Thursday, May 16, 2013

Lumpia Bengkuang..Easy & Yummy


Lumpia Bengkuang...sudah pernah coba teman2..?..Biasanya lumpia kan isi rebung satau sayuran ya..tapi kali ini aku buat lumpia isi bengkuang. Ceritanya kemaren liat bengkuang kok ngganggur gitu aja di dapur..mau di buat rujak kok nggak ada temennya..kan kurang seru rasanya..jadi terus mikir2 mau di buat apa si bengkuang ini..mau ku buat masker..bagus juga ya sebenernya buat wajah...tapi males ribetnya..hihi..mending ke dokter wajah aja..facial dan feeling praktis..hihi..akhirnya dapat inspirasi dech..hemm di buat bikin lumpia aja..aku ingat di Yogya dulu..waktu masih kuliah..aku sering beli lumpia isi bengkuang ini di depan Mirota Kampus UGM..tapi nggak tahu ya..sekarang masih ada atau tidak...jadi ingat rasanya enak juga bengkuang di buat isian lumpia. Akhirnya..langsung ajak dech kemaren bikin..dan hasilnya emang enak lho teman2..lebih enak dari yang pernah ku beli dulu..hihi..ya iyalah..soalnya yang ku bikin ini pakai ayam dan udang cincang..lha kalau beli dulu kan cuma bengkuang aja..


Oh ya..tekture dari lumpia bengkuang ini..asyik banget..rasanya seger..gurih dan bengkuangnya masih kres2 gitu dan ada rasa2 manis bengkuangnya..enak dech pokoknya..cobain dech. Yodha yang biasanya anti lumpia rebung karena bau khas rebung aja..bilang..enakkk..^_^. Kulit lumpianya..kalau males bikin..beli jadi aja teman2..banyak kok sekarang kulit lumpia siap pakai...kalau di Semarang nich..gampang banget..ya iya donk..kan kota lumpia..hihi..ada satu daerah malah yang khusus bikin kulit lumpia aja untuk di pasok ke pedagang2 lumpia dan pasar2 tradisional. Kulit lumpia Semarang ini jenisnya tipis banget..jadi jika di buat lumpia bisa renyah..aku udah pernah posting sich tentang lumpia Semarang dan cara buat kulitnya di sini..cuma..kalau belum terbiasa emang rada ribet..karena adonan kulit lumpia Semarang ini bukan seperti kulit lumpia biasa yang di dadar gitu..tapi adonannya sangat kental dan cara buatnya di oser2 ke wajan dengan bundelan kain..atau bahasa lainnya di oleskan kali ya..aku pernah coba..susah banget..hihi..jadi sekarang lebih suka pakai kulit lumpia siap pakai yang di jual di tukang sayur aja praktis..murah meriah..dan rasanya juga enak..karena kan di buat oleh para ahli kulit lumpia di Semarang. Nah..kita tinggal ngatur rasa isinya aja..biar pas..dan rasa lumpianya makin oke.

Nah..penasaran mau coba lumpia bengkuang ala aku..ayo di simak resepnya ya...

Lumpia Bengkuang 

Bahan :
3 buah bengkuang ukuran sedang ( duch maaf kemaren lupa nimbang teman2..jadi di kira2 aja ya beratnya..hihi ), kupas dan potong bentuk korek api kecil2.
100 gram daging ayam bagian dada, potong dadu kecil2
50 gram udang kupas, cincang halus
Telur orak arik jika suka ( kemaren aku nggak pake..telur pas habis..hihi)

Bumbu :
Bawang merah 2 butir
Bawang putih 2 butir
Merica butiran 1/2 sendok teh
Bumbu kaldu ayam / garam secukupnya
Gula pasir 1 sendok teh
Air kurang lebih 100 ml


Cara membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih, dan merica .
Tumis sampai harum dan matang, masukkan ayam dan udang, aduk dan masak sampai berubah warna dan matang.
Masukkan bengkuang iris dan air serta bumbu2 lain, aduk rata dan masak sampai meresap dan air habis.
Dinginkan.
Ambil kulit lumpia, beri adonan isi, bentuk seperti lumpia dan goreng hingga matang dan renyah. Easy kan...?
Sajikan hangat...yummy.



10 comments :

  1. Replies
    1. Makasih Mbak Novia...ayukk.di coba..gampang banget kok..^_^..

      Delete
  2. Salam kenal, mba diah :)
    Sy pernah nyoba lumpia thailand (po piah kalo ga salah namanya)untuk acara arisan. Isi lumpianya pakai bengkuang, jamur shitake dan udang cincang. Dicocol pake saus asam manis. Wah, alhamdulillah, ibu2 pada suka :)
    Baca postingan ini jadi pengen bikin lumpia isi bengkuang. Gambarnya bikin ngiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Emak Riweuh..makasih Mba..salam kenal juga ya..wah...tambah enak pasti ya kalau pakai jamur juga Popiahnya..kpn2 tak coba juga ah..kalau yang ini versi apa adanya bahan Mba..hihi..jadi cuma bengkuang aja..untung ada stock ayam dan udang kemaren..jadi tambah enak..^_^..makasihya udah mampir..^_^

      Delete
  3. Langsung praktek, kebetulan ada kulit lumpia di kulkas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Niken..semoga sesuai selera..met coba ya.^_^

      Delete
  4. Biar pas di goreng ga hancur gmana yah sis?aku klo bkin bentuk nya ga bisa manis kaya gitu..
    Pasti bopeng2 heeheehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di olesi putih telur Mba Merry ujung2nya..jadi nggak lepas pas di goreng...^^

      Delete
  5. MBak, udange diganti ebi ( udang kering kecil), enak juga nggak sih????? ato klo nggak pake gmn ya?
    Disini harga udang mahal buuuuuanget, mosok sekilo bisa 130rb lebih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mba..ake ebi jug aboleh..enak juga..cum ajangan banyak2 kayak udang takarannya ya..ebi kan aromanya kuat banget tuch..^^..kalau enggak pake..asal bumbunya pas dan enak ya enak juga mba..cuma kurang mantab aja hihi..

      Delete