Wednesday, July 29, 2015

Lodeh Ndeso


Sudah bosan dengan opor ketupat dkk..mari back to selera harian ya teman-teman..sayuran. Aku lagi suka masak yang medok ndeso dari kemaren. Kemaren bikin urap mentah..hari ini pengen lodeh..tapi yang versi ndeso..yang medok..hihi. Jadi masaknya rada overcook dikit, biar otentik ndesonya.

Gara-gara kemaren waktu pulang dari Temanggung kitanya putar arah ke arah Secang..mau mencoba warung eksotis yang menunya serba ndeso...aneka sayur lodehan gitu. Aku baca dari teman blogger yang mengulas warung itu..sungguh eksotis..makan langsung di dapur..langsung dari tungku..menunya aneka sayur lodehan dan lauk pauk. Wah pasti seru...di tambah nuansa warung makan yang jadul dan ndeso bnaget..kata temanku. Plus tambahan lagi unik..katanya di sana...murah meriah...harganya itu makan sepuasnya nasi dan sayuran macam-macam hanya 7500, tinggal nambah lauk. Pas ke sana..eh lha kok kaget aja..jebul menunya sudah siap saji, berderet  rapi di meja..hihi..jadi udah kayak restoran Mbah Jingkrak di Semarang gitu..dengan menu Jowo nya. Baiklah..karena kadung nyampai sana yang udah kita ngopi aja..dan sempat nyicip ayam goreng sama lodeh ndesonya...untuk Yodha. Lumayan enak juga rasa lodehnya, kalau ayam gorengnya biasa banget..tapi harganya mahal untuk resto sekelas di daerah Secang..hihi...aku bayar 100 ribu lebih..untuk kopi, ayam 1 potong dan sayur lodeh sama es coklat buat Yodha..huhu.

Waktu ku tengok..notanya..oh iya..1 porsi lodehnya 7000..padahal satu mangkuk kecil..aduch..masak sendiri aja wis..5 ribu dpat 1 panci..hahah. Jadilah aku masak lodeh ndeso hari ini..rasanya..sama enak kayak di retoran ndeso yang kau makan kemaren di Secang..:D. Jadi kadang-kadang..ngapain repot-repot pergi jauh dan mahal untuk menikmati menu kampung yang kita rindukan ya teman-teman..masak sendiri aja..beres..murah meriah..puas makannya..hihi. Jadi pelajaran buat aku..jika mau menu-menu ala ndeso..beneran aja makan di warung-warung ndeso , kayak di Temanggung kemaren, rasanya otentik, murah meriah..enak. Kalau sudah di poles dalam bentuk resto..yang ada udah jadi mahal harga selera ndesonya..hihi.

Lodeh Ndeso

Bahan :
2 buah terong hijau, kupas , potong-potong
5 lonjor kacang panjang, potong-potong
100 gram tempe semangit, potong kasar
50 gram daun so ( daun melinjo )
1 sendok makan rese
5 cabai merah, potong serong
5 cabai hijau, potong serong
8 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
1 sendok teh kaldu sapi
1/2 sendok makan gula merah
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
800 ml santan sedang

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih, hingga matang dan harum
Masukkan cabai dan rese, aduk hingga cabai layu dan matang. masukkan santan dan semua bumbu lain
Biarkan mendidih, masukkan terong dan sayuran lain
Kecilkan api, masak hingga sayuran matang dan kuah sedikit menyusut
Koreksi rasa
Sajikan hangat


Lauknya di restoran ala menu ndeso kemaren kaya gini nich salah satunya..dan memang pas sama sayur lodeh   ya teman-teman..ikan asin atau pindang di cabe ijo..enak..pakai banget..:D. Apalagi jika masak sendiri..makan enak nggak perlu bayar mahal...hihi. Resep ikan cabe ijo ini udah pernah aku posting ya teman-teman.






7 comments :

  1. Rese itu apa to, jeng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udang kering kecil yang bukan ebi..tapi ya mba..:)

      Delete
    2. Rebon ya mbak? Yg kadang dipakai untuk isian rempeyek selain kacang tanah/teri ....
      Sisca - Surabaya

      Delete
  2. mbak Diah, met lebaran ya, mohon maaf lahir batin. Ohya mbak, tepung2nya yg dikirim via kapal katanya udah sampe dengan selamat hihihi...sementara aku br besok berangkatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba..:) wah...asyik..tepungnya udah jalan-jalan ke luar negeri..hihi...yang jual malah belum..:D

      Delete
  3. lebaran aku gak makan sama sekali opor ketupat loh mbak, aku makan ikan asin hehehe

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete