nggak punya daun pisang..aku cetak saja di kue nagasari tepung beras ini pakai cetakan kue sakura. Jadi lucu juga ternyat bentuknya...hihi. Dan pisangnya juga bisa di kasih banyak2..nggak cuma hiasan atasnya aja..caranya satu pisag di potong jadi 3 bagian, letakkan di tengah2 cetekan..terus kiri kanannya di isi adonan tepungnya..terus di ratakan. jadinya pisangnya makin terasa. Untuk nagasari cetak ini aku agak kurang jumlah cairannya biar bisa di padatkan di cetakan. Biasanya pakai 500 ml santan aku cuma pakai 400 ml. Tapi jika mau tetep lembut hasilnya ya..bisa pakai tetep 500 ml. Sesuaikan selera saja ya teman2..mau agak padat atau lembut nagasarinya jika mau coba..^^
6

Saturday, May 17, 2014

Nasi Kucing..^^



Pernah denger nasi kucing teman2 ?..Kalau yang tinggal di Jawa..pasti ya udah tau atau sering makan ya..hihihi...atau malah tidak doyan ya sama nasi kucing ini. Nasi kucing..bukan berarti nasi pakai lauk kucing lho..hihi..atau nasi untuk kucing...tapi cuma nama saja. Nggak tau juga kenapa di sebut nasi kucing ya..mungkin karena  porsinya yang sedikit sekali..dan lauknya juga sedikit. Dan kebetulan juga..lauknya kok ya beneran lauk favorit kucing..hihihi..yaitu..ikan teri..bandeng atau ikan pindang yang di goreng kemudian di makan pakai sambel tomat, kering tempe dan kacang sedikit juga.
21

Pisang Goreng Kipas Kriuk


Wah...maaf teman2..baru sempat buka blog..jadi baru sempat posting lagi..hihi. Tadi ada acara year end performance sekolah Yodha..acara pentas seni setiap tahun, kali ini di hotel Horison Semarang. Setelah acara..langsung ke Gramedia..Yodha minta buku Why lagi..karena katanya udah tampil keren di panggung..harus di beri hadiah dong..gitu katanya...hihi..walah..gaya banget Kak..:D. Tapi memang dari TK udah sering pentas nge dance dll..ya tadi sich paling seru katanya..karena sesuai dengan yang dia sukai..nge dance ala boyband katanya. kalau taun kemaren kan dia nari tradisional..nari kecak. Taun depan, pas kelas tiga katanya pengen nyanyi..hihi..makanya dia minta di les in vokal di sekolah musik Purwacaraka..hihi. Tapi ya nggak pa2 dech..untung saja sekolah musiknya deket rumah..kemaren udah ke sana dan jadwalnya cuma tiap Sabtu dan Minggu..dan banyak anak2 seumuran dia juga yang belajar musik di sana..ya udah..hitung2 buat hiburan dan nambah teman baru ya Kak...dan juga biar nggak buta nada kayak emaknya..hihihi. Padahal di rumah ya udah punya drum..di suruh les drum dulu..dia malah lebih milih vokal..hihi..lucu dech pokoknya kalau Yodha nyanyi tuch udah suka nyanyi lagu luar2 gitu..salah satu favoritnya..lagunya siapa tuch ya..yang judulnya Frozen..hihi. Maaf ya Nak..mami ndak tau..sukanya kok malah lagu2 boyband Korea..lol..*emak gaul..*

8

Friday, May 16, 2014

Nyicip Tepung Aci Asli Tegal



Wah..senangnya hatiku..beberapa hari yang lalu aku dapat kiriman tepung aci asli Tegal..yang biasa di buat tahu aci atau tahu plethok khas sana..asyik..jadi bisa nyicipin aci Tegal asli. Makasih banyak Mba Emma. Soalnya aku dan suami suka banget sama tahu aci ini. Aku biasa pakai tepung tapioka biasa. Memang rasanya sedikit berbeda ya..kalau pakai tepung tapioka..kalau dingin rada alot..tapi kalau pakai tepung aci Tegal ini..biarpun dingin tetep enak dan nggak begitu alot. 
15

Kue Siput Vs Kue Garpu



Lanjut ya teman2..edisi mencoba resep2 jajanan tradisional untuk pengisi toples buat Lebaran...^^
Selain blog walking di blog temen2 blogger Indonesia..aku sering juga bw ke blog2 blogger luar untuk nambah2 wawasan dan ilmu perdapuran. Nah..biasanya aku paling penasaran jika ada kue2 unik ataupun baru dan jarang di Indonesia..jadi aku suka penasaran ingin mencobanya. Salah satu kue incaranku yang ingin aku coba adalah kue tradisisonal yang sering di buat ketika hari Raya dari Malaysia ini..yang di sebut kue siput. Bentuknya bener2 unik dan cute..beneran kayak siput..hihi. Seneng aja liatnya. Jadi aku langsung bookmark resep dari salah satu blog di SINI..karena kue siputnya bagus dan lucu bentuknya. Tapi niat itu terlupakan..karena kendala..tidak punya cetakan atau acuannya. Nah..pas kemaren beli peralatan kue di mba Rima..ternyata ada cetakan / acuan kue siput ini..wah langsung beli dech..dan akhirnya baru coba cetakan ini kemaren. Tapi pas mau bikin kue siput yang ala Malaysia..di rumah kok pas nggak ada stock rempah2 karinya..wah ya nggak otentik kue siput dong ya...jadi di tunda dulu dech.

14

Mie Godog Jowo



Kemaren sore..biasa..voting mau makan apa di luar..karena sore aku nggak masak. Sebenernya sich aku nggak lagi pengen makan yang terlalu berkarbo..tapi karena suami dan Yodha..pada pengen makan nasi goreng Jowo di warung mie Jowo langganan kami..ya udah dech..kalah voting dan ikut aja. Sampai sana..aku yang sebenernya nggak pengen mie..kok ya jadi pengen mie godog yang seger gitu..hihi. Kami makan di warung nasi goreng dan mie Jowo yang biasa kami makan di warung makan bakmie Jowo Bagong di Padangsari Banyumanik Semarang. Tipikal khas warung mi Jowo sederhana aja sich..dengan bangku2 panjang khas..dengan menu utama nasi goreng atau mie Jowo. yang bikin khas adalah cara masaknya yang pakai anglo dan arang..itu yang aku suka..juga sate2 nya yang sungguh menggoda selera. Rasa masakannya juga lumayan enak. Selain itu..harganya juga..murah meriah..makan bertiga macam2, satenya banyak..habis 7 bertiga..hihi..cuma habis 50 an ribu...padahal pakai ayam kampung lho bahannya. Karena itu warung makan ini nggak pernah sepi pengunjung kalau sore hingga malam hari. Kami suka datang sore hari sich di saat belum terlalu rame. Bisa lebih santai makan..dan juga bisa request macam2 untuk pesanan kami. Misal..sambil nunggu pesanan..kalau warung belum terlalu ramai..aku suka nungguin ibunya masak..sambil request tambah kecap..ini dan itu..hihi..untungnya ibunya nggak marah..karena kami kan pelanggan.



Sate khas di warung nasi goreng atau mie Jowo seperti ini emang selalu menggoda..karena satenya sudah pasti ayam kampung, yang sudah di masak dan di ungkep dengan bumbu gurih. Sate2 seprti ini biasa di sajikan di meja2..jadi kalau mau makan ya tinggal ambil sendiri..namun jika mau hangat dan agak manis..bisa juga minta di bakarin dulu sebentar. Rasanya..enak sekali..kalau Yodha paling suka yang ada calon telurnya. Kolesterol..?..Ya nggak pa2..buat anak2 ini..kan buat pertumbuhan..hihi. Colek mba Wiwid..yang dulu nanyain resep sate mie Jowo begini..ini Mba..aku kirim dulu ya sepiring..soalnya belum bikin sendiri..belum punya ayam kampungnya..hihi.



Begini dech penampakan mi godog nyemek ala Jowo buat teman2 di luar Jawa mungkin yang belum pernah coba..tapi nich punyaku aku tambahin banyak acar dan cabe rawit banyak2..buat obat pusing..hihi. Jadi satu suapan..1 cabe rawit..mantep kan teman2..pedesnya..hihihi. Kepala yang puyeng..langsung pyar..lega dech..yapp itu lah obat sakit kepala ala aku..maka aja yang berkuah panas dan pedes. Ya jelas..mi dan nasi goreng Jowo begini sudah menjadi menu favorit banyak orang ya sejak dulu..buktinya..warung2 seperti ini tak pernah sepi setiap malam.


8

Thursday, May 15, 2014

Puding Panggang Labu Kuning


Ini resep coba2..untuk memanfaatkan labu kuning lagi teman2..karena aku suka sich sama si labu ini..kalau di buat kue..hasilnya bisa cantik alami. Kali ini aku coba buat puding panggang..mirip2 bingka gitu ya..kayaknya. Rasanya sich enak dan legit...cuma aku manggangnya rada terlalu lama..jadi bawahnya agak mengering. Mungkin next time pakai sistem au brain marie manggangnya..jadi biar aman..nggak kering bagian bawahnya.
15

Tips Membungkus Makanan Yang di Gulung



Kemaren mba siapa yang yang nanya tentang tips2 membuat atau membungkus makanan yang di gulung..seperti lontong..rollade..dll. aku kasih tips sedikit ya..semoga berguna juga buat teman2 yang baru balajar masak tipsnya.
17

Wednesday, May 14, 2014

Sate Kere




Wua..gara2 nonton DVD drama Korea tadi malem..jadi kurang tidur..hihi..dan anehnya..walau pagi jadi lemes kok..tetep penasaran pengen melanjutkan lagi nontonnya..abis bagus banget ceritanya..duh..kenapa nggak dari dulu2 beli ya..DVD ini....^^ Walau akhirnya tetep ku tahan2 nggak nonton dulu lagi..ntar aja..setelah semua kerjaan beres..hihihi..harus di tahan rasa penasarannya..kerjaan masih banyak soalnya. 
24

Tuesday, May 13, 2014

Bubur Sumsum Pandan


Bersih2 rak dapur..masih ada 100 gram tepung beras sisa bikin putu mayang kemaren..segera di manfaatkan saja daripada berceceran. akhirnya aku buat bubur sumsum aja..yang paling mudah dan nggak butuh banyak bahan..yapp...ya cuma tepung beras 100 gram itu, santan dan garam. Udah..di makan hangat2 di sore yang mendung ini dengan kuah kinco yang legit..kok ya enak..hihi.

30

Telur Gabus Coklat




Wah..udah tengah hari ya..nggak kerasa..dari tadi di dapur bikin ini nich..telur gabus..hihi..jadinya baru sempat buka blog. Masih lanjut nich proyek bikin kue2 jadul pengisi toples Lebaran...kali ini aku buat telur gabus ini. Memang..membuat telur gabus ini sangat membutuhkan waktu dan ketelatenan ya teman2..tapi sepadanlah..dengan hasilnya..enak dan renyah..dan yang jelas..puas dan seneng karena buatan sendiri..walaupun beli juga banyak ya..tapi kalau buatan sendiri itu selalu lebih memuaskan. Dan..biar dapat ilmu baru..juga..bikin telur gabusnya aku coba yang beda dari biasanya..kali ini aku campur adonannya dengan coklat..wah..enak lho ternyata. Jadi nggak  terlalu bau amis telur seperti telur gabus yang biasa. Percobaan...berhasil..berhasil..* Kata Dora..hihi*
22

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel