Google Ad

Tuesday, June 11, 2013

Tips Membuat Karamel

Karamel adalah gula yang di larutkan tanpa air di atas wajan, sampai berwarna kuning keemasan hingga kuning kecoklatan.Karamel biasa di pakai untuk menambah citarasa pada cake, kue, puding atau sekedar sebagai hiasan di hidangan dessert. Gula memiliki kandungan karbon, hidrogen dan oksigen, karena telah melalui proses pengolahan. Inilah yang menyebabkan gula yang di panaskan dengan suhu tertentu dapat mencair dan kemudian menjadi kuning kecoklatan yag di sebut karamel. Selain untuk makanan, karamel juga banyak di manfaatkan untuk campuran minuman..karena aromanya yang khas.

Bahan dasar karamel adalah gula pasir, gula bubuk atau gula palm. Agar karamel tampak cantik, pilihlah gula yang kering dan tidak menggumpal. Pilih gula yang warnanya bersih dan tidak ada kotoran. Karamel yang bagus, memiliki gradasi warna dari kuning hingga coklat tua. Hal itu di tentukan oleh lamanya gula di masak di atas api. Semakin lama di masak..warnanya akan semakin gelap dan rasanya akan semakin pahit. Jika karamel yang kita buat terlanjur mengeras..kita bisa memanaskan  kembali di atas api hingga larut. Karamel yang baik adalah karamel yang berwarna kuning kecoklatan dan bening. Jika sampai gosong..maka karamel akan terasa pahit.

Cara pembuatan karamel :
  • Siapkan sekitar 100 gram gula pasir dalam wajan di atas api kecil. Biarkan gula meleleh sedikit demi sedikit, setelah gula hampir semua meleleh, baru di aduk dengan sendok kayu. Masak terus hingga menjadi karamel, angkat. Karamel siap di gunakan.
  • Cara lain, siapkan 100 gram gula pasir, ratakan di atas wajan di atas api kecil, biarkan gula meleleh, lalu tuangi air 150  ml, masak terus hingga gula meleleh semuanya.
Tips agar karamel tidak cepat gosong :
  • Panaskan wajan terlebih dahulu, gunakan wajan anti lengket aau wajan besi.
  • Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit
  • Jangan menambahkan gula, jika yang sebelumnya belum melumer dan terlihat bening.
  • Bila ingin karamel yang tidak terlalu kental, bisa di tambahkan sedikit air. atau jika ingin karamel lebih beraroma..tambahkan saja air jeruk lemon.karamel jangan terlalu sering di aduk..karena bisa berkerak dan menempel di wajan.

13 comments :

  1. manstap! saya selalu suka makan karamel, manis dan enggoda..hati2 bagi penderita diabet

    ReplyDelete
  2. Kalau dimasukin air supaya tdk kental , apakah karamelnya akan jadi

    ReplyDelete
  3. karamelnya taro dimana kalo dah selesai dibuat? di taro di mangkok malah ngeras kayak batu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih air panas dulu biar jadi cairan kental..kalau di diamkan gt aja ya jadi batu..:)

      Delete
    2. Mau tanyaa...Caramel Batang itu ada gak sihh??
      Kalo ada merek nya apa yah???
      Thanks

      Delete
    3. Mau tanyaa...Caramel Batang itu ada gak sihh??
      Kalo ada merek nya apa yah???
      Thanks

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Gimana caranya membuat karamel pada saat dingin dianya nggak keras melainkan lumer..??

    ReplyDelete
  6. beberapa kali buat pake margarin sih buat campuran popcorn. tapi susah banget takut gosong hihihi.. nice info. jadi pgn coba tanpa margarin hehehe

    ReplyDelete
  7. Nice info, mau nanya, kira-kira kalau ditambah perasa lainnya bakal enak gak ya? seperti ditambah vanili misalnya

    ReplyDelete
  8. Kalo pakek Teflon bisa ga? Terus klo dijadiin kayak permen gitu caranya gimana? Kan klo dijadiin permen harus ditaro diwadah, tpi nanti karamelnya jd batu kan? Biar ga jadi batu gimana? Respon kak, makasih

    ReplyDelete
  9. Klu bikin karamel bubuk gmana ya?

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel