Wednesday, June 1, 2016

Semur Ala Ibuku


Lagi kangen semur ibuk di Yogya..hemmm..rindu itu selalu terobati sedikit jika aku masak masakan ala ibuku...lalu telp beliau sekedar ngobrol ngalur ngidul. Ibuku kalau membuat semur itu bumbunya minimalis tapi enak banget. Bukan bumbu komplet rempah seperti semur Betawi dll..bumbunya itu simple aja..bawang merah, bawang putih, kemiri , mrico dan jangan lupa kecap.

Jadi nggak pakai Pala apalagi cengkeh, dll. Kadang aku nyemur pakai Pala juga jika pengen nuansa semur modern plus tambahan tomat juga..tapi jadinya seperti kuah bistik seger dan aromatik. Kalau Semur ala Jowo ala ibuku ini cenderung gurih manis legit rasanya..pokoknya Jowo banget lah ya.

Ibu biasa memasak semur daging atau semur ayam jika ada acara hajatan di rumah. Di ungkep hingga kuah mengental dengan api kecil hingga bumbu mlekoh menyelimuti bahan yang di semur..hemm..enak banget. Pakai kuahnya aja udah enak.

Kemaren aku buat Semur daging dan telur. Kadang-kadang jika masak daging kan jika dagingnya udah di ambil semua, masih ada kuahnya tuch ya..nah daripada kuahnya mubazir..cemplungin telur sekalian..jadi jika daging habis kan masih ada sisa telur..hihi.

Semur ini bisa di ganti ganti bahannya kok..bisa ayam...cumi, tahu..dll...tetap enak rasanya. Oke dech buat teman-teman yang mau coba..ini dia resepnya ya :
Semur Daging & Telur

Bahan :
300 gram daging bagian lulur atau bagian lain sesuai selera, iris sesuai selera
4 butir telur rebus, kupas
5 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
Bawang goreng secukupnya untuk taburan
600 ml air

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang dan harum
Masukkan daging, aduk hingga berubah warna
Masukkan telur, air dan  semua bumbu lain
Tutup panci
Masak dan ungkep dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental
Koreksi rasa
Sajikan hangat dengan taburan bawang merah goreng


6 comments :

  1. Gara2 liat foto semur ini di FB Mbak Diah kemaren, aku langsung bikin tadi semur ayam. Bahannya aku kira2in aja, pasti kan bawang merahnya lebih banyak daripada yg putihnya, kemiri aku banyakin dikit daripada bawang putih juga, hahaha. Hasilnya? Enak bangeeeet! :))))) Aku kasih sosis karena anakku yg sulung nggak doyan ayam atau daging2an. Palingan juga nanti aku kasih rebusan telur juga. Makasih ya Mbak, aku jadi semangat nyemur nih sekarang, tadinya paling males karena bumbunya banyak dan pake rempah2 segala. :D

    ReplyDelete
  2. Sippp mba..iya...semur ini paling simple bumbunya...kalau yang semur rempah itu ala Betawi..:)

    ReplyDelete
  3. Lho...saya bp2 yg kos sendiri ya perlu masak dg bumbu yg simpel..tidak ribet

    ReplyDelete
  4. Lho...saya bp2 yg kos sendiri ya perlu masak dg bumbu yg simpel..tidak ribet

    ReplyDelete
  5. Mbaak Diah, aku udh nyobain resepnya, sukaaakkk banget, makasih ya mbak . (lusi)

    ReplyDelete