Friday, June 21, 2013

Ayam Goreng Krispi



Ayam goreng tepung krispi..pasti sering ya jadi menu keseharian kita teman2..terutama lauk buat anak2. Jadi sering banget bikin. tapi selain bikin sendiri sering juga beli...apalagi kalau seri mainan  anak2 hadiah KFC di sukai Yodha..pasti dech ngajak ke sana..atau sekedar beli beberapa potong ayam krispi pinggir jalan..kadang lumayan juga rasanya. Makanya jarang ku foto kalau bikin ayam krispi ini..tapi kemaren temen fb Mba Sus..minta resepnya..oke dech.jadi sekali2 di foto dan di tulis resepnya. Ayam krispi ala aku tentunya ya..aku lebih suka bikin ayam krispi yang tidak di celup telur tapi larutan tepung bumbu cair..baru di gulingkan ke tepung kering, jadi hasilnya bisa keriting cantik dan juga renyah. Oke..ini dia resep ayam krispi ala aku ya..
Ayam Goreng Krispi

Bahan :
1/2 kg sayap  ayam, di rendam dengan sedikit garam dan merica dan 2 bawang putih yang di haluskan, taruh kulkas 1- 2 jam agar meresap
150 gram tepung terigu
2 sendok makan tepung maizena
1 sendok teh baking powder
1 sendok makan peres saja bumbu kaldu bubuk rasa ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh bubuk bawang putih ( jika ada )

Cara membuat :
Campur tepung terigu, tepung maizena , baking powder, dan semua bumbu kering lain..ayak dan aduk rata.
Ambil 25 gram adona tepung, campur dengan 100 ml air, aduk sampai licin.
Ambil potongan sayap, celup ke larutan tepung cair, lalu gulingkan ke tepung bumbu kering sambil di angkat2 dan di cubit biar keriting. Ketok ketokan ayam yang sudah bertepung..agar tepung yang menempel berlebihan jatuh kembali dan hasilnya bisa jadi keriting. Goreng hingga matang . Sajikan.

Tips :
  • Pilih ayam bagian sayap..karena lebih gurih dan lebih mudah matang, karena ayam krispi ini  harus di goreng sampai terendam minyak / deep fried gitu.dan kadang peralatan untuk menggoreng kita kan nggak kayak di resto2 ayam krispi ini kan..dan minyak yang kita gunakan juga biasanya tidak terlalu banyak...jadi sayap ayam lah yang lebih mudah untuk matang. Tapi jika suka bagian dada dll...bisa di buat potongan yang lebih kecil atau tipis2 supaya matang sempurna dan lebih gurih.
  • Jika suka pedas, bisa di tambahkan cabai bubuk di adonan tepung pelapisnya.

25 comments :

  1. lauk enak yang pastinya nggak bakal ditolak nih. Tua muda apalagi anak-anak mesti doyan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..di gado aja kalau aku..hihi..buat cemilan..*Gubrak..nyemilnya ayam krispi ya Mba..kapan kurusnya aku ini ..hihi

      Delete
  2. asyiiik...pingin coba ah....ibu2 seperti aku ini juga suka kok...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Rita..toss..suka yang kriuk2 dan di goreng2 kita ini ya..^^

      Delete
  3. kesukaan anak-anakku tapi aku suka males bikin mba, beli saja..minyaknya harus banyak..tapi liat resep ini jadi pengen nyoba yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...Iya Mak.. banyak ya yang jual Ayam2 goreng ala KFC yang murah2..cobain dech sekali2 bikin..paling tidak..minyaknya kan bisa kita pilih yang baru..jadi lebih sehat ya..^^..klu bagian sayap cepat matang kok..^^

      Delete
  4. Mbak Diah, dicubit2 dengan diremas2 sama gak ya? Matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kira2 begitu..sama pengertiannya ya Mba..^^..di cubit2 dengan dua tangan sambil di angkat2 ayamnya supaya tepung menempel dan keriting..terus di ketok2..biar nggak berlebihan tepungnya.

      Delete
  5. Semoga bener tehniknya waktu praktek.. jd deg2an hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kayak mau ujian aja Mba Monica..deg2 an...santai aja Mba..nanti pasti reflek sendiri lama2...^^

      Delete
  6. halo Mbak.. Mau nanya ini pakai tepung terigu protein rendah atau sedang atau tinggi?
    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau hasilnya renyah pakai yang tinggi Mba..tapi jika tidak ada yang rendah juga bisa..:)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Dear Mbak Diah,

    Tadi malem aku coba bikin ayam crispy ini tapi pakai ayam bagian paha drum stick ukuran sedeng, gak terlalu gede, ayamnya ayam pejantan bukan ayam kampung. luarnya garing tapi bagian dalamnya belum matang masih merah dan dingin :( padahal aku udah lapis dua kali dan digoreng dengan minyak panas dan banyak, Apa ada cara yang aku lupakan atau apa yang salah ya dgn cara ku semalam mengolahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Intan..apinya kecil kan Mba..tapi sudah di panaskan terlebih dahulu minyaknya ?
      Dan..kalau bikin ayam krispi lebih baik pakai ayam broiler Mba..cepat matag dan empuk,.:)

      Delete
    2. iyup bener banget mbak di, tadi pagi, karena aku penasaran, aku cobain lagi aku biarin panas dulu minyak banyaknya pakai api besar lalu pas aku masukin ayamnya, apinya aku kecilin. Jadi lebih lama sih masaknya, tapi yippie berhasil matang dalamnya dan krispi luarnya:) aku pakai cara mbak Diah yang teknik cubit2 itu, jadi keriting hasilnya. Seneng deh, bisa bekelin makan siang suamiku dengan ayam krispi sekaligus aku praktekin tahu krispi yg kemarin mbak di, share resepnya. bento maksi utk suamiku cantik dan tampak enak makasih yaaa mbak Diah:)

      Delete
    3. Sippp Mba..malah udah ketemu jawabannya sdr ya..bagus itu..kalau gagal coba lagi dan akhirnya berhasil ya Mba..ikut seneng dech..:)

      Delete
  9. mbak, klo ayamnya diungkep dl gmn ? soalnya takut krg empuk,hehe...suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba..seatauku kalau ayam goreng begini..kalau di rebus dulu kok malah jadi keras ya Mba..dan kurang enak rasanya..^^

      Delete
  10. Slm kenal mba .. Aq ana .. Mba, mo nanya, kdg aq klo gk direbus dl kok msh sk spt bdarah y ayam na? Merah2 gt di pangkal2 tulang na, klo kt suamiku, direbus dulu mma .. Tp emg bnr klo direbus sk krg enak dan gak gmn gt .. Jd biar gk merah2 diapain y? #ammaYana(ana)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ana..salam kenal juga Mba..:)
      Tips biar ayam gorengnya matang sempurna..di goreng di minyak banyak dan terendam Mba. Tapi minyaknya di panasin dulu ya sampai benar2 panas..lalu masukin ayam yangs udah di tepungin. nah..pas masuk..kena minyak panas kan langsung kerting tuch kulitnya..setelah itu tinggal kecilkan api dan goreng hingga matang. Jika ada pakai panci kecil yang dalam gt mba..lebih mudah dan hemat minyak. Janga di goreng pakai teflon ya..pastinya ndak bisa terendam..:)

      Delete
  11. Waaah...baru tahu klo direbus dulu jd keras ...hm, panci solusi juga ya buat goreng ayam tepung begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..jadi kurang fres kalau di rebus dulu..:)

      Delete
  12. Halo mba diah...suka banget ayam crispy kayak gini, tp paling tdk suka minyaknya jadi kotor banget. Ada tips gak mba biar minyaknya tdk kotor?

    ReplyDelete
  13. Halo mba diah...suka banget ayam crispy kayak gini, tp paling tdk suka minyaknya jadi kotor banget. Ada tips gak mba biar minyaknya tdk kotor?

    ReplyDelete