Monday, February 27, 2012

Bikin Lumpia semarang yukks...


Membuat lumpia Semarang, tidak sulit lho..mari kita buat sendiri, selain lebih enak , tentunya lebih murah juga. Di Semarang lumpia yang terkenal, dulu sewaktu belum tinggal di Semarang....paling suka kalau di oleh2 in lumpia ini dari relasi kerja..sekarang begitu tinggal di Semarang..walaupun belinya deket....tapi kok sayang karena harganya , untuk lumpia yang enak dan terkenal cukup menguras kantong 10 ribu perbiji, padahal jika mau buat sendiri rasanya pun yang sama saja kok dengan beli , lebih enak malah..bumbu bisa sesuai selera.  
Jadi....buat yang suka lumpia Semarang dan tinggal di luar Semarang.....nggak perlu jauh2 ke Semarang, kalau mau menikmatinya. Kalau tidak ada rebung segar bisa beli rebung kaleng yang ada di supermarket. Kalau di Semarang sich banyak sekali rebung yang sudah di rebus dan di iris iris, siap untuk di masak isi lumpia, namanya juga kota lumpia..^^. Kalau rebungnya mentah..di rebus dulu ya sampai empuk. Selamat mencoba :

NOTE: Resep kulit lumpia ini adalah yang asli..bukan yang model di dadar di teflon..tapi cuma di oles..jadi adonannya memang kental sekali...jadi Sy sarankan pakai kulit  lumpia siap pakai yang bisa di beli di supermarket. Jadi untuk sementara resep kulit Sy hapus dulu yach...drpd byk yang coba tapi bingung caranya...karena  memang agak tricky buatnya..nanti kalau Sy sempat buat Sy foto step by step dulu baru Sy update lagi resep kulit lumpianya. 

Lumpia Semarang:
kulit lumpia secukupnya
rebung 500 gram,rebus, potong korek api
daging ayam 200 gram,rebus, potong dadu kecil
udang 100 gram
daun bawang 2 btg
bawang merah 8 butir,cincang,
bawang putih 6 siung,cincang
kecap manis 4 sendok makan
merica bubuk 1 sdk teh
garam dan gula pasir sesuai selera
air 200 ml,

Cara membuat :

Tumis bawang merah & putih sampai harum, masukkan daun bawang dan ebi atau udang, tambahkan ayam, rebung dan bumbu lain serta air, masak sampai matang dan air habis...
angkat..dinginkan...

isi kulit lumpia dengan bahan isi, lekatkan dgn putih telur..goreng sampai kuning kecoklatan...garing..cress..tinggal makan pake cabe dech...



37 comments :

  1. Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca tentang bikin lumpia semarang.... Saya suka mengunjungi blog ini.

    ReplyDelete
  2. @ Obat pelangsing...Terimakasih..udah sering mampir ke sini..^^

    ReplyDelete
  3. Mbak tanya ya,
    1. Bikin kulitnya, itu 2 sdm telur ya, bukan 2 telur kan....(mastiin aja)
    2. Klo nggak pake kapur sirih gimana ya, disini susah carinya, maklum tinggal di negeri org....
    3. Cara ngoles ke ngoles ke teflonnya gmn? pake kuas roti ato gmn, klo pake sendok kayaknya susah banget. pernah diajarin ktnya pantat teflonnya dicelupin ke adonan kulit, terus dibalik gorengnya, jd bs tipis...klo beli kulitnya belum nemu disini:)

    Makasih ya mbak, banyak nanyanya....Resepnya enak2 lho...jd kangen jajanan semarangan (tunggu pulang kampung ntar aaah...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba...dua sdm..emang kalau kulit lumpia semarang rada susah bikinya Mba..kec yang udah terbiasa..soalny adonannya kental banget...jadi nggak bisa kalau teflonnya di celupin..itu berlaku klu buat kulit risoles kayaknya ya..kalau di t4 pusat kulit lumpia di sini buat..pakai bundelan kain bersih gt..terus di oser2 di teflon Mba..jadi bisa tipis banget dan nggak panas di tangan..klu pakai kuas ..kadang keburu kering dulu belum rata ya ngolesnya..klu susah coba pakai resep kulit lumpia yang di dadar aja ya..cuma nanti lumpiany agak bisa kres..kayak lumpia semarang..^^

      Delete
    2. Makasih ya Mbak....pake bundelan kain tho...

      Delete
    3. Ya Mba..ribet ya..^^..wis pakai kulit lumpia jadi aja Mba..masak nggak ada tho di Supermarket sana?..^^

      Delete
    4. Bundelan kain itu gimana ya mbak? Pengen nyoba deh. Tapi kepikiran kalau pakai bundelan kain, nanti adonannya nyerap ke bundelannya nggak?

      Delete
    5. Kain bersih Mba lala yag di buat bundelan gitu,maksudnay sich biar nggak panas tangannya gitu pas ngoser2 adonan ke wajan. Nggak nyerap Mba..ini adonan kulit lumpianya kental banget..kayak adonan roti gitu lho..lengket..nggak cair..^_^

      Delete
    6. Gitu ya? Ok aku mau coba aaah. Terima kasih yaaa untuk tips & resepnya :D

      Delete
    7. Ok..sama2 met coba..cuma memang rada tricky ya..jadi kalau nyerah..beli kulit lumpia jadi aja ya..atau bikin yang cair..yang di dadar biasa Mba lala..^_^

      Delete
    8. mba Didiiiii..... huhuuuuuuu... nangis kejer. td cb buat kulit lumpia semarangnya. bingung... adonannya ky dough roti gt. trus pas di oser ke wajan nda nempel... hikshiks. adonannya mateng ttp ngrumpul gt. nda ad yg nempel di wajan... piye ikiii...
      nurul

      Delete
    9. Harusnya lebih lentur Mba..dari adonan dough roti..air boleh di sesuaikan ya..jadi caranya..ambil adonan segenggam..terus di besetkan atau di oserkan ke wajan yang udah panas..jadi langsung kering..aduch susah ya neranginya..memang harus liat sendiri sich Mba..prosesnya..:)..kpn ya..aku buat lagi..tak fotoin ya..:)

      Delete
  4. utk penyimpanan kulit lumpia yg kering gt bs tahan berapa lama mb ? kl di kulkas bs ngk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fajar : Kalau kulit lumpia kering yang tipis2 kayak kulit lumpia Semarang ini..sayangnya kurang tahan lama..paling satu hari aja ya di kulkas..setelahnya..jadi kering banget..susah di lipat2..:)

      Delete
  5. Mbak Diah Didi, resep Lumpia Semarangnya menarik sekali... Kalau pakai Kulit Lumpia yang siap pakai, kenapa saat digoreng jadi kelihatan 2 garis lipatannya ya ? Apakah karena minyaknya terlalu panas ? Terimakasih ya sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lipatan gimana Mba leonora.apakah jadi nggak buat lonjong t?..Cara nggulungnya saja mungkin Mba..yang kurang agak di padatkan..^^..Minyaknya..di panaskan dulu memang, tapi jangan terlalu panas jug aya..:)

      Delete
    2. Maksud saya kan setelah diberi isi, kulit lumpianya kan dilipat kanan kiri dulu lalu baru digulung, nah pas digoreng, lipatan kanan kiri (padahal didalam lumpia) itu bisa kelihatan, jadi seperti dua garis begitu mbak Diah... Saya bingung kenapa begitu ya, padahal saat menggulungnya sudah saya padatkan... Oh ya, mbak Diah punya resep saus lumpia semarang tidak ? Saya ingin coba. Terimakasih banyak ya sebelumnya.

      Delete
    3. Oh..itu mungkin karena kulit lumpianya tipis Mba Lenonora..jadi di dobel aja lain kali,,,pasti nggak keliatan lagi lipatannya dan hasilnya lebih crispy dan rapi nanti..di coba lagi yach..ada sausnya..eh nggak ku tulis ya dulu..bentar aku cariin filenya dulu ya Mba..nanti aku lengkapi..:)

      Delete
    4. Oh karena ketipisan toh ya... Terimakasih banyak atas informasinya mbak Diah... Dan terimakasih banyak telah repot2 mau mencarikan resep saus lumpia semarangnya. Baik sekali sih mbak ^o^

      Delete
    5. Ya Mba..nanti ku inbox ya..jika udah ketemu catetanku..kayaknya di kardus..nyampur sama buku2 resep lain..hihi

      Delete
    6. Suami dan mertua saya suka sekali dengan lumpia semarang ini, kalau makan bisa nambah2.. Terimakasih banyak atas resepnya ya, mbak Diah, saya hanya menambahkan ebi shangrai yang ditumbuk halus saja di resep mbak. Terimakasih :-)

      Delete
    7. Iya Mba..sama2..wah..seneng dengernya..kalau jajanan Indonesia..di sukai keluarga Mba di sana ya..:)

      Delete
  6. mbak Diah, kemaren saya coba bikin kulit lumpianya, tapi nggak jadi, nggak bisa nempel diwajan, apa nguleni harus sampe khalis, kemaren udah saya uleni lama benget dan adonannya seperti adonan bread, apa benar seperti itu? akhirnya saya cairkan dan di mixer, dan di dadar di teflon, setelah digoreng nyerap minyak banget , apa karena telurnya sedikit ya mbak? saya masih penasaran bikin kulit lumpia yang di oles diwajan ini.. sebelumya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Diah.. ada yg ketinggalan.. kapur sirih juga terasa getar banget di lidah.. mohon sarannya mbak.. terima kasih..

      Delete
    2. Adonannya seperti adonan roti tapi lebih lengket gt Mba..jadi begitu di oserkan ke wajan panas..langsung merekat dan kering. Emang harus liat langsung mba..baru bisa membayangkan kayak apa adonannya. Coba Mba..search..kampung kulit lumpia di Semarang gt di google..di situ ada foto2 cara bikin kulit lumpia Semarang. Kalau air kapur sirihnya di endapkan dulu Mba..jadi air endapannya aja yang di pakai.

      Delete
    3. Ow.. jadi cuma air endapan... oke deh mbak.. makasih ya... akan ku coba terus sampai berhasil... makasih banyak mbak...

      Delete
    4. Iya Mba..coba adonannya di lembekin dikit juga..sampai agak lengket di tangan..biar bisa nempel pas di oles ke teflon..:)..justru jgn kalis kaya adonan roti.

      Delete
  7. mbak diah mau laporan...tapi kali ini laporannya sambil lemes mbak...hehehe, soalnya kemarin aku bikin lumpia menurutku gagal soalnya ada rasa pahit rebungnya mbak, mbak diah ada tips kah untuk mengolah rebung biar tidak pahit, soalnya kemarin aku beli rebung yang masih mentah terus tak rebus sendiri kok pahit udah gitu lama lagi waktu rebusnya....mbak minta tips don masalah rebung...makasih mbah diah...

    ReplyDelete
  8. Hai Mba Lupna..mba tinggal di mana ya..soalnya memang rebung jenisnya beda2 Mba..aku aja kalau di Yogya...di rumah banyak rebung juga..tapi cuma di sayur memang ..jarang di bikin lumpia..karena jenis rebung di Yogya..agak pahit juga..kalau di Semarang sini..rebungnya manis2 Mba..dan sudah banyak di jual dalam kondisi di rebus empuk..:)..jadi aku jarang merebus rebung sendiri..kecuali kalau mau di buat sayur..:)

    ReplyDelete
  9. aku di gunungkidul mbak...hmmm...berarti mendingan beli yang sudah direbus ya? soalnya kemarin ke pasar adanya yg mentah mbak...ga ada pilihan...hehehe...okey makasih mbak diah...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..kalau gitu memang jenis rebungnya Mba..di sana itu enaknya buat sayur..sama kayak di t4 ku di Yogya..coba beli yang kalengan aja Mba..atau di supermarket biasa udah rebusan di rendam gt..:)

      Delete
  10. mba, rebung kalengan ada ya? apa namanya n pabriknya apa yaa? blom pernah liat niih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mba..di luar negeri..hihi..:)..biasanya temen2 di luar pake rebung kalengan mba..:)

      Delete
  11. Mbak boleh minta yg resep ini lagi?( yg sdh dihapus ama mbak diah) tq

    ReplyDelete
  12. Ya udah ke mana ya resepnya mba..hihi. susah mba bikinnya kalau di beset kulit lumpia..:D

    ReplyDelete
  13. Mba minta resep kulit lumpia semarang yah yng asli donk. Aku soalnya liat di youtube ada trkniknya cuma dia gak ada resepnya. Thx infonya bagus

    ReplyDelete
  14. mbg,minta resep kulit lumpia yg asli boleh??tolong kirim ke email saya.tengkyu

    ReplyDelete