Thursday, August 1, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 24..*Sambel Penyetan* saja ya..ala Semarangan..^^


Menuku kemaren nggak banget ya teman2..hihi..menu yang super duper mudah ..tapi rasanya ..iya banget dech..hihi..siapa sich yang nggak suka sambel..menu kepepet..kalau lagi nggak ada waktu banyak buat masak..atau nggak ada bahan lain di rumah..sambel pun sudah oke menjadi teman makan yang enak buat sepiring nasi putih hangat. Sambel juga bersahabat dengan lauk apa saja..dari ikan goreng..sampai tempe goreng saja pun oke. Di Semarang..menu penyetan sangat mudah di jumpai...hampir ada di setiap sudut jalan di tempatku..hihi...apalagi yang deket2 Undip tuch di  daerah deket tempatku..wah..banyak sekali bertebaran warung2 tenda dengan menu utama penyetan..soalnya kan banyak sekali mahasiswa ya yang tinggal di sekitarnya..jadi menu begini cocok dech..kenyang..murah meriah..dan yang pasti selalu bisa di terima lidah manapun ya..kalau sambal seperti ini. Dari penyetan ikan lele..ayam..bebek...sampai penyet telur atau tempe yang murah meriah..ada dech.

Nah..kalau di Semarang.banyak versi sambal penyetan juga..cuma yang paling banyak adalah versi sambal dadak yang cabenya mentah..tapi tomat, terasi dan bawangnya matang di goreng dulu. Rasanya jadi lebih segar..apalagi di kucuri jeruk sambal..wah..bener2 dech..enak banget. Agar sambal penyetan dadak gini tidak langu cabe mentah..tuangi minyak yang benar2 panas dan mendidih ketika cabai sudah di ulek..ciri minyak panas..jika kita tuang ke ulekan sambelnya akan berbunyi keras ..mendesis gitu..dengan cara ini di jamin dech tidak akan langu sambalnya. Selanjutnya tambahkan bahan2 lain, lalu ulek rata. Sajikan dengan aneka lauk seperti ikan goreng, ayam goreng tempe goreng dll sesuai selera. Tapi sambal dadakan ini tidak bisa di simpan lama ya teman2..harus sekali saji habis..karena bahannya semi mentah..yaitu cabainya...jadi buat sesuai kebutuhan saja ya..^^
Sambel Penyetan 

Bahan :
Cabai rawit merah segar, sesuai selera aja
1 buah bawang putih, goreng
1 sendok teh terasi, goreng
1 buah tomat, goreng
Garam 1/4 sendok teh / sesuai selera
Gula merah 1/2 sendok teh
Jeruk Sambal / limau 1 buah

Cara membuat :
Ulek cabai rawit merah dan bawang putih serta terasi, garam dabb gula. Tuangi minyak mendidih, aduk rata.Masukkan tomat. Ulek hingga rata. Kucuri dengan jeruk sambal sebelum di sajikan.


30 comments :

  1. aku sudah coba mbak.. sambelnya enak, segeerr.. alhamdulillah jadi semangat makannya pas sahur... Bs masak akuuu sekarang karena mbak diah :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..rajin sekali dikau Mba Finah..langsung praktek..hihi..sini2..ku peluk..ayukkk2..semangat ya..masak buat keluarga..pasti nanti semakin pinter..kalau sering berlatih ya..dan semakin di sayang keluarga..^^

      Delete
  2. Replies
    1. Betul Mak Lidya...cuma nggak ke foto lalapannya..hihi

      Delete
  3. duh mak,ngilerrrrrrrrrrrr...maknyus tenannnn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mak Hanna..ayukkk bikin..mudah..dan cepat ini..^^

      Delete
  4. Mbak, beda nggak sih cabe dan kawan-kawannya itu kalo digoreng sama dikukus rasanya kalo pas dibuat sambel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda dikit Mba Ika..kalau di goreng kan jadi kering dan ada aroma gurih yang muncul ya..kalu di kukus cenderung lembek dan basah..^^

      Delete
  5. *ngeces*

    Wah, ini toh sambel penyet di Semarang
    Btw, kalo sambelnya ga merah alias cokelat itu pake apa ya, Mak? Waktu masih sering ke tembalang dulu, sambel penyetnya agak cokelat gimana gitu. Hehe

    Kapan2 mo coba ah. Suamiku kan suka banget sambel ;)

    Makasih, Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeh Mak..ini hasli ngintip ilmu..resep di beberapa warung penyet yang enak yang dulu sering ku beli..hihi

      Mau tau rahasia coklatnya Mak Novia..beneran...hihi..itu kan karena minyak yang di pakai nuang itu minyak jelantah bekas nggoreng macam2..kayak ikan..ayam..dll yang biasanya udah coklat keruh kan...^^

      Delete
  6. baru tau deh, resep sambel penyet.Berarti bisa sama terong ungu ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..ini yang versi semi matang dan mentah bahan2nya.dan biasa langsung di ulek..di warung2 tenda penyetan pinggir jalan itu lho Mak..terong ungu balado ya Mak..itu ada yang mentah semua sambalnya baru di tumis..ada juga yang di goreng dulu sambalnya..baru di tumis lagi..^^

      Delete
  7. Tomatnya digoreng juga ya, Mak Didi? Gak ada keterangannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Wahyuti..benar sekali..eh lupa nulis ya..makasih koreksinya..nanti Sy edit..^^

      Delete
  8. catet sambel penyetnya ah..., pasti mak nyus dengan tempe goreng anget
    salam kenal ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mak Monda..cocok banget sama tempe goreng garit,..hihi...silahkan di coba ya.sambal dadak yang praktis dan seger ini..salam kenal juga ya Mak..^^

      Delete
  9. Di makan dengan nasi panas2.. uahhh.. maknyoss deh.. :)
    Makasih Mak Didi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mak Matris..hihi..ayo cobain dech..^^

      Delete
  10. waduh salah nih baca ini pagi2.. jadi pengen makann >,<

    coba ahh ntar buka...

    oia, salam kenal ya mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Yuli..salam kenal juga..mksh udah mampir..ayukk masak dulu buat buka nanti..^^

      Delete
  11. huaaa tambah maknyuss mbak klo di tambah bwg merah yg banyak hehheehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..suka bawang merah ya Mba Giselle..kalau akai bawang merah lebih baik di tumis dulu semua Mba...bahan2 sambalnya..baru di ulek dan di tumis lagi...jadi sambal matang yang mak yuss ya.^^

      Delete
  12. Duh, masih pagi2 buka ini dah ngiler mak. Aih hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ayo belanja..terus masak Mak Mugniar...buat buka ntar sore..:)

      Delete
  13. Hm, nanti kalo dah balik ke Indo mau coba ah, di sini cari cabe rawit aja susah, Mak. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..oh gt ya Mak Alaika..aduch...klu Sy berarti nggak bakal betah tinggal di sana mak....kalau enggak ada cabe Rawitnya..hihi...pemakan cabe rawit soalnya.. Paling seger dan nampol sambalnya makanya harus pakai cabe rawit ini Mak..^^

      Ohya..mksh ya Mak..udah mampir..^^

      Delete
  14. langsung ke pasar...mak didi klo tambah pete mantap ga ya/....wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.enak Mak..kalau suka pete..^^..soalnya di warung2 tenda penyetan di Semarang juga di sediain pete kok..^^

      Delete
  15. mbaakk ke pasar kagak nemu jeruknya hiks ...ini lg masak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt..ya udah nggak usah ake tetepenak kok Mba..cuma kurang seger aja dikit..^^ Have fun ya..sm teman2nya Mba..!^^
      Wah..kalau deket tak bagi Mba Vitri..hihi..tuch di kebun belakang rumah ku lagi banyak2nya..jeruk sambal berbuah..^^

      Delete