Saturday, March 22, 2014

Lemper Ayam





Lemper..sudah tau pasti ya teman2..jajanan tradisional dari daerah Jawa. Dan yang pasti udah pernah makan juga dong. Lemper..bisa isi daging atau ayam. Aku sebenernya lebih suka lemper isi daging..karena kalau ibuku di Yogya buat lemper, pasti isinya daging. Tapi kalau di Semarang sini..jarang nemu lemper yang isi daging , lebih sering isi ayam. Jadilah pengen buat sendiri juga versi lemper isi ayam seperti yang sering aku makan di Semarang sini. Seperti di Yogya..lemper..juga salah satu snack jika ada hajatan di sini. Lemper biasanya di bungkus secara tradisional seperti bentuk lontong. Tapi lagi males membungkus mbungkus kemaren..jadinya aku buat lemper versi cetak di loyang saja, terus di potong2..bungkus daun dikit biar rapi..hihi..jadi dech..cepat bikinnya..daripada membungkus satu persatu.


Ini dia resep lempernya ya teman2..jika mau bikin juga..^^

Lemper Ayam
Bahan Ketan:
250 gram beras ketan,  rendam 1 jam
150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
½  sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir
2 lembar daun pandan

Bahan Isi:
Fillet dada ayam 250 gram
2 lembar daun salam
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
½  sendok teh garam, ½ sendok teh kaldu bubuk rasa ayam ( sesuai selera )
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan gula pasir
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
1/4 sendok teh ketumbar, sangrai
Cara membuat :
Isi :
Rebus daging ayam sampai matang. Angkat. Suwir suwir halus.
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam dan serai, ayam suwir, garam, kaldu bubuk, merica, gula dan santan. Masak hingga bumbu meresap dan kering.
Ketan :
Kukus ketan selama 10 - 15 menit sampai setengah matang.
Rebus santan, garam, gula dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan ketan, aduk rata hingga santan terserap di ketan. Kukus ketan sampai matang selama kurang lebih 30 menit.
Penyelesaian :
Bagi ketan kukus menjadi dua bagian, ratakan di loyang yang sudah di olesi sedikit minyak atau di lapisi plastik atau daun pisang. Padatkan. Tuang adonan isi sampai rata. Tuang sisa ketan kukus di atasnya, ratakan dan padatkan.
Balik ketan,  potong potong persegi panjang atau kotak sesuai selera.
Bungkus dengan daun pisang. Hias sesuai selera.





25 comments :

  1. Wah ada yg isi daging juga ya mbak? Pasti tambah maknyus lempernya ya.. :-) fany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Fany..kalau di t4 ku di Yogya..pakai daging cincang yang di masak dan di bumbuin gurih manis Mba..jelas..tambah enak..:)

      Delete
  2. waaaaa lemper,,, saya suka banget mba, sama yang namanya lemper,,, sukaaaa bangeeeetttt,,,, g cukup 2 bungkus heheheh,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk bikin Mba Tina..kalau males mbungkus satu persatu..pakai jurus sesat aja kayak aku..di tuang di loyang..terus potong2..hihi..praktis dan mudah..:)

      Delete
  3. Mba.. Itu setelah santan mendidih trus ketan nya dimasukkaan. Api dimatikan atau tetap hidup mba? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di matikan Mba..lalu aduk sampai terserap santan ke ketannya..:)

      Delete
  4. kesukaan rima nih mbak klo dapat snack box hajatan.isiannya ekonomis pake abon ayam,,.cara mbak praktis nih,,dicetak diloyang j,,mbak diah pake loyang brownies /kotak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rima..lebih mudah dan cepat kalau di cetak pakai loyang..aku pakai loyang kotak kecil Mba..:)

      Delete
  5. Mbaa..aq silent reader slama ini..ngeliat lemper jd pgn jg nih...oia mba kalo airnya kebanyakan apakah ketannya jd lengket bgt y mba?terus wkt yg kukus ketan yg pertama..itu sama sekali gak ditambah air y mba,jd cm beras ketan aja gt y mba...
    Makasihh y mbaa....mantep resep2nya..thank 4 sharing.._tiwi_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air untuk apanya Mba Tiwi ?..Waktu ngkus ketan yag eprtama nggak perlu air Mba..cukup di kukus setengah matang, terus nanti kan di campur sama santan...sampai santan terserap di ketan.

      Delete
  6. Dear Mba Diah, salam kenal. Aku Debby pembaca setia blog Mba Diah. Soalnya semua resep2 Mba Diah simple, praktis dan hasilnya TOP BGT. Mba, mw tanya mengenai isian. Klo santannya aku ganti susu cair bisa gk? Ato tetep pake santan. Tapi santannya aku pakein santan yg siap pakai. Nah ituu perbandingan santannya bgaimana yah? Kan santan siap pakai biasanya kental banget ya mba? Makasih sebelumnya utk petunjuknya yah mba. Skalian ijin nyontek resep lempernya yah. Mw praktek buat camilan d rumah.. Hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Debby..salam kenal juga Mba..mksh ya..udah sering mampir sini. Boleh dong Mba..pakai santan instan..di cairkan saja..misal..santan 50 ml..di cairkan jadi 100 ml..tambahin air..:)

      Delete
  7. Mba Diah mau donk resep isi dagingnya..??:D

    ReplyDelete
  8. mbak, resep diatas jdnya brapa biji?trus awetbrapa lama ya?tlg jwb sceptnya y mbk, mu bkin unt psenan 50 lmper hrs pake brapa resep ya? bs g bkinnya shari sbelumnya? thanks b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Tisa..tergantung ukurannya ya...kalau lumayan ya bisa jadi 10..jadi tggl di kalikan saja ya..kalau awetnya tergantung cara masak Mba..misal..isiannya sampai kering ndak..masak ketannya sampai tanak nggak..penyimpanannya..dll..:)

      Delete
  9. Mbak, saya cobain resepnya kemaren dan enak..makasi ya..oya, utk isinya itu dimasak sampai kering itu segimana ya? Kayanya udah 30 menit aku aduk2 masih tetep berasa basah lembek..makasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahin minyak dikit mba..terus di gongseng api kecil..ntar jadi kering dech..:)

      Delete
  10. Mbak diah selalu suka Deh ama resepnya... habis sama2 lidah jawa sih... mbak kalo pengukusan ketan yang kedua langsung saya kasih isian pengaruh ama rasa ga mbak biar ga pake langkah penyelesaian gt ^_^

    ReplyDelete
  11. wah, lemper ayam... kesukaan ayahku... tak coba dulu nih resepnya :D

    ReplyDelete
  12. hooh. Lemper ayam !!! favoritku banget.. apalagi buatan mama *0*

    ReplyDelete
  13. I'm Megan from IDNtimes. We would like to feature your original photo http://4.bp.blogspot.com/-eB77h9kPXHE/Uyz6ielhkQI/AAAAAAAAJhc/q6WYSAlYRFc/w1200-h630-p-nu/Lemper+Ayam+1.jpg
    as part of our content. The credit's still yours and we will put the backlink to your blog. If you feel uncomfortable, please tell us at tania@idntimes.com.

    ReplyDelete
  14. Mba sln kenal ya sblm nya,aku salah satu pans nya nya mba loh hehehe..Mba aku ijin catet ya resep nya...resep nya mba diah ini keren2 dech semua

    ReplyDelete
  15. Mba sln kenal ya sblm nya,aku salah satu pans nya nya mba loh hehehe..Mba aku ijin catet ya resep nya...resep nya mba diah ini keren2 dech semua

    ReplyDelete