Thursday, July 18, 2013

Makaroni Goreng


Makaroni..selain enak di buat makaroni skotel dan sup..bisa juga di buat snack atau cemilan..yaitu makaroni goreng. Cara buatnya dan pelengkapnya hampir sama..cuma nggak perlu pakai susu kayak makaroni skotel. Kalau di suruh milih..makaroni skotel atau goreng..aku pilih yang goreng aja dech..hihi..biasa..lidah Jowo...lebih mantep makan yang di goreng2..soalnya bisa sambil nyeplus cabe rawit..^^

Makaroni goreng ini emang gurih sich..jadi nggak mbosenin buat di cemal cemil. Untuk isian bisa sesuai selera ya..bisa daging cincang, sosis, ayam cincang, udang..dll. Biar lebih enak bisa di tambah sayuran seperti wortel, kacang polong dll. Yang suka keju juga silahkan jika mau di tambah keju di adonannya..kalau aku sich nggak..cuma pakai sosis, wortel dan daun bawang..irit  kan..^^

Jadi buat cemilan enak di rumah nggak harus mahal kok teman2...dengan sedikit usaha bersibuk ria di dapur tentu saja ya..^^ Selamat mencoba ya..jika suka makaroni goreng..^^
Makaroni Goreng 

Bahan :
100 gram makaroni
3 buah sosis, potong kecil2
1 buah wortel, potong kotak  keci
1 batang daun bawang, iris halus
1/2 buah bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih , haluskan
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu bubuk / garam secukupnya
Air 50 ml
Telur 3 butir ( 2 butir untuk campuran, 1 butir untuk mencelup, kocok lepas )

Cara Membuat :
Rebus makaroni hingga empuk
Tumis  bawang bombai dan bawang putih hingga harum, masukkan sosis, dan wortel aduk hingga wortel layu dan sosis matang, masukkan makaroni dan bumbu2 lain serta 50 mlair , supaya bumbu rata.
Aduk terus hingga kering. dinginkan sebentar, lalu masukkan telur kocok, aduk rata.
Tuang di loyang sesuai selera yang di oles sedikit minyak. Kukus hingga matang selama 20 menit. Dinginkan, lalu potong2 sesuai selera.
Celupkan potongan makaroni kukus ke kocokan telur, lalu gulingkan di tepung panir. 
Goreng hingga kuning kecoklatan .
Sajikan dengan saus sambal atau cabai rawit.


12 comments :

  1. Enaaaaaaaak banget Diah. Aku coba di rumah aaaaah....

    ReplyDelete
  2. Ya Mama Ohito...gurih..aku lebih suka ini daripada skotel..soalnya..bisa nyeplus cabe rawit..hihi..

    ReplyDelete
  3. aku lg trial ni mba diah..semoga berhasil :D

    ReplyDelete
  4. Ya Mba Cynthia ..good luck ya..atau udah sukses nich..:D

    ReplyDelete
  5. succes ni makaroni gorengnya..tks mba :)

    ReplyDelete
  6. mba di , ni tepung panirnya yg kya gmn ??
    aku taunya panir oranye sm panir putih

    ReplyDelete
  7. mba di , ni tepung panirnya yg kya gmn ??
    aku taunya panir oranye sm panir putih

    ReplyDelete
  8. mba di , ni tepung panirnya yg kya gmn ??
    aku taunya panir oranye sm panir putih

    ReplyDelete
  9. Mba diah didi.. satu resep bisa jadi berapa potong ya? Mau bikin buat acara pkk 😊

    ReplyDelete