Tuesday, June 4, 2013

Balado Terong dan Teri Medan


Sudah dua hari ini..pagiku santai..tidak harus terburu2 bangun , buat sarapan dll..nyiapin keperluan Yodha sekolah..karena...yapp..libur telah tiba..libur telah tiba..horeee..hihi..*lebay*. Yodha sudah mulai libur panjang dari kemaren..satu bulan lebih..mantab dech..cuma belum bisa ke mana2..karena Papinya kan tidak libur. Akhirnya Yodha cukup enjoy di rumah menikmati saluran tivi Nick Junior / Disney Junior favoritnya...puas dech dia seharian nonton kartun..kalau nggak ku stop dan ku jadwal..nggak akan berhenti2 mungkin nonton kartunnya. Tapi ya nggak pa2..selama masuk sekolah full day dia kan jarang nonton kartun..paling pagi2 sebelum sarapan atau malam setelah belajar. Paling2 nanti setelah beberapa hari dia juga akan bosan nonton kartun terus..dan lebih suka menggambar..karena Yodha suka menggambar..dan bikin komik katanya..ya..walau masih aneh dan lucu sich komik ala dia..hihi..yaitu terinspirasi dari komik Donal bebek yang sering di bacanya.

Akhirnya pagi tadi bisa santai nyiapin sarapan buat Yodha dan Papinya..karena papinya ngantornya jam 9..jadi masih banyak waktu, bisa belanja dulu ke tukang sayur yang mangkal di dekat perumahan. Yodha..mintanya sarapan pecel..akhirnya pagi2 udah sibuk bikin sambel pecel tadi..hihi. Emang..kalau lagi suka suatu makanan..pasti minta terus dech Yodha. Dia suka pecel sejak ku ajak makan pecel pincuk di warung pecel langganan kami dekat rumah..sejak itu..kalau di tanya mau makan apa...selain menu2 fav dia lain..selalu minta pecel..hihi. Nah..buat papinya aku masakin balado terong aja tadi, biar lebih gurih ku tambahkan teri medan yang sudah di goreng..jadi baladonya ada tekture kreyes kreyes renyah dan gurih dari teri medannya. Udah cuma balado terong dan telur ceplok aja sarapan suamiku tadi..itu aja udah lahap makannya..hihi. Aku ngabisin sambel pecelnya Yodha di makan pakai bakwan daun singkong yang tadi ku posting resepnya di sini..enakk. Jadi buat siang sudah ada stock lauknya..tinggal nanti sore masak lagi buat makan malamnya.

Oke..buat teman2 yang suka balado terong..yukk di coba ya balado terong ala  aku. Aku ada dua versi balado terong yang sering ku masak, yang pertama yang sudah pernah ku posting resepnya di sini , dulu itu bumbu2nya mentah , langsung di ulek halus, baru di tumis sampai matang. Nah..kalau balado terong yang sekarang, semua bumbunya aku goreng dulu, baru di haluskan dan di tumis lagi. Rasanya..sama2 enak..tinggal sesuaikan selera aja ya teman2..mau coba yang mana. Ini dia resep dan step by stepnya ya..
  • Siapkan dulu terong ungu ya, aku tadi pakai 2 buah aja, potong kecil2 panjang kayak di foto ini atau sesuai selera ya , mau bulat2 juga boleh. Lalu rendam dengan air dan sedikit garam ya, supaya pas di goreng tidak terlalu menyerap minyak dan hancur. Lalu goreng sebentar saja hingga terongnya layu.Setelah itu siapkan juga 50 gram teri medan, cuci bersih, lalu goreng hingga renyah.
  • Selanjutkan siapkan bumbu2nya ya : 8 buah cabe merah, 3 buah cabai rawit, 8 butir  bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 buah tomat, 1 sendok teh terasi, gula merah 1 sendok teh, bumbu kaldu / garam secukupnya. Pertama potong2 kasar cabenya ya biar nggak mbledos waktu di goreng ya, bawang merah dan putih juga potong kasar aja, terus di goreng semuanya..sama tomat dan juga terasinya sekalian. Hasilnya kayak foto di bawah ini.
  •  Haluskan semua bumbu yang sudah di gorengtadi, tidak sampai halus banget nggak pa2 kok.
  • Nah ini dia bumbu halusnya sudah siap di tumis,sampai matang dan jangan lupa masukkan gula merah , bumbu kaldu atau garamnya ya. Terakhir masukkan terongnya..aduk rata. Terakhir taburi dengan teri medan goreng.
  •  Ini dia hasil balado terong dan terinya...yummy.

8 comments :

  1. haduuuhhhh...ngelap iler ni mb diah. Habis liat picnya clegak cleguk terus. Paling asoy dimakan pake nasi anget deh. Trus kalo aku bumbu baladonya direbus, nggak digoreng biar nggak terlalu berminyak banget karena terongnya sudah menyerap minyak banyak. Aroma langu bumbu juga bisa ilang kok biarpun direbus. Itung-itung ngurangi konsumsi minyak. Mak irit,hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ayo makan dulu Mba Rina. Wah..ide bangas tuch Mba..kapan2 tak cobanya ya di rebus aja...plus terongnya sekalian di panggang aja kali juga ya..pake hapy call wis..no minyak..lumayan bisa mengurangi ras abersalah pada badan jika makannya nambah..^^

      Delete
  2. mau... pas banget aku punya stok teri medan banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Armita..tambah enak lho karena ada kriuk2 teri medan di balado terongnya...^^..met coba ya..

      Delete
  3. Malam2 liat postingan mba didi, waduh ngences, perut ampe krukkkkk krukkkk bunyinya. Hehe.. Maklum fotonya keliatan enak banget... Nie ipadku aja dah basah krn ngencesannya.. Haha.. Mau bikin ahhhhhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...maafken ya Mba..kalau fotonya membuat perut protes..ayo di coba..biar nggak penasaran..^^

      Delete
  4. Mbak Diah Didi kok pinter banget dalam menyajikan penjelasan cara memasaknya, apalagi ditambah pic-nya. Sangat memotivasi bagi yang mau belajar memasak. Trimakasih

    ReplyDelete
  5. Fotonya membuat semakin menggiurkan. Resepnya jug mantap.

    ReplyDelete