Thursday, March 27, 2014

Soto Kudus ( Resep Baru )



Sebenernya tadi nggak ada niatan bikin soto sich hari ini..tapi tadi pas ke pasar beli ayam pejantan satu ekor..aku tinggal meleng milih udang..eh lha kok sama ibu penjual ayamnya di potong kecil2..aduch..padahal aku udah langganan di situ dan selalu nggak pernah mau di potong kecil2 kalau beli ayam, pasti di potong cuma jadi 4 bagian gitu..jadi kalau di masak dan di foto kan lebih cantik. Ya..dengan rada sebel akhirnya kepikiran di buat soto aja dech sampai rumah. Dan akhirnya jadilah menu soto Kudus di rumah hari ini. Cuma..nggak seru dong..kalau bikin soto Kudus dengan resep yang sama yang udah aku posting dulu. Jadi hari ini aku belajar menyempurnakan resep soto Kudus..agar lebih mirip lagi sama citarasa aslinya..ya..walaupun tanpa kecap THG..karena stock kecap THG ku habis..tadi aku pakai kecap lele aja..enak juga kok. Ayam yang udah di potong2 kecil2..aku buat sekalian jadi sate ayam pendamping soto..yaitu sate ayam yang cuma di rebus sama kuah soto dan kecap.

Nah..untuk resep soto Kudus versi baru kali ini..aku pakai bumbu lebih komplit dari resep terdahulu..dan memakai rempah jinten. Setelah matang..kuahnya juga langsung aku kasih sedikit kecap..dan hasilnya enak dech..udah mirip banget rasanya sama Soto Kudus yang sering aku makan. Karena aku ingat ingat..rasa pertama dari kuah soto Kudus adalah gurih sedikit manis, sebelum di tambah kecap dll. Ternyata juga di resep yang terdahulu..bumbu yang aku lewatkan adalah jintennya. Jintennya inilah yang menambah aroma Soto jadi tambah sedep..aroma soto Kudus banget dech..^^

Sipp dech..udah bisa bikin Soto Kudus yang udah mirip2 sama aslinya..jadi harus aku simpan di sini resepnya..supaya nggak lupa..kalau mau bikin lagi ntar. Mau coba teman2..yukk mari silahkan..^^

Soto Kudus 

Bahan :
1 ekor ayam pejantan atau ayam kampung
Air 2000 ml
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk 2 lembar 
Serai 1 batang memarkan
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
Gula merah 1 sendok teh

Pelengkap :
Taoge secukupnya, seduh air panas
Bawang putih goreng secukupnya
Kucai secukupnya, iris kecil2
Daun sledri secukupnya, iris kecil2
Sambal rawit , kecap dan jeruk nipis secukupnya untuk penayajian

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
1 cm kunyit
6 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, sangrai
1/4 sendok teh jintan, sangrai
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang dan harum, masukkan ke rebusan ayam. Masukkan bumbu2 lain, lalau masak hingga bumbu meresap. Tambahkan 2 sendok makan kecap manis ke kuah Soto. Saring kuah Soto, sisakan 1/3 kuahnya untuk merebus ayam dan telur puyuh sampai empuk. Potong2 sebagian ayam, tusuki dengan tusuk sate, sebagian lagid i goreng sebentar hingga kekuningan untuk suwiran soto.
Tusuki juga telur puyuh dengan tusuk sate. untuk pelengkap makan soto.
Siapkan nasi dan pelengkap soto lain di mangkuk, lalu siram dengan kuahnya. Sajikan dengan Sate ayam dan telur puyuh.

30 comments :

  1. Mba klo di bekasi sini gk ada ayam pejantan, klo ada jg paling di superindo yg jual tp apa bagus ya ayam yg di display di situ, cara buat tahu ayam yg msh seger sm yg gk gmn mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pencet aja Mba Nadia..kalau masih kerasa dan kencang kulitnya..berarti masih seger ayamnya..juga warnanya masih seger..nggak ada bagian2 kebiruan ya dagingnya..:)

      Delete
  2. kalau kucai d ganti dengan daun bawang gimana mba, sbb daun kucai d sini kadang ada kadang ga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba..di ganti daun bawang..:)

      Delete
  3. Nyumm.. nyumm... kabita:) kebayang seger kuahnya dan hangat di perut:) btw itu apa mbak di, yang di belakang kiri foto sotonya? di samping foto sate telur itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...itu cuma tahu goreng Mba Intan...cuma gorengnya di kerat2 biar bumbunya merasuk sampai ke dalam2..:)

      Delete
    2. Hoo tahu toh hehhe:) Mbak Diah,, ayamnya di goreng dulu baru suwir atau di suwir dulu baru goreng? atau ditumis ayam suwirnya? kalau soto ayam yang pakai keripik kentang tuh soto ayam khas mana ya mbak? pernah makan tapi lupa soto dari mana

      Delete
    3. Di goreng dulu baru di suwir Mba..ndak perlu di tumis..:)
      Itu soto lamongan bisa..soto ayam Madura bisa..soto Banjar bisa..hihi..byk yang pake kentang goreng Mba...:)

      Delete
    4. Hoo oks oks.. berarti salah aku kemarin, aku suwir ayamnya trus aku tumis, pas di gabungin sama kuah sotonya, kurang sedep kaya soto kudus yg suka aku beli . Ntar malem aku coba bikin lagi deh dakan berhasil yaa hehehe:)

      Delete
    5. Hihi..lha kenapa di tumis Mba..:)
      Tapi memang Soto Kudus ya kadang beda2 rasanya Mba..ada yang bumbu lengkap gini..ada yang bumbu minimalis..:)
      Kalau menurutku sich resep ini sudah mirip sama yang asli di Kudus yang biasa aku beli..:)

      Delete
  4. mbk isinya itu jadi hanya touge dan ayam suwir aja ya gk diksi kol atau yg lainny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..kalau soto Kudus ya cuma begitu saja..aku malah belum pernah nemu & makan Soto Kudus pakai kol mba..hihi..kalau yang pakai kol itu soto Yogya Mba..beda2 isinya...:)
      Lagian kan lauknya banyak Mba..ada sate ayam..sate telur..tahu tempe..perkedel..tinggal pilih..:)

      Delete
  5. Sedapppppp.. besok aq coba ya mba Di resepnya... hihihi... dingin2 gini enak makan so to the to..soto ^^ lg sering ujan soalnya... btw, mba Di jago deh ambil pictnya... baru liat pict nya aja udah berasa bgd enaknya, apalagi makan aslinya.. nyam nyamm nyammmmm ... xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Wiwit...ayuuuk buat..:)..udah nemu mba..cara bikin sate buat soto..cuma di ungkep aja ayamnya pakai bumbu kuah Soto dan tambahin kecap sampai ayam empuk, potong2 lalu tusuk pakai tusukan sate, terus di rendam di kuahnya, tapi paling enak kalau ayam kampung Mba..satenya..sama rasanya..kayak kalau beli kmrn..:)

      Delete
  6. mbak Diah, kemarin aku coba resep ini sama ibuk. enyak mbak. rasanya mirip kalo beli Soto Kudus. tetangga juga ketagihan :). cuma lauknya aku bikin bakwan mbak, hihi. pake resep Mbak Di juga. makasih ya Mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Riski...wah serunya..sampai tetangga juga kebagian ya Soto Kudusnya. Pakai bakwan..jug atetep enak Mba..hihi.

      Delete
  7. Uda coba dan asli enak..suami senang,tukang dan anaknya pun suka hahaha..kebetulan kemaren pas bikin ini pas ada tukang di rumah..sekalian disuruh maksi pake soto kudus..pas ujan pula..tapi aku pakenya ayam potong mba..hehe..tetep enyaak..makasi mba diah :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Febri..seneng mendengarnya..jika udah nyoba dan sesuai selera mba dan keluarga..:)

      Delete
  8. mba klo soto ini cocoknya pakai sambal apa?

    ReplyDelete
  9. Sambal cabe rawit di rebus Mba..di kasih kuah sotonya dikit..:)

    ReplyDelete
  10. Sudah aku coba resepnya lebaran kemaren, enak...thanks for sharing. Great job!

    ReplyDelete
  11. Mba di.. Mau tanya kalau menumis bumbu halus itu gimana si caranya?
    Pakai air smp kering atau pakai minyak?

    ReplyDelete
  12. Mba di mau tanya, cara menumis bumbu halus gimana?

    ReplyDelete
  13. Ngerebus telur puyuh bareng ayam itu telur puyuhnya udh di rebus sebelumnya atau masih mentah mba di?

    ReplyDelete
  14. Ada yg ketinggalan bumbunya mbak ,tambahkan kayu manis ama pala jadi lebih sedeeeppp.....

    ReplyDelete
  15. Nampaknya jintan itu ciri khas soto kudus ya mba, saya nyoba berkali2 ngga pake jintan, rasanya tetap soto biasa..

    ReplyDelete
  16. Mba diah,aku suka banget remake resep soto kudus mu ini. Top markotop 😊😊. Jd resep andalan deh mba makasih

    ReplyDelete
  17. Mba diah,aku suka banget remake resep soto kudus mu ini. Top markotop 😊😊. Jd resep andalan deh mba makasih

    ReplyDelete
  18. Mba diah manteb2 resepnya. Paling sering remake soto kudus dan garang asem mba. Ueenaak banget,makasih ya mba sharing ilmunya.
    Resep lebaran opor ayam dan sambel goreng nya aduuh mb,obat kangen masakan ibu.

    ReplyDelete