Thursday, June 27, 2013

Tips dan Cara Membuat Selai Nanas Sendiri di Rumah



Saat ini..harga nanas di pasaran sudah mulai melambung..1 buah bisa 4 ribu rupiah..wah..memang..buah nanas ini sangat populer ketika mau masuk bulan puasa gini..ketika buah ini banyak di buru untuk pembuatan selai nanas, untuk isian nastar. Nastar adalah kue kering klasik yang wajib ada dan selalu di gemari untuk suguhan kue kue Lebaran. Dari semua kalangan..pasti ada salah satu kue yang di suguhkan adalah kue nasta..dari kelas premium yang memakai butter mahal..dan per toplesnya 100 ribu lebih..sampai dengan nastar yang kelas grosiran yang kadang keras dan selainya dikit banget.


Sebenarnya..kalau aku kunci nastar yang enak, selain kulitnya yang empuk ngeprul..juga kualitas isi selai nanasnya sangat menentukan. jadi..daripada beli selai nanas siap pakai yang ada di pasaran..lebih baik bikin selai nanas sendiri untuk isian nastar  ini..lebih enakk..! 

Membuat selai nanas sangatlah mudah, jadi..jika teman2 suka kue nastar..lebih baik segera hunting nanas sekarang untuk di buat selai..soalnya nanti semakin dekat Lebaran harga nanas semakin melambung dan juga kualitasnya jelek..biasalah..karena banyak permintaan..biasanya terus masih muda pun nanan sudah di panen.
nah yang mau buat selai nanas sendiri..aku kasih sedikit tip2 nya..biar hasil selainya tambah oke.

Tips membuat selai nanas :
  • Pilihlan nanas yang matang benar, berwarna kuning tua..dan nampak ranum segar, agar aroma selainya semakin harum wangi nanas matang.
  • Parut nanas dengan paritan keju yang tajam, sehingga lebih mudah daripad amemakai parutan kelapa..karena kadang2 kita takut ya..tangan kita keparut kalau pakai parutan kelapa..nah kalau pakai parutan keju..lebih aman..dan nggak capek marut nanasnya..^^
  • Jangan memblender nanas  yang mau di buat selai..karena akan butuh air, jadi nanti akan semakin lama proses memasaknya..karena di parut saja, kandungan air nanas sudah cukup tinggi.
  • Panaskan nanas terlebihdahulu..tanpa di campur gula dengan api sedang sampai air nanasnya menguap / menyusut, baru masukkan gula dan kayu manis, hal ini akan mempercepat proses pembuatan selai nanas. Lalu masak hingga selai kesat dan kering.  
  •  
  • Jangan lupa tambahkan sedikit garam, agar rasa selai nanasnya makin enak.
  • Jika ingin selai nanas yang semakin kesat dan kering, ratakan di loyang tipis2, kemudian panggang sebentar di oven.
  • Bentuk bulat2 kecil selai nanas yang sudah siap..agar lebih mudah sewaktu memasukkan ke dalam kulit nastar dan ukurannya bisa seragam. Semoga bermanfaat.. 
Oke..udah jelas kan tips2 dan cara membuat selai nanas sendiri di rumah teman2..mudah saja kok..oh ya..perbandingan nanas dan gula sesuai selera aja ya..salah satu contoh resep selai nanas yang sering ku buat begini nich :
Resep Selai Nanas buatan Sendiri

Bahan :
500 gram nanas parut
100 gram gula pasir ( ssesuaikan selera saj aya kalau soal manis dan tidaknya selai, karena tergantung nanas yang kita gunakan juga..udah manis atau belum )
1/8 sendok teh garam
3 cm kayu manis batangan
Cara Buat. :
Masak nanas hingga air kering dan menyusut, baru masukkan gula , kayu manis dan garam, aduk terus hingga kesat dan kering. Selai nanas ini bisa di simpan di wadah kedap udara..lalu taruh kulkas..ajdi bisa di gunakan nanti pas mau bikin nastar buat Lebaran..biasalah...kalau kita buatnya deket2 Lebaran..nanas yang bagus kan udah langka..hihi.
Selamat membuat nastar teman2..^^

Kalau nanas di masak dulu tana gula..akan lebih mudah menyusut kandungan airnya, beda jika langsung di tambahkan gula..akan semakin lama proses pembuatan selainya. Liat foto di bawah ya..nanas yang sudah di masak dan kandungan airnay udah menguap..^^



NOTE, JUNI 2015

Oh iya..teman-teman yang baru belajar bikin kue..jangan lupa..suda terbit nich buku panduan kue kering untuk pemula. Karya ku. Sudah tersedia di toko-toko buku Gramedia..atau bisa pesan lewat aku langsung. Ready stock. Biar cepat sms ke sini langsung bisa...
089654712500, dengan menyebut nama dan alamat ya untuk cek ongkirnya. Aneka resep kue kering mudah untuk pemula, ada dalam buku ini..juga aneka tips2 dasar dalam pembuatan kue kering, masalah yang serring terjadi dan cara emngatasinya..semua ku tuangkan dalam buku ini. Resep2nya juga seru..selain kue-kue klasik..juga ada kreasi kue kering baru ru yang ku buat dan belum pernah ku posting di sini. Jadi..Grape its Fast..!..sebelum kehabisan..hihi.



Cheers,
Diah Didi

38 comments :

  1. Aku da rencana lebaran nanti mau bikin kue nastar, mbak. ;-)
    Makasih buat tipsnya.

    ReplyDelete
  2. informasinya membantu sekali....makanya saya senang berkunjung kesini.....kalau biasa tulisan soal ini diupdate terus gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..sama2..mksh juga ya..udah sering mampir..tutorial hijabnya keren lho di blognya Mba..^^

      Delete
  3. Mbak Diah, terimakasih banyak atas infonya yang amat sangat bermanfaat ini, saya sudah mencobanya dan memang selainya jadi lebih mudah untuk membuat nastar. Sekali lagi, terimakasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Leonora..sama2 ya..senang bisa sedikit membantu..:)

      Delete
  4. selai nanas ini bertahan berapa lama kan gak pake pengawet ka... Tolong dong infonya... Sy berupaya memproduksi selai rumahan karna d tempatku banyak nenasnya.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau nyimpan selai nanas di freezer sich..jadi ya tahan lama..:)..Kemaren sampai 3 bulan masih ndak masalah. Nah..kalau mau buat usaha..kenapa tidak di coba saja..menyimpan selai nanas yang sudah jadi sedikit misal di kemas gitu di suhu ruang..nah nanti kan ketahuan bisa tahan berapa lama..misal.setiap minggu di cek keadaannya gmn..aromanya berubah tidak..ada jamur tidak....gt aja sich cara terbaik menurutku..:)

      Delete
  5. Aku pemula, baru mau kenalan sama yg namanya oven, cetakan kue n resep2nya..kebetulan suami ku suka nastar, kenapa gak sekalian mba posting resep kue nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada lho Mba..resepnya di sini : http://www.diahdidi.com/2013/06/aneka-bentuk-nastar-resep-nastar.html

      Delete
  6. mbak. sy sudah subscribe tp nda bs yoh di copy resep2nya?? kok ngelihat gbrnyanya buat glek aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..di klik dulu gambar printer di bagian bawah..baru bisa di copy resepnya..atau langsung di print..:)

      Delete
  7. Pas bgt mba Didi...sy lg mau buat selai nanas...rencananya (baru rencana...hehehe :)... lebaran ini mau buat kue nastar sndiri (krn biasanya always beli...hehehe)...sy copy ya... Tks resepnya mba.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mba..sippp..coba2 dulu ya skrg..lebaran masih jauh..:D

      Delete
  8. ternyata ada tambahan garam ya, sy kira cuma gula mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garamnya cuma seujung sendok teh kok..buat liar lebih lebit selainya..:)..kalau kata orang Jawa..buat *mencolok* rasanya..biar nggak hambar..seperti halnya kalau bikin dawet atau kolak..juga di colok garam dikit..biar tambah sip.

      Delete
  9. Mba Makasih infonya.. resepnya aku copy ya..Kmaren aku bikin...Tp agak kurang kering dan pgn sedikit asem jd kutambah air perasan jeruk nipis.. Hehe..

    ReplyDelete
  10. Iya..kalu suka ya boleh di tambah air jeruk nipis..:)
    Kalau masalah kering dan tidak selai nanas..ya tergantung memasaknya Mba..sampai kesat nggak..:) Kalau asem dan tidak ya tergantung sama kualitas dan jenis nanas yang di gunakan..:)

    ReplyDelete
  11. Mbak..makasih sharing2nya saya lumayan sering lho mampir ke sini klo pas nyari resep2.. :)

    ReplyDelete
  12. Makasih tipsnya mba Diah Didi...lagi sekusi selai nastar juga hari ini.

    ReplyDelete
  13. Makasih mb diah tipsnya.,, gampang ya buat selai nanas itu ternyata.... semoga mb diah sukses selalu

    ReplyDelete
  14. Mb di sy brusan buat selai nanas, gula ditaruh stelah selai airnya mengering.. Jadinya gula ga hancur tetap menggumpal akhirnya jd karamel. Bantu dong yg bnernya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan udah jadi selai kental gula baru masuk ya..tapi air habis..selainya masih basah begitu...:)

      Delete
  15. Mba diah aku mau tanya, kalau mau buat selai nanas apa bagian tengahnya yang keras itu ikut disertakan juga atau hanya bagian lembutnya saja? terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bagian mba di parut aja enak.

      Delete
    2. oke mba, makasih ya infonya. Aku baru aja buat selainya dan hasilnya bagus :D. Aku pernah coba buat selai nanas, tapi dengan cara diblender. Dan aku menurutku untuk selai nanas ini memang lebih bagus yang diparut karena masih keliatan seratnya, sedangkan kalau yang di blender, seratnya hilang dan memang masih bisa dibuat untuk isi nastar. Namun begitu memakan nastarnya, nanasnya kurang nendang xD

      Delete
  16. Terimakasih sudah berbagi ilmu dengan kami...

    ReplyDelete
  17. Terimakasih sudah berbagi ilmu dengan kami...saya jualan toples lucu2,biasakan jual toples aja..sekarang aku bisa isi dengan kue2 kering sepertinya lebih menguntungkan.terimakasih

    ReplyDelete
  18. Salam kenal mb,saya auliv maaf mb mau tny klo nanas'ya 10 atau 15 buah kira2 berapa mb takaran gula & garam'ya?mksh

    ReplyDelete
  19. Untuk takaran 10 buah nanas berapa banyak gula yang dipakai ya..
    atau untuk sekilo gula bisa untuk berapa buah nanas?

    ReplyDelete
  20. Thank you buat tips nya. Saya sudah coba dan berhasil. Ma kasih banyak :)

    ReplyDelete
  21. Makasih mbak didi, saya angel dan penyuka selai. dah nyoba berbagai macem selai..selai mbak di enak..dan pass..

    ReplyDelete