Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Aneka Tepung
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review

Wednesday, June 19, 2013

Rengginan...Cemilan Kriuk dan Gurih..^^


Pulang kerja..suami bawa oleh2 *Rengginan* dari Muntilan..wah..senang banget aku..secara dari kecil aku suka sekali dengan rengginan ini. Buat teman2 yang tinggal di Jawa..pasti sudah tidak asing ya..dengan cemilan kriuk kriuk yang enak ini. Karena dari kecil pasti ya sudah terbiasa makan rengginan. Nah..buat teman2 yang belum tau apa itu rengginan..aku tulis saja di sini ya.

Rengginan..adalah cemilan renyah yang terbuat dari tepung ketan. Cara membuatnya lumayan butuh proses, karena kita harus merendam ketan semalaman, lalu mengukus ketan yang di telah di campur bumbu terlebih dahulu sampai matang, kemudian di cetak sesuai selera, tapi biasanya bentuk bulat cekung ..kalau yang otentik jadul. Selanjutnya di jemur sampai benar2 kering di terik matahari beberapa hari, baru kemudian di goreng hingga renyah. Nah ..proses yang pakai di jemur segala itu yang membuat niatku selalu surut untuk mencoba membuat sendiri rengginan di rumah..dari dulu ingin coba..tapi belum kesampaian. Orang Jawa memang kreatif mengolah cemilan ..dari nasi saja teman2..kalau nggak habis..asal nasinya pero..bisa kita olah juga lho  jadi cemilan gurih seperti rengginan ini..namanya *Karuk*..hihi..jadi nasi di jemur sampai kering terus di goreng dan ketika matang di bumbuin garam. Nah..kalau rengginan ini bukan berasal dari nasi ketan sisa..tapi memang sengaja di buat cemilan.


Nah..pas di bawakan suami rengginan..wah..jadi seneng sekali. Rengginan yang di bawa suamiku ini dari Muntilan Jawa Tengah, merknya *Monza*..usaha rumahan gitu. Rasa rengginan itu unik teman2..renyah..gurih dan terasa kalau itu  terbuat dari ketan. Setelah ku cicipi rengginan Monza ini enak..renyah dan gurih. Buliran2 ketannya sangat cantik ..mengembang sempurna. Ada dua jenis..yaitu rengginan manis dan gurih. Rengginan manisnya pas rasanya..tidak terlalu manis..jadi enak di cemal cemil dech sambil minum teh hangat pagi2. Yang gurih juga enak..pas..sedang saja gurihnya. Dan yang aku suka dari rengginan Monza ini..bentuknya yang gede2 dan empuk renyahnya. Kemasannya juga menarik ya..rengginan di tata satu2 dan di tumpuk di kemasan plastik tebal..yang pas ukurannya sesuai besarnya rengginan..dan di kemas menarik dengan tali pita dan juga kemasan warna cerah..jadi pas banget nich jika di jadiin oleh2. Mungkin akan lebih menarik lagi ya..jika varian rasa rengginan lebih di perbanyak..jadi selain rasa original rengginan jadul yang sederhana seperti rasa asin dan manis ini...misalnya di buat juga..rengginan rasa udang..rasa terasi..rasa keju..rasa pedas..bisa juga rasa coklat...atau mau ngikutin trend kuliner sekarang..di bikin aja rengginan rainbow..hihi..rengginan warna warni gitu...dalam satu kemasan..pasti menarik minat pembeli..jadi benar2 bisa menjadi pilihan oleh2 yang variatif ya dari daerah Muntilan. Karena..usaha dan produk sejenis yang beredar kan banyak ya..jadi untuk meningkatkan daya saing dalam suatu usaha kuliner..kreatifitas sangatlah penting.  Inovasi..dalam bisnis kuliner sah2 saja kok..asal tidak meninggalkan konsep original bentuk aslinya. Kayak Bandung tuch..sangat inovatif ya teman2..kalau soal inovasi kuliner dan oleh2..jadinya bener2 sering jadi trend setter kuliner dech..^^



Oke..buat yang belum tau rengginan..cobain yuk teman2..kalau pas lewat Muntilan mampir dech ke rengginan Monza ini..atau bisa telp ke sini kalau mau pesan dan di kirim ke rumah..Jl. Pemuda 152 Muntilan Jawa Tengah. Telp 0293 586058.


2 comments:

  1. Replies
    1. ya itu di atas ada alamat toko dan no telp yang jual..:)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...