Google Ad

Monday, January 6, 2014

Step by Step, Tips & Trik Membuat Cake Labu Kuning Lapis Coklat


Postingan resep cake labu kuning lapis coklat ini...lumayan jadi * most wanted recipe *..yang banyak di cari di blog ini. Banyak teman2 yang udah nyoba. Banyak yang berhasil..dan bilang enak..tapi ada juga beberapa teman2 yang belum berhasil membuatnya. Baiklah..karena kebetulan kemaren aku bikin lagi..buat di bawa nengok Eyang Kakungnya Yodha yang sakit..jadi..aku posting lagi dech cara membuatnya ya..beserta step by step..dan tips dan triknya ya teman2. 

Semoga bermanfaat..buat teman2 yang belum nyoba..atau udah nyoba tapi belum berhasil..jangan menyerah ya..gagal bikin cake..sekali dua kali..biasa..anggap aja proses belajar ya..jangan langsung putus asa atau  nyalahin resepnya..hihi..nanti lama2 jadi bisa juga kok..apalagi buat pemula yang baru belajar bikin cake..biasanya rada keder dan mengalami kesulitan ya..jika membuat cake yang di campur manual begini. Semoga semuanya bisa bikin cake labu kuning kukus yang enak dan lembut, serta menul menul ini ya..hihi. 

Semua jurus udah ku keluarkan nich..jurus step by step..tips dan trik..semoga jelas ya. Jadi buat teman2 yang kemaren belum berhasil bikin cake ini..silahkan di cermati dan di telaah mana step2 yang terlewat kemaren ya. Selamat mencoba kembali. ..tapi kalau masih belum berhasil juga..waduh....jadi bingung juga aku hihi...jika udah sejelas dan sedetil ini masih belum berhasil juga...ya udah..panggil aku aja ke rumah ya..nanti tak kasih kursus privat..hihi. Ehh..apa beneran buka privat bikin kue aja kali ya..kemaren tuch sempat ada yang email aku...ibu2 minta kursus privat bikin aneka kue selama 1 minggu..hihi..tapi maunya di Jakarta..waduch..jauh ya..tapi kalau transportnya di tanggung ya nggak pa2 dech ya..hihi...*mulai matrekkk..hihi..*..tapi jika mau ya nggak pa2 sich ya..itung2 jalan2..:)

Oke dech daripada ngelantur ceritanya..yukk mari..simak step by step bikin cake kukus labu kuning ini ya teman2..semoga bermanfaat..dan jangan sungkan tinggalkan komentar..jika ada yang kurang jelas ya teman2..^^

Step by Step Mebuat Cake Kukus Labu Kuning
  • Aduk rata dan ayak :
    85 gram tepung terigu protein sedang
    15 gram susu bubuk
  • Aduk rata dan saring hingga halus..atau bisa juga di blender..atau di haluskan pakai food processor..yag penting hasil akhirnya adonan labunya harus halus seperti foto di bawah ini.
    75 gram labu kuning kukus, dihaluskan
    75 ml santan dari 1/4 butir kelapa hangat ( aku pakai santan instan Bumas 50 ml ,  di encerkan jadi 75 ml )
  • Siapkan bahan2 berikut, taruh di mangkuk adonan. Ingat..ingat..kom adonan harus bersih ya..bebas minyak atau lemak..karena jika terkena minyak atau lemak..nanti telurnya ngambek lho..nggak mau ngembang...hihi. Emulsifiernya juga harus masih bagus ya kondisinya..kalau udah kelamaan di simpan..ya lebih baik ngalahi ke tbk..beli dulu yang baru. Merk emulsifier yang ada di pasaran : SP / TBM / Ovelat. Telur..sudah pasti harus fresh dan suhu ruang..ciri telur fresh..kuning telurnya masih utuh dan nggak pecah waktu di tuang ke mangkuk adonan.
    3 butir  telur
    75 gram gula pasir
    1/4 sendok teh garam
    1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm/ovalet )
    1/4 sendok teh vanili bubuk
 
  • Kocok campuran bahan di atas hingga mengembang dan kental berjejak seperti ini. Ciri kocokan telur yang benar2 mengembang..ada jejak2 garis2 detail dan jelas yang nggak mudah hilang kayak foto di bawah..membentuk kayak pita gitu adonannya..dan jika mixer di angkat..jadi membentuk jambul runcing dan nggak jatuh sisa kocokannya. Lamanya memixer nggak bisa di jadikan pathokan ya..karena kekuatan masing2 micer berbeda2..kan aku nggak tau teman2 pake merk apa mixernya..^^..kalau aku pakai hand mixer philip..nggak nyampe 10 menit biasanya udah kaku gini dech..^^
 
  • Nah..ini bagian yang bagi pemula..mungkin agak susah..mencampurkan terigu dan bahan kering lain ke kocokan telur yang sudah mengembang. Tehnik yang kita pakai untuk mencampur ini..di sebut tehnik aduk balik..jadi..masukkan tepung terigu dan bahan kering lain, yang sudah di ayak, ke adonan dalam dua tahap..tapi kalau udah yakin dan biasa bikin cake..langsung tuang sekali langsung sambil di ayak ya nggak masalah karena cuma sedikit ya..jumlah terigunya..jika belum pede..lebih baik di ayak dulu campuran tepungnya, baru di masukkan ke adonan..^^ Campur perlahan tapi pasti..jangan terlalu kuat ngaduknya dan terlalu lama juga di ubek2 kocokan telurnya ya..nanti bisa turun lagi..hihi. Aduk balik dengan perlahan tapi pasti , di aduk melipat dari arah dasar adonan ke arah badan kita. Pastikan semua bahan tercampur dengan rata ya teman2.
 
  • Kocokan telur dan terigu serta bahan kering lain sudah tercampur rata..yukk ..lanjut step berikutnya..masukkan campuran labu kuning dan santan, aduk rata juga dengan tehnik aduk balik lagi..perlahan tapi pasti ya..sampai adonan benar2 rata sampai ke dasar2 mangkuk. Kalau mau lebih mudah..pakai mangkuk adonan yang terbuat dari kaca..biar bisa keliatan..adonan bawah udah tercampur atau belum.
 

 
  • Ambil sepertiga adonan, beri 1/2 sendok teh pasta coklat / atau sesuai selera ..kalau aku pakai pasta coklat dark chocolate merk red bell..warnanya bagus..walau cuma dikit pakainya. Aduk rata perlahan, jangan di aduk2 terlalu kuat ya mencampurnya..nanti jadi kempes atau turun dech kalau di kukus. Walaupun di campur pasta coklat..adonannya tetep harus kental dan nggak jadi encer ya. Masih nampak gelembung2 kecil adonan seperti foto di bawah ini.
  • Selanjutnya..olesi cetakan dengan minyak sampai rata. Bagian lekuk2 kecil bunganya juga..supaya nanti kuenya mudah di lepas ketika sudah matang. Tuang 1 sendok adonan coklat ke dalam cetakan. Nggak perlu di ratakan..nanti kalau di kukus rata sendiri kok permukaannya. Justru ketika adonan di tuang nggak rata..itu tandanya adonan bagus..masih mengembang dan kental..jika di tuang ke adonan jadi rata..itu artinya adonannya turun dan jadi encer.
  • Kukus adonan coklat selama 10 menit di api sedang. Jangan lupa..pas adonan masuk..kukusannya sudah di panaskan terlebih dahulu ya..dan sudah beruap.Tinggi air di kukusan..jangan banyak2..jangan terlalu dekat dengan angsangnya..supaya nggak naik airnya ke angsang..kalau airnya mendidih ya. Maksimal setengah tinggi angsangnya saja. Lapisi tutup kukusan dengan serbet..supaya airnya nggak menetes di kuenya. Setelah kue di kukus selama 10 menit, taruh coklat meises di tengah ya..jangan di ratakan..nanti kurang cantik kuenya..karena meisesnya nyembul2 ke pinggir2 kue. Meisis ini memberi sentuhan rasa coklat yang enak di cakenya..tapi jangan terlalu banyak juga ya ngasihnya..nanti rasa alami labunya kalah oleh manisnya meises.
  • Selanjutnya...tuang adonan warna kuning ke dalam cetakan di atas adonan coklat..secukupnya. Lalu kukus kembali selama 10 menit, lalu lepaskan dari cetakannya. Sajikan..cake labu yang menul2 siap di santap. Paling enak di santap dalam konsisi hangat..lembut..moist dan sedappp..! Tapi walau udah dingin ya tetep enak dan lembut juga sich. Cuma..cake kukus ini jangan di simpan lama2 ya..misal berhari2 gitu..sebaiknya langsung di habiskan..atau bisa juga di simpan di kulkas..buat esok harinya masih enak. Jika mau makan..di  kukus lagi sebentar..jadi menul2 lagi dech. Tadi aku buat bekal Yodha sisanya..masih enak dan menul2 sama rasanya kayak kemaren habis ngukus.

  • Jika ngoles cetakannya rata..cake akan mudah di lepas..seperti ini dari cetakannya..^^
  • Cake kukus labu kuning..yang lembut dan menul menul...siap di santapppp..^_^
  • Sambil motret cemal cemil...jadi sekalian bisa di foto close up bagian dalamnya...liat dech tekture bagian dalamnya teman2..lembutt kan..^_^


109 comments :

  1. Dear mbak Didi yang makin hari makin kece resepnya. Aq njaluk kuenya mbak, hikzzz... tapi jauh ya. Mau tak cobain aja resepnya aja deh sore ni, aq punya labu kuning dirumah, kemaren beli di pasar, seiris (kira2 lebar 10 cm) cuma 2 ribu. Pulang kerja mau coba dibuat kuenya. makasih mbak didi utk resepnya yang enak-enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Amel..kalau deket tak bagi dech..ayo di coba ya..enak dan mur mer memang labu kuning...kadang di anggap sebelah mata..padahal kalau udah jadi cake..enak banget Mba..:)

      Delete
    2. Mbak Didi aku tadi malam sudah nyobain buat cake ini, gampang banget ya ternyata, hihihi... dan senangnya kuenya jadi semua. enak, lembut dan anakku suka banget makannya. Cuma warna cokelat kue ku gak secakep warna cokelat kuenya mbak Didi, mungkin beda merk pasta kali ya. Warna cokelat kue ku lbh dark, cenderung kehitaman, atau entah kebanyakan ngasi pasta cokelat kali ya hihihi. Sekali lg makasih banyak mbak Didi utk inspirasi resepnya, aq dah sering banget pake resep2nya mbak Didi utk masakan dan kue yg aku buat. alhamdulillah jadi semua #joged2. :D

      Delete
    3. Asyik..berhasil...alhamdulillah Mba Amel...sukses ya ujicobanya...^^

      Memang mudah kan..ya Mba. ke..selamat mencoba resep2 lain ya Mba..:)..Iya..mungkin beda merk..aku pakai pasta coklat red bell...pasta dark choco mba..:)

      Delete
  2. Replies
    1. Iya Mak Riski..di kukus aja..dan cuma sebentar pula ngukusnya..met coba ya Mak..:)

      Delete
  3. Buat camilan teman minum kopi hujan-hujan gini enak ya mak
    Thanks resepnya ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak Astri...bener banget Mak..di makan anget..enak banget pas..mendung2 gini..hihi. Met coba ya..:)

      Delete
  4. hemm mak nyus kliatanya mak didi...kpn2 nyoba ah...trims ya mak resepnya...

    ReplyDelete
  5. Aminn YRA... Iyaa mbak Diah, ke jakarta aja ngadain les nyaa.. nanti bobo nya bs dirumah akuu.. hehee.. Diantara SP, TBM atau Ovalete lebih baik digunakan yg mana mbak? Pgn bangeett bs bikin kuee.. tp kue itu tingkat kesulitan nya lebih tinggi dari masakan yaa mbaakk >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh Mba Finah..udah mendoakan cita2 ku..hihi..baru sebatas cita2 Mba..nanti kalau Yodha udah agak gede..misal SMP gitu..pgn punya usaha gitu..di bidang kuliner..:)
      Asyik...di tawarin nginap kalau ke Jakarta..jadi nggak nyasar2 dech..hihi..iya..kpn2 tak mampir ya Mba..kalau pasa ada acara ke Jakarta..tenang ntar aku kasih les privat dech..hihi..mau bikin kue apa..iya..memang kalau bikin kue kan ada aturan dan ukuran...step by step harus tepat mba..kalau masak kan..tetep aja hasil akhirnya jadi..cuma rasa yang sedikit beda nggak masalah..:)...tetep semangat tapi ya..belajar bikin kue..:)

      Delete
  6. trik tepat buat mengatasi anak yang gak suka labu nih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..bener lho..Yodha aja yang biasanya anti labu..kalau di buat cake ini jadi doyan..hihi.

      Delete
  7. aq salah satu 'fans' mbak didi nih.. hampir tiap hari berkunjung disini, bbrp resepnya yg uda aku cobain cilok, otak2 goreng, sambel pindang.. enak2... yg lainnya pengen juga dicobain tp terbatas alat2 nih mba.. (alesan..)
    ntar klo ngadain kursus di jakarta aq ndaftar yaa.. salam kenal.

    regards,
    rike

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Rike..ayukk..di coba dulu..yang simple2..:)..Cake yang ini juga cuma di kukus lho..jadi mudah saja..:)

      Amin..moga2 suatu saat bisa beneran ke Jakarta ya Mba..ketemu teman2 lain di sana..hihi..baru sebatas rencana sich..kalau saat ini..:)

      Delete
  8. terbantu sekali nih mbk sm step by stepnya,jadi tahu kental berjejak itu gmn rupanya,,klo boleh request mbk foto2 step by stepnya membuat zebra cake,kmrn rima dah cb cm blm pny gambaran kental mengembangnya versi kocok all in one,pas mentega cair masuk,lha kok jdnya encer ya..makasih ya mbk^^
    ohya mbk,,pemakaian susu diresep ini dn resep2 kue lainnya apa ya mbk,klo diskip gantinya bs pake tp,maezena g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Rima...kocokan telur sistem all in one..sama Mba hasilnya dgn yang di kocok biasa..samapi kental berjejak begitu dan kocokan mengkilat gitu..seharusnya tidak jadi encer mba..walau di tambah mentega...tapi jika belum ada gambaran..oke..nanti kalau aku pas buat lagi aku fotoin ya step by stepnya..di tunggu. Kalu nggak pake susu..ganti aja dengan tepung terigu jumlah sama mba..:)

      Delete
    2. mw laporan nih mbk,,rima dah cb pake resep ini tp labu dgnti sm kentang,sekedar buat coba resep n beljr ngocok telur smp kental,alhmdllh kocokannya sukses,rima ikutin step2 nya,,eh,rima br ngeh klo td rima masukin mentega leleh ke adnn pdhl kn diresep g ada.well karena dah adnn dah jadi rima terusin j ngukusnya pke loyang agar2 ukurn 18".awalnya sih ngembang mbk,tp stlh dingin knp menciut ya?mhn pencerahannya mb,,maaf bnget klo muridmu ini bnyk tanya ^^.mksh

      Delete
    3. Hai Mba Rima..ya itu mungkin Mba..karena mba pakai menteg aleleh juga ya. Resep cake ini pengunaan terigunya lumayan sedikit Mba..dan cairannya udah banyak dari santan dan labunya..yang bikin lembut dan moist...jadi nggak perlu mentega..:)..Ayukk di coba sesuai resep dulu ya..dan tetep semangat...nggak masalah kok sering tanya2... hihi.

      Delete
    4. hihihi,,iya mbk,lupa klo td dah ada santannya dlm resep labunya.
      mdh2n next time,,rima sukses ya bikin kuenya..^^

      Delete
    5. Iya Mba Rima..pasti bisa..ayukk semangat...coba lagi...:)

      Delete
  9. pertama kali bt resep ini, lngsung dpat pesenan bt snack pengajian. alhamdulilah resepny mb diah bawa rejeki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..ikut seneng Mba Anieez...semoga tambah laris manis ya pesenannya..:)

      Delete
  10. mbak diah kuenya cantik sekali :)
    saya mau tanya mbak,mb diah kalau ngukus pakai apa ya mbak?
    pakai dandang atau klakat ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kukusan biasa aku mba Risa..tapi tutupnya di kasih kain..biar nggak menetes air uap panasnya ke kue..:)

      Delete
  11. Mbak Diah, kemarin sdh tak coba, dan berhasil. Enak, lembut, manisnya pas. Apa tekstur kue ini memang sangat lembut? Kalau tersentuh, agak pesok gitu... saking lembutnya. Juga sangat ringan, jadi gak kenyang walau makan 3 atau lebih sekaligus. Oh ya, ada yg kuning dan coklatnya terpisah. Krn kelamaan ya tuang adonan kuningnya? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sisca..memang lembut..kan terigunya dikit. Malah enak kan ya Mba..kalau makan 3 nggak kenyang..hihi..jadi nggak membosankan..:)
      Mungkin ngukus adonan coklatnya kelamaan ya Mba..kalau misah..:)..atau nggak langsung dituang adonan kuningnya. Di dandang aja langsung Mba..nggak usah di angkat dulu nuang adonan kuningnya..:)

      Delete
    2. Ok, nanti kalo bikin lagi saya koreksi. Terima kasih, mbak.
      Sisca - Surabaya

      Delete
    3. Mbak, saya sdh bikin lagi dan hasilnya lebih bagus. Hasil kocokan lebih kental berjejak, jadi tekstur kue lebih menul2. Lapisan kuning dan coklatnya pun tdk terpisah. Wkt itu saya tdk ter-buru2 melepasnya dari cetakan, dan meises saya ganti dg irisan dark cooking chocolate (krn lagi gak punya meises). Hanya saja... kue kurang mulus, agak lengket di cetakan walaupun saya sdh olesi dg minyak. Saya pakai cetakan spt loyang, bukan plastik. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
    4. Sipp Mba..semakin sering buat..nanti ketemu sdr kok trik2 nya. Cetakan mungkin beda memang ya Mba..klu pakai plastik atau pakai alumunium..atau bis ajuga ngolesnya..kurang rata..:)

      Delete
  12. mbak diah.. tolong dong upload resep yang pake yogurt. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba...nanti kalau coba cake yang pakai yogurt di upload dech..:)

      Delete
  13. Mbak, kuenya menggoda iman, itu labunya dikukus dl baru diblender ato langsung diblender mbak?kq bisa erncer bin lembut gt?thanks
    Novi

    ReplyDelete
  14. Mbak... cetakkannya kira2 berapa banyak untuk adonan diatas, terus apa bisa sekali ngukus di kukusan diameter 22? satu lagi mbak... ngoles cetakkan dengan minyak sampai rata, ngolesnya pake kuas khusus gitu ya mbak.... Thanks yo mabk... sorry aq pemula mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduch..aku ndak punya kukusan diameter 22 Mba..jadi kurang tau..kukusanku besar banget..jadi sekali masuk tiap bikin..di coba saja ya..ukuran cetakan bebas saja kok..pakai cetakan kue sakura atau putu ayu juga boleh.
      Di oles ampai rata pakai kuas biasa yang buat kue kering itu...ya minyaknya.

      Delete
  15. Mbaaa, labunya diganti ubi bisa nggak ? Tq tammu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah coba Mba Tammy..tapi tekture ubi dan labu kuning itu berbeda ya..kalau labu ini cenderung ringan di kue2..kalau ubi kan agak berat..:) Atau di coba sendiri saja ya ..kalau penasaran..:)

      Delete
  16. cetakan plastiknya ga leleh y mba pas dikukus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mba..itu kan tebel..bukan kayak kantong plastik..:D..udah belasan kali ku pakai fine2 aja..:)

      Delete
  17. Mbak, aku ijin share resepnya di wall FB aku ya....

    ReplyDelete
  18. kemarin saya uda coba , ajiiipp.. lembut n uenakk.. ponaknan Ku doyan bgt.
    pas bgt adonnhya... makasi mbak yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Sherly...ikut seneng kalau berhasil ya mencoba nya..dan di sukai keluarga juga..:)

      Delete
  19. hai mbak dd...

    aku pengen bikiiiinnn...
    wes, tak bela-belain minjem mixer tetangga. haha.
    nah tapian aku gak punya cetakan sakura plastik kecil2 gitu je.
    rencanaku mau tak cetak pake cetakan agar2 plastik yg gede itu.

    bagi tips mbak,biar tingginya sama (soale kan katanya gak usah diratain tuh).

    trus kuenya ini nginep gak apa2 ya mbak?
    suhu ruang atau kulkas?

    pokok e suwun banget resepnyaaa...
    :)

    salam,

    -ulya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..di takar mba..pas nuang adonannya..misal pakai sendok sayur..ukuranya di samain ya..:)
      Boleh nginap Mba..sampai hari berikutnya masih enak..:)

      Delete
    2. Mbak dd...

      Aku mau laporan.
      Kueku jadiiiii...
      :D

      Seneng bukan kepalang.
      Tapi mas mau dilepasin dr cetakannya, masih ada dikit yg nempel.
      Hehe.

      Delete
    3. Sipp Mba Ulya...itu ngolesin minyaknya kurang rata mungkin..:)

      Delete
  20. Mb Diah...aku naksir berat sama cetakannya heheeh..boleh tau mb beli dimana?

    ReplyDelete
  21. dah pernah bikin dan alhamdulillah berhasil mbak di cetakan kue sakura, tapi mbak misalkan sekarang mu buat pake loyang cake bulat yang alumunium bisakan? ngolesnya pake minyak apa margarin ya kalo gitu?

    ReplyDelete
  22. pg mbak diah, pengen beli donk cetakan kue kayak punya mbak ini, bisa bantuin ga? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di carefour banyak Mba Dwee..:)

      Delete
    2. huaaaa ... di tempatku ga ada carefour :( nunggu ke jawa dulu donk buat hunting cetakan kue hhehehhee

      Delete
  23. Hai mbak diah. Kalau pasta coklat nya diganti dark chocolate yang batangan. Bisa ga mba? Makasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar terlalu berat Mba..jadi padat cakenya..:)

      Delete
  24. Mbak Diah, matur nuwun resepnya, lengkap sekali gambar dan step2nya. Nanti saya akancoba sepertinya nggak sulit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Atin..met coba ya..:)

      Delete
    2. Untuk 1 resep jadi berapa bush ya mbak?

      Delete
    3. Tergantung besar kecil cetakannya Mba..:)

      Delete
  25. Mbak Diah bisa pale coklat bubuk gak? Kalo bias kira Kira berapa sendok?
    Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti adonan tambah berat mba..pakai pasta aja..:)

      Delete
  26. Mbak Diah mau tanya kalo santannya diganti minyak atau mentega bisa nggak? Makasih...* Fenny*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba Fenny..tapi hasilnya lebih lembut kalau santan..kalau cake kukus pakai lemak..hasilnya agak kering..:)

      Delete
  27. Mbak aku barusan nyoba tp gagal, adonannya encer dari pertama. Makanya mau tanya2, tolong dibantu ya mbak ;)
    1. Santan hangat itu maksudnya dimasak dulu ya mbak? Aku td pakai santan dr kelapa segar tp gak dimasak. Dengan ukuran sesuai mbak, kok adonan labu dan santanku encer ya? Konsistensinya tidak sama dengan yg di foto mbak.
    2. Aku coba teknik aduk balik, adonan kok jadi bergelembung2 udara besar2 dan banyak ya mbak?
    3. Setelah dikukus adonan coklat ku menciut (seolah lepas dr cetakan) alhasil ketika aku tuang yg putih jadinya tercampur. Kenapa ya? Apa karena api terlalu besar?

    Many thanks atas bantuannya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya aku kasih step by step dgn foto itu biar lebih detail mba..jadi bisa jadi gambaran prosesnya,..nah kalau hasilnay mba berbeda itu yang aku juga kurang tau ya..prosesnya mba gmn..kan aku nggak liat..jd cuma bisa kasih kira2 kemungkinannya saja ya :
      Santan hangat iya..di masak dulu sampai mendidih, biarkan hangat
      Mungkin encer krn santan mba kurang kental ya?
      Ngaduk balik perlahan2 saja..:)
      Menciut itu bs jadi api kebesaran atau adonannya turun.


      Delete
  28. Mbak tanya lg dong, tepung terigu protein sedang itu apa ya? Aku suka asal jg, pakai segitiga biru atau kunci biru? Apa bedanya ya? Thanks a bunch.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keterangan lengkap tentang tepung liat di sini ya Mba :http://www.diahdidi.com/2013/05/aneka-jenis-tepung-terigu-dan-fungsinya.html

      Delete
  29. mbak diah.. tips membuat cake labu kuning pakai loyang gimana ya? karena ak uda coba cetak kuenya pakai cup seperti resep mbak diah diatas, alhmdlh berhasil.... tapi pakai loyang gatot..,waktu keluarinm kue dari loyang kog lengket ya... bagi tips nya dong mba diah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..pakai loyang biasa kan ?..Di alasi pakai kertas roti aja Mba..:)

      Delete
  30. klo kertas roti di ganti hvs bisa gk ya ? keluarin cake dari loyang waktu udah dingin atau msh panas ya mbak?? dengan bahan mbak di atas, cukup untuk loyang berapa kali berapa ya.. mbak diah makasi ya uda mau berbagi ilmu.. sukses selalu mbak..

    ReplyDelete
  31. Hihi..kok hvs mba..ntar remuk dong..beli aja di toko bhn kue cuma 300 lho..kertas roti..:)

    ReplyDelete
  32. Hai mba diah, saya fitri, mau tanya ya mba kertas roti bs ga di ganti dgn kertas minyak? (kertas warna warni yg utk bungkus wajit itu mba ) soalnya dtmpt saya ini koq belum nemu ya kertas roti. Mqakasih sebelumnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba..kalau kertas wajit itu mudah hancur ya mba..apalagi di panasi..kalau kertas alas roti itu aman..biarpun di kukus atau di oven..ndak hancur..beli di TBK mba..byk..:)

      Delete
  33. kl pk baking soda bs jadi ga ya?

    ReplyDelete
  34. salam kenal ...
    diriku mempraktikkan resep ini, 5 kali :*( "hiks.. jadi malu" semua hasilnya bantat & menciut. padahal diriku biasa bikin cake, tapi baru kali ini menggunakan metode kukus. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..salam kenal juga..wah..turut sedih dech..udah 5 kali ya..:)
      Prosesya udah sesuai dgn foto step2 di atas belum ya Mba ?..Jika hasil adonan dll..udah sama..kemungkinan di cara ngukusnya...misal api kegedean gt. Tapi adonannya udah sesuai di foto belum ya?

      Delete
  35. Mb.Diah...cara mengeluarkan kuenya setelah di kukus dengan apa ya...apakah di pencet cetakannya kue kukus itu sudah bisa keluar dengan sendirinya? hehhee...terima kasih

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku pakai lidi dulu di salah satu sisi Mba..terus di keluarin aja ..ntar lepas sdr..:)

      Delete
  36. Mb Diah, kl pake loyang apa cup yang bolong2 itu dikasi minyak jg baru dialasi kertas kue?

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah, hoyeeeee...kueku jadi, enaak, menul2, seneng bngt..
    Makasih y mb Diah, semoga Allah membalas dg kebaikan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyikkk..ikut seneng Mba..jika berhasil uji cobanya..:)

      Delete
  38. Mba aq udah coba resepnya sukaa deh, aq isi macem2 ada meses, selai nanas n selai lemon. Tapi pas mau pilih rasa isian untuk dimakan bingung karena ga ada tandanya hehe..tapi punya aq ga bisa mulus kaya punya mba diah sama kaya temen2 lain diatas aq cetakannya pake alumunium jadi ketika di lepas masih pada nempel walau sudah di oles minyak, mungkin memang harus pake cetakan plastik ya biar mulus. Oya mba klo dialasi dengan kertas roti, kertas rotinya masih harus dioles minyak ga ya? thx loh :D. Agnes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba...iya lbh enak yg plastik atau silikon mba...:-) jgn di oles mentaga ya klu pakai kertas roti..:-)

      Delete
  39. Mbak kalo santan nya di campur dengan labu kuning pas di blender ya?

    ReplyDelete
  40. Saya sudah coba resep ini mbak, teksturnya lembut

    ReplyDelete
  41. punya sy pas dikukus ngembang tapi pas dingin jd bantat :D. ternyata resepnya ada yg kelewat, mak...... santan. jd pas blender labu malah pake air dikit. baca resepnya kelewat saking menggebunya pengen nyoba ini resep kayaknya, :D nanti dicoba lagi ah... :D semangat!!

    ReplyDelete
  42. wah mbak, ngeces ini liurnya liat gambarnya cake kukusnya mbak diah. wajib dicoba nih, bisa buat nambah daftar kue jualan ku. mbak buat 1 resep ini jadinya berapa biji ya?

    ReplyDelete
  43. mbak didi, kue cetakan plastiknya beli dimana? oh iya, tepung flake-nya udah datang belum? Muniroh Aziz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu mba di carefour..skrg udah nggak ada hihi.

      Delete
  44. bund DD...sblmnya mksh bgt buat resepnya..hari ni aq dah coba bund,teksturnya sich bagus bund..menul menul gitu....tp knpa rasanya aneh y bund,,amis telurnya masih terasa,padahal semua dah sesuai resep bund..kira2 knpa y bund? apakah cetakan plastik baru jg mempengaruhi hsl akhir y bund?mohon pncerahan..matursuwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cb pakai pasta vanila mba..tapi kalau aku buat nggak amis lho..sesuai resep di atas..:)

      Delete
  45. rizka ibue kayla kanayaJanuary 16, 2015 at 9:36 AM

    mbak aku udah coba cuman adonan labunya mengempis ... enak sih hasil kuenya , ngaduknya udah bisa, cuman waktu labu kutambahkan ke adonan,adonannya jadi agak encer,apa itu ya yg membuat mengempis kuenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cb pakai santan instan aja yang kental mba..:)

      Delete
  46. Mbak, aku naksir cetakannya. Hihihi. Boleh tau belinya dimana mbak? Makasih.

    ReplyDelete
  47. Mba diah salam kenal ya...ijin nyontek resep2nya ya....

    ReplyDelete
  48. Mba diah salam kenal ya...ijin nyontek resep2nya ya....

    ReplyDelete
  49. Halo mba diah, salah satu fand mba heheh... Td aq br praktekin resep putu ayu, mayan sukses heheh... Mba mau manya donk.. It pas adonan telor dikocok smpe kental dan kaku, kira kira berpengaruh ngg kecepatan pengocokan yang qt pakai?? Mixer aq hand mixer, jd kl mo kocok dr kecepatan rendah ke kecepatan sedang? Apa smpai kecepatan tinggi ya mba? Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  50. Halo mba..hari sabtu pas libur aq nyoba resep nya, di poto mba indah bgt hasil nya..punya aq, waktu dikukus naik bgt..pas aq matiin kompor, ga lama kue nya turun..klo udh dingin, kliatan ada bagian yg padet nya kya puding roti, ga kya tekstur bolu kukus..kenapa ya mba..? Kasih pencerahan ya mba..trums

    ReplyDelete
  51. Mba' Diah, makasih banget resepnya yaa...anak²ku pd doyan, begitu mateng lgsg ludes 😄, pdhal aq bikin 2 resep. Anakku yg gede lgsg request minta dibikinin lg besok.

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel