Google Ad

Tuesday, January 31, 2012

Bothok Mlanding

Duch..kangen bikin bothok..tapi kok ya gak sempat kepasar..hujan terus. Untuk membuat bothok harus pakai kelapa muda yang pas..*gemothok*..gitu istilahnya..tidak muda banget, tapi ya jangan terlalu tua, jadi musti hunting sendiri ke pasar nggak bisa nitip tukang sayur seperti bahan bahan lain. Bothok ini enak banget , apalagi di buat pedas..hemm...pakai nasi putih aja sudah enak. Kalau tidak ada teri nasi, bisa di ganti udang kecil kecil, enak juga itu..posting aja dulu resepnya ya..ntar kalau sudah beli kelapa baru bikin dan buat foto yang bagus..yang ini foto lama sich..jd kurang ok..gak pa pa lah..cuma nunjukin..ini lho foto bothok..^^


Bothok Mlanding

bahan-bahan/bumbu-bumbu :
300 gram kelapa muda parut kasar
15 gram mlanding (petai cina)
10 gram daun melinjo, diiris kasar
50 gram teri nasi, dicuci bersih
1 buah cabe hijau besar, potong potong
1 lembar daun salam, dipotong – potong
4 lembar daun pisang untuk membungkus

bumbu halus:
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabai merah keriting
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir / gula merah

Cara Pengolahan :
  1. Campur kelapa parut, bumbu halus, dan daun salam. Aduk rata.
  2. Tambahkan mlanding, daun melinjo, dan teri nasi. Aduk rata.
  3. Ambil selembar daun pisang. Beri adonan kelapa. Bungkus tum. Semat dengan lidi.
  4. Kukus 40 menit dengan api sedang sampai matang.
4

Bakpia Telo

 
Di yogya udah marak ya bakpia Telo yang isinya bukan kacang hijau , melainkan telo atau ubi manis yang di kukus tekturenya mirip sich kayak kacang hijau..cuma ya lebih enak kacang hijau..tapi so far..bakpia telo ini juga unik dan tak kalah enak rasanya..apalagi di tambah keju..jadi gurih dech.
Membuatnya memang cukup ribet ya untuk pemula, padahal sebenarnya tidak susah kok, cuma perlu sedikit telaten. Tetapi hasilnya memuaskan kok, kulitnya sudah mirip dengan bakpia pathuk, tidak renyah seperti resep pia yang udah ku coba dulu, kalau mau isi kumbu kacang hijau seperti biasa juga bisa. Mau coba..ini dia resepnya , jika mau coba yang versi isi kacang hijau..klik di postinganku di sini ya ............

Bakpia Telo / Ubi Keju


Bahan lapisan pertama :
• Tepung terigu protein sedang 125 gram
• Tepung terigu protein tinggi 65 gram
• Gula pasir 2 sendok makan
• Garam 1/2 sendok teh
• Air kurang lebih 100 ml
• Minyak sayur 200 ml (kira2 50 ml untuk adonana,sisanya untuk merendam )


Resep Bahan Lapisan ke 2 kulit bakpia  : 


• Tepung terigu protein sedang 65 gram
• Minyak sayur 25 ml
• Margarin 1/2 sendok makan



Bahan isi:
• Ubi manis putih 250 gram, kukus dan haluskan.( pilih ubi putih yang kesat dan tidak berair )
• Gula halus 3 sendok makan
• Margarin 2 sendok makan
• Susu bubuk 2 sendok makan
• Keju chedar parut 100 gram



Cara membuat isi : Campur semua bahan jadi satu,taruh di loyang panggang 5 menit untuk membuatnya kesat.Bentuk bulat bulat.
 


Cara Membuat Kulit Bakpia  :
1. Bahan lapisan kedua : campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan.
2. Panaskan air, masukkan gula. Aduk hingga rata dan gula larut. Campur terigu dan garam. Tuangi air larutan gula lalu uleni hingga rata.
3. Tuang minyak sayur , uleni hingga adonan kalis.
4. Ambiladonan seberat kurang lebih 5 gram. Tipiskan adonan, ambil sedikit adonan lapisan Ratakan pada permukaan adonan secara merata.
5. Lipat seperti amplop lalu satukan ujung-ujungnya ( bulatkan ).
6. Masukkan bulatan adonan dalam sisa minyak, diamkan selama 15 menit.
7. Pipihkan adonan sampai agak tipis, isi dengan adonan isi. Betuk bulat pipih.
8. Panggang dalam oven suhu 200 C sampai matang kurang lebih 15 menit.

40

Mie Godhok

Hujan terus , nggak berhenti dari kemaren.Maunya makan yang anget2 dan seger. Karena Yodha sukanya mie..reguestnya ya Mie rebus a.k.a Mie Godhok. Membuatnya mudah saja dan sangat simple bahan bahannya,akan lebih enak jika di kasih suwiran ayam dan kekian atau bakso, tapi lagi nggak ada stock di kulkas..pakai telur aja jadi lah..enak juga..seger.




Mie Godhok

Bahan :
Mie kuning 1 bungus kecil,rebus sebentar
500 ml air
1 butir telur
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh
Garam, bumbu kaldu bubuk jika suka
Kol , wortel daun bawang secukupnya
Seledri dan bawang goreng untuk taburan

Pelengkap : Ayam matang suwir, bakso, kekian jika ada, jika tidak ya gak usah pakai.

Cara membuat:

Ulek bawang putih dan kemiri , lalu tumis hingga harum , masukkan telur, aduk sampai berbutir, masukkan sayur dan air, masak hingga mendidih, lalu masukkan mie, bumbu dan bahan pelengkap jika ada.

Masak lagi sampai mendidih dan sayur matang.

Cicpin rasanya, jika suka bisa di tambah sedikit kecap manis.
Selamat mencoba.....

Bisa juga mie kuning di ganti bihun..enak juga


6

Sunday, January 29, 2012

Tips membuat tempe mendoan yang enak.....




Tempe goreng tepung a.k.a mendoan a.k.a tempe kemul. Siapa yang tak kenal makanan rakyat ini.
Di setiap penjual gorengan di pinggir pinggir jalan juga pasti tersedia. Namun lebih sehat jika kita membuatnya sendiri di rumah, karena bisa lebih sehat dan bersih.Untuk membuat tempe mendoan sangatlah mudah. 
Tips agar tempe mendoan lebih enak :
* Gunakan tepung terigu protein rendah atau sedang ,jangan yang protein tinggi ,
   biar tidak  alot mendoannya.
* Pilih minyak berkualitas agar lebih sehat.
* Tambahkan 1 sendok makan tepung maizena, tepung tapioka atau tepung beras untuk mendoan yang lebih 
   renyah.
* Tambahkan irisan daun bawang agar mendoan lebih gurih dan beraroma khas.
* Gunakan tempe papan yang tebal agar mudah di potong2 tipis , lebih enak lagi jika pakai tempe            mendoan yang seperti tempe purwokerto, jadi lembaran siap goreng gitu.

Adonan pencelup harus pas kekentalannya, jangan terlalu kental dan jangan terlalu cair juga. 


Kalau resep adonan pencelup tempe mendoan, sudah pasti semua bisa ya .... tepung terigu plus tepung tambahan di buat adonan,di tambah bumbu bawang putih, ketumbar garam dan penyedap jika suka. Lalu celup tempe ke adonan pencelup, lalu goreng hingga kuning keemasan. Kalau yang khas purwokerto..mendoannya pakai sedikit kencur juga di bumbuya..cuma aku tidak suka pakai , mendoan Purwokerto ini  gorengnya tidak perlu garing, cukup setengah matang  saja..itu ciri khasnya, di makan anget anget  pas hujan hujan, sambil nyeplus cabe rawit.....duch nikmatnya hidup.....nge teh sore..tidak perlu cheese cake..cukup tempe mendoan aja....Oh indahnya dunia..lalala..mulai lebay.....haha.

Tapi kalau ada yang belum tahu ukuran resepnya coba contek resep ini ya..mudah2 an cocok dan sesuai selera..

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
500 gram tempe, diiris tipis melebar
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung tapioka
400 ml air
2 batang daun bawang, diiris halus
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
1 1/2 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
3/4 sendok teh ketumbar
1 cm kencur ( kalau gak suka gak usah..ini ciri khas nya mendoan purwokerto aja soalnya , klu aku gak pake..)

Bahan Sambal Kecap (aduk Rata):
5 sendok makan kecap manis
1 siung bawang putih, dihaluskan
4 buah cabai rawit merah, dihaluskan / di potong2 kecil2
1/8 sendok teh garam


Cara Pengolahan :
  1. Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  2. Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering / masih putih , nggak perlu kering krispi.Tapi jika suka mendoan biasa ala abang2 ya boleh di goreng sampai agak kering. sesuai selera aja...^^
  3. Sajikan dengan sambal kecap.


41

Doughnut maker....cetakan donat listrik


Ini hasil chiffon cake demo di Ace...


Weekend..waktunya refreshing dan bebas dr tugas dapur sejenak..hehehe. Kalau lagi bosan ke Mall..sasaran cuci mataku adalah Ace Hardware Simpang Lima Semarang......sama aja sich kayak Mall…tapi lebih seru..karena di sini banyak istana..(istilah Yodha..)..kalau toys kingdom katanya istananya dia..kalau peralatan olah raga,mobil..dll yang buat Bapak2 kata Yodha istana Papa. Kalau peralatan dapur..katanya istana Mama..haha.
Tadi pas lagi asyik muter2 di istana Mama..tercium bau harum kue..Yodha bilang bau harum apa ini Ma..langsung dech cari2 sumber bau enaknya..ternyata ada Mba2 SPG lagi demo bikin Chifon Cake pakai alat panggang. Aku penasaran dan nanya alat apa itu, ternyata alat panggang donat listrik , tapi bisa di buat manggang cake juga..3 menit mateng..beneran tak tungguin..cake nya mateng sempurna dan ada sensasi gurih2 kering karena uk kecil2. Yodha setelah nyicip, dgn malu2 bilang..boleh minta lagi..haha..dan akhirnya habis 4…..*tumben*…Ini dia alatnya yang akhirnya ku boyong pulang ke rumah..^^..*doughnut maker*.
Kalau pakai ini, adonan donatnya musti cair, pulang ,semangat langsung browsing resep donat cair..nemu ..ini dia resepnya..
Bahan :

200 gr terigu
50 gr -100 gr gula pasir
2 butir telur
2 sdt ragi instant
130 ml susu cair
Garam sedkit

Cara membuat:
Aduk semua bahan jadi satu hingga menjadi adonan yg licin dan kental.
Diamkan 30 menit
Aduk2 adonan yg sudah mengembang, masukkan ke dalam cetakan atau
goreng di minyak padat yg sudah dipanaskan.


Ini kue cubit..pake cetakan ini juga buatnya..berhasil..^^


Kalau ini martabak mini brownies..pakai  cetakan donat ini juga..lumayan berserat dan enakkk..^^



15

Friday, January 27, 2012

Muffin Tape

Aku sangat suka tape..di buat jadi makanan apapun suka. Saking senengnya gak pernah bosan berkreasi dengan tape..hehe. Ini kreasi terbaruku....muffin tape....rasanya enak..moist..dan empuk. Paling seneng bikin muffin tuch ,karena cara buatnya yang praktis ,cepat dan gampang, gak perlu mixer..cukup di aduk..jadi dech. Cuman besok besok gulanya musti ku kurangi, karena resep muffin originalnya terlalu manis menurutku..mungkin karena tapenya kemaren juga manis sich....^^


Ini dia resep muffin tape..hasil utak atik resepku...

Bahan :
  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 1sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam
  • 150 gula pasir ( menurutku kemanisan, jika tidak suka manis2..kurangi sesuai selera )
  • 1 telur utuh
  • 235 ml susu tawar
  • 60 ml minyak goreng
  • 1 cup tape yang sudah di haluskan
  • Keju parut 50 gram
  • Kismis secukupnya
Cara Membuat :
  1. Panaskan oven 205  C.
  2. Campur tepung terigu, baking powder , garam dan gula di mangkuk besar. Buat lubang di tengah,sisihkan . Blender tape dan susu,sisihkan.
  3. Di mangkuk lain, kocok lepas telur dengan garpu , masukkan blenderan tape dan susu serta  minyak,aduk rata.
  4. Tuang sekaligus adonan basah ke campuran tepung. Aduk cepat dan ringan sampai asal tercampur rata ( jangan terlalu kuat mengaduk ya , nanti jadi bantat dan keras muffinnya Tuang di paper cup sesuai selera. Taburi keju parut dan kismis
  5. Untuk variasi : bisa di tambahkan 1 cup fresh strawberry,blueberry, labu, wortel,pisang dan lain2,di blender bareng susu. Atau bisa juga di tambah keju parut yang di masukan ke adonan.
  6. Panggang 25 menit sampai matang.
3

Batagor


 













Punya ikan tenggiri di kulkas ,bingung mau di bikin mpek mpek atau bakso ikan......tiba tiba terlintas pengen batagor. Ya sudah..di buat batagor aja dech..lama nggak makan soalnya, secara kalau di Semarang jarang banget adayang jual batagor..kalau di Yogya mah banyak ^^..bikinya cepet..tinggal cemplang cemplung masuikin ke blender..hehe..jadi dech.
Bahan :
Daging ikan tenggiri yang sudah bersih 100 gram
Tahu putih 4 buah
Teung tapioka 200 gram
Bawang utih goreng 1 sendok makan, haluskan
Merica bubuk ¼ sendok the
Daun bawang 2 batang, iris
Garam & penyedap jika suka secukupnya
Putih telur 100 ml
Air 50 ml

Cara Membuat :
Campur semua bahan pakai food processor, jika tidak ada pakai blender, tapi daging ikannya di cincang halus dulu jika pakai blender.
Masukkan sebagian adonan ke tahu yang di potong serong, lalu goreng dengan ai kecil agar matang sempurna sampai dalam, dan sisa adonan di goreng langsung bulat bulat kecil sampai kering.

Saus Kacang :
Kacang tanah 125 gram
Bawang putih 3 siung, goring
Garam 1 sendok the
Kecap manis 30 ml
Gula pasir secukupnya
Jeruk limau
Air  500 ml
Cara : Campur semua bahan,haluskan dengan blender,lalu masak hingga kentaldan berminyak. Jika suka pedas bisa di tambah ulekan cabe rebus..

0

Wednesday, January 25, 2012

Best Buttermilk Pancake Martha Stewart


Sesekali sarapan Ala Bule ……hari ini ku bikin pancake. Udah sering bikin dan coba beberapa resep…..tapi ini yang the best deh. Pancakenya empuk dan lembut…..walaupun udah dingin juga masih empuk. Karena pakai buttermilk di adonannya.
Tadi bikin separo resep hasilnya 4 buah pancake yang cukup besar. Karena pancake tuch paling enak di makan anget2…..tadi begitu mateng , langsung aja di makan bertiga ....sampe lupa di foto….untung masih ada satu……^^

Buat variasi menu sarapan si kecil..cobain dech..enyakkk ,bikinnya juga cepet 15 menit..jadi dech , pancake Ala hotel2 atau kafe tuch..lewat..^_^….enakan resep ini…



Ini resepnya untuk kira2 8 pancake

Bahan :
  • 2 cup tepung terigu serbaguna
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • ½ sendok the garam
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 telur, kocok  lepas
  • 3 cup butter milk ( 300 ml , kalau tidak ada buttermilk bisa diganti dengan buttermilk buatan sendiri, dari susu di tambah 2 sendok makan perasan air jeruk nipis, diamkan sampai menggumpal susunya.)
  • 4 sendok makan unsalted butter

Cara :
1.  Campur tepung, baking powder, baking soda, garam dan gula di mangkuk. Tambahkan  telur, buttermilk, dan butter. Aduk pakai wisk sampai asal rata saja..
2.     Panaskan pan anti lengket , olesi sedikit mentega , tuang adonan pancake , biarkan berlubang2 sekitar dua menit.  Balikkan, panggang sampai kira2 1 menit dan warna kuning kecoklatan. Sajikan hangat dengan madu, selai, susu kental manis atau coklat leleh .
10

Sunday, January 22, 2012

Lezatnya Kepiting Cak Gundul.....

Weekend..hari yang menyenangkan..karena bisa libur masak....dan makan di luar. Setelah seminggu masakin yang enak enak buat suami.....gantian suami donk yang traktir makanan enak ke kita....hehehe. udah lama juga gak makan kepiting , biasanya suka masak sendiri juga sich , tapi kok akhir2 ini jarang nemu kepiting di pasar deket rumah , akhirnya musti makan di restoran dech. Kali ini  kita coba kepiting di Cak Gundul Semarang , cabang dari Pasuruan sich.....tapi karena menu spesialisasinya kepiting ya sudah pasti enak donk.

Restorannnya sich biasa aja karena terletak di ruko2 begitu ya..tapi cukup luas dan nyaman dan terdiri dari dua lantai. Masakan utamanya adalah kepiting, tapi buat yang tidak suka kepiting ada juga ikan bakar dan seafood lain seperti udang atau cumi. Kepitingnya ternyata porsi besar , per kilo gitu , aku pengen saos mentega , Papanya Yodha pengennya saos asam manis..mau pesan dua kg kok kebayakan , akhirnya minta di buat separo asam manis dan separo saos mentega , bisa ternyata..dan akhirnya dua porsi kepiting pun tiba di meja. Penyajiannya sungguh menggiurkan, saosnya melimpah, bener bener sedap dan mantab bumbu2 nya..Apalagi yang saos mentega aku minta bumbu ekstra pedas..wow..sangat nikmat rasanya , kalau di turuti..nasi sepiring kurang dech......tapi karena ingat diet.....akhirnya di gado aja sisanya..dua tangan sibuk dech....kalau makan kepiting gini..hehehe. Soal harga..lumayan mahal juga sich..per kg nya 200 ribu lebih..tapi sebanding kok dengan rasanya..^_^...

Buat yang mau coba ini alamat kepiting Cak Gundul Semarang : Ruko Atrium Jl. Jendral Sudirman No.01 Semarang

    Ini nich ..penampakan kepiting saos mentega pedasnya....


    Kalau yang ini saos asam manis ..enak juga....
1

Friday, January 20, 2012

Donat Kampung

Biarpun sekarang lagi marak dan tren donat2 empuk A la Jco dengan berbagai toping warna warni dan isian yang menggoda..tapi donat kampung tetep paling enak sedunia..menurutku lho....hehehe. 
Rasanya ..Indonesia banget, dengan penyajian yang minimalis, cuma dengan di selimuti gula halus..udah enak banget. Tidak membosankan seperti donat2 yang bertoping coklat yang cantik2. Sangat Indonesia juga karena terbuat dari campuran terigu dan kentang kukus , sehingga rasa donatnya empuk , tapi tetep ada  tekture khas donat atau roti goreng yang padat gitu , beda dengan donat donat a la bakery yang cenderung seperti  roti biasa.
 

Buatnya..gampang saja , ini dia resepnya :

Donat Kampung
bahan-bahan :
300 gram tepung terigu protein tinggi
150 gram kentang kukus, haluskan
1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
35 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
1 butir telur
100 ml air es
30 gram margarin
1 sendok teh garam
100 gram gula donut, untuk taburan
minyak padat untuk menggoreng

Cara Pengolahan :
  1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan kentang. Aduk rata.
  2. Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
  3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 25 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  4. Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Diamkan 45 menit sampai mengembang di loyang yang ditabur tepung.
  5. Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  6. Dinginkan. Masukkan ke kantong plastik. Tambahkan gula donat. Kocok-kocok sampai teraduk rata.
19

Thursday, January 19, 2012

My Fruit Tarlet

Akhirnya kesampaian juga bikin fuit tartlet ukuran besar..gak ada acara apa2 sich pas buat ini , pengen aja..hehehe. Hasilnya cantik dech..murni kreasi ku sendiri dalam hal menata buahnya....soalnya biasanya terpana liat fruit tartlet cantik2 di blog orang. Ternyata..sangat gampang buatnya..ahhh......bisa jadi ide buat hantaran ke temen atau keluarga nich jika lagi ada acara..Rasanya so pasti segar..kan banyak buah nya.....


Resepnya..biasa lah..pakai fruit tartlet kulitnya ,dalemnya pakai vla vanila yang ku ganti rasa orange, trus atasnya buah segar yang di oles larutan jelly. 

Bahan :
125 gram margarin
1 butir kuning telur
60 gram gula halus
180 gram terigu
1 sendok teh baking powder
garam 1/2 sendok teh
Aneka buah segar : kiwi, jeruk dan strawberry
Selai arikot / larutan jelly untuk olesan.

Vla Jeruk :
400 cc susu cair
50 gram maizena
150 gram gula pasir
2 butir kuning telur
1 bungkus jeruk instan serbuk

Cara Membuat :

Campur terigu , margarin dan gula , potong potong dengan pisau atau aduk dengan garpu hingga berbutir butiran kecil , aduk rata , masukkan lemari es selama 1 jam.
Giling tipis , taruh dalam loyang pie yang sudah di oles margarin tipis tipis. Panggang selama 20 menit ,di suhu 170 c.

Vla : Masak susu ,gula sampai mendidih ,masukkan maizena ,dan vanili ,aduk hingga kental. Masukkan kuning telur,aduk dan masak hingga meletup letup.

Isikan vla ke kulit pie, tata buah segar di atasnya.
olesi dengan selai arikot atau larutan jelly bening yang sudah di panaskan.


0

Sop Bola Bola Tahu

Sop Bola Bola tahu ini , bikinnya gampang banget. murah..meriah dan lumayan bergizi. Idenya dari tahu bulat yang gurih yang banyak di jual di pasar2..tapi daripada beli ya mending bikin sendiri donk..gampang ini. Biar lebih bergizi ku tambahkan cincangan udang dan wortel juga , jadi lebih gurih dan enak pastinya. Akhirnya sekarang bola bola tahu ini jadi salah satu menu favorit Yodha.....yang sebelumnya tidak suka tahu goreng..karena kalau di buat bola2 gini kan jadi gurih tahunya.....

  


Resep Bola Bola Tahu :
4 buah tahu ukuran sedang
1 batang daung bawang,iris halus
1 buah wortel, parut kasar pakai serutan keju
100 gram udang cincang
1 butir putih telur
1 siung bawang putih, haluskan
1 bungkus kecil bumbu kaldu rasa ayam( jika tidak suka ganti dgn garam )
gulapasir 1 sendok teh
merica bubuk 1/2 sendok teh

Cara membuat, hancurkan tahu, tambahkan bumbu2 , daun bawang , udang  dan telur, aduk rata. Bentuk bulat2 kecil dan goreng sampai kuning kecoklatan.
Sajikan hangat dengan saus sambal, atau bersama sup sayuran..gurih dan enyakkk..^_^...


0

Tuesday, January 17, 2012

Soft Chocochips Cookies


Target belajar di dapur adalah bikin soft cookies ini..pengen tahu rasa cookies favorit para Bule ini..adonannya unik , karena di campur dengan puding instan mix..catet dulu resepnya di sini..besok baru cari2 bahan dan coba.

Bahan :
  •  2 1/4 cup tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok the baking soda
  • 1 cup mentega / margarin
  • ½  cup gula palm
  •  ¼ cup
  • 1 pack vanilla pudding instan
  • 2 telur
  • 1 sendok the vanila
  • 2 cup choco chip
  • 1 cup mede
Cara Membuat
  1. Panaskan oven 175 derajat.
  2. Ayak terigu,baking soda ,sisihkan
  3. Dalam mangkuk besar, kocok mentega , gula palm,dan gula pasir.
  4. Masukan instan pudding , kocok sampai rata.
  5. Masukkan telur dan vanilla.
  6. Masukan campuran tepung,aduk rata.
  7. Terakhir masukkan coco chips dan kacang mede.
  8. Sendokkan di Loyang yang di alas kertas minyak.
  9. Panggang 10 -12 menit.
  10. Tepi kue harus keemasan
0

Monday, January 16, 2012

Brownies Cookies Drop

Ini resep kreasiku yang ku ikutkan di lomba resepkita.com..Wish me luck......

Brownies dalam cookies….? Bisa banget….!!.. Kelezatan rasa coklat dan kerenyahan brownies bisa kita rasakan sekaligus sensasinya. Rasanya yang full coklat, manis , renyah..pasti di sukai anak anak maupun orang dewasa. Sajikan sebagai snack sehat untuk si kecil , atau teman minum teh di sore hari….sungguh nikmat…! Pilhan coklat terbaik akan sangat berpengaruh pada rasa brownies ini..hemm..sekeping..tak kan penah cukup…………!

Bahan Yang digunakan :
* 250 gram coklat masak pekat
* 150 gram tepung terigu serbaguna
* 25 gram coklat bubuk
* 2 sendok teh baking powder
* 120 gram margarine / mentega
* 150 gram gula pasir
* 2 butir telur
* 75 ml susu cair
Cara Membuatnya :
1. Panaskan oven 175°C, alasi Loyang dengan kertas roti atau silpat.
2. Tim coklat masak sampai meleleh, sisihkan
3. Campur tepung terigu , coklat bubuk , dan baking powder, ayak dan aduk rata, sisihkan.
4. Kocok margarine sampai pucat,tambahkan gula , kocoks ampai butiran gula halus, kemudian tambahkan telur satu persatu .
5. Masukkan coklat leleh ,mixer kembali hingga rata.
6. Masukkan susu cair ,kocok dengan mixer kecepatan rendah.
7. Terakhir masukkan campuran tepung dan aduk rata, atau di mixer dengan kecepatan rendah.
8. Sendokkan adonan ke Loyang , beri jarak yang cukup , karena cookies ini akan melebar.
9. Panggang selama kurang lebih 20 menit hingga matang dan kering.
10. Simpan di wadah kedap udara.

10

Saturday, January 14, 2012

Telur Isi Kentang

Masih dalam rangka membuat menu padat gizi buat Yodha.....terciptalah  telur isi kentang ini.kayak kroket biasa lah , isi sayuran wortel  dan cincangan daging ayam. tapi biar lebih bergizi lagi di tambah cincangan kuning telur di adonannnya, sedangkan putih telurnya di pakai buat alasnya. Jadinya lebih cantik dengan hiasan putih telur. sekali gigit.....banyak nutrisi terpenuhi , cocok banget buat cemilan anak2..tapi orang dewasa pun di jamin gak bakal nolak..hehehe..



Resepnya..ini dia :

Telur Isi Kentang

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
2 sendok makan margarin untuk menumis
1/2  buah bawang bombay, dicincang halus
2 sendok teh seledri cincang
100 gram ayam rebus , cincang
4 sendok makan tepung terigu protein sedang
150 ml susu cair
300 gram kentang kukus, dihaluskan
1 sendok teh garam
1 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam bubuk ( optional )
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh gula pasir ( atau sesuai selera )
minyak untuk menggoreng
telur rebus 4 butir, belah 2 , kuningnya di cincang

bahan pelapis:
2 putih telur, dikocok lepas
100 gram tepung panir kasar 
Cara Pengolahan :
  1. Kulit : Panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan ayam giling. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir. Tuang susu cair sedikit – sedikit sambil diaduk sampai licin.
  2. Masukkan kentang, garam, merica bubuk, gula dan pala bubuk. Aduk rata. Angkat.
  3. Ambil sedikit adonan. Pipihkan di atas putih telur rebus. Bentuk bulat lonjong
  4. Gulingkan ke tepung panir kasar oranye. Celupkan ke putih telur. Gulingkan ke tepung panir kasar oranye.
  5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.




0

Bubur Sumsum

Sebagai seorang Ibu..musti kreatif nich..bikin makanan pas anak lagi nggak mau makan karena sakit , seperti Yodha yang lagi sakit gigi..duch..di suapin apa2 tidak mau buka mulut. Akhirnya kepikiran..bubur sumsum ini.....bubur nan lembut dan manis , pasti anak2 suka. 


Bener saja , setelah ku buatkan bubur ini , Yodha mau makan dengan lahap..ya iyalah..tinggal nelan..hehe...dan rasanya pun enak..gurih dan manis..jadi..yuks bikin bubur...ini dia resepnya :

Bubur Sumsum

Bahan:

100 g tepung beras yang bagus
½ sdt garam
650 ml santan
2 lembar daun pandan, potong-potong

Saus:

200 g gula merah, sisir
200 ml air
1 lembar daun pandan, potong-potong
sedikit garam
Cara membuat:

Campur tepung beras, dengan sebagian santan dan garam. Aduk rata.
Masak sisa santan dan pandan hingga mendidih.
Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga kental dan mendidih. Masak terus dan aduk terus agak lama biar dgn api kecil tidak bau tepung mentah. Angkat. 
Saus: Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Angkat, saring.
Sajikan bubur dengan Sausnya.




5

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel