Monday, November 25, 2013

Tips Membuat Siomay Ikan Lebih Empuk


Siomay..udah sering banget bikin sendiri aku di rumah..dengan berbagai resep dan tehnik. Aku senang mencoba berbagai resep baru..walaupun udah nemu resep yang enak..biar ada hal baru gitu yang bisa di pelajari dalam proses pembuatannya. Nggak cuma siomay sich..masakan lain..cake..aneka kue2..jajan pasar dll..seneng aja..walaupun makanannya sama..tapi mencoba dengan berbagai tehnik dan resep baru...sehingga hasilnya beda. Ya..selalu ada hal baru yang menarik buatku untuk di pelajari di dapur..^^

Seperti buat siomay ini..aku udah sering baca..agar siomay empuk tapi tetep kenyal..nggak liat..adonannya di tambah dengan labu siam kukus. Nah..itulah yang ku praktekkan kemaren. Hasilnya emang oke..siomay tetep ada rasa kenyal..tapi nggak liat dan empuk. Enak..! Dan rasanya tidak berpengaruh lho penambahan labu siam ini..karena mungkin labu siam ini kan tawar ya rasanya..jadi cuma mempengaruhi tekture siomaynya saja. Oke dech..jadi layak di catat di sini..resep siomay dengan tambahan labu siam ini..supaya nggak lupa..kalau mau buat lagi kapan2.

Pernah baca juga..kalau siomay Bandung ala abang2 yang enak itu..nggak cuma daging ikan tenggiri aja..tapi di tambah lemak..misal kulit ayam. tapi menurutku kulit ayam nich susah kalau di giling atau di haluskan..jadi bisa di ganti dengan  daging ayamnya saja..yang mudah di haluskan.
Resep Siomay Komplet

Bahan :
250 gram daging fillet ikan tenggiri yang sudah di haluskan
50 gram daging ayam giling, 100 gram tepung tapioka
150 gram labu siam, kukus dan haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
1 - 2 sendok teh garam ( sesuaikan selera )
2 sendok teh gula pasir
2 putih telur
Tahu putih, kulit pangsit rebus, kol, pare, kentang, telur rebus secukupnya utuk pelengkap

Cara Membuat :
Campur daging tenggiri dan daging ayam, labu siam dan semua bumbu , dan putih telur. Aduk dan uleni rata atau masukkan ke food proccesor jika ada. Masukkan tepung tapioka, aduk rata tapi jangan di uleni.
Masukkan adonan siomay ke dalam kulit pangsit, tahu, pare, dan kol. Lalu kukus hingga matang sekitar 20 menit. Kukus juga sekalian telur dan kentangnya.
Sajikan siomay komplet hangat dengan saus kacang. Resep saus kacang siomay bisa di klik di sini.


111 comments :

  1. mb diah salam kenal..
    saya mau tanya kalau beli kulit pangsit yang sudah jadi berarti direbus dulu ya mbak..
    kalau labu siamnya direbus apakah bisa mbak,pengaruh tidak ya sama hasil akhirnya..
    saya pernah buat siomay mbak,gagal hasilnya karena kurang halu,dan rasanya tidak enak..*kok saya malah curhat ni mbak

    terima kasih mbak diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Risa..kulit pangsitnya nggak perlu di rebus dulu Mba..yang lembaran biasa aja..nanti kan matang juga pas di kukus..tapi jika ada pilih yang khusus kulit pangsit kuah ya..supaya nggak keras kulitnya.
      Labu siam di rebus nggak masalah..:)
      Ikan tenggirnya memang harus benar2 di haluskan Mba..supaya hasil siomaynya bisa mulus dan adonan tercampur rata dengan bumbu2. Jika ada food processor lebih mudah ya..jika tidak ada..gunakan meet mincer..yang ada di blender itu juga bisa..tapi jangan di tambah air ya..akan beda rasa nanti soalnya. Jika tidak ada juga..bisa gunakan mixer..untuk menghaluskan ikan daging ikan tenggirinya..:)

      Delete
  2. Hullo Mbak Diah..:) mau tanya dunk.. semua bahan diaduknya di food processor semua atau pas ngegilling dagingnya aja? soalnya pas step emasukan tepung tapioka, mbak diah bilang jangan diuleni. berarti adonannya terpisah ya? ohya, gimana cara menutup adonan somay dengan kulit pangsitnya biar rapih mbak? lebih jelas kalau ada fotonya hehee kalau buat lagi pengen liat dunk.. penasaran:) makasih ya mbak diah:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Inta..yang di hlauskan di food proccesor : daging ikan, putih telur, bumbu2 dan labu siamnya Mba..sampai benar2 halus ya..baru di tambahkan teung tapiokanya..tapi cukup di aduk perlahan dgn ujung jari aja..supaya nggak alot siomaynya.
      Cara membuat siomay dengan kulit pangsit..mudah saj amba..ambil selmabr kulit pangsit..taruh adonan di bagian tengah..lalu tangkupkan semua sisi kulit pangsit asal aja..sampai beberntuk ,lalu taruh di cetakan kue talam yang suda di oles minyak goreng..baru di kukus..nanti jadi bagus dan bulat sendiri siomaynya Mba..:)..udah jelas belum mba..hihi..klu perlu fotonya..sabar ya..kmrn udah 2 hari makan siomay..hihi..jadi ntar lagi agak lama lagi bikinnya..:)

      Delete
    2. Hoo gitu toh.. jadi diaduk perlahann saat menambahkan tepung tapioka, diaduk pakai ujung jari aja ya? kalau pakai spatula gimana? atau sendok? sisa kuning telurnya diapain mbak? sayang kalau dibuang hehehe . oks oks.. sepertinya terbayang cara menutup somaynya rahasianya pakai cetakan kue talam toh hehe.. baiklah aku cobain ah..:) maaf ya mbak banyak tanya, maklum newbie makasih banyak mbak diah baik:)

      Delete
    3. Hihi..ya Mba Intan..no problemo..:)

      Pakai ujung jari tuch istilahnya gt Mba..jadi di aduk asal rata..pakai jari2 tapi nggak di uleni..jangan over mix..malah lama ratanya mba..tapi ya bisa saja...setah di aduk pakai jari pakai spatula sebentar. Kuning telur..di simpan..di buat bikin donat..atau roti goreng bisa Mba..tapi jgn lama2 ya nyimpannya..ntar keburu mengering di kulkas..atau di buat kue kering..:)

      Delete
  3. Halo mbak diah, saya pernah bikin somay pake labu siam ini. Tp kok alot, trus bau labu siam juga mbak.apa alotnya itu krena kbnyakan tepung tapiokanya ya? soalny sy pake tepung tapioka. waktu dikukus itu juga bau labu siam mbk, padahal saya kukus jg trus parut. labu siam itu jepan itu kan mb? hehe stlah gagal jd kapok bkin siomay soalny berakhir ditempat sampah :( dan tragisnya lg suami nanya, mana ma siomainya? huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu dikukus siomaynya bau labu siam mbak mksdnya :p *maap buru2*

      Delete
    2. Hai Mba Kiki..siomay alot itu kayaknay bukan karen alabu siamnya Mba..tapi mungkin karena pemakaian tapioka yang terlalu banyak atau pengadukan adonan ikan dan tepung tapiokanya pakai di uleni ya. Bau labu..mungkin karena belum matang labunya ya..coba di kukus sampai matang dan di campur dengan adonan ikan sampai benar2 rata dan halus..nggak ada jejak2 labunya lagi mba..tercampur rata di adonan gt. Lebih baik..yang di uleni itu ikan , putih telur, labu siam dan semua bumbu..samapi benar2 tercampur rata dan halus. Lebih bagus jika pakai food proccesor..jika tidak ada..gunakan mixer juga bisa. Baru tepung tapioka..di campur ke adonan ikan berbumbu yang sudah halus tadi perlahan2..dengan ujung jari aja...jangan di uleni lagi. Insyaallah..nggak akan liat dan alot Mba..simoaynya..tetep empuk tapi ada rasa sedikit kenyal khas siomay gitu. Ayo..di coba ya..jangan menyerah ya..semangatt..:)

      Delete
  4. mbak ini kulit pangsit yang aku beli di supermarket bisa langsung dipakai buat somay kan? biasanya sih pakai ini untuk buat martabak telur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mak Lidya..kulit siomay yang supermarket..:)..tapi kalau aku suka pilih yang khusus siomay kuah..soalnya kalau pakai yang kulit siomay goreng bisa keras hasil siomaynya..:)

      Delete
  5. mak... kalo masak2 mbok aku dicolek, tak ke rumahmu nyicipi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..lha boleh banget Mak Rahmi..pasukan makan ku di rumah cuma bertiga ini..hihi..jadi kadang bikin siomay gini aja bisa buat dua hari..nggak abis2..hihi

      Delete
  6. terima kasih mbak diah atas penjelasanny..
    nanti saya akan cb :D

    ReplyDelete
  7. mba, di kotaku ga ada yg jual kulit utk siomay kuah adanya kulit siomay yg biasa, jdi bgtu selesai dikukus kulit siomaynya kering deh... hiikkss... request cara buat kulitnya donk mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mba Indah..ntar aku posting resep kulit siomay dech. Iya..kalau bukan yang kuah..setelah di kukus jadi kering dan keras kulitnya..:)

      Delete
  8. Ooooo, tipsnya pakai labu siam, ya. Saya baru tau. Kemarin bau buat cilok, mirip2 siomay lah. :)

    Makasih tipsnya, Mbaaaa. . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Idah...biar agak empuk tapi tetep kenyal siomaynya..iya cilok juga enak..cuma minus ikan ya..:)

      Delete
  9. mbak...kalau batagor itu siomay yg digoreng ya?rcn kl gak ada kulit pangsit kuah,saya mau goreng sj pangsitnya..bgmn mbak?anehkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau batagor..adonannya beda lagi Mba..di postinagn lain...kalau ini kan di kukus..jadi agak kenyal hasilnya. kalau batagor..musti lebih lembek adonannya..jadi langsung di goreng bisa cepat matang..:)

      Delete
  10. again......tx a lot mbah diahhh.... :-* sngnya....kmrn ada buat dan berhasil..kel dan tmnku suka...hanya sj kmrn pakai kulit pangsit goreng ( gak nemu penjual kulit pangsit rebus -_- ) akhirnya yg pangsit kugoreng sj,takutnya jd keras krn gak pkai resep batagor..rupanya nggak tuh...pass kt papanya.. ^_^ resep dsr sdh ok..tgl kusesuaikan dg selera kel.ku yg suka pedas...skalian mau nanya mbak...kan ada ditulis : 2 sdt garam...nah sdt itu sm gak dg sdt ukuran sendok obat..atau lain ya?kmrn aku pakai hny 1 sdt obat sj n trnyata sdh ckp asinnya...untung kucb dl...kl gak keasinan :-) makasih ya mbak u resep n trik2nya... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ciwi..sama2..wah seneng dech mendengar semua suka ya siomaynya..iya Mba..syukurlah jika nggak keras ya..hihi..aku biasa beda resep soalnya kalu di goreng. Ukuran sendok teh..kalau aku lebih suka pakai sendok takar yang benar2 buat dapur Mba..karena sendoknya bentuknya atasnya rata..jadi benar2 jika 1 sendok teh itu peres rata dan sesuai standart ukuran dapur. Kalau sendok obat..wah..malah nggak pernah pakai itu mba..hihi..Tapi mba udah bener itu di cicipin dulu aja..beda sendok beda takaran soalnya..:)

      Delete
    2. Tapi makasih infonya lho Mba..berguna yang buat teman2 lain jika pakai ukuran sendok biasa ya..jadi aku udah edit juga biar nggak pada salah masukin garamnya.....:)

      Delete
  11. Mbak Diah,kayanya resepnya kurang deh,tepung tapiokanya berapa banyak..hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..udah lho..ada tulisannya 100 gram..itu di samping ayam..:)

      Delete
  12. Mb Diah, apa bedanya kulit pangsit rebus dan kulit pangsit goreng ya mbak? suwuun

    ReplyDelete
  13. mbak diah sy mau tny,, klo sy dan keluarga senangny siomay utuh, ga pake tahu, kulit pangsit atau yg lainny,, jd setelah adonan siap itu dibentuk bulat2 ato gmn? Trus dikukus atau direbus spt buat mpek2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..di bentuk bulat2 aja kalau mau praktis..lebih baik di kukus Mba..atau kaalau mau di bungkus kulit siomay lebih cantik juga..:)

      Delete
  14. Assalaamu'alaykum wr.wb. mbak Diah Didi yth, gunanya labu siam pada adonan siomay untuk apa ya ? sy lihat ada resep yang tidak menggunakan labu siam, kalau sudah pakai ikan tenggiri, apakah juga boleh ditambah udang ? daging ayamnya apakah harus tetap ada. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Labus iam di adonan siomay biar siomay empuk..nggak keras adan alot Mas..:)
      Kalau udang biasanya di padu sama ayam saja..kalau tenggiri boleh sama ayam..tapi boleh juga sich kalau mau di campur semua...:)

      Delete
  15. Assalaamu'alaykum wr.wb. mbak Diah Didi yth, dengan takaran resep tersebut diatas, dapat dibuat berapa porsi ya mbak ? kalau semuanya harus ada, perbandingan membuatnya sebaiknya seperti apa ? apakah siomay : tahu : kentang : pare/kol = 3 Siomay : 2 Tahu : 1 Kentang : 1 pare, pelanggan lebih banyak suka siomay kan ? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..lupa Mas..hihi..aku kalau masak nggak pernah tak itung jadi berapa porsi je..di coba saja ya..terus..kalau mau buat jualan di bagi2 sendiri mau jadi berapa porsi..kalau mau jualan siomay harus mikir untung kan..justru jangan byk2 siomaynya..biar pada nambah beli lagi pelanggannya..hihi..atau mau lebih enak lagi di hitung satuan..kayak warung2 siomay terkenal di Yogya itu di itung satuan..jadi kalau pelanggan mau banyak siomaynya ya..bayar lebih..:)

      Kalau mau buat jualan lebih baik pakai campuran ayam aja..perbandingan ikan dan ayam 3 : 1..jadi lebih irit..kalau udang kan mahal..kalau udangnya nggak seger..malah amis nanti siomaynya..:)
      Selamat mencoba..:)

      Delete
  16. mbak Didi..makasih resep dan tips nya bikin siomay yg enak. td pagi dah dieksekusi dan hasilnya enak banget..ngett..ngeett :) dulu pernah bikin ayam udang tp gak seenak ikan-ayam ini dan dulu gak pake labu siam..naahh yg sekarang siomaynya nggak keras lg :) maturnuwun yaa mbak..walopun jauh dr tanah air saya tetep bs makan siomay sepuasnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Dyah..ikut seneng dech..klu sukses bikin siomaynya..ini memang versi siomay komplet yang ala abang2 Mba..siomay Bandung..kalau yang dari ayam dan udang itu versi chinese ya..kayak dimsum gt..:)

      Delete
  17. kak aku mau nanya, kalo ikannya di ganti dgg ikan patin bisa kan ya? trs dgg ikannya itu di halusin dulu trs dicampur sama bahan yg lain? apa bareng semua di blender? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah Mba Amelia..pakai ikan patin..jadi belum tau dech..kenapa nggak di coba saja Mba..:)
      Ikannya di haluskan dulu dgn bumbu2..baru di campur tepung dan bahan lain..:)

      Delete
  18. labu siamnya dikukus kira2 brp menit ya spy benar2 mateng ?
    kalau labu siamnya direbus bgmna? kira2 brp menit?
    hehehhehheheh makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet kok Mba..nggak nyampe 20 menit udah empuk...di rebus juga bisa :)

      Delete
  19. Ass.wr.wb.. Mba, bumbu kacang'a kok ga sekalian d tulis? Mau dong resep bumbu kacang'a.. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass..itu Mba..udah ada resepnya tinggal di klik linknya...tulisan *sini* yang warna merah..:)

      Delete
  20. itu labu siamnya di peres dulu gak setelah dikukus, bukannya jd banyak air?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu mba..kadar air labu berguna agar siomay empuk dan lembut..:)

      Delete
    2. mba diah sy jadi tertarik melihat siomaynya boleh ikutan ya, mau tanya mba klu putih telur gunanya utk apa ? juga sy liat klu siomay yg dijual kelihatannya berminyak apakah dikasih minyak bgtu mba spy tidak lengket dgn yg lainnya, trim's

      Delete
    3. Buat perekat Mba..biar adonannya halus....mungkin ya mba..kalau aku sich nggak ya..nggak perlu di kasih minyak..:)

      Delete
  21. Mba kalau ga ada labu siam diganti apa ya? spaya ga alot. Disini agak susah cari labu siam.. makasih mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..ganti tahu suka ndak mba ?..Tapi nanti jadi batagor ding ya..hihi

      Delete
  22. Mba Diah... siang ini saya bikin siomaynya... enaaakkkk... Makasih resepnya mbaa. Mira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Mira..jadi nggak perlu jajan siomay lagi ya..bikin sdr aja di rumah..:)

      Delete
  23. Mba Diah, ikan fillet mksdnya ikan mentah yg uda dibuang durinya yah? Trs cara mnghaluskan ikan/ayam gak prlu di kukus dlu mba? Klo pke mixer ikan/ayam masih mentah kah n gak prlu pke air ya mba? Maaf mba bnyk tnya soalnya bru bljar masak.. Siomay makanan favoritku, pgn bgt buat sndiri.. Mohon arahannya mba.. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..daging ikannya aja. Kalau di kukus dulu beda rasa nanti mba..nggak ada rasa gurihnya lagi.Kalau punya food proccesor lebih mudah..tp jk tdk ada pakai mixer itu biar ndak pakai air..tujuannya.

      Delete
  24. Mba, klo labu siamnya mentah (gak dikukus) bs ga? Thx mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti siomaynya berserat mba.....:) Kalau di kukus kan jadi halus dan nymapur di adonan.

      Delete
  25. Mba klo ga pake labu siam bisa ga? Soalnya agak susah nyari labu siam disini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak pa2 mba..agal kenyal aja siomaynya..:)

      Delete
    2. Ok. Makasih mba. Dicoba nanti pas libur

      Delete
  26. mbak kalo siomaynya udah jadi terus difreezer boleh ga?
    kalo diangetin (dikukus) lagi sama enaknya sama yg baru jadi ga?

    tahan brp lama yah kalo di freezer?

    makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..bisa..masih sama enak asal ndak kelamaan ya..hihi

      Delete
  27. Mbak Diah, mau tanya tepung tapiokanya bisa diganti pake sagu ga? di sini soalnya banyak sagu. hehehe
    nuhun, mbak

    ReplyDelete
  28. Mbak, mau tanya. Kalau misalnya ga nemu ikan tenggiri bagusnya diganti ikan apa? trus tepung tapiokanya bisa diganti tepung sagu ga? disini surganya sagu soalnya. hhehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau siomay yang versi asli ya pakai tenggiri ya mba..cuma kalau nggak ada ada yang pakai ikan kakap atau belida..coba jika di sana ada ya cuma ya beda tetep rasanya ya....:)
      Tepung sagu bisa di pakai..tapi kalau tekturenya mau agak kenyal sebaiknya di campur tapioka....:)

      Delete
  29. Mbak kalau pakai ikan semua bisa enggak soalnya saya engga makan ayam terimakasih Mbak

    ReplyDelete
  30. kmrn aq br coba bkin siomay & gagal. Keras & amis bgt. Pdhal udh pake labu siam. Apa krn daging ikannya cm q cincang ya mbk? Trus kmrn pake sagu bukan tapioka,pengaruh gak ya? Penambahan daging ayam wajib ga sih mbk? Trus dkukusnya kira2 berapa lama ya? Makasih ya mbk,aq msh penasaran buat nih. Tiwi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba..ikan tenggiri kalau ucma di cincang ndak enak..akan terasa amis dan neg karena nggak bisa nge blend sama bahan2 lain mba. Harus di haluskan bener2 jadi kayak pasta gitu..jika tidak punya food procesossr stlh d cincang hls..bs di mixer dgn bahan lain...kec tepung ghh halus dan lembut baru campur tepung. Pakainya tapioka aja..jika sagu thok..keras memang. Daging ayam bikin tambah gurih adan lebih hemat juga. Nggak pake ndak pa2.

      Delete
  31. Penggunaan labu siam itu untuk apa ya sebenernya? Apakah berpengaruh terhadap tekstur adonan, atau menghilangkan bau amis, atau bagaimana?

    ReplyDelete
  32. Salam kenal mba diah aku salah satu pengemar blognya mba loh hehehhehe, ow ya mba tinggal disemarang kah?klo beli ikan tengiri disemarang dimana ya mba hehehe soalnya aku jarang nemu ikan tengiri disemarang..makasih jawabannya saya rizka mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slm knl juga mba Rizka..:)
      Kalau yang pasti ada terus kalau pas aku ke sana itu aku liat di pasar Gang Baru Pecinan Semarang bawah mba..gede2 banget tenggirinya. Kalau di supermarket di superindo yg sering ada. Klu di pasar t4 ku ya kadang ada.kdg nggak..:)

      Delete
  33. Mbak Diah, klo blh tau merk kulit pangsit yg kuah apa ya? klo aku beli biasanya yg buat digoreng. matur nuwun sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk Jempol..klu di superindo itu ada dua macam mba..satu goreng..satu kuah..:)

      Delete
  34. 3 Jempol untuk blog resep ini mbak ^_^
    izin baca-baca resepnya, soalnya resep ini nggak ada di blogku Resep Pisang Goreng Kremes Menu Sarapan Praktis

    ReplyDelete
  35. Mbak, kalo pake daging ayam semua gimana? Soalnya gak suka ikan hehe
    Klo gk punya food prossecor/mixer gmna?
    Shelly.

    ReplyDelete
  36. Hi mba diah... kalau labu siam nya diganti dgn lobak putih bisa gak ya? Terimakasih :)

    ReplyDelete
  37. halo mba diah...klo telurnya !butir sekalian kuning dan putihnya..pengaruh d mananya ya..terimakasih

    ReplyDelete
  38. Hai mba diah, aq dah praktek resepnya dan hasilnya emang lembut bgt siomay nya tp justru saking lembutnya koq gak terasa kenyalnya ya? Semua sdh sesuai resep. Kira2 knp ya mb? Mksh mb diah

    ReplyDelete
  39. Sy dh cb resepnya. Enak! Walaupun sy modif. Sy pk tenggiri 150g, aym giling 150g, telur 1 (putih&kuning), labu siam bsr 1/2, daun bwg iris tipis. Lainnya sama. Dan krn gk ada dandang kukusan, sy labu sy rebus jg adonan siomay sy rebus di air yg sdh mdidih. Hasilnya tetap enak. Blm smpat bikin saus kacang, sm ank2ku udh diambilin & lsg dimkn pk kecap & saus sambal/tomat aja. Thank mb Didi!
    Angel di Depok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..sipppp syukurlah jk suka :)

      Delete
  40. pengin sekalai buat siomay dengan bumbu masakan sendiri, apalagi sekrang ini kalau pas waktu hujan enaknya makan yang anget-anget sambil makan camilan seperti siomay ini bener-bener dengan selera bagus

    ReplyDelete
  41. Halo mbak diah yg baik
    sy udah prnh buat sio may tp kulitnya tampak gelap, nd putih cantik seperti d rmh makan, selain itu kulitnya keras, jd keliatan kusam, klo daging sich oke
    itu bgmna yah mbak solusinya?
    maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kulit pangsit buatan sdr atau beli Pak ?..Jk bikin sdr coba di campur sedikit tepung tangmien..nanti akan putih hasilnya..:)

      Delete
  42. Halo mba diah..mau tanya..kalau saya pakai sepasang dada ayam filet dan 1/4 udang...tapioka, labusiam dan putih telurnya jadi brp ya mba? Maaf blm pinter dalam takar menakar...trima kasih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutin resep aj amba..jk mau sdkt..bikin separo..jk mau byk..bkn 2 resep..itu lebih mudah..:)

      Delete
  43. apakah adonan tersebut sama ama bikin baso tahu?

    ReplyDelete
  44. saya lierr mba..4 x gagal buat somay dan dimsum..
    kasihan suami pake bingung dulu setelah memakannya..

    ReplyDelete
  45. Mbak... kalo pake labu siam kecil bisa gak ya ? Karena kan lebih manis . Apakah akan jd pengaruh di rasanya nanti ?

    ReplyDelete
  46. wah, Mbak, kalau dikukus 20 menit tapi kok masih keras kubisnya kira-kira apanya ya?

    ReplyDelete
  47. Mbk, pakainya labu besar, gak labu siam, bisa? Nanti ada bedanya ga?

    ReplyDelete
  48. hai..mbak Diah
    Udah cuaantik pinter masak lagi..wanita yg sempurna.

    ReplyDelete
  49. mbak Diah...aku hnya ingin memastikan az apakah resep mbak Diah emang gak pakai tepung terigu dan tambahan air?

    ReplyDelete
  50. Hai mba diah.. salam kenal mba...sy mau tanya..untuk pare yg akan diisi adonan siomay, agar pare tdk terasa begitu pahit bagaimana caranya ya mba.. tks. Oh iya untuk resep saus kacangnya ada ga mba?

    ReplyDelete
  51. Ass,.mbak aku mau tanya kalo bikin adonan batagor gmn ya,saya ko masih mentah aja dalemnya pas udah d goreng pake nya apa tepung tapioka aja atau campur terigu ??

    ReplyDelete
  52. Ass,.mbak aku mau tanya kalo bikin adonan batagor gmn ya,saya ko masih mentah aja dalemnya pas udah d goreng pake nya apa tepung tapioka aja atau campur terigu ??

    ReplyDelete
  53. Ka diah, aku coba buat siomay, tp adonan ku persis pake labu jg, tp aku masih mentah pas di campur ke adonan, apa itu pengaruh buat kenyalnya mba? Dan kalo adonan udah terlanjur kenyal (karna kebanyakan tapioka) ada tips mba biar bisa normal lg? Makasih mba

    ReplyDelete
  54. terima kasih mbak diah atas penjelasanny..
    nanti saya akan cb :D

    ReplyDelete
  55. Mbk, pakainya labu besar, gak labu siam, bisa? Nanti ada bedanya ga?

    ReplyDelete
  56. Mbk untuk bikin adonan pakai air es atau air hangat ya ? Trs bedanya apa ? Tq

    ReplyDelete
  57. Mbk untuk bikin adonan pakai air es atau air hangat ya ? Trs bedanya apa ? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air es atau lebih baik jika menggunakan es batu yg higienis, adalah untuk menghindari reaksi kimia yg tak kasat mata saat pengadukan adonan dengan blender atau food processor karena gesekan dengan kecepatan tinggi antara bahan nabati, hewani dan bahan tambahan pangan lain, berdasarkan artikel dari BengkelBakso.com

      Delete
  58. Kalau ditambah bahan tambahan pengenyal pangan 0,5 dari berat total adonan (jangan lebih, kurang sedikit lebih baik, saya pakai sodium tripoly phospat yg food grade dan diijinkan bpom) akan konstan empuk dan kenyal walau dingin, stpp bisa dibeli di toko kimia, minta yg buat makanan, jangan keliru yg buat sabun

    ReplyDelete
  59. mbak diah sy mau tny,, klo sy dan keluarga senangny siomay utuh, ga pake tahu, kulit pangsit atau yg lainny,, jd setelah adonan siap itu dibentuk bulat2 ato gmn? Trus dikukus atau direbus spt buat mpek2?

    ReplyDelete
  60. Mb, boleh saya tanya di resep yang dimuat disini bisa untuk berapa potong siomay? Terimakasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  61. Mb, boleh saya tanya di resep yang dimuat disini bisa untuk berapa potong siomay? Terimakasih atas jawabannya

    ReplyDelete