Tuesday, November 19, 2013

Resep Donat Mudah, Enak, Praktis dan Nggak Perlu di Uleni..^^



Wah…sudah masuk musim penghujan ya teman2..dari pagi..mendung menggantung..gelap..sekarang udah turun hujan. Musti jaga kesehatan nich..biar nggak mudah sakit ya..terutama anak2. Kalau musim hujan gini..jadi males ya keluar rumah..lebih nyaman buat di rumah aja..masak yang enak..buat keluarga..hihi..*perasaan..nggak musim panas..hujan..juga males keluar ..kalau nggak penting banget*. Kayak hari ini nich..tau2 kok ya udah siang aja..dari pagi nguplek di dapur. Pagi..biasa..habis tugas rutin selesai..suami dan anak..udah berangkat kerja dan sekolah. Rumah udah beres bersih dan rapi..di bantu si Mbak..ya..akhirnya ya..asyik coba resep baru di dapur..sekalian nyiapin snack buat bekal sekolah Yodha besok..jadi nggak perlu bangun pagi2. Hari ini aku bikin donat lagi. Eh..tapi donat yang ku buat kali ini..super praktis..nggak perlu di uleni..nggak perlu banting2 adonan hihi..kayak bikin donat biasanya dech..tapi..cukup di aduk perlahan..dan..bim..salabim..jadilah donat empuk dan enak..tapi nggak perlu pakai magig kok..mau tahu caranya..yukk simak..step by step caranya ya.
  • Siapin bahan pertama duluya teman2 : mentega, gula dan telur, aduk rata. Harus pakai mentega ya teman2, karena mentega mudah leleh dan larut jika di campur telur, beda dengan margarin..nanti bisa menggumpal.
  • Bahan kedua : susu cair, dan ragi instan, masukkan ke campuran bahan pertama, lalu aduk rata dengan whisk.
  • Lalu siapkan bahan ketiga, tepung terigu dan garam, masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan cair, sambil di aduk dengan spatula hingga rata. Jangan di aduk terlalu kuat ya..sampai rata saja.
  • Tutup rapat adonan dengan plastik dan biarkan selama 30 menit hingga mengembang dua kali lipat
  • Ciri adonan yang mengembang adalah adanya pori di dalamnya..seperti ini., jika adonan di tarik dengan sendok.
  • Adonan donatnya emang lembek..jadi..tidak bisa di cetak dengan tangan atau cetakan donat. Cetaklah adonan dengan dua buah sendok, lalu goreng di minyak banyak yang sudah di panaskan dan terendam, dengan api kecil sampai matang.
  • Donat yang sudah matang, siap di hias sesuai selera. Memang hasilnya tidak secantik donat yang di cetak ya..tapi tidak masalah..kan penampilan bisa di permak ya..hihi..
  • Ini dia ..donat yang sudah di hias..cantik kan..^^ Buat Yodha..di celup coklat leleh dan dihias trimit warna warni..kalau aku suka ku taburi gula halus saja. Silahkan di hias sesuai selera ya teman2..^^
  • Liat dech..bagian dalamnya..nampak empuk dan berpori kan teman2..sama kayak donat biasa yang pake di uleni. Selamat mencoba ya..silahkan tinggalkan komentar..jika ada yang belum jelas  langkah2nya ya..^^
Jika mau praktis dan lebih mudah..adonan donat ini juga bisa di cetak pakai sutil khusus donat, bentuknya seperti ini..nanti hasil donatnya bisa cantik..lubang di tengah seperti donat yang di bentuk manual. Aku jual lho sutil khusus dan unik ini..makenya tinggal di semprot pakai kantong segitiga adonannya..terus di celup ke minyak panas. Mau pesan..email aku di bundadidi@gmail.com ya..atau sms
089654712500 jika serius mau pesan langsung bisa..tapi buat serius buyer only ya jika sms..langsung pesan berapa dan sebutkan kirim ke mana. Jika mau tanya2 dulu via email saja...karena keterbatasan waktu aku..Tq



Hasil donat dengan adonan di atas yang pakai sutil donat ini seperti ini nich..:




189 comments :

  1. Wow..!!! ini yg saya cari mba... praktis tis tis... resepnya jg keren tuh, lgsg diketik di fotonya.. mantap.. mantap mba... ada variasi baru kali ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Zulfa..enak lho..cobain dech..aku udah tes rasa ke orang lain...juga bilang enak tadi..:)
      Iya Mba..biar praktis..sekalian resepnya step by step..biar lebih detail..:)..Met coba ya..:)

      Delete
    2. Mba diah kalau kita tidak pakai susu cair gimana, diganti apa ya, airkah? Mkasih banyak

      Delete
    3. Susu membuat tekture donat jadi empuk Mba..karena tidak di uleni...wah..kalau di ganti air..bisa juga ya ..tapi tekturenya tidak akan seempuk kalau pakai susu ya kayaknya..:)

      Delete
    4. Nunut disini...susu cairnya biasanya pake apa mbak? *merknya

      Delete
    5. Susu cair tawar biasa Mak Esti..yang UHT..misal merk ultra atau frisian flag kotak tuch lho..met coba ya..:)

      Delete
  2. apa beda mentega dan margarin ? Kalo blueband itu termasuk apa ?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda..mentega...mudah meleleh dalam suhu ruang Mba..jadi ketika di campur dengan telur langsung bisa tercampur..kalau margarin kan lemak nabati..jadi bentuknya lebih padat..kalau di kocok sama telur..menggumal..blueband termasuk margarin..:)..Coba cari di TBK..mentega..ada juga yang merk lokal..murah..kayak Filma..BOS..:)

      Delete
  3. Wuiihh patut dicoba nih mbak resepnya, gak perlu repot2 banting adonan or ngeluarin si bosch....makasih banyak ya mb Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba fitri..super cepat dan praktis..tangan nggak perlu nyentuh adonan..hihi..met coba ya..:)

      Delete
  4. mau coba ah kapan-kapan. TFS ya maaaak, eike bookmark nih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mak Fardelyn..sama2 ya..selamat mencoba..:)

      Delete
  5. mbak diah, wkt menggoreng apakah sendoknya tidak lengket dengan adonan (soalnya adonannya lembek gitu)? cara ngatasinya gimana? thhhxxx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengket Mba Mira..tapi mudah ngatasinya..celupkan dulu sendok ke minyak panas yang mau buat goreng..beres..nggak lengket lagi..:)

      Delete
    2. Makasih, tipsnya mbak diah... mo nyoba nih...

      Delete
  6. idem sama pertanyaan di atas, Mbak Di. Mentega merknya apa ya yang mudah dicari di pasaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak Mba Yanti..ada orchid...dll..aku cuma pakai yang murah malah..BOS..dari Filma tuch..hihi..kemasan kecil ..harganya cuma 6 ribu sebungkus..kayak blueband..:)

      Delete
    2. Eh..pertanyaan idemnya..jawabannya ngintip di atasnya ya Mba..hihi..

      Delete
  7. haii mbak... setelah ak sukses buat dadar gulungnya, skrg ak mau coba bikin yg ini ^^ klo menteganya diganti sm margarin bole ga ya?? ada pengaruhnya gak mba?? makasi.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Indah..met coba ya..:)
      Kalau terpaksa di ganti margarin.,..kalau langsung di aduk..jelas berpengaruh Mba..nggak akan bisa tercampur..karena menggumpal..coba di lelehkan dulu kalau tetep mau margarin..cuma jangan sampai jadi bening ya melelehkannya..nanti terlalu cair..cukup sampai leleh aja tapi masih kental gitu ya..:).

      Delete
    2. sip siipp siipp... makasi ya mbak :) oya request dimsum siomay donk mba.. :) klo bikin pake kulit yg dibeli di toko toko itu alot dia setelah dikukus... makasi mba ^^

      Delete
    3. Udah ada lho Mba..coba di search di pojokan kanan atas yang ada tulisan go nya dgn kata kunci..dinsum..:)

      Delete
  8. Replies
    1. Iya Mba Mutiara..mudah aja..nggak perlu pakai tenaga.buat nguleni..hihi..:)

      Delete
  9. Mba diah, fermipannya kira2 brp gr? Trus susu cairnya boleh pake UHT ga? Oia pas menggoreng hrs pake minyak padat ga? Thanks-yuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fermipannya separo bungkus Mba Yuni..kalau di timbang ya berarti 5,5 gram ya..kan sebungkus fermipan itu 11 gram an :)...Susu..iya..pakai susu ultra putih itu aku biasanya..yang tawar..:)
      Minyak..biasa aja Mba..minyak goreng yang baru ya..bukan yang udah pernah di pakai nggoreng makanan lain..hihi

      Delete
    2. Mba didi, TFS aku belajar byk nih dr mba. Skg aku dah bisa buat kue, bikin kwetiau,bihun,nasgor, iga asam,pangsit grg dll walopun msh yg gampang2 aja. Thanks a lot for inspiring me.... #bangga bgt ya bru bisa hehehe

      Delete
    3. Iya Mba..semangat ya..nanti kalau terbiasa..memasak itu..mudah dan meyeronokkan..hihi..meyeronokkan = menyenangkan..*bhs Malay..*

      Delete
  10. Harus pke ragi ya mak..kalau ngga gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus Mba Kania..kan ragi perannya paling penting..buat membantu adonan mengembang dan membentuk pori2 donatnya..:)..Kalau nggak pake..ya bantat..:)

      Delete
  11. Jadi pengen nyoba karena enggak perlu geplak-geplak adonan ...hehehehe ... terima kasih, Mbak Diah. Salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nancy..praktis..tangannya bersih..krn nggak perlu nyentuh adonan ..hihi

      Delete
  12. terima kasih resep donat simpelnya ya mbak...suka banget soale ga cape nguleni adonan hahahhaaha, enak dan empuk, kembar sukaa banget mereka yang ngasih aneka topingnya, jadi seru di dapur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik..Mba Esti..udah nyobain..dan mereview hasilnya di sini..seneng aku Mba..jadi biar bisa jadi referensi teman2 lain yang mau coba..:)..Aku soalnya juga sempat heran sendiri setelah buat nich..kok enak dan empuk ya..padahal nggak di uleni..hihi..gumun sendiri pas pertama bikin..malah lebih empuk daripada donat yang di uleni ya..:)

      Delete
    2. Hallo mbk diah slm knl dan makasi resepnya yg oke bngt..kmaren q coba lembut pakek banget ga pakek ribet..hehe cocok bngt sama rasa n teksturnya..dan yg paling penting ga perlu tenaga exstra buat makan donat buatan sendiri hehhe

      Delete
  13. mak Didi.........
    aku kangen mampir di blog ini.. mau nyoba yang ini ahh...
    makasih yaaaaaaa..
    susunya harus UHT ya.. bukan susu kental manis di cairkan atau susu bubuk dicairkan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Mila..mksh ya..udah mampir..silahkan di coba lho ..:)

      Iya..kalau bisa susu cair UHT ya..kayak ultra gt..soalnya ini susu punya peran utama agar donatnya jadi empuk..kalau di cairkan..takutnya nggak pas perbandingannya air dan susunya Mak..:)

      Delete
  14. Mbak, lapor kmrn bikin donat ini suksess. hehe. Oiya saya pake margarin gak mentega tp dicairkan dulu, hehe. Enak kata mertua sama suami saya. Makasih ya mbak, sering2 posting resep yg gampil, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Kiki..wah..aku seneng denger Mba sukses bikin dan pada suka ya di rumah..alhamdulillah..:)..
      Ya mba..ntar di kasih lagi ya..resep2 yang mudah2 dan enak..:)

      Delete
  15. Waduh, jadi semangat pengen nyoba bikin nih...makasi ya Mba resepnya.......Utami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Utami..silahkan di coba ya..mudah dan enak..:)

      Delete
    2. Uwaaaaaaaa, akhirnya saya bikin juga hari minggu kemaren, dan hasilnya enakkkk :)...suami saya juga suka....makasi Mba Diah....:)

      Delete
    3. Sippp Mba Utami..seneng ya..kalau kita masak dan di sukai di rumah hasilnya..:)

      Delete
  16. wui ga perlu diuleni, lgsg bookmark :)
    makasih bnyk mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Nathalia..nggak perlu nyentuh adonan malah tangan kita..hihi..super clean..nggak belpotan ke mana2 adonan...:)..met coba ya..:)

      Delete
  17. asyiiik asyiiik...sepertinya buatnya ngg lama ya mbaaa :D...mariii kita berdonat riaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet Mba Indah..aku aja kadang masih sempat kok pagi2 bikin..jadi buat bekal Yodha,..masih anget..:)

      Delete
  18. Mak, menteganya itu kira2 di supermarket ada nggak ya? Trus tepung protein sedang itu, yg gimana mak? Aku ada segitiga biru, bisa dipake nggak? *nggak pernah bikin kue sih. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak Liany..mentega banyak Mak..di supermarket itu merk orchid..dll..atau di TBK juga byk lagi pilihan..kalau kepepet pakai margarin ya di lelehkan dulu..tapi jgn sampai mencair kayak minyak ya..cukup sampai leleh..:)..Tepung terigu protein sedang itu ya segitiga biru itu Mak ..udah bener..:)

      Delete
  19. mak Diah Didi, makasih yaa.. baru kali ini nemu adonan yang 'gw banget" hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..asyik kan Mak Tanti..nggak perlu ngotorin tangan lengket2 dan pakai jurus berantem ..mukul2 dan banting adonan..:D
      yukk sgr di coba ya..:)

      Delete
  20. gampang banget nech mak, izin copy resepnya ya....ntar langsung dipraktekin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Enci..silahkan..yukk marie..sgr di coba..:)

      Delete
  21. mantapp.. kalo dipanggang kira2 bisa gak ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..belum tau aku Mba Riana..takutnya bentuknya aneh ya..kalau di panggang..hihi..kan kalau di goreng..lumyaan tuch..walau penyok pneyok..masih berbentuk..:D

      Delete
  22. resep ini, tak ada pilihan lain, harus dicobaaa!
    *udah ngiler soalnya :D

    makasih sharingnya mak diah didi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib Mak....hihi..soalnya super duper gampang dan enakk..:)

      Delete
  23. resepnya bener2 praktis mbak.....aku cobain ya...makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Irowati......sippp..ayook di coba ya..:)

      Delete
  24. mak aku langsung copas resepnya loooh....terimakasih sdh sharing resep ini yakkk....#ketawabahagia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ikut ketawa aku Mak....yukk sgr di coba...:)

      Delete
  25. Replies
    1. Iya Mak Rina..silahkan di coba ya..:)

      Delete
  26. makasih yhmak diah didi resepnya...tak cobain dehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Sri...silahkan di coba ya..:)

      Delete
  27. Mbak diah, klo saya pake tepung trgu protein tinggi bisa gak? Soalnya di rmh bahannya ada smua, cmn terigunya adanya yg protein tinggi hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau protein tinggi untuk donat yang di uleni Mba..kalau ini kan nggak perlu di uleni..jadi yang sedang saja..tapi jika mau nyob aya silahkan..kabarin ya hasilnya gmn..hihi..soalnya aku ya selalu pakai protein sedang..belum pernah nyoba pakai yang tgg..:)

      Delete
    2. Mba, aku ud nyoba td pke yg protein tinggi, hsilnya ttp uenakk loh mbak, empukk banget malah lbh empuk drpd donat yg biasa sy bikin yg diuleni hehe, mkasih mba diah rsepnya^^ -andrea-

      Delete
    3. Oh..sipp dech Mba Andrea..mksh ya laporannya..hihi..jadi penasaran malah aku pakai protein tinggi juga..:)..berarti pemikiranku salah ya..:)..aku pikir nanti jadi nggak ngembang kalau nggak di uleni kalau pakai protein tgg..:)..ternyata nggak masalah ya..

      Delete
  28. Kalo dipanggang dlm waktu 3 menit pake donut maker bs ga, mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah nyoba..tapi susunya di tambahin dikit Mba..bisa juga..:)

      Delete
    2. Woowwww..resepnya seperti yg diidam2kan emak2 males sprti aku,hehe..penambahan susunya seberapa klo pake donut maker mba?

      Delete
    3. Di kira2 aja mba..sampai agak lembekan adonannya..:)

      Delete
  29. Mbak Diah...
    Tks utk sharingnya yaa, resep donat ini memang super duper praktis..cocok bngt utk emak2 pemalas spt aku...hihihi
    Walaupun tampilan donat buatanku agak2 'ajaib'...cuek ajah...sing penting mak nyusss...tengkyuu

    *sri han

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Sri..memang nggak bisa rapi sich penampilannya..kan nggak bisa di bentuk...tapi bener..yang penting rasanya ya..daripad penampilan oke..tapi rasanya kurang enak...susah pula bikinnya..mending ini kan ya..praktis..:D

      Delete
  30. mbak Diah :D baru saja aku selesai bikin donatnya :D mama suka :D hihihi
    berhubung bahan terbatas ya ahirnya bikin pake blueband sama susu dancow dicairin :D hihihihi makasih mbak :D besok nyoba yang lainnya ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Indah..oh bisa ya pakai susu yang di cairin juga..hihi..malah bagus tuch..berani uji coba ya Mba..:)

      Delete
  31. browsing sana sini gara2 males keluar cari susu cair :D takaranya katanya sih 50gr susu bubuk sama 150 gr air hangat (mungkin biar susunya gampang larut kali ya) ,, tapi trus aku tunggu sampe dingin dulu mba takut nanti raginya mati kalo keangetan :D hahahaha

    ReplyDelete
  32. Salam kenal...mba diah didi :)
    Mau tanya utk resep praktis ini jika misalkan mau nambahin kentang atau labu...kira-kira masih bisa dengan cara praktis ini ngga ya..atau musti diuleni?trus berapa gram takaran kentang atau labunya? Terima kasih sebelumnya.. aku suka banget liat tips and triknya disini dan biasanya liat sini dulu sih klo mo masak sesuatu yg kira-kira ga tau pasti haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kalau di tambah umbi2 an aku belum pernah coba Mba.....jadi belum bisa kasih saran ya takaran yang pasti..:)...takutnya malah beda hasil..:)

      Delete
  33. Mba Diah, Anak saya suka banget sama donat, dan sudah beberapa kali eksekusi pakai resep mba Diah ini,,,Terimakasih mba sangat sangat membantu sekali, tapi anak saya protes, kata dia ini bukan donat, donat itu ada bolongnya dibagian tengahnya, sedangkan ini mirip bakso kata dia gitu mba hahaha,,, terimakasih ya mba, gampang banget memang bikinnya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...lho bisa kok Mba..di buat bolong tengah..beli alatnya dulu tapi..sutil ini lho..kelewatan ya..kayaknya postingannya..pas Mba Tina mudik kmrn kayaknya : http://www.diahdidi.com/2014/01/sutil-khusus-pencetak-donatmembuat.html?showComment=1390530503804#c5637720346797704239

      Delete
  34. Waahh, jatuh cinta bgt sama blognya Mbak Diah. postingannya bikin ngileerr...aja. ternyata ada juga cara bikin donat yg simple kyk gini ya Mbk, mesti coba nih soale udah lama nggak bikin donat, capek mbanting2nya Mbak,sampe keringetan he he.. Makasih byk Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dira,.mksh ya udah sering mampir ke dapurku..:)
      Ayukk buat donat lagi..pakai cara yang mudah aja..kayak resep ini..di jamin nggak keringetan..hihi

      Delete
    2. Alhamdulillah Mbak Diah, kesampaian jg bikin donatnya dan Alhamdulillah berhasil jg meskipun td pake terigu protein rendah. makasih bgt dah sharing resepnya ya mbak..., bener2 praktis, hemat waktu, hemat tenaga, jadinya jg banyak.. seneeeng bgt.... Love U dech..he.he.he..

      Delete
    3. Sipppp Mba Dira...selamat ya..udah sukses bikin donat praktisnya..:)

      Delete
  35. maaf mba,kalo untuk topingnya gmna cara membuatnya dan bahan2 nya apa aja?maaf sy blm prnah bikin kue.terimakasih,salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai coklat leleh aja Mba..liat di sini ya..caranya : http://www.diahdidi.com/2014/02/cara-melelehkan-coklat-blok-dengan-benar.html

      Delete
  36. mbak aq dah coba juga resepnya..dan oke banget. empuk dan pas...tapi ada resep ngilangin minyak nya yg buanyak gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal di tiriskan di tissue dapur Mba..:)

      Delete
  37. seumpama adonannya masih sisa bisa d simpan d kulkas g mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik di goreng semua..jadi yang di simpan di kulkas donatnya..besoknya di panasin aja bentar di oven Mba..kalau mau makan..:)

      Delete
  38. Saya sdh coba resepnya mba di..lembut yiaaa jadinyaa, saya coba goreng setengah mateng trus masukin freezer. Satu minggu kemudian d goreng sampai mateng..masih enak dan lembut. Lumayannn buat frozen food. Thanks mba di..

    aida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Aida..mksh udah sharing kalau di simpan di freezer seminggu masih enak ya..moga bermanfaat buat teman2 lain jika mau nyetok donat ini..:)

      Delete
  39. mba diah tadii aku coba bikin, mungkin krn jam nya kelewat lbh dr 30 menit jadi donatnya kempes trus banyak nyerep minyak.. hasilnya tdk sperti donat, hehehe tapi klo soal rasa enak kok, ksh tips yaa mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..lain kali ikuti aturan di resep ya..klu bikin sesuatu yang di fermentasi gini..biar hasilnya maksimal..:)

      Delete
  40. salam kenal mb diah, ak dari surabaya, selama ini ak baca blog2 mb. untuk donat cair ini udah ak praktekan enak lho. trims ya atas resep2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Jenny..salam kenal Mba...iya Mba..syukurlah jika suka ya..:)

      Delete
  41. Mbak aku punya ragi instant merek Haan. Itu bisa dipakai ga ya? Ato musti fermipan mbak? Makasih sblmnya.. vera

    ReplyDelete
  42. Mbak diah resep donatnya dah di praktekan , 1 resep jd 20 biji , sy pake sendok icecream tinggal sendok2 aja jdnya bulat n cantik loh,soalnya sy blm sempat beli cetakan donat yg ada bolongannya kyk punya mbak diah,harus di cari sampe dpt sendok donatnya ,makasih resepnya anak2 suka sekaliiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba...wah ide bagus itu pakia sendok es krim ya..:)

      Delete
  43. Mbak aku punya ragi instant merek Haan. Itu bisa dipakai ga ya? Ato musti fermipan mbak? Makasih sblmnya.. vera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai ragi apa aja Mba Vera :)

      Delete
  44. beruntung banget nemu blognya mbak diah, resepnya praktis, aku suka yang ini step2nya masaknya di foto2 gitu mbak, jadi ada gambaran deh.... thanks mbak diaah cantik kisses and huge deh :P

    ReplyDelete
  45. Waduuh..resepnya mengundang banget..ijin copas ya mbk mau kucoba..btw kalo menteganya yg salted pengaruh gak mbk? Terima kasihh..Upi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pa2 Mba Upi,..malah gurih kok..tapi jangan pakai garam lagi ya..:)

      Delete
  46. Resep Mak Diah Didi memang cocok jadi rujukan, seneng bisa membuat prakarya bareng duo krucilku dengan resep keren ini :)

    Resepnya bener2 praktis dan enak, sehingga duo krucilku bisa ikutan membuat.
    Makasih Mak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIppp Make Zakia...ayukk coba yang lain juga..mumpung bentar lagi pd libur pjg ya..anak2..:)

      Delete
  47. salam kenal mb' didi... resepnya sangat menginspirasi
    mudah dan hasilnya jg g kalah enak sm resep yang ribet
    ijin copas yee... thanks a lot :)

    ReplyDelete
  48. halo salam kenal mba didi, aku udah coba resepnya dan wah ngga nyangka bakal berhasil. ngga ribet dan bahannya mudah dicari semua. terimakasih untuk resepnya ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Anis..sama2 ya..ikut seneng denegrnya jika berhasil uji cobanya..:)

      Delete
  49. Maaf mb Diah, cara bikin coklat leleh itu gmn y, apa udah manis? Trus coklat yang biasa dimasukin ke plastik buat hias cake itu coklat apa y mb? Makasih banyak mb ^_^ .....weni.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coklat blok mba..cara melelehkannya liat di sini ya..:http://www.diahdidi.com/2014/02/cara-melelehkan-coklat-blok-dengan-benar.html

      Delete
  50. Kl bikin hiasan kaya kue tart gt biar coklatnya ndak mengeras apa dicampur margarin y mb wkt melelehkan? :)

    ReplyDelete
  51. Nah trus gmn mb? Kl q ngelelehin coklat blok sebentar itu udah mengeras lg pdhl maksudnya biar tetep creamy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau di pak ebuat apa tho Mba...saus?..tambahin aja susu kental manis coklat dikit..:)

      Delete
  52. Kapan hari aku bikin cake Alhamdulillah berhasil. Trus kuhias atasnya pake coklat blok yang dilelehkan. Tp sebentar gitu mengeras mb, pdhl harapanku bisa tetep lembut seperti hiasan di cake2 ultah gitu.. maaf y mb Diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kasih cream mba..kalau mau buat hiasan coklat..misal whip cream pondan yang di kocok pake air dingin itu..terus di campur ke coklat leleh

      Delete
  53. Ooh jd bgitu y mb, noted. Maturnuwun :)

    ReplyDelete
  54. Salam kenal mba saya vina. Kemarin saya beli mentega tawar kg-an di tbk warna kuning. Ternyata setelah saya aduk denfan telur dan gula menggumpal kecil-kecil. Waduh apa yg saya bli ini margarin? Gimana yah mba apa sy bisa lanjut ke proses brikutnya....ngeri gagal. Terima kasih mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..kalau mentega harusnya itu udah agak cair gitu ya..keliru margarin mungkin. coba di aduk2 aja mba..sampai tercampur..:)

      Delete
  55. Halo mbak, udh cobain resepnya..setngah adonan digoreng, setengahnya lagi dipanggang pakai loyang khusus donat..enak dua-duanya, tapi lebih prefer yg dipanggang karena lebih sehat..Thanks for sharing ya mbak..:)

    ReplyDelete
  56. Mba diah didi,ini kalo pake mentega asin bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba.....tp nggak perlu garam lagi ya..:)

      Delete
    2. Ohiya mba klo ini didieminnya lbh dr 30menit gmn mba? Ga bs ngembang ya pas di goreng ato gmn?

      Delete
  57. Mba dg uk segitu bs jd brp biji mba? Pingin nyoba buat snack tk nih.. Makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan2 ta fotoin ya mba..biar jelas..:)

      Delete
  58. Mba Diah Didi, enak buanget bwt camilan sore. Cepet dan ga keringetan sama sekali. hehe...Mau mencoba resep2 lainnyaaaa ^_^

    ReplyDelete
  59. Halo mbak.. salam kenal! sy sdh beberapa kali bikin donat ini.. saking praktis & mudah banget.. Thanks ya sdh share resepnya...

    ReplyDelete
  60. Kalau susu di ganti pake santan bisa gak ya mbak hehe

    ReplyDelete
  61. Thanks info resep donat tanpa di banting banting. ...bisa nggak ya kalau nggak usah pakai telur. ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs aja mungkin mba tapi beda hasil ya :)

      Delete
  62. Hai mb diah ,, mau nanya nih mb ,, dgn adonan donat segitu jadinya berapa biji donat ya mb ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..lupa mba..hihi..nggak pernah ngitung hasil jadi makanan..:D

      Delete
  63. Wah mba aku uda coba nih, mksi banyak donat nya emang empuk, gurih.. Trus aku stelah ngegoreng kurkeb 10pcs an donat, trus penasaran dipakein kentang 200gr..lumayan jd lbh gurih jg :) cuma bentukku ga bulet bagus jdnya stengah lingkaran, gara2 pake pan datar alias minyaknya jg krg banyak ga kerendem semua :s. Ini jadinya banyak bgt jg, sebagian aku panggang jd kaya roti kentang diksh almond dikit (cuma kurang manis klo jd roti krn ga pake tambahan apa2 lg, mgkin ditambah keju lg enakk :). Sebagian lg aku goreng stengah mateng&dimatengin lg bsknya,,hasilnya kempes, gatau ni krn pake kentang/jg krn dasarnya bentuknya uda stengah lingkaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..resep yang modifikasi pakai kenatng ada di postinga satunya..di search aja ya : Donat Kentang Menul Menul Tanpa Di Uleni

      Delete
  64. Mbak diah apakah ragi itu harus di campur air hangat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya cepat bekerja..pakai air hangat mba :)..Ragi nggak suka dingin..:D

      Delete
  65. Mba Diah, barusan aja buat donatnya pake resep ini, enyakkkkkkk jadinya↖(^▽^)↗ ... ijin dicatet ya resepnya ∩__∩...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippo mba...silahkan di catet dan di buat lagi kapan2..sebarkan juga ke temen juga boleh..hihi

      Delete
  66. Mak,,slam knl,,ajenk dri bekasi,,

    Klo adonanx ga ngembang gmn ya mak??
    tetep dgoreng jg gpp kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mak Ajenk..ada mucul serta2nya nggak..tunggu bentar lagiaja..siap atahu cuaca lagidingin..raginya malas2 an bekerja..hihi. Tapi raginya nggak lupa tho..atau udah kebuka lama raginya dan di taruh du suhu biasa juga bisa menjadi penyebab adonan nggak ngembang. tapi kalau ragi berfungsi baik..walaupun lama..nantiadonan akan ngemabng kok..:)

      Delete
  67. Mba diah mau tanya ak coba tapi keknya gagal deh pas digoreng ancur dan minyak banyak busa...gmn cara spy mengatasi biar adonan gk kebuang yah thanks....maklum newbie dlm masak memasak....dilihat gampang pas dicoba susah juga hehehehhe tp tetep usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bulatkan pakai sendok mba..kok bs ancur ya..harusnya kan adonan kental..:)

      Delete
  68. Thanxyou sukses barusan bikin enak banget! gampanggg gak pake ngulenin

    ReplyDelete
  69. Mb tepung kentang bisa dibeli dmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jual mba..:D..email aja di bundadidi@gmail.com

      Delete
  70. Yeayyy berhasil Mba, senangnyaaa.... Salam kenal ya Mba. Tdnya sempat patah semangat banget. Ketika mentega tawar saya kocok bersama gula dan telur, menteganya menggumpal Mba, ga mencair gitu. Saya beli di TBK minta mentega tawar dikasi yg warna putih dan 1 onsnya cuma 2500. Murah bgt ya? Trusss... sblm dimasukkan ke adonan telur, ragi saya campurkan dulu ke susu. Jadi aneh juga, raginya gak bisa nyampur, malah menggumpal. Tetap saya tambahkan saja. Setelah bahan tercampur smua dan didiamkan dan digoreng. Tadaaa... kembang sempurna Mba. Dan benerr.. empuk banget hasilnya, Semua bilang enak dan anak2 suka. Ntar bsk bakal dibuat lagi nih.... Mksh resepnya ya Mba. Sukses buat Mba Diah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..bener belajar dari pengalaman itu paling berharga ya..ajdi jangan patah semangat sebelum di coba..semangat ya..coba resep2 lain..:)

      Delete
  71. Halo mbak didi...
    Aku barusan bikin ini. Step pertama mentega ga mau larut mba pas dicampur telur dan susu. Aku ga pake mentega putih. Karna ga larut aku panasin di panci hehe.
    Trus pas ragi dicampur dalam keadaan msh hangat akibat efek manasin tadi raginya ga mau larut. Aku pikir gatot adonannya. Jadi ulang lagi mba.
    Karna terbiasa bikin adonan ragi ga blh ketemu garam atau mentega di awal jd aku ksh diakhir setelah tepung larut mba.
    Adonan ku ini ga pekat mba ga kyk punya mba pekat gitu. Tapi jadi mba bisa ngembang dan empuk pas digoreng. Porinya malah kliatan banget haha. Orang rumah pada suka. Next pengen bikin kyk punya mba didi bulat pas digoreng hehe

    Nah yg mau aku tanyain mba didi ko bisa ya menteganya larut? Apa karna pake mentega tawar? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..mentega kan mudah lumer ya..jgn mentega putih ya..itu kan shortening jd padat..pilih butter..atau menteg ayang dari hewani ya..:)

      Delete
  72. aku dh coba mb Didi, enakkkk, langsung jadi hehe, cuma belum bisa bulet banget gitu

    ReplyDelete
  73. Pakai sutil donat mba..lebih cantik..:)

    ReplyDelete
  74. Mbak....ijin komen...eh nanya diing:)
    Klo telurnya 2 butir dimasukkan sa'putih nya juga ataw hanya kuning nya aja?? *Males baca pertanyaan yg buanyak ahahahaha maaf*

    ReplyDelete
  75. mb kalo pake susu hasil perahan, yg gk dari pabrik bole gk mb

    ReplyDelete
  76. suka dengan resep2nya, salam kenal ^^

    ReplyDelete
  77. bunda aku barusan coba kok pas nggoreng permukaannya pecah2 ya bunda
    semuanya seperti resep diatas
    mohon koreksinya ^^
    salam heni

    ReplyDelete
  78. Resepnya gue banget, praktis tanpa diuleni, apalagi untuk bekal sekolah anak cucok banget .... Anak2 dan suami suka
    Thanks ya mbak resep nya

    ReplyDelete
  79. Ijin share ya mba.. Makasih...

    ReplyDelete
  80. Mba, kalo adonan ini pake donut maker bisa kn ya? Hasilnya tetep ngembang kn?

    ReplyDelete
  81. Mba...sutil donat harganya berapa?? Kalao kirim ke bali berapa ongkirnya???

    ReplyDelete
  82. aq tau donat di uleni smpai kalis ko ini ga,aq buat jga sllu bantet kras klo tdk di lbangi tengahnya dlamnya ga matang

    ReplyDelete
  83. Mba diah, setengah bungkus fermipan kira kira berapa sendok teh ya mba? Aku punya fermipan, tapi udah nggak utuh satu bungkus, udah pernah dipakai.

    ReplyDelete
  84. Alhamdulillah.. resep ini bikin saya pede nyoba bikin kue2 lainnya. Percobaan pertama bikin donat langsung sukses. Makasih mbak buat resepnya.. oya, kalau mentega dan dicampur telur dari kulkas kan agak mengggumpal ya mbak.. gitu boleh dikocok pake mixer gak?

    ReplyDelete
  85. mba..ijin ngeprint resep ya..makasih.. *didi Serang*

    ReplyDelete
  86. MBak Didi... aku penggemar resep2nya mbak.... Mbak aku sering buat donat ini lho... alhamdulillah berhasil mbak dan juga resep2 mbak yang lain.
    Mbak... Kemarin aku ada lihat disalah satu situs masak-memasak lain... aku lihat resep donat tanpa ulen ini. Aku penasaran... aku lihat resep2nya... plekk..plekk... resep mbak didi.... Dia ngk ada mencantumkan resepnya dia dapat dari mana.... Aku yang emosi mbak... karena aku pernah merasakannya...resepku sendiri diakui milik org lain....

    ReplyDelete
  87. mb, aku jg barusan.cb bikin n hasilnya memuaskan....pke tepungnya segitiga n susunya mlh pake susu yg ada d rmh susu zee heheee enk bgt mb...siiipp ditunggu resep2 selanjutnya ya mb

    ReplyDelete
  88. Resepnya ok banget.. Praktis.. Aplgk buat sayaa yg tinggal di entkong yg jauh dirantau dengan keterbatsan bahan.. Hasilny empuk gurihnya dpet.. Susunya di sini saya pakai SKM susu kental manis.. Suami dan anak suka bangett.. Panas gak panas donatny tetep empuk..

    ReplyDelete
  89. wah ini resep donat yang simpel dan gampang banget. makasih resepnya mb

    ReplyDelete
  90. Makasih resepnya ya mbak.simple n hasilnya enak bgt.biasanya saya malas buat donat karena hrs d ulen.padahal si kecil suka bgt donat.btw,saya mau izin share d cookpad saya y mbak

    Winda

    ReplyDelete
  91. enak banget ni, bisa coba di rumah sama istri. Kalo mau tambahan selain cekelat gt apa bisa mbak?

    ReplyDelete
  92. Mba,kalo mau beli sutil donatny dimana y?Kalo sy mau beli dari mba bs ga?Sy di Demak nih..

    ReplyDelete
  93. Mba mau beli martabak ada nomer yg bisa di hubungi?

    ReplyDelete
  94. Mba mau beli martabak ada nomer yg bisa di hubungi?

    ReplyDelete
  95. Mba itu telurnya sama putih nya juga ya mba? Gak kuningnya aja?

    ReplyDelete
  96. nah ini... salah satu kue kesuakaanku.. makasih mbak resepnya..dicoba dulu..hehe

    ReplyDelete
  97. Resepnya oke, mbak! Anak-anak pada doyan. hihihi. Makasih sudah share ^_^
    Oiya Mbak, masih jual sutil donat gak? Aku mau beli dooongg...

    ReplyDelete
  98. Waah donat tanpa ulen itu luar biasa yaa..bunda diah didi mau tanya, kalo pake butter salted bisa gak? Makasih bun

    ReplyDelete