Google Ad

Friday, May 9, 2014

Soto Bening


Siang tadi..lagi mikir2 mau maksi apa ya..Budhe sayur libur...tengok freezer masih ada stock kaldu ayam pejantan..wah seger kayaknya buat soto..pikirku. Tapi tengok2 stock bahan lain kok nggak lengkap *ubo rampenya..cuma sepotong ayam goreng sisa kemaren sore..ada kol..sama kentang..taoge..tapi ndak ada soun dll. Langsung dech kepikiran buat bikin soto bening ala Yogya aja..tepatnya niru2 ala soto Kadipiro..hihi. cuma niru lho ya..bukan resep soto Kadipiro ini..lha kan nggak tau juga resep mereka gimana ya. Aku cuma sukanya soto Kadiprio itu bening..minimalis bahan2nya..tapi rasanya seger dan ringan. 

Jadilah aku buat soto bening versi aku sendiri..hihi. Soto bening ini memang mengandalkan rasa manis alami dari kaldu ayam kampung biasanya. Lha daku tidak punya je..adanya kaldu ayam pejantan..ya lumayanlah. Hasilnya seger juga kok. Biar warnanya rada coklat2 dikit kayak kuah soto bening di Yogya dan ada rasa manis2 dikit aku tambah aja 1 sendok makan kecap di kuahnya. Enak jadinya..seger dan rada2 manis..kayak soto bening pada umumnya. Aku niru juga soto Kadipiro yang di jalan Solo Yogya..yang versi kolnya di goreng dulu sampai layu..jadi enak..ndak langu..dan bau kol mentah...walaupun aku juga suka sich kol mentah di soto..hihi.

Cuma aku bikin soto sedikit aja sich..cuma buat berdua sama Yodha..soalnya suami nggak suka makan soto kalau di rumah..nggak ada sate komplit dll katanya..hihi. Kalau aku dan Yodha..pakai perkedel saja sudah enak sich..paling2 tambahin telur ceplok buat Yodha udah seneng atau gorengin sosis. Buat suami ya masak lagi ntar..hihi.
Soto Bening

Bahan :
800 ml kaldu ayam bening dari 1 ekor ayam pejantan. Liat cara bikin kaldu bening di SINI
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas , memarkan
1 batang sere, memarkan
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya
1 sendok teh gul apasir
1 sendok makan kecap manis

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran
2 cm kunyit, bakar dan geprek saja..tanpa di ulek biar warnanya nggak terlalu kuning kuahnya.

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap. Koreksi rasa. Susun bahan2 pelengkap soto di mangkuk, tuangi kuah soto.

Pelengkap :
Nasi putih secukupnya
1 potong ayam goreng buat suwiran
Perkedel secukupnya
Bawang goreng dan sledri cincang secukupnya
Taoge secukupnya
Kol, goreng hingga layu secukupnya
Sambal rawit secukupnya
Jeruk nipis secukupnya

Kalau aku makan soto ndak usah pakai lauk macem2 udah enak..asal ada si bulat2 ini nich..hihi



14 comments :

  1. jodohnya selalu dengan perkedel ya mbak kebanyakan soto beningn ini

    ReplyDelete
  2. Betul Mak Lydia..perkedel sama tempe garing dah cukup..:)

    ReplyDelete
  3. Tempe garing itu apa tempe goreng biasa mba ?

    Ari

    ReplyDelete
  4. Tempe garing itu tempe yang di goreng tipis2 khas buat soto Mba Ari..kalau di Jawa..sampai kayak keripik gt saking kering gorengnya..:)

    ReplyDelete
  5. Permisi, maaf mengganggu. Mba Diah Didi,saya izin ambil resep ini ya buat di simpan, di praktekkan, dan di bagi ke teman teman saya? Izin simpan link nya di ms.word dan bookmark halaman ini. Plus izin juga ambil resep resep lain yang ada di blog Mba ini. Boleh ya? Terimakasih ^^
    Khusnul, Kal-tim

    ReplyDelete
  6. Makasih banget Mbak Diah....soto bening ini jd andalan kalo bosen sama sop. Pertama praktek lgs sukses heheheh...Rasa sotonya ngk berat, ringan seger aja tp justru itu yg bikin ketagihan xixixiii....cocok jg buat obat flu.

    ReplyDelete
  7. hai mbak...enAak sotonya....mirip mirip kalo pake soto bumbu bamboe itulooh mbak...makasiih ya

    ReplyDelete
  8. Mba diah, saya langganan recook resep2nya.. thanks ya mba for sharing :) mbak diah mau tanya, ayamnya kalau diganti ayam potong bisa ngga? Harus dimodifkah resepnya?

    ReplyDelete
  9. Saya malah baru tau kalo perkedel itu jodoh nya soto :D

    Soto seperti ini emang top, rasanya ringan dan segerrr 👍

    ReplyDelete
  10. Amazing recipe, thanks so much! We offers a fully legit research paper writing service.For hundreds of US students, we’re the most reliable essay nerdify review company online that can help with any writing homework quickly and for an affordable price.

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel