Google Ad

Tuesday, July 23, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 15 ...Bistik Kuah Bola Bola Daging ( Ala Solo )



Udah pernah nyicipin Bistik Jawa ala Solo teman2 ?..Di Solo ada salah satu warung bistik yang terkenal..yaitu bistik Darmo. Bistik ala Solo ini adalah tipe bistik Jawa..kayak semur gitu..bercitarasa gurih manis..dan segar. Isi bistik bisa daging cincang atau lidah yang di potong kecil2. 


Di Semarang , di dekat rumahku ada juga cabang bistik Darmo Solo..jadi lumayan sering makan. Aku suka bistik lidah atau risoles kuahnya. Enak dan segar sekali. Nah..kemeran aku coba2 bikin sendiri di rumah..dan hasilnya udah  mirip kayak bistik Darmo kuahnya, cuma karena lidah mahal dan jarang sekali nemu di pasar..aku ganti daging. Biar empuk dagingnya aku cincang dan di bentuk bola2..jadilah bistik bola bola daging ala aku..hihi..enak..empuk dagingnya..dan kuahnya segar sekali. Cocok dech buat menu buka puasa. Bistik ala Solo ini biasanya di sajikan dengan kentang goreng dan daun selada..cuma aku lagi nggak punya daun selada..jadi nggak pake. Jika mau..enak juga kok..di tambahkan buncis rebus, atau wortel rebus untuk sayurannya..biar lebih bergizi. Mau coba teman2..silahkan..nggak usah jauh2 ke Solo dech..bikin sendiri saja di rumah ya..^^
Bistik Kuah Bola Bola Daging

Bahan :
250 gram daging sapi  segar yang kualitas bagus, cincang halus
1 sendok teh garam
1 putih telur

Bumbu :
2 butir bawang putih
6 butir bawang merah
10 merica butiran
1/2 buah bawang bombay
1/2  sendok teh garam / secukupnya
1 sendok teh  kaldu bubuk rasa sapi
1/4 sendok teh pala bubuk
2 sendok teh gula pasir
4 sendok makan kecap
2 buah tomat besar segar, parut halus.
1500 ml air
2 sendok makan margarin untuk menumis

Pelengkap  :
Kentang goreng

Cara Membuat :
Aduk daging cincang, putih telur dan garam, bagi menjadi 10 bulatan, rebus di air mendidih sampai matang.
Haluskan bawang merah, bawang putih dan merica. Panaskan margarin , tumis bawang bombay sampai harum, masukkan bumbu halus,tumis hingga bumbu matang. Masukkan air dan bumbu bumbu lain, pala garam, bumbu kaldu, gula dan kecap. Setelah mendidih masukkan bola bola daging dan parutan tomat. Masak hingga meresap dan kuah menyusut setengahnya.
Sajikan kentang goreng .
 

1 comment :

  1. Tadi pagi masak menu ini walau minus tomat parut (diganti saus tomat) karena kehabisan. Alhamdulillah anak-anak suka, si sulung yang lagi sakit dan ga nafsu makan malah nambah 3 kali. Thanks Mbak Diah buat menu simple tapi enaaaak.

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel