Google Ad

Thursday, March 28, 2013

Nugget Daging Sapi




Sibuk di dapur..lumayan mengurangi beban pikiran..apalagi untuk aktif lagi ketemu teman dan komunitas..di fb..dll yang tahu bener perjuanganku untuk dapat adiknya yodha….belum bisa…soalnya pasti akan mewek terus kalau ketemu teman2 dekat..baik di lingkungan rumah..di sekolah Yodha..teman kantor suami..masih trauma…..masih takut di tanya2 dan mengulang2 cerita sedih yang sama..masih pengen sendiri rasanya..jadi lebih baik sibuk di dapur..dan berbagi di blog ini…kasihan juga suami dan anak..makan makanan dari luar terus..now waktunya untuk memanjakan mereka lagi dengan masakan rumah..yang pastinya lebih sehat dan bersih.


Aku bikin nugget daging ini..karena kepikiran Yodha nggak suka daging sapi..kecuali di buat galantine atau bakso..sosis dan daging olahan lain yang sudah empuk. Nah kemaren kepikiran di buat nugget aja..biar nggak bosan..dan hasilnya enak ..gurih…dagingnya masih kerasa banget..dan tentu saja lebih sehat..karena homemade..bebas bahan pengawet serta bisa di sesuaikan selera bumbunya. Kalau nugget ayam sich gampang ya..di pasaran banyak yang jual..kalau nugget daging kan lumayan jarang ya..jadi..ayo di coba bunda2..jika punya putra putri yang nggak suka makan daging..di buat nugget gini pasti suka..suami yang biasanya nggak suka nugget kemaren juga jadi suka..karena terbuat dari daging, jadi lebih gurih. Membuatnya juga sangat mudah. Selamat mencoba…….


Nugget Daging


Bahan :

200 gram daging giling ( Bisa beli di supermarket atau toko daging..pilih yang kualitas bagus. Namun jika tidak ada..pakai daging segar biasa beli di pasar juga bisa..tetapi musti cincang sendiri sampai halus ya..kecuali punya food processor..ya mudah saja..tinggal masukin..jadi dech daging giling halus, tapi jangan di blender ya..kalau di blender biasa kan perlu di tambah air..hasilnya nanti terlalu halus dan kurang enak )

50 gram tepung roti halus ( jika tidak ada..ambil..2 keping roti tawar, panggang di oven sampai kering lalu haluskan dengan blender kering, atau tumbuk manual sampai halus..jadi dech tepung roti halus homemade )

2 butir telur

50 ml susu cair

¼ buah bawang bombay, cincang halus

1 sendok teh bumbu kaldu rasa sapi ( jika tidak suka ganti garam biasa aja )

½ sendok teh merica bubuk

¼ sendok teh pala bubuk

½ sendok the gula pasir



Bahan Pelapis :

2 butir telur, kocok lepas

50 gram tepung terigu

Tepung panir orange khusus nugget secukupnya ( kalau tidak ada ya pakai tepung panir kasar putih yang banyak di jual toko2..seperti merk Mamasuka )


Cara Membuat :

Aduk rata semua bahan.

Tuang di loyang yang sudah di oles minyak dan di lapisi plastik

Kukus selama 30 menit

Potong2 tipis sesuai selera, gulingkan ke tepung terigu, celup ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir sampai di tekan2 hingga tepung panir menempel.

Diamkan di kulkas kurang lebih 1 jam supaya tepung panir menempel sempurna .

Goreng sampai kuning keemasan.



Tips :

Jika mau di simpan..simpan nugget yang sudah di panir dalam wadah kedap udara lalu simpan dalam freezer, jika mau di goreng biarkan sampai suhu ruang terlebih dahulu. Nugget homemade..bebas pengawet..siap jadi stock lauk kapan aja..
Jika ingin mencicipi rasa nugget sebelum di panir, ambil sedikit adonan , lalu goreng..cicipi rasanya..jika bumbu sudah pas..lanjutkan proses mengukus, jika belum tambahkan bumbu sesuai selera.

Nugget daging yang sudah di panir...siap di simpan di freezer


23

Wednesday, March 27, 2013

Sentiling


Hemm..sebenernya jadi sedih juga mau posting resep sentiling ini..karena ini adalah kenangan terakhir..aku masak2..waktu Dedek Paramitha masih bersamaku..tapi nggak pa2 dech....semoga resep jajanan murah meriah ini berguna ya buat teman2. 

Ini adalah salah satu jajan pasar khas Semarang favorit suami,..jadi lumayan sering bikin. Mungkin di daerah lain juga ada ya..jajanan seperti ini..cuma beda nama. Kalau aku kenal jajanan ini ya sejak tinggal di Semarang. Di pasar jajanan ini di kemas dengan potongan kotak kecil2, lalu di taruh di plastik mika kecil...kalau di bakery bakery terkenal di Semarang..yang juga menjual aneka jajan pasar..sentiling ini biasanya di potong kotak kotak kecil..kemudian di tusuk dengan tusukan sate..lalu di bungkus dengan plastik..jadi kesannya lebih modern dan rapi..serta menarik ya..dengan cara penyajian di tusuk sate. Warnanya yang meriah juga menjadi salah satu ciri khas dan daya tarik si sentiling ini.Tapi selalu gunakan pewarna makanan yang bagus dan aman ya..untuk tubuh. Selain bahannya murah..sentiling ini membuatnya juga mudah..dan rasanya enak sekali....manis..gurih ..sedikit kenyal tapi lembut karena memakai campuran agar2..lumayan Bunda..buat cemilan si kecil pasti suka..karena tampilannya warna warni dan di tusuk di tusukan sate...kecuali Yodhaku..kalau di kasih cemilan dari singkong..dia bilang..aku alergi singkong Mi..^_^..ada aja alasannya kalau di suruh ngemil...kalau buat snack arisan..lebih bagus sich di kemas di plastik mika kecil2...Selamat mencoba ya...

Sentiling

Bahan :

500 gram singkong parut
110 gram gula pasir
1/2 bungkus agar agar bubuk warna putih.
1 bungkus kecil / 1/2 sendok teh vanili bubuk
175 ml air / air kelapa
1/2 sendok teh garam
1/4 butir kelapa setengah tua untuk taburan, kupas bersih kulit arinya dan parut panjang, campur dengan 1/4 sendok teh garam, lalu kukus selama 15 menit.

Cara Membuat :
Campur semua bahan, kecuali kelapa parut..aduk rata. Lalu blender sampai halus, agar adonan lebih lembut, bening ketika matang  dan tidak ada serat2 singkongnya. Tapi jika menyukai sentiling yang masih terasa serat2 singkongnya..ya tidak usah di blender. Bagi adonan menjadi tiga bagian, timbang sama berat,  masing2 beri pewarna merah,  kuning dan hijau. Lalu letakkan bersebelahan di loyang yang sudah di alasi dengan plastik, atau di loyang kecil2 secara terpisah. Ratakan.Kukus selama 30 menit. Lalu potong2 kecil kotak dengan pisau yang di lapisi plastik supaya rapi potongannya dan gulingkan ke kelapa parut. Sajikan . Dinginkan sebentar di kulkas akan lebih enak.

Tips : 
Resep Sentiling di atas hasilnya manisnya pas..cukup menurutku..tapi jika ada yang suka lebih manis, tambahkan jumlah gula  sesuai selera. Atau bisa juga setelah matang di taburi gula pasir  sedikit bersama dengan taburan kelapa parutnya..rasanya juga  tambah enak dan unik.
Untuk membuat jajan pasar dari singkong..pilihlah singkong yang kesat dan tidak pahit. Ciri singkong yang bagus adalah..kulit bagian dalamnya berwarna pink..dan ketika di kupas gampang , kita tinggal kerat sekali kulitnya, lalu kita tarik  kulitnya.


11

Saturday, March 9, 2013

Jajan Pasar Murah Enak dan Murah dari Singkong

Wua.....beberapa hari ini kok kumat malesnya ya..badan semakin berat nich mendekati HPL..jadi belum bisa coba2 resep baru..tapi ngemil masih jalan..hihi..jadi kadang beli jajanan..tapi nggak puas dengan rasanya..ya akhirnya tetep harus nguplek sendiri di dapur. Nah karena lagi ngurangi yang goreng2..bikin  aku lagi suka jajan pasar yang di kukus2 aja dech..dari singkong. Singkong nich murah meriah..tapi kalau kita bisa mengolahnya bisa jadi cemilan yang enak dan sehat juga kok..seperti  resep2 berikut..klepon singkong,  jongkong ala Semarang dan talam singkong. Semuanya menggunakan bahan utama singkong...rasanya enak..tak kalah dengan jajan pasar lain lho..bahan2 nya juga murah meriah..yukk cobain..simak resepnya ya ..sepintas bahan2 nya memang sama ..tapi setelah di olah akan jadi beberapa jajanan yang berbeda dan citarasanya pun beda..jadi tidak akan bosan dech....selamat mencoba..teman2..^_^.....

Klepon Singkong

Bahan-bahan  :

300 gram singkong parut, peras airnya 50 ml
50 ml santan kental instan
1/4 sendok teh garam
2 tetes pewarna hijau muda

Bahan Isi:
50 gram gula merah sisir

Bahan Pelapis:
100 gram kelapa parut kasar
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam

Cara Pengolahan :
  1. Campur singkong, santan kental instan dan garam. Aduk rata.
  2. Tambahkan pewarna hijau muda. Aduk rata.
  3. Ambil salah satu adonan. Beri isi. Bentuk bulat.
  4. Letakkan di kukusan yang dialas plastik.
  5. Kukus 20 menit dengan api sedang sampai matang.
  6. Segera gulingkan di parutan kelapa.
Jongkong Semarang

Jongkong Semarang ini biasanya di makan dengan kelapa parut..jadi rasanya tambah istimewa..biasanya di jual di pasar2 dalam bentuk di bungkus daun pisang atau sudah di potong2 kecil2..bareng sama cenil..klepon dan teman2nya..rasanya enak..manis..legit......^_^


Bahan-bahan :

Bahan:
500 gram singkong parut, diperas airnya , diukur 50 ml dan dibuang
1/2 sendok teh garam
50 ml santan dari 1/4 butir kelapa
50 gram gula merah, disisir
daun pisang untuk membungkus

Bahan Taburan:
150 gram kelapa parut muda
1/4 sendok teh garam


Cara membuat:
  1. Campur singkong, garam, dan santan. Aduk rata.
  2. Ambil daun pisang. Beri sejumput gula merah sisir diatasnya.
  3. Tambahkan campuran singkong. Pipihkan. Bungkus seperti kue pisang atau bulat panjang seperti lontong.
  4. Kukus 30 menit dengan pengukus yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang. Potong2 setelah dingin.
  5. Taburan: campur kelapa parut dan garam. Aduk rata. Kukus 15 menit diatas api sedang sampai matang.
  6. Sajikan jongkong dengan bahan taburan.
Talam Singkong Tabur Nangka

Bahan I :

500 gram singkong parut, diperas 50 ml airnya dan buang
1/2 sendok teh garam
150 gram gula pasir
200 ml santan kental
50 ml air daun suji (dari 25 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan atau pasat pandan )

Bahan II :
250 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa
25 gram tepung beras
35 gram tepung sagu
1/4 sendok teh garam
50 gram nangka, potong kecil2


Cara Pengolahan :
  1. Bahan I: remas-remas singkong parut, garam, dan gula pasir. Tambahkan santan dan air daun suji / pasta pandan . Aduk rata.
  2. Tuang di cetakan kue mangkuk sebanyak 2/3 tinggi cetakan yang sudah dioles tipis minyak . Kukus 20 menit sampai setengah matang.
  3. Bahan II: aduk rata tepung beras, tepung sagu, dan garam. Aduk rata. Tambahkan santan hangat sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tabur nangka
  4. Tuang bahan II diatas bahan I.
  5. Kukus 20 menit sampai matang.
9

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel