Sunday, June 30, 2013

Selai Nanas Gula Palm / Aren



Huhu..dari kemaren mau bikin nastar aja kok ketunda2 terus..maaf ya teman2..yang request resep nastar yang empuk..mau kasih resepnya..tanpa foto kok ya kurang afdol..soalnya teman2 nggak bisa liat hasilnya kan..hihi. Dari kemaren2 udah bikin selainya sich..tapi karena ada aja kerjaan lain..jadi sampai hari ini belum di buat juga nastarnya. Nanti mau ke TBK dulu ya..tak cari cengkih buat bikin nastar yang klasik. Nah..sekarang mau share dulu resep selai nanasnya. Selai nanasnya ini beda dari selai nanas biasa..karena memakai gula palm, atau gula aren..hemmm rasanya sungguh..jadi lebih istimewa  dan harum aroma gula palm. lebih kaya rasa dech di banding selai  nanas memakai gula pasir. 


Bikin selai nanas gula palm ini nggak sengaja sich kemaren..gara2 kehabisan stock gula pasir..dan udah terlanjur marut nanas dan memasaknya hingga airnya habis. Yang ada cuma gula palm dan sekitar 2 sendok gula pasir gitu. Ya udah..aku coba2 aja pakai gula palm..setelah ku cicipi..ternyata rasanya malah jadi enak sekali..tetep seger rasa dan aroma nanas..tapi memang lebih kaya rasa dengan tambahan gula palm ini. Memang warnnaya jadi agak kecoklatan sich..tapi bener2..enak dech selainya. 

Oke..sebelum aku bikin nastarnya aku share aja ya resep selai nanas gula palm ini..siapa tau ada yang suka juga..jika tidak suka mencoba rasa2 baru seperti aku..ya pakai gula pasir aja secukupnya. Oh ya..sedikit tips..kasih gula di selai nanas itu lebih baik sedikit demi sedikit..biar nggak kemanisan ya. Karena kadar manis yang di butuhkan juga tergantung kualitas nanas yang kita pakai. Kalau nanasnya sudah matang banget dan bercitarasa manis..kita cuma butuh sedikit saja gula untuk memantabkan rasanya..sedangkan kalau kita pakai nanas muda yang asam, tentu saja akan butuh banyak gula untuk mengimbangi rasanya. Nah..jadi penambahan gula di sesuaikan saja dengan kebutuhan..misal untuk 500 gram nanas parut, kasih dulu 50 gram gula..sambil di masak dan di aduk2..cicipi rasanya udah pas atau belum. Jika belum..bisa di tambah lagi..seterusnya sampai sesuai rasa manis yang di inginkan. Kalau aku sendiri lebih suka selai nanas yang tidak terlalu manis..sedang saja..tapi tetap menonjol rasa segar dari nanasnya..makanya kalau bikin selai nanas bener2 milih nanas matang yang berkualitas.

Ok..ini dia ya resep selai nanas gula palmnya..ya siapa tahu bisa jadi inspirasi rasa baru dari selai nanas yang sedang teman2 buat untuk bikin nastar Lebaran ya..^^
Selai Nanas Gula Palm

Bahan Isi:
500 gram nanas parut
50 gram gula palem ( sesuai kebutuhan )
2 sendok makan gula pasir ( sesuai kebutuhan )
1/4 sendok teh garam
3 cm kayumanis 

Cara Membuat :
Masak nanas hingga air nanas menyusut
Masukkan gula palm dan gula pasir, serta kayu manis.
Aduk terus sampai selai mengering dan kesat.

Tips : Gunakan panci dari besi tebal atau anti lengket untuk membuat selai nanas, agar selai tidak lengket di panci dan mudah gosong bagian bawahnya.

No comments :

Post a Comment