Sunday, January 29, 2012

Tips membuat tempe mendoan yang enak.....




Tempe goreng tepung a.k.a mendoan a.k.a tempe kemul. Siapa yang tak kenal makanan rakyat ini.
Di setiap penjual gorengan di pinggir pinggir jalan juga pasti tersedia. Namun lebih sehat jika kita membuatnya sendiri di rumah, karena bisa lebih sehat dan bersih.Untuk membuat tempe mendoan sangatlah mudah. 
Tips agar tempe mendoan lebih enak :
* Gunakan tepung terigu protein rendah atau sedang ,jangan yang protein tinggi ,
   biar tidak  alot mendoannya.
* Pilih minyak berkualitas agar lebih sehat.
* Tambahkan 1 sendok makan tepung maizena, tepung tapioka atau tepung beras untuk mendoan yang lebih 
   renyah.
* Tambahkan irisan daun bawang agar mendoan lebih gurih dan beraroma khas.
* Gunakan tempe papan yang tebal agar mudah di potong2 tipis , lebih enak lagi jika pakai tempe            mendoan yang seperti tempe purwokerto, jadi lembaran siap goreng gitu.

Adonan pencelup harus pas kekentalannya, jangan terlalu kental dan jangan terlalu cair juga. 


Kalau resep adonan pencelup tempe mendoan, sudah pasti semua bisa ya .... tepung terigu plus tepung tambahan di buat adonan,di tambah bumbu bawang putih, ketumbar garam dan penyedap jika suka. Lalu celup tempe ke adonan pencelup, lalu goreng hingga kuning keemasan. Kalau yang khas purwokerto..mendoannya pakai sedikit kencur juga di bumbuya..cuma aku tidak suka pakai , mendoan Purwokerto ini  gorengnya tidak perlu garing, cukup setengah matang  saja..itu ciri khasnya, di makan anget anget  pas hujan hujan, sambil nyeplus cabe rawit.....duch nikmatnya hidup.....nge teh sore..tidak perlu cheese cake..cukup tempe mendoan aja....Oh indahnya dunia..lalala..mulai lebay.....haha.

Tapi kalau ada yang belum tahu ukuran resepnya coba contek resep ini ya..mudah2 an cocok dan sesuai selera..

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
500 gram tempe, diiris tipis melebar
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung tapioka
400 ml air
2 batang daun bawang, diiris halus
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
1 1/2 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
3/4 sendok teh ketumbar
1 cm kencur ( kalau gak suka gak usah..ini ciri khas nya mendoan purwokerto aja soalnya , klu aku gak pake..)

Bahan Sambal Kecap (aduk Rata):
5 sendok makan kecap manis
1 siung bawang putih, dihaluskan
4 buah cabai rawit merah, dihaluskan / di potong2 kecil2
1/8 sendok teh garam


Cara Pengolahan :
  1. Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  2. Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering / masih putih , nggak perlu kering krispi.Tapi jika suka mendoan biasa ala abang2 ya boleh di goreng sampai agak kering. sesuai selera aja...^^
  3. Sajikan dengan sambal kecap.


37 comments :

  1. Hehe..makasih udah mampir ke blog ku Mas Willi..^^

    ReplyDelete
  2. sederhana namun mengoda ..

    ReplyDelete
  3. @ Anonymous....hehehe..setuju..^^

    ReplyDelete
  4. Thank's Bunda. Kayaknya Maknyus, besok pagi mau tak praktekin buat sajian kumpul keluarga sehabis gowes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mas ALex..semoga cocok seleranya..:)

      Delete
  5. wah infonya bagus banget gan
    sekalian ane dah follow blog agan
    jangan lupa follback yaaaa gan :)
    http://pixmasoftware.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Wuiihhh.. Resepnya ringan tp maknyosss.. Clear banget ngejelasinnya.. Ngebantu banget buat pemula kayak aku.. Makasi yaa..-Tata-

    ReplyDelete
  7. tempe menjees kalo di surabaya mba dii,,,, aku sukaa.. tp sering beli. ngga pernah bikin.. mau nyoba bikin deh,, thanx mba dii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..sama2..eh aku juga suka lho..tempe menjes mendoan..hihi..aku tadi juga beli di tukang sayur..hemm..jadi pengen di mendoan..padahal niat awal mau di bacem..hihi

      Delete
  8. makasih mbak utk tipsya,menggoda sangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..sama2..selamat mencoba ya..:)

      Delete
  9. aaaaaakkk ini yg bikin aku kangeeeen.. di sini ga ada tempe, mak. :( TT__TT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin sendiri Mak Isti..hihi..tapi harus telaten ya..aku juga belum pernah ding..bikin tempe sdr..hihi.

      Delete
    2. udah pernah mak bikin 3x, tapi gagal kabeh. hahhahaha sekarang ga mau lagi bikinnya lagi. capek, mak, terus gagal lagi -____-

      Delete
    3. Oh gt..apa cuaca di sana juga pengaruh kali ya Mak..hihi..*sok tau ya..*...wah..kangen sekali tempe ya Mka..berarti..klu nggak ada yang jual di sana..^^

      Delete
  10. klo aku biasanya dtambahin kemiri ma sedikit kunyit biar tambah gurih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..Mba..boleh jika suka..^^..kalau aku kurang suka gorengan dgn kemiri..terlalu gurih..malah menurutku..hihi..

      Delete
  11. aisshhh.... ngiler liat tempe mendoannya mbak Di, trus mikir siang2 gini nyari tempe mendoan dimana ya deket2 kantor #ngeces :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...sabar ya Mba Amel..tunggu sore dulu ya..pasti dech byk yang jual di tukang gorengan ya..:D

      Delete
  12. Haloo mba Diah.
    Mba saya sudah coba resep yang ini lho... duhhh tukang mendoan yang jual diseberang Blok lewaaat deh *kata suamiku... hehehe enak banget ya mba, plus saya bikin sama sambal kecapnya maknyuuuss banget. Homemade is the best deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Tina..wah iya..tempe mendoan memang lebih enak dan sehat bikin sendiri..aku juga kurang sreg gt rasanya..kalau beli..kadang tanpa bumbu anyep gt..hihi....selamat berhomemade ria ya mba..:)

      Delete
  13. Klo sy suka sambel kecapnya yg cabe rawit n bwg putihnya dikukus/direbus trus dihaluskan dulu sebelum dicampur sm kecap+

    ReplyDelete
  14. tempe mendoan.. Saya belum pernah makan, bikin sendiri aja kayak resep diatas..

    ReplyDelete
  15. wuennnaakkk tuh pasti..
    resep dahsyat..
    blog menarik..

    ReplyDelete
  16. thank u buat resepnya mba, mau coba tak buat besok

    ReplyDelete
  17. Thx mbak Diah,resepnya sederhana tp tipsnya ngena banget,skrg mendoanku cantik n enak maknyuss mbak!pede deh klo mau bikin2 mendoan lg!

    ReplyDelete
  18. Mendoan yang memikat dan lezAat...monggo dicoba resep tempe mendoan dan cara membuat tempe mendoan kebumen di http://mendoanbumen.blogspot.com/2015/12/resep-tempe-mendoan-kebumen.html

    ReplyDelete
  19. Mendoan is the best ...
    Salam kenal dari kami ...

    ReplyDelete
  20. Salam kenal Mba Diah, Saya Dewi dari Bogor saya mohon ijin save resep2 di blog mba ini ya, Smoga menjadi ladang pahala untuk mba Aamiin. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete