Sunday, July 28, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 20 ..Soto Bandung


Soto Bandung..hemmm..lama sekali tidak makan menu ini. Mungkin karena soto ini kurang begitu populer ya di luar Bandung..jadi jarang yang jual. Aku sering makan Soto ini..duluuu..banget..jaman masih tugas akhir kuliah dan magang di salah satu hotel bintang di Yogya..selama 6 bulan..kan makan di EDR tuch..( employee dining room ) di hotel..buat karyawan2nya. Nah..salah satu menu yang sering di hidangkan chef EDR buat karyawan hotel..adalah Soto Bandung ini..hampir seminggu bisa 3 kali makan soto bandung dulu..hihi..ampe bosan dech melihatnya. Mungkin karena soto ini mudah di buat dan cuma sedikit bahan2 kali ya..jadi chef  nya sering banget buat dulu...hihi. Jadi kemaren pas di supermarket liat lobak..hemm..jadi pengen bikin soto bandung sendiri di rumah...^^

Nah..bahan2 sudah siap semua..akhirnya cari referensi resep dulu..maklum baru pertama ini bikin soto bandung sendiri. Banyak versi resep malah bingung..ada yang pakai bawang merah..ada yang enggak..wis aku akhirnya pakai yang versi ada bawang merah bumbunya dengan takaran sesuai seleraku sendiri. Dan hasilnya..enak oi..hihi..kalau masak sendiri..daripada dulu makan di hotel..hihi. Ya maklum aja ya..kalau masakan hotel kan suka tawar2 aja rasanya..kalau aku buat kemaren..bener2 seger dan kerasa bumbu2nya..Yodha aja suka..dan bilang..enakkk ..Mami..sup nya..hihi..di kira Yodha..sup dah..soalnya dia taunya kalau soto ya pakai soun..tauge dan perkedel..kayak di Jawa Tengah ..nggak pake lobak kayak gini. Oh iya..ciri khas Soto Bandung kan emang pakai lobak dan kacang kedelai ya teman2..sama irisan daging sapi..daun bawang, sledri dan bawang goreng..udah gitu aja..minimalis banget kan..makanya sama Yodaha di kira sup daging..hihi

Tapi..udah puas dech bisa nostalgia makan soto bandung..dan ternyata enakkk..kalau bikin sendiri di rumah. Soalnya..mau beli juga nggak ada yang jual di sini..hihi. tapi masih penasaran..yang bener..pakai bawang merah nggak ya bumbunya kalau yang otentiknya..colek teh Devy..yang tinggal di Bandung..hihi..atau ada teman2 lain yang dari Bandung..di tunggu jawabannya ya..silahkan komen di bawah..* penasaran..*..soalnya aku kemaren pakai bawang merah..enak juga tuch..lebih enak dari yang sering ku makan, di hotel dulu..hihi.
Mau coba..oke...silahkan..resepnya sesuai seleraku sendiri ini ya teman2..seger banget dech buat menu buka puasa..^^

Resepnya step by step aja ya..biar cepet nulisnya :
  • Siapkan daging yang berlemak  ya..kira2 250 gram ( untuk 3 orang )  , rebus dengan 1000 ml air dengan api kecil hingga empuk dan kaldunya jadi bening.
  • Pelengkapnya.lobak secukupnya, iris tipis2, daun bawang dan sledri
  • Sambal : cabe rawit merah dan bawang putih, rebus lalu haluskan

  • Bumbu2..kayak di bawah ini..cekidot sdr ya yang di ulek..yang enggak di ulek..daun salam, sereh dan lengkuas geprek..^^


  • Haluskan bumbu2 dan tumis hingga matang..kayak gini.
 
  • Masukkan ke rebusan daging dan masak hingga meresap, dengan di tambah garam / kaldu bubuk, dan gula pasir secukupnya.


  • Sajikan dengan bahan pelengkap..kacang kedelai goreng dan sambal, daun sledri dan daun bawang serta bawang goreng.

  •  Dan..enjoy..soto bandung yang seger..siap di hidangkan....^^




12 comments :

  1. alamak jan ... sedap keliatannya. Mak ni OOT maaf, mau tanya kalo mau bikin kaldu ayam ato daging buat sop, biar enak resepnya apa? makasih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Riski..seger banget..di sini Mak..ada tips biar kaldu bening dan enak: http://www.diahdidi.com/2013/06/cara-membuat-kaldu-bening-yang-enak.html

      Delete
  2. Salah satu kekhasan Soto Bandung yaitu pemakaian lobak dan kedelai goreng. Lobak sulit ditemui di daerah lain, kecuali mungkin di supermarket.

    Kalau pulang ke Bandung, soto Bandung ini biasanya saya beli di warung. Praktis, Mbak.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh...iya di sana banyak yang jual pasti ya Mba..hihi..jadi tggl beli aja ya. Kalau lobak banyak jug adi sini Mba..kadang di pasar juga ada..cuma kadang bingung mau di olah apa ya?..Aku taunya ya buat soto Bandung ini..^^

      Delete
  3. Senang makan soto bandung, nggak senang masaknya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya ya Mba..enak beli mateng..tapi sayangnya..klu di t4 ku enggak ada yang jual..^^

      Delete
  4. Mbak.itu yg diulek:bwg merah,bwg putih,ketumbar? Ato.merica butiran itu mbak? Dr foto kok mirip2 sm ketumbar,takut salah hehe
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merica butiran Mba Dina..met coba ya..^^

      Delete
  5. Terakhir makan soto bandung hampir 5th yg lalu, itu juga krna warungnya tutup dan entah pindah ato gulung tikar. Soto bandung nagih bgt apalagi makannya pakai empal daging, makin mantabs.

    Jadi, pengen nyoba. Tapi aku agak males kalo masak pakai olahan daging sapi, ribet aja gitu
    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih lama aku Mak Novia..aku dari jaman kuliah terakhir makan soto begini..iya ya..jarang yang jual selain di Bandung..di Semarang juga nggak ada, makanya bikin sdr.

      Ribet bikin kaldu dagingnya ya Mak..hihi..malam aja Mak bikin kaldunya....di sambi2 aja kok..asal dengan api kecil..2 jam jadi sdr kaldunya..dan udah empuk dagingnya..dan bisa di simpan dulu di freezer..swaktu2 bisa di pakai masak apa aja..^^

      Delete
  6. Wah ketolong banget aku punya daging tp bingung mau dibikin soto betawi tadinya, tp perasaan dr hari pertama buka puasa sama yg bersantan2 kuning terus hihi, akhirnya kuputuskan untuk bikin ini. Pas kebetulan banget di pasar ada lobak. Kebetulan banget kan, biasanya ga ada... ^_^ hihi . Thanks mba diah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..seru...serba kebetulan ada ya Mba bahan2nya..ayukk..udah mateng belum ini jadinya..hihi

      Delete