Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Aneka Tepung
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review

Monday, July 29, 2013

Kue Gandos / Bandros



Kue tradisional dari tepung beras ini..di sebut kue gandos kalau di Jawa tengah..tapi ada juga yang menyebutnya kue Bandros. rasanya dominan gurih..karena memakai santan dan kelapa parut di adonannya.Jika mau sedikit manis..bisa di taburi sedkit gula pasir. Rasanya..walaupun sederhana..tapi enak juga lho..apalagi di maka pas anget2 gitu..^^

Di tempatku masih ada penjual kue gandos ini..bapak2 tua yang keliling pakai gerobak di dorong..dengan membunyikan kring2..kayak sepeda gitu kalau lewat. Suamiku suka kue ini..jadi dulu sering beli..cuma sekarang kok udah nggak lewat lagi si bapak tua..mungkin udah capek jualan..atau udah jarang peminatnya ya..hemm..sayang sekali..jadi makin langka aja yang jual..jadi..aku suka bikin aja sendiri di rumah..kalau kangen kue gandos ini.

Nah..buat yang suka..atau belum pernah makan kue ini..cobain yukk..^^
Kue Gandos / Bandros

Bahan 1 :
30 gram tepung beras
150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan, disimpul
1 sendok teh garam

Bahan 2 :
110 gram tepung beras
150 gram kelapa parut kasar
1 butir telur, dikocok lepas
200 ml air
30 gram gula pasir untuk taburan 

Cara membuat:
Bahan 1 : rebus tepung beras, santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mengental.
Bahan 2 : aduk rata tepung besar dan kelapa parut. Tambahkan rebusan bahan 1 sambil diaduk rata. Masukkan telur dan air sedikit – sedikit secukupnya saja sambil diaduk rata  sampai adonan kental.
Panaskan cetakan kue bandros yang sudah dipanaskan. Tuang adonan sampai penuh. Tutup dan biarkan sampai matang.
Keluarkan dari cetakan. Sajikan panas dengan taburan gula pasir.

    2 comments:

    1. Di Bandung juga namanya Bandros, Mbak Diah. Tapi ada juga yang rasanya manis. Enak dimakan hangat-hangat. Dulu waktu saya masih kecil sampai gadis di Bandung, di jual sama Emang-emang keliling pakai pikulan. Biasanya mangkal di tempat keramaian.

      Yang dipakai Mbak Diahm cetakan kue pukis ya? Di Bandung cetakan kue Bandros biasanya lebih rendah, jadi satu loyang kuenya menyatu dan dilipat menjadi 2.

      Kue jajanan tradisional memang bikin kangen ya...:)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya mba Devy..aku juga pernah liat dimajalah..namanya bandros gitu..ternyata di Bandung ya sebutannya gt...sipp..mksh infonya...klu di sini..kue gandos soalnya ..hihi..beti ya..beda tipis..^^

        Iya aku pakai cetakan pukis..heeh kayaknya sich beda ya cetakannya..kayak kue rangin juga..tapi nggak punya mba..hihi

        Delete

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...