Google Ad

Saturday, June 1, 2013

Jeruk Limau ..Si Mungil yang Eksotis dan Banyak Manfaat..


Kemaren iseng..pas lagi motret makanan di luar di halaman belakang..liat 3 pohon jeruk limauku banyak buahnya..jadi iseng2 ku potret..terus keingatan nulis tentang jeruk mungil yang enak buat kucuran sambal  ini.
Teman teman pasti sudah sering yang ketemu jeruk limau..misalnya pas makan siomay atau sate..atau sambal penyet ada kan itu jeruk kecil2 yang  nambah di kucuri  perasaan jeruk ini. Yapp..namanya jeruk limau atau biasa kita kenal dengan sebutan jeruk sambal.. Jeruk limau mirip jeruk nipis ya..cuma ukurannya lebih kecil, warnanya lebih hijau tua dan kulitnya lebih tebal dan berkontur seperti keriput gitu. Aroma jeruk limau ini sangat harum, bentuknya bulat agak gepeng.

Jeruk limau di sebut juga *jeruk lemo* sangat cocok untuk kucuran aneka sambal kacang seperti sambal simay, sate, seafood dll.Selain untuk masakan, jeruk limau ini juga bisa di pakai untuk anti bau badan lho teman2..hihi..beneran..aku pernah baca..Jeruk limau ini mengandung minyak atsiri yang di sebut limonene, yang mampu mengusir bau badan sekaligus anti keringat. Cara penggunaannya gampang untuk mengusir bau badan ini, tinggal di belah dua jeruk limaunya , lalu di peras airnya, tambahkan tiga sendok makan air kapur sirih dan satu sendok teh bubuk tawas. Aduk rata. Cara pakainya..tinggal di olesnya di ketiak sehabis mandi. Lakukan secara teratur tapi ya untuk hasil yang maksimal.

Kalau aku paling suka  pakai jeruk limau buat kucuran sambel penyetan yang semi mentah ..jadi cabenya mentah fresh..sedangkan bawang putih tomat dan terasinya matang..rasanya jadi seger sambelnya..walah..kemecer..jadi ngebayangin ayam goreng atau lele goreng garing nich..pas banget di makan sama sambel penyetan gini dan nasi putih yang masih ngepul..woa..laper lagi..hihi..padahal abis sarapan pecel pincuk tadi..^^...kalau mau coba sambel penyetan ala aku resep lengkapnya di sini


1 comment :

  1. mba diah bagi dong jeruk limaunya,, lagi nyari2 ni sush dptnya, suka bingung jeruk limau am jeruk nipis tp emng bwt kucuran smbel enak bgt ya mbak jeruk limau ,, tp pas pulang ke jogja susah nemunya di pak sayur

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel