Google Ad

Wednesday, August 31, 2016

Sambel Goreng Kacang Tholo & Krecek


Maaf kemaren absen posting teman-teman..kemaren seharian hingga malam syuting video lagi yang untuk program COOK & SHARE diahdidi.com. Jadi program di You Tube chanel ini adalah program yang resmi dari web aku dalam pembuatan video resep. Dalam program ini biasa aku membuat menu-menu baru yang kreatif, unik dan belum pernah aku posting di web. Makanya syutingnya juga beneran, pakai konsep..di buat oleh team profesional, dan tentu saja dengan kualitas video yang bagus. Kalau yang  video harian biasa berisi tips-tips ringan saja..kadang aku buat sendiri dengan kamera biasa yang ada di rumah...kadang aku upload langsung di Instagram aku di @bunda_didi atau di You Tube juga tapi di segmen tips harian aja.

0

Monday, August 29, 2016

Nasi Hainan Ayam Panggang Ala Kongbap






Udah lama suami minta di buatin Nasi Hainan...tapi aku selalu sibuk masak menu Jawa dll..jadi lupa terus. Nah kemaren mumpung punya kaldu ayam kampung..aku buat Nasi Hainan aja, ternyata Yodha juga suka. Biar makin bergizi, aku tambahkan Kongbap..campuran beras sehat yang kaya serat, karena terdiri dari berbagai macam biji-bijian yang kaya serat dan bermanfaat untuk tubuh. Cara pakainya juga mudah..tinggal di campur ke dalam beras, sewaktu memasak nasi biasa..atau olahan nasi istimewa, seperti Nasi Hainan ini.
0

Saturday, August 27, 2016

Sop Pecok Ayam & Sayuran



Dua hari kemaren aku ngedrop, meriang..jadi maaf jika slow respon bales wa, inbox dll ya teman-teman.
Akhirnya masak yang seger-seger dan nggak terlalu berbumbu. Untungnya masih doyan makan..walau meriang..hihi. Jadi..lumayan cepat pulih. Kalau sebelumnya tidur itu nggak nyenyak..bisa 5 kali bangun karena kerigat dingin ngucur terus, tadi malem balas dendam..udah agak pulas. Ternyata memang istirahat yang cukup itu penting ya teman-teman. Janji dech nggak mau begadang lagi..hihi.
0

Friday, August 26, 2016

Rempeyek Kacang Mede


Kemaren lagi pengen makan rempeyek yang renyah tipis. Biasanya..kalau  buat peyek aku lebih suka yang klasik, ala Yogya yang bulat dan kacangnya utuh. Karena seperti itulah jenis rempeyek yang aku kenal sejak kecil. Membuat rempeyek bulat ini, adonan tepungnya murni dari tepung beras, agak kental, jadi ketika di goreng akan bisa berbentuk bulat dengan taburan kacang tanah utuh yang rentep..atau padat. Untuk menggorengnya perlu dua kali goreng. Pertama di goreng hingga alum..atau layu terlebih dahulu, selanjutnya di goreng kembali hingga kering. Kalau langsung di goreng, akan memakan waktu lama proses penggorengannya.
5

Thursday, August 25, 2016

Puding Karang Tanpa Santan


Kemaren ada teman yang tanya resep Puding Lumut..puding telur yang pakai sari pandan itu. Sayangnya aku kurang suka jika puding atau kue pakai sari pandan terlalu banyak, karena aromanya malah kurang oke menurut aku. Aku paling suka pakai pandan itu sekedar 1 atau dua lembar itupun utuh aja di campur waktu proses memasak, jadi aromanya masih harum normal. Kalau untuk pewarna..lebih baik pakai daun suji, sejenis pandan juga yang akan menghasilkan aroma hijau alami yang cantik. Namun daun suji ini langka ya..aku juga jarang nemu. Kalau pndan..aku banyak nanam di belakang rumah.
7

Wednesday, August 24, 2016

Dim Sum : Bakso Ayam & Udang Rambutan


Kalau beli macam-macam Dim Sum itu kadang ada menu yang unik kriuk ini ya teman-teman...namanya salah satunya itu Bakso Rambutan..atau nama lain ada lagi sebutannya. Ya jelas aku suka yang kriuk gurih gini. Paling aku kurang suka kalau makan Dim Sum itu Ceker Merahnya..hihi. Rasa sausnya belum bisa aku terima di lidah Jowoku. 
6

Tuesday, August 23, 2016

Kroket Tepung Kentang Isi Sambel Goreng Daging


Lama nggak buat olahan baru Tepung Kentang Flakes..banyak teman-teman yang beli Tepung Kentang flakes dari aku nanyain resep-resep baru. Maaf..baru sempat buat lagi ini ya teman-teman. Tadi aku upload video tutorialnya juga..tapi di Instagram dulu ya..yang You Tube menyusul...karena kalau Instagram praktis..tinggal upload dari hape. Kalau You Tube musti edit dulu..lha ini yang tugasnya ngedit juga banyak kerjaan..jadi agak lama...huhu. Padahal udah banyak video yang aku buat sich..
6

Keripik Pare


Alhamdulillah...pohon pare di taman belakang berbuah..seneng dech lihat pare segar bergelantungan, walau baru beberapa buah...hihi. Aku iseng beli bibit pare biji..terus di tanam di belakang..kok numbuh dan subur. Walau beli Pare itu murah..tapi kalau hasil nanem sendiri itu rasanya gimana gitu...sensasinya beda...!

5

Monday, August 22, 2016

Garang Asem Usus Tanpa Santan


Lagi suka menu yang seger-seger...soalnya hawa sudah mulai panas ya jika siang. Nah..salah satu menu favorit aku itu Garang Asem. Tapi..kalau Garang Asem Ayam kok kadang suka bosan..jadilah aku ganti pakai usus ayam. Enak sekali juga...!
1

Sunday, August 21, 2016

Kue Sagon


Lagi seneng masak pakai Skillet baru ku..seperti pan besi tapi ala-ala luar...bisa di pakai untuk masak atau panggang kue. Kemaren buat martabak bisa...terus aku coba bikin Sagon basah pakai ini juga bisa..hasilnya mateng sempurna..garing di luar..lembut dan chewy dalamnya.
6

Friday, August 19, 2016

Sosis Solo Kukus


Pengen ngemil gurih..tapi lagi males makan gorengan. Akhirnya kemaren aku buat sosis Solo versi kukus. Seperti kalau makan sosis Solo di warung soto di Semarang itu kulitnya lembut..walau di kukus..nggak jadi kering. Iseng aku cari tahu..ternyata nggak pakai tepung terigu. Maknya..walau dingin tetap lembut. Kalau dulu pernah aku buat itu pakai campuran tepung terigu, memang kalau dingin agak keras kulit dadarnya. Kalau pakai telur saja..kurang cantik kulit sosisnya..ketika di kukus jadi mengkerut...jadi kalau aku paling suka yang pakai maizena ini pas..tekture kuat, tapi tetep lembut.
7

Wednesday, August 17, 2016

Tumis Jamur Kuping & Sayur


Yodha sekarang sudah seneng makan sayur. Tapi...alih-alih suka sayur bayam seperti anak-anak pada umumnya..dia kok sukanya kol..sama jamur..hihi. Kalau kol seperti aku..suka jamur..seperti papinya..hihi. Kalau bayam malah kurang suka Yodha. Mungkin karena sering ketemu kol di menu Nasi Goreng..Mie Goreng..cap cay dll..dia jadi suka.

4

Tuesday, August 16, 2016

Mendoan Kucai




Aku punya dua pohon kucai sudah beberapa bulan ini bertahan hidup di pot di kebun belakang rumahku. Tumben ya..hihi. Soalnya ada yang nyiramin sich Pak tukang kebunku yang datang dua hari sehari. Kalau aku yang merawatnya..ya pasti sudah kering dari dulu kala..hihi. Aku suka sekali kucai..karena aromatik dan enak untuk campuran masakan atau gorengan. Rasanya itu lebih gurih dan aromatik misal kita membuat cireng, jika memakai kucai.



Beberapa daerah juga banyak yang memakai kucai ini untuk campuran menu masakan. Seperti wonosobo..biasa pakai kucai untuk taburan Mie Ongklok, Cirebon..kucai juga banyak di pakai untuk aneka hidangan di sana, seperti Empal Gentong, dll.

Kucai selain untuk campuran hidangan, bunga kucai juga bisa di jadikan taburan pizza lho..dari yang aku bca..katanya akan lebih spicy...masak sich ya..?..Kapan-kapan aku coba dech. Jika kita punya stok kucai dalam jumlah banyak, cara menyimpan terbaik adalah membekukannya di dalam air..ini juga baru mau aku coba, karena memang kalau di simpan di kulkas itu cepat sekali rusak kucai ini.

Tips menanam kucai, bisa dari bibit pohon atau biji. Kalau saran aku sich beli saja yang sudah tumbuh bibitnya, di tukang tanaman, biasanya ada..tinggal kita tanam saja. Punyaku aja masih di plastik bag aslinya belum aku pindah bisa awet berbulan-bulan..jadi nyimpan kucainya di pot..hihi. Awet segernya. Walau belum sempat numbuh dan berkembang biak, jika udah panjang, langsung aku potong buat masak..hihi.

Nanti aku eksplore lagi menu-menu dengan kucai dech...hari ini tadi cuma buat mendoan dengan campuran kucai..enak banget. Tadi ada sambal petis pedas cup yang baru di kirim dari supplier, jadi pengen nyemil mendoan..pakai sambel petis ini..hemmm..yummy dech. Teman-teman yang kemaren menunggu sambal petis pedas dalam cup yang enak..udah ada lagi nich setelah beberapa waktu absen nggak buat supplierku. Dan sambal ini fresh..buatan baru..ketika aku pesan lho..serta pakai udang asli..bukan cuma limbah udangnya. Jadi ini petis kualitas bagus yang kental dan tahan lama. Selain di colek langsung ke gorengan,  bisa buat masak rujak cingur, tahu gimbal, dll.

Untuk resep mendoan..sudah pernah aku share ya di webku ini beberapa versi resep..di search aja ya.



3

Donat Ubi Ungu Isi Pisang & Keju


Kemaren sore iseng buat donat ubi ungu..gara-gara sudah mengukus ubi ungu..mau buat apa ya kemaren tuch..lupa hingga sore belum aku buat juga..hihi. akhirnya dari pada mubazir itu ubi ungu kukus, langsung buat donat aja yang gampang. Sayang banget jika ngga kepakai, soalnya aku dapat ubi ungu bagus b anget..udah tua..manis dan warnanya ungu tua cakep banget. Nah..ubi ungu seperti ini sangat cantik di baut aneka kue..nggak perlu pewarna teman-teman..warnanya udah cantik sekali.
13

Monday, August 15, 2016

Kue Khamir


Akhirnya kelakon bikin kue Khamir yang mumbul cempluk dan mengembang gede. Kemaren sempat coba sekali itu hasilnya masih kurang oke. Nah..tadi malam aku buat itu..terus aku diamkan semalaman..jadi mengembang besar dan empuk. Tapi ada sedikit aroma khas fermentasi jika di diamkan semalaman...karena aku pakai tape juga. Jadi menurutku akan lebih enak kalau cukup sekitar satu atau dua jam saja ferementasinya.
14

Sunday, August 14, 2016

Tips Membuat Mix Vegetables Homemade


Dalam berbagai masakan, aku sering menggunakan sayuran campur untuk campuran...seperti untuk membuat  risoles, nasi goreng, pizza, skotel makaroni, dll. Dulu sering mau  praktis ya beli saja langsung. tapi kalau di pikir-pikir kok lumayan mahal ya. Dan biasanya sudah dalam kondisi frozen, jadi kurang fresh.

Sebenernya ada cara mudah kok untuk membuat campuran sayuran seperti ini. Bahannya juga murah-murah saja. Jadi..selain bisa lebih hemat, juga lebih sehat kan..karena memakai benar-benar sayuran segar. Cara membuatnya mudah banget, simak yuk tips berikut.

Pertama pilihlah sayuran yang akan kita pakai yang kondisinya masih segar. Untuk Mix vegetables yang murah meriah, aku biasa memakai sayuran wortel, jagung manis dan buncis. Pilih wortel yang warnanya cantik orange, dan masih segar. Kupas wortel, dan potong dadu kecil

Untuk jagung, pilih jagung yang mudah dan manis ya, agar rasanya lebih enak. Pipil jagung sesuai ruas agar bentuknya tetap bijian cantik. Pilih jagung yang fresh, jangan yang sudah di lemari pendingin di supermarket itu manisnya sudah berkurang. Beli saja di pasar..selalu segar dan lebih murah.

Oke, warna orange dan kuning sudah kita dapat dari wortel dan jagung manis, selanjutnya..kita pilih satu warna kontras lagi untuk campurannya. Bisa pakai kacang polong atau buncis. Kalau kacang polong agak susah ya cari yang segar, jadi pilihan kita gar tetap murah meriah, ya buncis. Pilih bunci yang masih muda, agar rasanya masih manis dan nggak keras. Siangi kedua ujungnya, lalu potong-potong kecil serais dengan ukuran wortelnya ya.

Selanjutnya, tinggal kita didihkan sedikit air, sesuai takaran campuran sayuran yang kita buat. Beri sedikit garam, agar ketika kita rebus, warna sayurannya tetap cantik dan cerah. Ketika air sudah mendidih, segera masukkan wortel dan jagung terlebih dahulu. rebus sebentar saja, sekitar 2 menit sampai jagung dan wortel berubah warna. Lalu masukkan buncis, diamkan satu menitan kira-kira sampai buncis jadi lebih cerah warnanya. Angkat sayuran, siram dengan air es. Diamkan hingga air menetes semua dan dingin, siap di gunakan. 

Jika mau di simpan di freezer, bagi mix vegetables menajdi beberap kantong plastik sekali pakai agar ketika mau di gunakan, tinggal ambil saja satu kantong, jadi nggak perlu mengeluarkan semua. jadi kesegaran Mix Vegetables ini akan tetap terjaga. Mudah kan teman-teman membuat campuran sayuran sendiri di rumah. Campurkan ketika kita membuat ragout untuk risoles, nasi goreng untuk anak-anak..pastia kan lebih sehat dan bergizi. Selamat mencoba...:)


14

Saturday, August 13, 2016

Tips Usaha Kremes Pisang


Kemaren ada teman yang menanyakan usaha Pisang kremesan. Sebenernya sudah sering aku ulas sich. Tapi baiklah..aku tulis lagi dech. Pisang kremes memang sangat enak..gurih renyah kriuk..di padu legit manis pisang..sungguh paduan yang sangat pas. Menggoreng Pisang kremes juga tidak sulit asal tau triknya..dan adonannya pas. 
4

Friday, August 12, 2016

Ongol Ongol Tepung Garut & Kelapa Muda




Beberapa hari kemaren kok perut kurang nyaman, agak panas..kebanayakan makan sambal kayaknya..hihi. Untung masih ada stok Tepung Garut bawa dari Yogya kemaren. Langsung kepikiran pengen  bikin bubur Garut buat ngademin perut. Tapi..kok pengen dan kangen Ongol-Ongol juga. Wis..akhirnya buat Ongol-Ongol aja..lebih enak maemnya..karena bisa di cemil-cemil dan lebih gurih karena ada taburan kelapanya. Biar lebih enak di adonan Ongol-Ongolnya aku kasih campuran potongan kecil-kecil..kelapa yang masih agak muda...jadi ada sensasi kreyes-kreyes enak gurih, mengingatkan aku pada Ongol-Ongol versi pasar di Yogya. Tapi kemaren keburu sore matahari keburu menghilang..jadinya nggak sempat nunggu dingin untuk di potong-potong, jadi aku cetal pakai sendok bulat-bulat pipih aja Ongol-Ongolnya. Yang mau coba tepung garut masih ada beberapa kg nich..aku nggak berani bawa banyak sich kemaren..pesanan teman-teman yang udah sering pesan garut ini aja. Sekarang masih ada beberapa..jadi yang kemaren butuh tepung garut ini untuk obat, dll..silahkan sms atau wa ke 089654712500 ya.



Oke..sebelum aku kasih resep Ongol-Ongol..mau curhat dulu ya..kemaren nggak sengaja nemu Web abal-abal ini nich yang isinya banyak sekali copian postingan dari Webku...CARAMASAK.CO.ID 
Ya ampun..nekad banget ngopinya Mas..atau Mba yang punya Web ini ? Di copi sak pengantar serta tulisanku semua dari awal hingga akhir plus semua fotonya. Mbok ya menghargai hasil karya orang lain. Lha kalau Web ku ini kan isinya gado-gado..dari jualan..cerita pribadi..curhat..dlll..lha terus di copi plek itu maksudnya apa ya..aku sampai bingung teman-teman..kok ada ya yang seperti itu . Kalau mau punya web masakan ya mbok masak sendiri. Resep pakai resep orang lain..boleh kok..tapi ya di recook..di foto sendiri..terus posting dengan versi cerita dan ulasan sendiri. 

Kalau web ini sungguh aneh..langsung copi paste semua..dan semua yang aku posting kayaknya langsung di copi sama dia. Lha kok enak banget ya..kita aja posting tuch sampai menyempatkan waktu masak..foto..nulis di sela-sela kerjaan yang menumpuk..lha situ enak..tinggal copi..paste..terus bisa dapat postingan baru gitu tiap hari juga..terus mau buat cari trafic cepat dan dapat iklan serta dapat bayaran dari google gitu ya tujuannya ?..Hemmmm..! 

Oke dech..tetep..walau udah sering ngadepin copi paste...seperti itu..tapi yang ini kebangetan memang..karena sampai kata-kata pengantar yang notabene aku banget dengan cerita keseharianku..di copi juga..wew..aneh kan teman-teman...Lol..!

Ya kita doakan saja semoga sadar dech ya punya web tipu-tipu begitu..amin..yukk ah..masak lagi aja..ini resep Ongol-Ongolnya ya teman-teman..masih sama dengan yang biasanya..cuma aku tambahin potongan kelapa muda aja biar lebih gurih. ( UPDATE..barusan webnya di bikin *under contruction*...setelah aku posting ini...hihi..syukurlah jika langsung sadar..! )

Ongol Ongol Tepung Garut 

Bahan 1 :
150 gram tepung garut, ayak atau blender halus pakai blender kering jika masih bergerindil
100 - 150 ml air ( Sesuai selera ya tingkat kekentalannya...jika masih agak terlalu kental boleh di tambah lagi airnya )
Campur tepung garut dan air, aduk hingga larut, sisihkan

Bahan 2 :
125 gram gula aren atau gula merah yang warnanya coklat tua.( boleh di tambah jika suka manis )
400 ml air
2 lembar daun pandan
Masak air , gula dan daun pandan hingga gula larut, saring.

Bahan 3 :
1/4 butir kelapa agak muda, kupas, potong tipis kecil-kecil untuk campuran adonan. 50 gram kelapa parut kasar dan sedikit garam, aduk rata lalu kukus untuk  lapisan.

Didihkan kembali air gula, masukkan larutan tepung garut, potongan kelapa kecil-kecil, lalu masak sambil di aduk hingga menjadi adonan yang kental dan bening. Awalnya memang adonan keliatan menggumpal..tapi jangan khawatir..aduk terus saja di api kecil hingga adonan bening dan halus. Lalu tuang di loyang yang di alas plastik. Padatkan. Biarkan hingga benar-benar dingin..baru di potong-potong.
Noted : Ketika masih panas..adonan ongol ongol ini seperti lengket..tapi ketika sudah dingin akan mudah di potong. Kemaren aku buru-buru, jadi aku sendokin saja Ongol-Ongolnya..dan langsung aku gulingkan ke kelapa parut. Jika mau di potong-potong..alasi pisau dengan plastik agar potongan ongol ongol rapi dan halus. Gulingkan di kelapa parut. Sajikan.




3

Thursday, August 11, 2016

Perkedel Kimpul



Berbelanja ke pasar itu selalu menyenangkan..karena selalu ada bahan-bahan unik atau nggak biasa yang bisa kita olah. Karena pasar memang  pusat ekonomi, tentu saja...banyak penjual dan pembeli. Nah..kalau di pasar tempatku tuch unik..suka ada produk hasil bumi musiman yang di jual oleh Mbah-Mbah yang udah sepuh dan jualan apa adanya dari hasil bumi mereka. Seneng aku belanja ke mereka itu..selain menolong mereka agar dagangannya laku..juga yang di jual itu mesti unik-unik dan nggak biasa. 
3

Wednesday, August 10, 2016

Kremesan Udang Bersantan


Dari kemaren kepikiran untuk membuat olahan kremesan yang beda. Hemm..akhirnya punya ide untuk buat kremesan ala resto Padang. Kremesan udang yang warnanya kuning cantik genjreng serta gurih rasanya. Aku coba-coba saja pakai TEPUNG KREMES jualanku, aku tambah kunyit bubuk, daun jeruk iris, serta santan. Hasilnya lebih gurih..dan cantik berwarna kuning genjreng.

2

Tuesday, August 9, 2016

Bakso Goreng Ayam & Mie


Kreatifitas di dapur itu...jangan sampai terbatasi oleh bahan ya teman-teman. Jika lagi nggak punya bahan..coba bongkar freezer..rak dapur..pasti ada sesuatu yang bisa di olah..hihi. Seperti tadi..aku bongkar freezer, nemu sedikit ayam giling. Kalau di pikir-pikir..hemmm..nanggung ya..cuma dikit aja kok di masak. Tapi..kalau aku kok nggak ya..sayang kan 100 gram. Akhirnya cari-cari teman alias bahan lain.
 
8

Ikan Pindang Berkecap


Kalau masak mengandalkan tukang sayur, ya apa adanya yang ada...hihi. Karena biasa tukang sayur itu jualnya apa yang biasa di jualnya tiap hari. Kalau di pasar kan  kita bisa puas pilih-pilih apa yang mau kita masak. Nggak tau ya mungkin ya mereka hafalan aja..apa yang biasa di jual..ya itu-itu terus. Sering ngobrol..sama Budhe sayur langgananku..kok nggak jual ini..itu....aku sarankan gitu. Budhenya bilang takut nggak laku..hihi.
5

Monday, August 8, 2016

Es Kacang Hijau Madura




Masih punya sisa bubur kacang hijau di kulkas,  sayang jika di buang..jadilah di daur ulang..jadi es kacang Hijau Madura. cara membuatnya mudah banget, ya tinggal bubur kacang hijau tambah pelengkapnya..hihi.
5

Saturday, August 6, 2016

Tempura Sosis & Kentang


Menu sarapan Yodha..yang di masaknya sendiri...dan di habisin sendiri..hihi. Alhamdulillah udah doyan makan lagi Yodha. Pagi-pagi tadi udah makan mie goreng..lha kok minta sarapan lagi..katanya. Lalu aku tawarkan kentang goreng atau sosis. Dia bilang.."Hemmm..ayuk cooking mi..aku mau masak sendiri...! " Bikin apa Kak ?"..
Dia bilang mau bikin Corn Dog seperti yang kemaren dia makan.

3

Friday, August 5, 2016

Bubur Sumsum Jagung


Menu makan siangku tadi..Bubur Sumsum. Kemaren malam itu tidur jam 2 malam..karena ada masalah kerjaan yang harus dibereskan. Tapi tetap harus bangun pagi-pagi menyiapkan segala keperluan Yodha sekolah. Jadinya itu rada kliyengan..pusing..kepala berat..dan badan seperti melayang tadi pagi. Eh kok ya harus ada urusan keluar rumah seperti ke bank dll..setelah itu. Akhirnya pulang ke rumah jam 11 an itu kok..nggak nyadar aja tiduran bentar di day bed depan tivi...untungnya setelah itu agak mendingan. Padahal biasanya aku paling nggak bisa tidur siang. Tadi antara sadar dan tidak..tidur apa nggak..pokoknya badan udah menyerah  minta rebahan gitu...:D
4

Thursday, August 4, 2016

Telur Dadar Kelapa Bumbu Rempah


Sore tadi nggak masak lauk..karena sudah buat Makaroni skotel untuk Yodha dan papinya. Tapi dasar akunya itu bosan ya..jika makan makanan yang sama dengan menu siang harinya. Jadinya kok ya tetap tengok-tengok kulkas ada apa gitu yang bisa di olah jadi lauk. 

Akhirnya nemu kelapa  muda parut, sisa buat bothok kemaren. Tapi tinggal sedikit, kira-kira seperempat butir. Akhirnya aku keingat menu jaman kecil, waktu sering di buatin ibuku. Telur dadar kelapa..hemm..enak dech..lama nggak makan. Akhirnya aku buat tadi..wah..memang enak sekali..rindu rasa menu masa kecil seperti ini.

Untuk membuat dadar kelapa ini, kelapa yang di pakai musti kelapa yang masih agak muda ya teman-teman..yang biasa buat bothok..jadi rasanya itu..lembut banget dan gurih. Kalau kelapa tua kurang enak..karena nanti agak kasap ( kasar ) rasanya.

Untuk membuat dadar ini, agar lebih set dan renyah luarnya, di tambah sedikit tepung beras. Kalau dulu, kami keluarga besar, suka di buat dadar ukuran kecil-kecil sama ibuku..jadi hasilnya malah lebih garing dan enak...kreyes-kreyes gitu dadarnya...garing di luar..lembut dalamnya. Tapi tadi aku lagi malas, langsung aku buat dadar satu aja, tuang semua ke wajan wok yang cekung. Nah jika mau langsung tuang tipsnya, jika sudah mengembang dadarnya, kecilkan api ya..agar matang sempurna hingga ke bagian dalamnya. 

Oke..selamat mencoba..ini dia resep mudahnya :

Dadar Kelapa Muda Bumbu Rempah

Bahan :
2 butir telur, kocok lepas
1/4 butir kelapa agak mudah yang biasa buat bothok..parut panjang
5 buah cabe rawit merah, iris halus atau haluskan kasar
1 lembar daun jeruk, iris halus
1/8 sendok teh ketumbar bubuk
1 siung bawang putih, haluskan 
1/2 cm kunyit, haluskan
1/4 sendok teh kaldu ayam
Sedikit garam
1/8 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan
Koreksi rasa, ambil sedikit adonan..goreng..cicipi..udah pas belum gurihnya sesuai selera
Jika sudah oke, goreng dadar di minyak yang sudah di panaskan hingga matang
Potong-potong
Sajikan hangat



9

Makaroni Skotel Ayam & Sayuran



Sibuk..kadang bablas lupa makan siang. Perlu trik nich biar perut tetap terisi on time..agar stamina tetap terjaga. Makanya tadi waktu aku melihat sebungkus makaroni di dapur, langsung kepikiran buat makaroni skotel untuk stok cemilan berat, pengganti makan. Jadi kan bisa di cemal-cemil..sambil kerja di depan komputer.
7

Wednesday, August 3, 2016

Tahu Bulat Isi Sosis


Menu cepat kilat buat cemilan sore. Masih ngejar deadline banyak kerjaan..tapi aku usahakan tetep posting mn satu resep per hari di sini kok teman-teman. tapi masih menu-menu yang simple dulu ya..biar bisa cepat..dan semua kerjaan beres. 
11

Tips Praktis Membuat Kue Leker


0

Tuesday, August 2, 2016

Martabak atau Serabi ??



Kemaren Yodha pulang sekolah minta snack sore..aku tawarkan apa..dia mau martabak. Hemm..okelah..bakul tepung..tentu ada stock Tepung Martabak Mini dong..hihi. Kebetulan lagi mau improve resep Tepung Martabak..yang  lebih empuk hasilnya. Kemarena akhirnya aku coba-coba utak atik resep pakai Tepung martabak siap pakai jualanku, tapi aku tambahin santan dan telurnya aku banyakin. Masa fermentasi juga aku tambahin jadi 30 menit. Di akhir fermentasi, baru masuk telur dan sedikit soda kue..jadinya..hemmm..lebih empuk dan berlubang banget...sampai seperti serabi malahan..hihi.
1

Nasi KONGBAP Hot Plate Lada Hitam


0

Monday, August 1, 2016

Sambel Bawang Ikan Pindang


Tadi jam satu siang..terasa laper banget..ya iya lah ya..hihi..belum makan siang. Langsung teringat tadi beli ikan Pindang  keranjang di budhe sayur. rencana mau di cabein hijau. Tapi kok pengen yang pedes juga di saat lapar melanda..pasti lebih nikmat. Akhirnya...di sambel bawang aja..kebetulan tadi beli cabai rawit merah yang seger juga. Pas  banget..!
11

Menu Terik Ayam Kampung dan Sambel Goreng Bola-Bola Daging


1

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel