Thursday, April 18, 2013

Dadar Gulung Coklat Isi Pisang


Pagi2 nich..udah rajin bikin jajan pasar..kalau biasanya udah sering bikin dadar gulung ijo..isi enten..kali ini bikin dadar gulung isi coklat...isi pisang, coklat dan keju...soalnya dapat kiriman pisang raja yang harum dan ranum dari mertua..masih ada beberapa biji..sayang aja kalau nggak di buat sesuatu..soalnya cari pisang raja yang ranum di pasar kadang susah..kalau ada juga mahal pol..jadi pas punya pisang raja yang bagus..pasti dech ku karyakan buat coba2 resep baru kayak jajan pasar yang pakai pisang gini. Resep..hasil rekayasa sendiri..^^..gara2nya gemes..kalau beli dadar gulung kayak gini di pasar ..isinya cuma sak uprit..pisangnya kecil banget..terus gulungan dadarnya yang tebel ^^...mending kalau dadarnya enak ya..nggak pa2..lha ini yang di jual2 gitu...rasanya cuma kerasa tepung di kasih pasta / pewarna coklat..duh..nasibmu jajan pasar kini..pada ngejar untung aja yang jual.

Nah..kenapa bikinnya pagi2..karena ngejar matahari..^^..biar nggak kesiangan motretnya....soalnya pakai kamera digital biasa..kamera DSLR lagi nggak di rumah..nah..kalau motretnya kesiangan..wis..nggak mud lagi...jelek soalnya hasilnya..nggak bisa di apa2 in kalau kamera digital..beda kalau pakai kamera DSLR kayak biasanya..bisa motret kapan aja.

Dadar gulung ini kulitnya buatnya yang mirip2 sama dadar gulung ijo dech..cuma aku pakai coklat bubuk juga selain coklat pasta..jadi selain warnanya cantik..rasanya juga otentik coklat. Trus..kalau biasanya aku bikin dadar gulung pakai santan..untuk yang coklat aku pakai susu..lebih cocok aja..susu dan coklat dadipada santan..beda sama dadar gulung ijo..yang pakai aroma pandan tuch..klop banget sama santan.

Pas udah mateng..langsung aja di gulung kayak bikin dadar gulung biasa..trus di taruh piring..di foto dech..tapi hasilnya kok garing gitu..hihi..
Akhirnya..cari plastik bening dech dan beribet2 ria bungkusin satu2..trus luarnya di kasih hiasan keju parut..hasilnya..baru lumayan..jadi mirip2 dadar gulung di pasar beneran kan..cuma lebih ok dong kalau buat sendiri..rasanya..bentuknya..isinya...juga bisa di banyakin.

Trus..karena udah pada berangkat semua...papinya kerja..Kakak sekolah...ya..simpan dulu di kulkas...dech..lumayan bisa buat cemilan Yodha dan buka puasa suami ntar sore..gitu dech ceritaku hari ini teman2..yang pagi2 udah heboh di dapur..bikin dadar gulung...tapi hati senang kok..karena hasilnya uenakk dan cantik...*muji sendiri..^^

Mau cobain..nich ku kasih resep hasil coba2 ku  ya..:
Dadar Gulung Coklat Isi Pisang
Bahan:
Tepung Terigu protein sedang 150 gram
Susu cair  tawar 425 ml
Gula halus 50 gram, garam 1/4 sendok teh
Coklat bubuk 1 sendok makan
Coklat Pasta 1/2 sendok the
Vanili bubuk ¼ sendok teh
Telur 1 butir, kocok lepas
Minyak goreng / margarin leleh 1 sendok makan
Isi :
Pisang raja / kepok yang matang 5 buah, tumis dengan 1 sendok margarin, belah menjadi dua bagian
Meises coklat 50 gram
Cara Membuat :
Ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Tambahkan gula halus, telur, susu cair, pasta coklat dan vanili bubuk.
Aduk rata. Saring agar adonan halus dan licin.
Panaskan wajan dadar ukuran sedang. Buat dadar adonan tipis2.
Lakukan sampai adonan habis. 
Ambil selembar dadar coklat, isi dengan pisang, tambahkan 1 sendok teh meises coklat. Lipat dan gulung dengan rapi.
Tips :
Agar kulit dadar gulung berlubang lubang cantik, panaskan dahulu pan dadar sampai benar benar panas.
Jika ingin lebih rapi dan cantik dalam penyajian, dadar gulung bisa di bungkus plastik satuan, di beri hiasan keju parut /  slice dan manisan cheri yang di potong kecil kecil.
 




32 comments :

  1. assalamu'alaikum mbak...wah...kulit dadarnya cantik banget mbak...aku kalo bikin kadang bagus,kadang sama sekali ga beerpori hehehe masih perlu banyak latihan ya mbak...oh iya mbak,sekedar cerita nih,kadang kalo sempat aku bikin jajanan tradisionial kutitipkan di warung...putu ayu,onde2,dadargulung,donat gonta ganti mbak tergantung mood hehhe.nah...permasalahannya mbak...pembeli sukanya enak tapi murah...mana bisa ya mbak,ono rupo ono rego dong...mungkin itu juga mbak yang akhirnya penjual/pembuat pada seenaknya sendiri bikin jajanan....makanya aku juga suka mutung n bingung mbak...lha coba,sebutir jajan dari kita 800,ntar dijual warungnya 1000...aduh mbaaak...mepeeeet banget...coba bayangin,semisal aku bikin darlung unti,,,,kulitnya aja pake santen biar gurih,untinya juga pakai gula asli...isinya standarlah perkulit kuisi satu sendok makan unti...sedangkan yang dijual dipasar....harganya 500! kulitnya tebel, gak berasa gurih,isinya juga cuma seumprit...kalo enak mending...sama sekali gak berasa...kaya pakai ampas gitu loh mbak...terus misalkan aku bikin kue lapis kan pakai coklat bubuk asli,bukan cuma pasta coklat....iiiihhhhh gemeeees deh....sebagai pembuat aku kok gak bisa ya mbak...mbuat yang ala kadarnya...sepertinya mereka cuma ngejar keuntungan....makanya aku ini udah lama off....bingung sih mbak....gak sebanding....antara biaya produksi sama harga jualnya...sebenarnya lumayan sih,bisa buat nambah jajan anak2....cuma harga bahan kue pada naik,harga kuenya masih utuh....eh udah dulu ya mbak kok ngelantur....semoga mbak diah sehat selalu ya,biar bisa masak yang simple tapi teteep maknyuusss.makasih ya mbaak mau mbaca komenku..."rini-pml"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..seru..cerita Mba Rini..iya Mba..ayo sharing aja di sini..nggak pa2..seneng kok dengernya..bisa cerita2 soal makanan..masak2 dan bisnis kuliner juga..bagus itu Mba..sebenernya prinsip Mba ya..pakai bahan2 berkualitas..dan menomor satukan rasa...nah..tinggal Mba..mencari konsumen yang sesuai dengan standart kualitas dan harga yang bagus gitu mba..misal beralih bikin klu ada orderan aja..untuk snack box..arisan..coba tawarin ke kantor2 yang dekat rumah..atau kantor suami..pas praktek resep baru bagi2 sample gitu..ke tetangga dll..kalau rasanya enak..pasti suka kok mba..dengan harga misal jadi 1500 - 2000 per buah pun masih wajar lho..^^..ayo semangat ya..oh ya..dadar gulungnya biar cantik..tuang adonannya saat teflonnya bener2 panas ya..pasti berpori cantik,cobain dech..^^

      Delete
  2. wow... dadarnya cantik bangeeeet..... pori2nya bagus banget mba, aku klo buat dadar gak pernah cantik palagi ngelipatnya amburadul abisss.... ternyata tipsnya hrs menuang adonan klo teflon uda benar2 panas... satu ilmu dapt hr ni... makasih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Zulfa..yupp..tul...tunggu teflon panas dulu..baru di tuang adonannya...cara tau teflon udah panas..ya pakai sensor tangan kita..tapi jangan di sentuhin ya..tangannya..hihi...cukup tangan kita di gerak2 kan di atas teflonnya..kan kerasa tuch klu teflon udah panas ..nanti kalau udah biasa..lama2 akan mudah kok...bikin kulit dadar yang cantik...^^

      Delete
  3. mbak Diah cakep banget dadar gulungnya, ada resep kalo mau pake isi vla nggak mbak. makasih ya mbak Diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba..ada..mau vla coklat atau vla biasa ?..Nanti Sy tambahin di resepnya..^_^...

      Delete
  4. Meluncur dari LE. Hehehehehe
    Padahal udah subscribe.
    Diah, itu isinya dikasih kejukah?
    Ah jadi pengen bikin, buat ganti dadar gulung yang isi unti. Kira2 enak mana ya?

    Salam
    Evia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..lha ini emang postingannya dah agak lama kok Mba Evia..kalau yang isi unti cocoknya yang warna hijo yang pakai pandan Mba..kalau yang coklat gini paling mak yuss ya isi coklat pisang..plus keju oke juga..tapi kalau punyaku itu kejunya cuma sak uprit di luar aja buat hiasan..tapi pas di gigit..walah..pas..enak banget malah..ada rasa2 sedikit keju di luar..bercampur sama pisang coklat dan kulit dadarnya yang lembut..:)..tapi...ku mau bereksplorasi rasa..di coba saja..dadar coklat isi unti Mba..mungkin enak juga ya..aku belum pernah tapi..hihi

      Delete
  5. Mbak... Ya ampun, itu dadar gulungnya perfect for photography purpose banget mbak. Terima kasih ya resepnya mbak! Jadinya enak banget... (walopun ga secantik punya mbak, ehehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Candela..wah udah coba ya..sama2 ya..syukurlah jika suka rasanya.
      Mksh byk apresiasinya..masih harus banyak belajar Mba klu soal food photography..:)

      Delete
  6. Halo mbak, salam kenal. Aku nyasar ke sini gara-gara empal gentong trus ternyata resepnya banyak dan oke-oke :)
    Mamaku sering bikin yg ini mbak, biasanya buat suguhan arisan. Pisang rajanya nyari yg udah mateng sampe kulit luarnya jelek item-item gitu (agak susah dan mahal) trus pisangnya digoreng. Digoreng kurang sehat sih ya dibanding kukus, tapi pisangnya jadi empuk dan tambah manis.
    Buat hiasan, selain sekuprit keju diberi juga sekuprit cherry :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sekar..salam kenal juga ya..mksh tips dari Mamanya ya..wah pasti enak ya..pisangnya di goreng..selain di kukus..biar lebih nggak berminyak..aku biasanya juga ku panggang aja Mba..dan bener..pisangnya memang harus yang udah mateng banget.jadi harum dan legit..:)

      Delete
  7. Mba Diah, cantik sekali dadar gulung nya bisa berpori. Tips nya apa mba? Dan juga untuk masukin adonan nya ke teflon harus tipis ya? Dulu aku pernah bikin kulit risoles ketebalan mba heheh kyknya krn masukin adonan ke teflon nya kebanyakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar bisa berpori..panaskan dulu pannya mba Evelyne..sampai benar2 panas..baru tuang adonan.pasti dech akan berpori cantik. Iya..adonannya harus tipis ya..klu kulit risoles tuang sedikit kemudian ratakan dengan cepat di teflon ya Mba..klu nggak cepat keburu matang dan jadinya ketebalan dech..:)

      Delete
  8. hi tante. aku mau nanya, kalau lagi buka halaman ini, di bagian kanan di antara foto dadar gulung hijau sama bubur biji salak, ada kue. nah pas di klik tulisannya recipe not found. padahal sepertinya itu kue kesukaan aku masih kecil. itu namanya kue apa ya? makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..itu..kue cubit Mba..udah aku edit..coba di klik..fotonya..ntar ada link resepnya..:)

      Delete
  9. salam kenal mba diah..:)
    Mba..kalo susunya pake susu kental manis coklat bisa nggak? Trus nggak pake pasta coklat.. Makasih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..salam kenal juga Mba..:)
      bisa Mba..Bety..Tapi tetep pakai coklat bubuk ya..biar tetep terasa dan coklat warnanya..:)

      Delete
  10. Mba Diah.......
    Senneng bgt buka link mba ini....inspiring bgt....
    Pa lagi fotonya cantik2....tyt bikinnya jg ga ribet...itu yg paling kusuka...hhehee
    Ud bbrp resep yg aku coba...hasilnya jg lumayanlah buat pemula spt aku...;p
    Hari ini aku lg mau nyoba tahu petis sm singkong goreng yg merekah2 gitu itu...
    Thx bgt ada blog ini.....
    Yang semangat update resep2nya tiap hari ya mba...God Bless u....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dewi..sama2 ya..seneng juga bisa berbagi dan berteman dgn teman2 seperti Mba..yang suka masak..ayukk semangat..biar pemula..kalau rajin praktek dan mencoba..nanti haslinya semakin baik pastinya..:)

      Delete
  11. akhirnya mba saya nemu blog masak yg bener2 mpunya nya bisa masak, abis klo nyari2 resep masakan / kue2 gt ketemunya blog masakan yg isinya copasan doang.
    makasih ya mba buat sharingnya. ngmg2 cantik2 bgt sih foto masakannya jd gatel pengen masak hahhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dea..makasih ya Mba..udah nyasar ke dapurku..hihi.
      Selamat mencoba resep2nya ya..semua udah aku coba kok resepnya..udah lewat sensor lidahku..hihi..kalau enak aku posting.kalau nggak enak ya nggak di posting...^^

      Delete
  12. mbak diah ini pakenya wajan kebalik?? jd ngeratainnya hrs pake stik kaya yg dibuat ngeratain crepes itu ya??
    thx mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu di ratain Mba..kalau udah di celup ke adonan kan rata sdr tipis gt..:)

      Delete
  13. mbak diah, aku mau tanya. 1 resep ini kira-kira bisa jadi berapa dadar gulung yaa? makasi :)

    ReplyDelete
  14. Hallo mbak diah, salam lenal dari saya...

    Mbk mau tanya, kl isinya diganti pisang susu apa bisa...?

    Aq lagi bingung, soalnya dirumah ada pisang dapet dari oleh2, yaitu pisang susu. Enaknya pisang susu bisa jadi apa ya mbak... makasih

    ReplyDelete
  15. Hallo mbak diah, salam lenal dari saya...

    Mbk mau tanya, kl isinya diganti pisang susu apa bisa...?

    Aq lagi bingung, soalnya dirumah ada pisang dapet dari oleh2, yaitu pisang susu. Enaknya pisang susu bisa jadi apa ya mbak... makasih

    ReplyDelete
  16. Apa mb diah domisili semarang?

    ReplyDelete
  17. gambar kue dadar gulungnya bagus mbak, bagaimana sih caranya biar fotonya bagus seperti itu. salam kenal dari www.menuresepkue.com

    ReplyDelete
  18. Bagusnyaa...cantik warna dan kemasannya...

    ReplyDelete
  19. Mba diah kl mau buat utk dijual kira2 pengganti susu apa ya biar bs lebih ekonomis

    ReplyDelete