Wednesday, July 10, 2013

Resep Dawet Ireng Khas Purworejo


Dawet Ireng..adalah dawet berwarna hitam khas Purworejo Jawa Tengah. Warna hitamnya bukan dari pewarna makanan, tetapi menggunakan air abu merang. Rasa dan aromanya pun jadi berbeda dari dawet2 biasa, karena air merang, selain sebagai pewarna alami, juga menyumbang tekture yang sedikit kenyal enak dech pokoknya dawet ireng ini. Karena fungsi air abu merang memang selain sebagai pewarna hitam alami di aneka jajanan tradisional..juga sebagai bahan pengenyal alami. Untung sisa abu merang dari Yogya kemaren masih ada dikit..jadi bisa di buat dawet ireng ini..cocok banget kan buat minuman segar di bulan puasa ini. Jika tidak ada abu merang, ya ganti pakai pasta pandan aja teman2..jadi dech dawet ijo biasa..jika mau coba.

Benar2..ini dawet terenak dech dari aneka dawet yang ku sukai..hihi..*lebay maning*...yapp..aku suka sekali dawet..dari yang berbahan tepung beras aja, dawet yang pakai sagu atau di sebut juga cendol..dawet hungkwe...atau yang pakai tepung garut juga enak..bahkan dulu aku pernah bikin dawet..pakai tepung ketan..enak juga lho..^^ Jadi buat yang suka dawet..ayook bikin sendiri di rumah ya teman2..lebih murah dan bersih tentunya..dan mungkin bisa menjadi alternatif menu minuman pembuka buat buka puasa nanti sore ya . Selamat mencoba..^^
Resep Dawet Ireng

Bahan :
60 gram tepung beras
50 gram tepung tapioka
600 ml air
5 sendok makan abu merang, di larutkan dengan 100 ml air, endapkan , atau saring dengan saringan halus, sisihkan.
1/2  sendok teh garam

Bahan Sirup :
250 ml sirup gula merah kental. ( Resep liat di sini )

Bahan kuah santan :
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan

Pelengkap :
Es batu / es serut secukupnya

Cara membuat :
Bahan dawet : Larutkan tepung beras dan tapioka, air abu merang, garam.
Masak sambil di aduk sampai meletup2 dan menjadi bubur kental.
Tuang dalam cetakan dawet, tekan2 sampai keluar dan tampung di air es.  ( karena cetakan dawetku menghilang tertimbun barang2 lain di gudang..dan males mbongkarnya aku kemaren pakai serok berlubang aja nyetaknya..bisa juga kok..hihi..
*cara sesat*..atau pakai cetakan putu mayang juga bisa..cuma dawetnya panjang2..kayak mie..hihi..jadinya )
Rebus kuah santan sampai mendidih, dinginkan.
Sajikan dawet dengan kuah santan, sirup gula merah dan es batu dan nangka jika suka.






Nah..menu minumannya udah ..jika perlu inspirasi menu utama buat buka puasa..aku udah posting kemaren dan hari ini..yang suka Pindang Ayam Khas Kudus..klik  sini resepnya ya..atau suka Pindang Iga Cemplung Khas Jaw Timur..resepnya klik di sini. Selamat mencoba.

36 comments :

  1. waaa, ternyata gampang ya mak bikinnya, pengen nyoba aahhh, klau dawet yg lain ada resepnya maakk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dari bahan lain maksudnya Mak Maya?..Oke nanti kau kasih resepnya ya..kalau dari resep di atas..kalau nggak ada air merang..kasih pasta pandan aja Mak..jadi dech dawet ijo biasa..enak juga..bener..gampang banget bikinnya Mak..silahkan dicoba ya..:)

      Delete
  2. Mbak Diah, kalo tidak pakai abu merang enak nga, krn saya mau pakai air daun suji aja. Keliatan di foto, legit dawetnya, thanks ya buat resep2 nya.

    ReplyDelete
  3. Nggak pa2 Mba...pakai air daun suji atau pasta pandan..sama enak dan wangi juga..^^

    ReplyDelete
  4. mbak, abu merang dapetnya dari mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Yogya Mba Dwee..nanti kalau mau tak bawain pas aku mudik ya..Lebaran..:)

      Delete
  5. adanya cuma di jokja ya ??? di semarang ga ada yang jual, di toko jamu di ps. jatingaleh, gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kurangtau malahan aku Mba..klau di Jatingaleh..jarang ke sana..hihi..aku taunya pasar Semarang ya Pasar Damar sama Pasar Jati..lha yang deket rumahku itu..^^

      Delete
    2. kalau di pasar damar gitu nggak ada ya ? kalau di jokja dijualnya di pasar tradisional atau dimana mbak ? mungkin di penjual jamu atau gimanaaaa....
      nggak enak yen dibawain mbak diah dari jokja, heheheee...

      Delete
    3. Hihi..lha kalau di pasar Damar ada..aku ndak perlu jauh2 bawa dr Yogya Mba Dwee..di Yogya..aku nggak beli kok..lha di buatin ibuku..hihi..di sekitar rumahku merang banyak..jadi karena yang buat ibuku sdr..ya gratis dan tentu saja terjamin kebersihannya Mba..kalau mau ku bawain nanti..nggak repot kok..cuma merang ini..hihi

      Delete
    4. yo wes kalo gitu, terimakasih sebelumnya ya mbak...
      lha di semarang apa masih ada tanaman merang yo mbak ?
      cara nanemnya mudahkah mbak ?

      Delete
    5. Iya Mba..no problemo..^^
      Wah..kayaknya udah jarang di tanami padi ya Mba..di Semarang..banyakan sawah pada jadi rumah sekarang kalau di Semarang..^^

      Delete
    6. mbak, kalo mudah cara nanemnya, boleh minta bibitnya dong...
      sekalian kalo ada daun suji ya mbak...
      maap borongan, padal tadinya malu yaaa, hehehee....

      Delete
    7. Hihi..merang itu batang padi Mba Dwee..bibitnya gabah....beras ayang belum di giling itu lho..maukah?..Byk sich di rumahku di Yogya..wong masih banyak sawah di sana..^^
      Kalau daun suji..malah nggak punya aku mba..coba nanti ku tanya ibuku ya..ada nggak di Yogya..aku juga pengen sich nanem daun suji..^^

      Delete
    8. berarti nanemnya harus di sawah ya mbak ? paling tidak di tanah becek ya mbak ?

      Delete
    9. Iya Mba..kayak nanem padi..hihi..wis nggak usah repot2 nanem Mba..nanti kubawain aja abu merangnya..ya..^^..di simpan awet kok..

      Delete
    10. kalo punya tanemannya sendiri kan enak mbak, bisa pakai kapanpun, heheheee.....

      Delete
    11. Hihi..tetep harus di panen Mba..kalau nanem sdr..klu nggak malah mati..^^

      Delete
    12. ooo.... begitu ya mbak ? trus , kalau udah dipanen gitu untuk apa mbak selain untuk masak ?

      Delete
    13. Di panen..terus di jaidin beras Mba..tapi kalau dikit nanemnya ya nanggung ya..hihi

      Delete
  6. Мƅɑ̤̈̊ҝ Diah,,,,ntar aku coba pake daun suji aja....."̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮‎​​ klo daun suji di tetanggaku banyak....klo merang malah G̅ɑ̤̈̊ĸ ngerti akunya.....[τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅] resepnya ƴɑ̤̥̈̊ Мƅɑ̤̈̊ҝ ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Veronika..sama2..iya..pakai daun suji juga enak dan harum kok..merang itu batang papdi yang di bakar Mba..terus di haluskan jadi abu..di kasih air..terus di ambil airnya buat pewarna makanan seperti dawet ini..atau tausa kacang hijau..isian pia itu lho Mba..kalau yang nggak alami kan pakai tawas hijau..nah..kalau mau alami pakai air abu merang aja..enak..^^

      Delete
  7. waduh tu k0k ada yg gak tau merang ya?
    Emangnya makanannya apa sih?

    ReplyDelete
  8. mba diah, itu untuk berapa porsi ya?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung..minumnya banyak atau dikit Mba..hihi..Mungkin bisa sampai 10 porsi kali ya..kalu di jual..kan dawetnya dikit2 ya..:)

      Delete
  9. mba beli abu merang di jogja dimna sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bikin sdr Mba..coba nanti kalau aku pas pulang ya..jika ada yang mau buat ..bisa pesan di sini mungkin..:)

      Delete
    2. ia mba . kalau bisa aku pesen sama mba aja . udh coba nyari di beberapa pasar di jogja gg ada yg jual mba . malah bnyak yg gg tau abu merang itu apa :(

      Delete
  10. Kok warnanya gak hitam pekat...... / gelap. Sebenarnya yang bikin bener bener hitam pekat bukanlah merang/kulit padi. Tapi "OMAN" gagang padi yang dipetik bareng gagangnya pake ani ani. Kalo kulit padi dibakar kadang menjadi abu putih, tergantung kondisi pembakarannya. Tapi kalau Oman dijamin hitam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru uji coba..pas buat dawet ini..jadi pemakaian abu merangnya masih di kira2..cuma air rendamannya saja. Bisa hitam kok...pakai abu merang..kan sama batang2nya juga yang di bakar..karena aku buatan sdr abu merangnya...aku udah berkali2 coba lagi..liat di sini..aku bikin jogkong pakai abu merang..hitam pekat warnanya..: http://www.diahdidi.com/2013/06/jongkong-surabayakali-ini-aslipakai-air.html

      Delete
  11. Ass. Mbak diah...pagii..hihihi segerrr deh dawetnya..pas buat buka puasa ntar sore. Gak nanya ttg dawet nya sih...yg buat mupeng tuh mangkoknya..hihihi..beliii dimana mbak? Aku cm py cingkir set nya aja...mangkoknya gak punya. Makasiii ya mbakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass..Hihi..iya..itu mangkuk di Semarang byk..di ADA Setiabudi Srondol ada byk.

      Delete
  12. Sdh berulangkali buat dawetx mbak.. sy g pake bubuk merang diganti dg pasta pandan n dikasi sedikit air kapur biar agak kenyal dawetx.. enaaak mbaaak sukaaa hihiii... jd favorit d rumah thx ya mbak..

    ReplyDelete
  13. Mba Didi klo bikin dawet tepung tapioka di ganti pke tepung sagu bisa gk?

    ReplyDelete
  14. ahahah....masa ga tau merang....hemm....

    ReplyDelete
  15. kebetulan ni br order abu merang..hehee..

    ReplyDelete