Tuesday, June 11, 2013

Jamur Tiram Krispi Asam Manis Pedas


Pagi...mau update resep baru lagi nich teman2..kemaren nggak sempat seharian cerita food review terus ya. Kali ini aku mau posting resep jamur tiram krispi siram saus asam pedas manis yang sempat ku masak hari Sabtu kemaren. Jadi jangan minta ya..hihi..udah habis..tinggal fotonya nich..kalau suka..di coba sendiri di rumah ya..rasanya tak kalah enak dengan daging ayam di masak asam manis begini juga kok. Kalau daging ayam di tepungi terus di masak asam manis begini namanya Koloke ya. Kalau ini..ya jamur asam manis saja dech namanya..dan ku tambahin saus pedas juga..jadinya ya saus asam manis pedas dech. 

Aku kemaren pas lagi nggak punya saus tomat..jadi pakai tomat segar saja..untuk rasa asamnya..dan rasa pedasnya pakai saus cabe botolan merk belibis. Eh...rasanya lebih enak malah daripada pakai saus botolan..lebih natural asamnya..nggak bau pabrik..hihi. Suamiku..biasanya kurang suka masakan asam manis begini..jadi doyan juga..^^ . Kemaren habis matang terus ku foto2 ya ku makan sendiri, karena kebetulan suami juga sarapannya siang kalau hari Sabtu...habis tenis..jadi biasanya malas makan lagi .Jadi masih ada separuh lebih ku taruh saja di meja makan saja akhirnya jamur asam manisnya. Terus suami nanya..apa ini Mi..ku jawab jamur asam manis..eh...setelah dia nyoba sesuap...eh lha kok terus..duduk manis di meja makan..dan  habis...hihi..tumben mau asam manis...batinku...^^..tapi sekaligus gembira..ternyata selama ini suami nggak suka asam manis mungkin karena kalau beli di restoran seafood dll..itu kadang saus asam manisnya bukannya seger..tapi malah eneg..kadang terlalu manis lah..dll..atau pakai saus yang murahan yang nggak enak juga. Sipp..next..kalau bikin asam manis..mau pakai sari tomat segar aja dech..biar suami juga mau makan lagi..^^

Oke..jika teman2 mau coba..terserah ya..mau pakai tomat segar atau saus tomat botolan siap pakai..tergantung selera saja ya. Memang lebih ribet dikit sich kalau pakai tomat segar..musti di rebus dulu tomatnya sampai empuk, terus di blender dan di saring. nah..sari tomat rebus inilah yang bisa di pakai buat nggantiin saus tomat biasanya. Oh ya..jamur krispinya khusus yang di siram asam saus ini ku buat agak plain saja gurihnya..biar pas menyatu dengan sausnya. Kalau mau jamur krispi yang lebih gurih dan lebih banyak bumbu, ya coba saja jamur crispi yang buat cemilan..tanpa saus..cek di postinganku yang lama di sini  Atau olahan jamur tiram lain yang sudah ku coba..adalah sate jamur ala warung jejamuran Yogya..jika mau coba liat resepnya di sini
Jamur Krispi Saus Asam Manis Pedas

Bahan :
200 gram jamur tiram, cuci , dan suwir suwir kecil
1/4 sendok teh bumbu kaldu bubuk
1 butir telur
50 gram tepung terigu protein sedang
Bahan pelapis :
100 gram tepung terigu protein sedang
20 gram maizena
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
Bahan Saus :
1 buah wortel, potong korek api
2 siung bawang putih, memarkan
1/2 buah bawang bombay, iris tipis panjang2
1 daun bawang, iris serong
1 buah cabai merah besar, buang bijinya, potong2 tipis panjang
2 buah tomat merah ( rebus dengan 300 ml air sampai tomat hancur, blender dan saring )
1 sendok makan saus pedas botolan
1 sendok teh kecap manis
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
1/4 sendok teh garam
1 1/2 sendok teh gula pasir
1/ 2 sendok makan tepung tapioka dan 1 sendok makan air, di larutkan untuk pengental
1/2 sedok teh cuka / air jeruk nipis jika suka lebih asam..jika tidak dari sari tomatnya saja sudah cukup.

Cara Membuat :
Lumuri jamur dengan kaldu bubuk, taburi tepung terigu. Celup ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung pelapis. Goreng hingga matang dan renyah.
Saus, Panaskan 1 - 2 sendok makan minyak, masukkan bawang putih dan bawang bombay dan cabai merah besar, aduk sampai harum., masukkan wortel, aduk sampai wortel layu, masukkan sari tomat, kecap manis, saus pedas dan bumbu lainnya. Aduk rata. Didihkan , kentalkan dengan larutan tapioka, masukan daun bawang. Masak sampai meletup letup. Sajikan dengan di siramkan ke jamur krispi gorengnya, tapi menyiramnya ketika sudah akan di sajikan ya..biar jamurnya tetep krispi dan renyah.



23 comments :

  1. ini favoritkuuuu....dimakan pake nasi anget, woaaa nyamleng tenan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba Rina..cuma kalau aku lebih suka ku gado..enak..nanti nasinya sama lauk lain lagi..hahaha..dasar tukang makan ya..

      Delete
  2. Untung saya baca postingan ini pas lagi makan, kalo enggak bisa hujan ni mulut saya.. Saya simpen ya Mak resepnya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies

    1. Hihi..Mak Riski bisa aja..^^..masak apa Mak..hari ini.
      Sipp..silahkan di coba Mak...resepnya.

      Delete
    2. Ga masak Mak.. hari ini free style aja.. suami kerja sampe malem, blum ada buntut lagi hehe.. doakan saya bisa dpt kontrakan (syukur2 rumah) yg ada dapurnya ya Mak.. amiiin

      Delete
    3. Wah..sipp itu masih kayak pacaran terus ya Mak..sipp..tak doain ya..segera bisa dpt kontrakan yang cucok..^^

      Delete
  3. Haloo bund.. Bolehkah saya re-publish postingan ini di blog resep masakan saya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh..asal di coba dulu sdr ya dan di foto sendiri juga ..jangan memakai foto dari blog ini..atau foto masakan lain yang bisa saja beda resep atau bahan2 nya..dan juga biar bis atau rasanya..jadi nulis resep yang jujur ke pambaca ..oke..^^

      Delete
    2. Aduh bund.. gambar masakannya menarik banget.. Blog resepkoki saya gunakan sebagai catatan pribadi sekaligus informasi bagi pembaca lain. Misalkan sekaligus sama gambar (dengan mencantumkan sumber pastinya..) gimana bund? Makasih :)

      Delete
    3. Ayukka belajar motret sendiri aja..pasti bisa bagus juga..^^

      Delete
    4. Oke bund.. saya coba belajar :) Makasih

      Delete
  4. sukaaaaa.....ada jamur dikulkas besok pai buat ah buat bekal ngantor,

    ReplyDelete
  5. mbak klo mau digoreng tepung jamurnya direbus dl ato ga? suwun :)

    ReplyDelete
  6. Kaldu bubuknya merk apa ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuaikan selera saja Mba..:) macam merk kan ada..ada masako..maggi..asultan dll..

      Delete
  7. Mb kalo sari tomat yang bikin sendiri gitu bisa di simpan nggak mb .
    Dina semarang

    ReplyDelete
  8. mba mau nanya nih..agar hasil gorengan jamur nya gurih, apa ada tips khusus nya

    ReplyDelete
  9. Enak banget ini kayaknya, Saya suka banget jamur krispi.

    ReplyDelete
  10. wow, warnanya sangat mengoda selera ya, jadi pengen nyicipin, hehehe

    ReplyDelete