Google Ad

Wednesday, June 1, 2016

Semur Ala Ibuku


Lagi kangen semur ibuk di Yogya..hemmm..rindu itu selalu terobati sedikit jika aku masak masakan ala ibuku...lalu telp beliau sekedar ngobrol ngalur ngidul. Ibuku kalau membuat semur itu bumbunya minimalis tapi enak banget. Bukan bumbu komplet rempah seperti semur Betawi dll..bumbunya itu simple aja..bawang merah, bawang putih, kemiri , mrico dan jangan lupa kecap.

Jadi nggak pakai Pala apalagi cengkeh, dll. Kadang aku nyemur pakai Pala juga jika pengen nuansa semur modern plus tambahan tomat juga..tapi jadinya seperti kuah bistik seger dan aromatik. Kalau Semur ala Jowo ala ibuku ini cenderung gurih manis legit rasanya..pokoknya Jowo banget lah ya.

Ibu biasa memasak semur daging atau semur ayam jika ada acara hajatan di rumah. Di ungkep hingga kuah mengental dengan api kecil hingga bumbu mlekoh menyelimuti bahan yang di semur..hemm..enak banget. Pakai kuahnya aja udah enak.

Kemaren aku buat Semur daging dan telur. Kadang-kadang jika masak daging kan jika dagingnya udah di ambil semua, masih ada kuahnya tuch ya..nah daripada kuahnya mubazir..cemplungin telur sekalian..jadi jika daging habis kan masih ada sisa telur..hihi.

Semur ini bisa di ganti ganti bahannya kok..bisa ayam...cumi, tahu..dll...tetap enak rasanya. Oke dech buat teman-teman yang mau coba..ini dia resepnya ya :
Semur Daging & Telur

Bahan :
300 gram daging bagian lulur atau bagian lain sesuai selera, iris sesuai selera
4 butir telur rebus, kupas
5 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
Bawang goreng secukupnya untuk taburan
600 ml air

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang dan harum
Masukkan daging, aduk hingga berubah warna
Masukkan telur, air dan  semua bumbu lain
Tutup panci
Masak dan ungkep dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental
Koreksi rasa
Sajikan hangat dengan taburan bawang merah goreng


14 comments :

  1. Gara2 liat foto semur ini di FB Mbak Diah kemaren, aku langsung bikin tadi semur ayam. Bahannya aku kira2in aja, pasti kan bawang merahnya lebih banyak daripada yg putihnya, kemiri aku banyakin dikit daripada bawang putih juga, hahaha. Hasilnya? Enak bangeeeet! :))))) Aku kasih sosis karena anakku yg sulung nggak doyan ayam atau daging2an. Palingan juga nanti aku kasih rebusan telur juga. Makasih ya Mbak, aku jadi semangat nyemur nih sekarang, tadinya paling males karena bumbunya banyak dan pake rempah2 segala. :D

    ReplyDelete
  2. Sippp mba..iya...semur ini paling simple bumbunya...kalau yang semur rempah itu ala Betawi..:)

    ReplyDelete
  3. Lho...saya bp2 yg kos sendiri ya perlu masak dg bumbu yg simpel..tidak ribet

    ReplyDelete
  4. Lho...saya bp2 yg kos sendiri ya perlu masak dg bumbu yg simpel..tidak ribet

    ReplyDelete
  5. Mbaak Diah, aku udh nyobain resepnya, sukaaakkk banget, makasih ya mbak . (lusi)

    ReplyDelete
  6. Mama Yoda.. apa boleh minta tips supaya daging empuk & tidak kering..? Aku kalo masak daging api kecil kadang slow cooker, hasilnya tetep keras & kering.. terima kasih.. diana

    ReplyDelete
  7. Mbak Diah, resepnya simpel tapi rasanya sedap banget. Saya ganti daging sapinya dengan rolade ayam buatan sendiri. Lain kali ganti isian dengan olahan lain ah, pasti endes juga.

    ReplyDelete
  8. Sy coba jadinya g enak, atau krn kbykn kemiri y mb?

    ReplyDelete
  9. Sy coba jadinya g enak, atau krn kbykn kemiri y mb?

    ReplyDelete
  10. Terimakasih sharing resepnya mbak..dulu saya hampir tidak pernah masak.apalagi masak daging. Takut gagal dan tidak enak.
    Setelah ada pandemi korona ini, mau tidak mau rajin masak. Saya berulang nyoba masak semur daging versi ini, cuma pakai daging seprapat kilo 😅
    Saking takutnya gagal.
    Pernah yg coba versi komplit pala dkk itu, anakku malah kurang suka.
    Kalau yg versi ini... Buuuk imbuuh
    Haha
    Berhasil! Berhasil!

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum wr.wb




    Kami di Arab Credit Group telah luar biasa ketika datang untuk membantu orang-orang dalam masalah keuanganan mereka dengan utang yang tak terhitung jumlahnya untuk membayar, tugas kami adalah untuk membantu Anda dengan pinjaman untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, dan menjadi keuangan yang stabil lagi. platform pembayaran kami sederhana, kami menyediakan Anda dengan suku bunga terendah 2% pinjaman Anda dapat menemukan, Arab Credit Group adalah Perusahaan pinjaman yang dimiliki oleh Keluarga Arab kami, kami telah memutuskan untuk membantu saudara-saudari kami untuk menjadi kuat secara finansial seperti yang diperintahkan Tuhan. kami di sini untuk memberi Anda bantuan untuk sukses dalam hidup.

    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com
    Pin BBM: {E39B5EE5}  

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum
    Nama saya Sri Muji Astuti. Saya seorang pemilik bisnis yang menjual kosmetik dan pakaian. Untuk sementara, saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman yang dapat saya pinjam untuk menumbuhkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 24 juta karena saya mengajukan 800 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    Jadi, suatu hari saya dengan setia membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh Yeyes Ristintares, seorang wanita bisnis besar dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Ms. Helen Wilson bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Yeyes Ristintares dan saya menceritakan kisah saya kepadanya tentang bagaimana saya kehilangan 24 juta dari pemberi pinjaman yang buruk. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. Dia mengirimi saya emailnya dan saya mengiriminya email untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia membalas saya dan mengatakan saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Helen Wilson bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk membagikan kabar baik saya sehingga orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) dan dengan nomor WA-nya: +1-585-326-2165. Ini adalah email Yeyes Ristintares: (yristintares@gmail.com) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan segala sesuatu yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya kepada siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk. Hubungi saya melalui email saya: srimujiastuti93@gmail.com

    Saya berdoa agar ALLAH akan memberikan mereka yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya sehingga mereka dapat diselamatkan seperti saya. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang saya jatuh ke tangan pencuri.

    ReplyDelete
  13. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel