Sunday, June 2, 2013

Lumpia isi Sayuran


Kadang..kalau bosan bikin lumpia isi rebung atau yang lain..aku suka bikin lumpia isi sayuran ini..rasanya lebih light ya dan seger isinya. Kemaren sebenarnya mau buat atau isi sayuran, tapi stock tahu pong ku sudah agak asam.Nah karena sudah bikin isiannya..akhirnya berubah haluan..bikin lumpia sayur aja..kebetulan masih ada kulit lumpia di kulkas..hasilnya..sam enaknya.

Kulit lumpianya juga nggak perlu bikin sendiri, aku beli aja..murah..di Semarang kulit lumpia tipis2 gini banyak di pasar. Di tukang sayur juga banyak..dan kulit lumpia Semarang ini kalau di buat lumpia hasilnya bisa renyah dan kres kulitnya..yummy. Oke..buat yang suka lumpia sayur..ini aku kasih resepnya ya..tapi kalau mau lebih sehat..isian lumpia sayur ini juga pas buat isian lumpia basah, yaitu lumpia yang kulitnya tidak perlu di goreng..enak juga itu..dan lebih sehat. Resepnya di sini ya..Selamat mencoba teman2..^^



Lumpia isi Sayuran

Bahan:
15 kulit lumpia siap beli
4 buah wortel
50 gram kol
50 gram taoge 
2 butir telur ayam
1 batang daun bawang
1 bawang putih dan 2 bawang merah 
1 sendok teh kaldu bubuk / garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 putih telur untuk  perekat 
 
Cara Membuat :
Iris wortel bentuk korek api, iris kol tipis dan kecil2
Tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah di haluskan, tambahkan wortel, kol, dan daun bawang, serta bumbu2 lain dan sedikit air. Terakhir masukkan taoge dan masak sampai air habis.
dinginkan, bungkus isi dengan kulit lumpia, rekatkan dengan putih telur. 
Goreng hingga matang.

5 comments :

  1. Mba ngelipat kulit lumpianya gmn sih crnya biar gedenya sm panjangnya sama gini mba?maklum masih amatiran jd saya gak sama gede jd lumpianya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Jeani..yang menentukan ukuran lumpia sama itu takaran isi nya mba..kalau aku sich kira2 aja..tapi karena udah reflek ya jadinya sama terus sich kalau buat..hihi. Coba di takar isinya ..misal berapa sendok gt..dan juga nggulungnya yang konsisten ya..harus sambil di padatkan..jika nggulungnya ada yg padat atau ada yang longgar ya hasil jadinya tetep beda ukuran nanti.

      Delete
  2. Hi Mbak... salam kenal, di resep tertulis ada 2 butir telur ayam itu dipake untuk apa nya ya? Apa di orak arik bersama dengan sayuran nya? Mohon infonya mbak... makasih....

    ReplyDelete
  3. Hi Mbak... salam kenal, di resep tertulis ada 2 butir telur ayam itu dipake untuk apa nya ya? Apa di orak arik bersama dengan sayuran nya? Mohon infonya mbak... makasih....

    ReplyDelete
  4. Mb didi, halo salam kenal.. :) diamdiam ak pembaca blogmu mb... Mau tanya kulit lumpia yg bulet dibungkus daun sama yang kemasan bentuk kotak itu bagusan mana ya mb ?

    ReplyDelete