Sunday, September 8, 2013

Kue Kacang..Enak dan Mudah..^_^


Males bikin kue kering karena harus memixer adonan..atau belum punya mixer teman2..?...Tenang..ada resep kue kering yang sangat mudah nich..nggak perlu mixer, cukup di aduk2..cetak..panggang..jadi dech kue kering yang enak. Kue apa itu ya?..Kue kacang..kue jadul..jaman aku kecil..hihi. Kue ini dulu di jual di warung2 dalam bentuk biasanya bulan sabit gitu..dulu..di jual satuan..satu biji..berapa rupiah ya..lupa dech..pokoknya.dulu ini udah berasa kue yang enak banget  gitu. Eh..sekarang juga tetep enak lho..apalagi kalau bikin sendiri..hemm...enak banget..aku suka kue kacang ini..karena rasanya lumer di mulut..ngeprul dan berasa banget kacangnya. 

Paling enak sich bikin kue ini pakai kacang kampung yang manis gitu..bukan yang impor. Cuma..harus sedikit repot menyangrai dan mengupas kulitnya satu2. Jika tidak mau repot.ada cara yang paling mudah..yaitu beli saja kacang cincang sangrai yang ada di TBK..kalau di tempatku sich ada..di toko bahan kue deket rumah. Jadi..tinggal memblender saja sebentar supaya jadi bubuk kacang, terus aduk2 dan campur bahan lain..jadi dech..rasanya enak juga kok. Nah..jadi..nggak punya mixer..bukan lasan buat males bikin kue kering sendiri kan..yukkk..di coba teman2..keluarga di rumah..pasti suka..^^

KUE KACANG 

Bahan-Bahan:
400 gram terigu
250 gram kacang tanah kupas yang sudah di sangrai
200 gram minyak goreng ( di timbang ya )
150 gram gula halus ( jika suka manis..boleh di tambah sesuai selera )
1 sdt garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
2 kuning telur  dan 1 sdm mentega untuk polesan

Cara Membuat :
Blender kacang tanah sangrai hingga halus.
Campur tepung terigu, gula halus, garam, vanili, kacang tanah sangrai halus,dan terakhir masukkan minyak goreng sedikit demi sedikit ya, aduk dengan spatula hingga tercampur rata dan adonan jadi lembab. Jika sudah cukup lembab dan bisa di pulung..minyak masih..tidak perlu di habiskan..nggak pa2.
Tutup adonan dengan plastik dan simpan adonan didalam kulkas selama kurang lebih 1 jam.
Setelah 1 jam, diamkan sebentar dalam suhu ruang, cetak adonan sesuai selera
Taruh kue diatas loyang yang telah dipoles margarin, poles bagian atas kue dengan campuran kuning telur dan mentega. Panggang dalam suhu 170 derajat Celcius selama 25 menit hingga matang ( atau sesuai oven masing2 ya ).

Tips :
  • Jika suka..atasnya bisa di kasih hiasan mete atau almond keping kayak gini...





  • Cetakan kue kacang ini macam2..bisa sesuai selera ya :
  • Selamat mencoba..^_^

56 comments :

  1. saya paling suka kue lebaran itu nastar sama kacang hehe,enakkk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kue jadul jadul gini..emang enak banget ya Mak Hanna..:)

      Delete
    2. Cntik bngt kuex mau nyoba ach,,,smg bs secntik bikinn,,,bu hanna,,, :-)

      Delete
    3. mbak diah.. kalo kacangnya kita atur sesuai selera,, pengaruh ga ama hasil bake nantinya ? misalnya kacangnya di banyakin lagi, dan minyak nya boleh ganti ama mentega yg dilelehkan ga ?

      Delete
  2. itu yang nyusun kue dan ngoles kuning telur di atas loyang rapi banget. kalo aku yang bikin udah belepotan ke mana-mana tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya Mba Rina..kan mau di foto..:D..kadang ya suka di bantuin Yodha...belepotan kemana2..sama Mba...^^

      Delete
    2. salam kenal mbak Diah. Nebeng kios yah,sy jual kue kacang fresh from oven rp.25000/kg isi netto 250 gr pwe toples
      Ayo tinggal pesan ke WA/hp 0895 234 68890

      Delete
    3. dear mbak Diah,oh yah sy dr Bandung lg rintis jualan kue kacang tanah garing. Keunggulan kita,kacangtanahnya dikeringkan dgn oven sehingga lebih gurih n tahan lama. Kemasan di seal plastik,tahan 3 bulan tanpa pengawet apapun.Toples lucu bisa di pake ulang.Salam dr Bndg.

      Delete
  3. Replies
    1. Iya..enak ya Mba Ricke..nggak mbosenin..di cemal cemil..:)

      Delete
  4. cantik ya cetakannya...bener2 dah harus melengkapi peralatan perang u bikin kuehnya nih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini murah lho Mak Riana cetakannya..ada macam2 lagi..sebenernya...bentuk hewan2..dll..lucu2 dech..:)

      Delete
  5. Replies
    1. Makasih Mak Khusnul..:)..Yukk di coba..:)

      Delete
    2. mbak Diah,senang banget ketemu komunitas penggemar kue kacang. Numpang jualan jg yah,ayo pesan rp.25000/toples (isi 250gr)ex bndg. Kontak ke WA/Hp 0895 234 68890 mrs. Ifen.

      Delete
  6. Enaaaak, saya suka Mbak. Rasanya manis guriiiih.

    Kebetulan nih Mbak Di mixer punya saya ketelisut entah di mana.:)

    Oya pernah baca resep kue kacang, kacang blendernya bisa diganti pindekaas (selai kacang). Hasilnya apa sama enaknya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sich Mba Devy..cuma..aku kok lebih suka dari kacang asli ya..soalnya..kadang2 tuch selainya ada aroma khas..selai gt ..jadi beda aja sama kacang asli..tapi..klu kepepet ya enak juga kali ya Mba..hihi..Yukk bikin..no mixer..no problemo..hihi

      Delete
  7. salam kenal mba,,udah sering liat resep2nya mba diah didi seliweran di grup tp gak brani mampir,,bgitu kue kacang resepnya,,hi hi mau yg udah mateng boleh gk he he kue favorit nih,,ngileeeeerrrr,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh..lha..ngapain ngak berani mampir Bunda Aisykha...hihi..nakutin ya akunya..:D..silahkan..ayukk di coba..kalau dkt..boleh nyicip..:)

      Delete
  8. Beneran ini gampaaang ya...hihihi inget kemarin si kecilku ngabisin kue kacang ini. Aduh pengin buat, semoga gampang n gak males yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Christanty..beneran..gampang kok..ayukk..dicoba..enakk...nostalgia jajanan jaman kecil ya..:)

      Delete
  9. Waaahhh... ini resep yang aku tunggu2.. selama ini aku beli mulu setoples setoples. . Asyikkk... bisa dicobaaaa... makasih mak didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mak Ade..ayukk bikin sdr..lebih murah..dan enak..^^..mudah pula buatnya..:)

      Delete
  10. kue favoritku banget nih...makasi ya mbak diah...by emma di lombok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Emma..sama2 ya..yukk di coba..^^

      Delete
  11. mau nanya mbak waktu dicetak tu apa perlu ditipiskan dlu pake pin roll?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..di tipiskan dulu..pakai rolling pin bisa..atau di tipiskan pakai tangan aja juga mudah kok..adonannya lembut..:)

      Delete
  12. mbak..200gr minyak itu sm gak dg 200ml? ditimbangnya pakai timbangan trigu apa gelas takar ya..mau coba :-) ini shyswy mbak..cm lg bk dr hp suami..jd mls ganti mail.jd noname aja dsini :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Shiswy..di timbang aja ya..suka beda soalnya..klu pakai ukuran ml..pakai mangkuk timbangan biasa aja..tuang di situ minyaknya ya..terus pemakaian minyak ini secukupnya saja sich..klu udah lembab dan bisa di bentuk ya udah..jadi..nggak perlu di tuang semua Mba..met coba ya..^^

      Delete
  13. Mbak Diah, aku dah buat kue kacangnya. Tapi kok cepet hancur gitu? apa aku gilasnya ketipisan atau adonanku terlalu encer yah? Padahal rasanya enak loh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Mira..melepas dari loyangnya..nunggu sampai benar2 dingin ya Mba..biar nggak mudah hancur..terus..kalau adonan kelembekan..di tambah kacang aja lagi..atau minyak di kurangi juga bisa..pokoknya sampai adonan bisa di pulung ya Mba..:)

      Delete
  14. Mbak Diah bahan untuk polesannya 2 kuning telur dan 1 sendok makan mentega. menteganya dicairkan dulu ya Mbak.

    ReplyDelete
  15. Saya bikin hari ini Mba, tapi agak keras...hihihi...harus tambahin minyak ya mba? biar lebih lembut dikit...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Evi..iya Mba..minyak dan kacang bisa di tambah atau di kurangi sesuai kebutuhan Mba..:)

      Delete
  16. kemaren dah aku coba,, rasanya yummy,, pas bangettt.. makasiyh resepnya ya, mba ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..syukurlah jika sesuai selera ya..:)

      Delete
  17. mbak didi...kuenya enak bangett...dah aku coba waktu long weekend kemaren....dari pada gak ngapa2in..buka2 resepnya mbak didi....heeee
    udah beberapa resep aku buat...:D
    tpi kue ini yang paling aku sukaaaa.....hihihihiiiiiii
    thanks yaa mbakkk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Nurma..sama2..syukurlah jika suka..iya Mba..bagus itu memanfaatkan waktu luang buat nyoba2 resep..jadi nambah ilmu dan ada snack ya..buat keluarga..:)

      Delete
  18. mba diah,,aku udah nyobain resepnya barusan,,tapi kenapa kue ku susah banget kering ya?udah lumayan lama ngovennya tp tetep lembek huhuu..kira2 apa yg bisa bikin gitu ya mba?minyaknya kebanyakan ya mba?soalnya emang aku tuang semua wahhaa. kalo ditambah tepung bagus ngga mba?oya tujuan dimasukin ke kulkas apa ya mba?jangan2 kue ku kelamaan di kulkas .. makasih mba ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..iya uang minyaknya harusnay dikit2..kalau udah tercampur rata dan adonan udah bisa di pulung..udah..hentikan pemberian minyaknya . Jangan di tambah tepung mba..tambah kacang saja..lebih legit malah..kalau kurang manis..gula juga di tambah ya tapi..:)

      Delete
  19. mamaku pernah bikin ini, dapet resep dari tetangga, tapi blio nulisnya telur (bukan kuning telur), jadinya? bantattttt tattt.. gak bisa dimakan, habis itu mama kapok bikin, klo diajakin bikin kua kacang slalu geleng2, trauma katanya.soalnya ditambahin telur smp 9 loh, dg harapan bis gak bantat. hahaha, tapi ini cuma dua kuning telur ya? nanti lah kubujuk2, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Umie..kalau adonannya malah nggak pakai telur mba..kalau kue kacang jadul gini..tetep ngeprul dan empuk itu..kan kacangnya banyak dan pakai minyak..:)..Kuning telur cuma buat olesannya aja..:)

      Delete
  20. mbak diah aku juga udah praktek yang ini mbak...rasanya enakk...tapi punyaku belum bisa secantik punya mbak :D ...mbak kalo seumpama pengen teksturnya agak keras dikit kira2 yang ditambahi apa ya mbak...soalnya aku suka yang agak keras2 :D ...makasih mbak diah resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lupna..iya..semakin sering berlatih nanti pasti semakin bagsu..hasilnya..:)
      Kalau mau keras..ya tambahin terigu aja..tapi beda lho rasanya..:)..kalau kue kacang kan memang khasnya ngeprul ya di mulut..lumer gt..:)

      Delete
  21. Makasih resepnya mbak Didi, kbtln mmg lg pgn bikin kue kacang tapi lupa dmn nyatat rsepnya. Untung lgs keingetan blog Mbak Didi, sangat membantu. Canna

    ReplyDelete
  22. Mbak, kl minyaknya di ganti sebagian dengan butter leleh bisa ga ya? Pengaruh ga ke teksturnya? Terima kasih^^, suci

    ReplyDelete
  23. Mbak punyaku kok hasilnya retak ya bagian atasnya.. Gmn biar ga pecah mba

    ReplyDelete
  24. Mbk diah kmrn sy cb bt kue kacangx rasax enak buanget sy cetakx tebal2 gitu karna liat d picx mbk diah . Yg mo sy tanyakan apa kue ini jenis kue yg rapuh coz harus ati2 banget saat memindahkan kue ini d toples.apa memang kue ini hsl akhirx sprt itu ato minyakx kebanyakan ya sy ikutin resrp d atas utk minyakx. Apa memang tekturx beda dgn kuker pd umumx. Makasi sbelumx

    ReplyDelete
  25. Salam kenal mbak DD, udah aq coba resepnya mudah bingit palgi buat aq sbgi pemula .. lagian juga suka bgt ma kue kacang, tq ya mb DD .. hslnya yummy lmer dimulut .. nyuss deh xixixi

    ReplyDelete
  26. Mbak Diah, selamat Hari Raya Idul Fitri! Saya bikin kue ini pas libur Lebaran. Rasanya enak, gurih, tdk terlalu manis. Karena kacang tanah kelebihan sedikit sekitar 25g, saya campur sekalian. Minyak goreng saya tambah juga, disesuaikan sesuai petunjuk. Saya kasih icip ke adik saya, katanya enak, dan langsung minta resep. Teman kantor juga saya kasih icip, katanya enak. Katanya lagi, biasanya kue kacang gak pernah enak, rasanya aneh, tapi yg ini enak. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  27. yang menginginkan cetakan kue.
    sperti di atas Dan bnyak macam bentuknya bisa hub.085649486788.krena INI barang Dari pembuatnya.home industri

    ReplyDelete
  28. Hei Mba Diah I just tried your peanut butter cookies recipe...you know what it taste so delicious...exspecially with a pinch of cardamon and cinamon spice makes it smell so good. Thanks for the recipe...������

    ReplyDelete