Sunday, June 23, 2013

Tips Sukses Bolu Kukus Merekah


Bolu kukus merekah..di kenal juga dengan nama roti kukus, kue jadul yang sampai sekarang masih banyak peminatnya. Rasanya manis, gurih dan lembut tekturenya seperti kapas..begitulah rasa bolu kukus yang seharusnya ya teman2..cuma kadang2 membuat bolu kukus ini gampang gampang susah, meskipun bahan dan cara membuatnya simple, namun tak jarang kita sering gagal membuatnya. Kegagalan yang paling sering adalah bolu kukusnya gundul atau mingkem..hihi..nggak mau merekah..tapi untungnya sekarang malah lagi nge tren ya bolu kukus mingkem yang di buat polkadot gitu atasnya..hihi. Selain itu kegagalan lain dalam membuat bolu kukus adalah kadang juga bolu kukus tekturenya keras atau malah bantat juga bisa.

Nah..biar nggak *mingkem* atau bantat lagi bolu kukusnya..yukk kita belajar sama2 tehniknya agar berhasil membuat bolu kukus yang merekah....

  • Ukur bahan dengan tepat sesuai tertera di resep, untuk pemula lebih baik benar2 mengikuti resep..jangan di modifikasi sendiri.
  • Bahan2 yang di pakai berkualitas, misal telur yang di pakai masih segar, tepung yang di gunakan sesuai yang di sebutkan di resep, misal tepung terigu protein sedang, jangan di ganti protein tinggi, dll.
  • Semua bahan cair bisa di gunakan untuk pembuatan bolu kukus, bisa air kelapa, santan,  susu cair ataupun air soda manis adalah paling bagus untuk membuat bolu kukus yang ingin merekah sampai menjuntai ke bawah gitu.
  • Untuk adonan yang menggunakan soda manis, sebaiknya tidak di tambahkan baking powder atau baking soda, supaya hasilnya merekah maksimal
  • Ada banyak tehnik membauat bolu kukus, ada yang bahannya semua di kocok ada pula yang telurnya dulu yang di kocok  baru masuk bahan lain, semua cara sah2 saja, asalkan hasil akhir adonan harus benar2 kental, cirinya adonan berwarna putih, tekturenya terlihat membekas  dan berjejak garis baling baling dari mixernya dan jika di angkat adonan tidak jatuh ke bawah lagi.
  • Cetakan..memang bukan faktor utama yang menentukan keberhasilan bolu kukus, namun cetakan yang sesuai akan mendukung agar adonan bisa merekah maksimal..jadi lebih baik kita gunakan cetakan khusus untuk bolu kukus ya..yaitu cetakan satuan yang berlubang2 yang terbuat dari alumunium ataupun plastik.
  • Cup kertas yang kita pakai untuk bolu kukus juga sebaiknya tidak terlalu tinggi atau tebal agar lebih mudah merekah.
  • Bolu kukus membutuhkan suhu yang panas adan stabil, untuk itu paling baik jika memakai kukusan berlubang besar / langseng..namun jika tidak ada, bisa juga memakai kukusan lubang kecil biasa, tapi dengan api besar.
  • Agar merekah maksimal, isi cetakan sampai penuh dengan adonan, dan kukus dengan jumlah secukupnya..agar ada jarak antara cetakan yang satu dengan yang lain.Pastikan ada ruang agar uap panas bisa naik dan adonan bisa matang sempurna dan merekah.
  • Bungkus tutup kukusan dengan kain agar uap air tidak menetes, karena kalau menetes akan menyebabkan adonan basah.
  • Setelah matang, agar bolu kukus tidak lembab atau basah , segera keluarkan dari cetakan dan pindahkan ke rak kawat ( cooling wire ) hingga dingin.
  • Simpan bolu kukus yang sudah dingin dalam wadah kedap udara atau di bungkus plastik satuan agar tidak cepat kering.
Semoga sukses ya teman2 bikin bolkus nya..dan jangan sampai terkena..*kutukan bolu kukus*..hihi..dulu istilah ini sempat nge trend..kalau kita membuat bolu kukus dan nggak sukses merekah bol kusnya...^^


39 comments :

  1. Bolu kukusku baru mesem aja Mak, belum ketawa lebar..hihiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..pakai tehnik yang mana Mak Ety...yang all in one di kocok atau telur dan gula di kocok dulu..cobain dech resep bolu kukus coklat rasa brownies yang udah pernah ku posting Mak..mudah mekarnya..^^

      Delete
  2. All in one pernah, yg telur n gula dikocok duluan juga pernah, tp hasilnya sama, nngak mekar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang banyak faktor sich Mak Ety ya...bolu kukus bisa mekrok..kadang resepnya udah bener..langkah udah bener..eh kita salah ngukus atau apa dikit juga udah ngambek..bol kus nya hihi...jadi sering coba aja Mak..nanti biar bisa tau salah tehnik di mana..atau kurang apa gt..semangattt ya..^^

      Delete
  3. mbak bagaimana membuat motif zebra gitu ya....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kantung plastik segitiga..di semprotkan gantian mba..adonan coklat dan putihnya..nanti terbentuk sdr motifnya,..:)

      Delete
  4. mba diah yang baik....hehe...air soda manis itu apa mba contohnya? kaya sprite yang ada di pasaran gitu atau kalau beli di tbk namanya apa? truss...ada yang bilang nuang adonan di cetakan harus full kalau mau ngembang.....ada juga yang bilang cuma 3/4 nya saja....yang bener yang mana ya mba? truss...kalau panci kukus nya pake 2 sap gitu bisa juga ga? takutnya sap yang paling bawah bolunya ga bisa ngembang.....makasiyyy mba diah u jawabannya...hehe maaf nanya mulu....^^ maklum baru belajar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Maya...soda manis : Sprite..atau kalau mau warna warni ..bisa pakai fanta..:)
      Tergantung resep mba..tapi kalau aku lebih sering full ya nuangnya..jadi adonan kalau kena uap panas kan terdesak semakin ke atas..jadinya merekah dech..:)
      Lebih baik pakai pengukus tunggal aja Mba..ndak usah yang bersusun.

      Delete
  5. Lucu banget istilahnya bolu kukus mingkem, kutukan bolu kukus hihihi.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba...bolu kukus memang seru gampang2 susah buatnya..:D

      Delete
  6. Mb DD rasanya q nyerah deh bikin bolu kukus. Untuk yg k3 kali q bikin semuanya gagal. Awalnya nyoba lg nyoba lg tp trnyata g berubah. Bkn krn salah adonan dan tehniknya krn insya Allah dah sesuai petunjuk tp ini krn kue bolu kukusq selalu kebasahan. Yg awalnya d resep pake api gede dah q kecilin, jarak air dg langseng jg makin q jauhin, airnya dikit bngt, trus tutup dandang sampe q dobel2 serbetnya tp ttp jg kebasahan. Bikin bakpau, kue labu kuning g pernah ada masalah ini sama2 dikukus knp error melulu. Hilang sdh asaku bikin ini lg...bingung tingkat tinggi

    ReplyDelete
  7. Saat kubuka tutup dandangnya bolu kukus merekah dg sempurna cantik bngt. Tp bbrp detik kemudian peees...mimpes sekecil-kecilnya. Hatiku jd ikut mimpes. Dada bolu kukus sepertinya kita tdk berjodoh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..akujuga jadi bingung kenapa ya mba..semua jurus dan tips2 udah aku kasih di atas.,..hihi..jadi lebih baik coba dan coba lagi ya..sampai berhasil..semangat..:)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  8. salam kenal mbak didi...
    aku baru mau nyoba bikin.tapi,gk punya mixer.mbk,bisa di kasih tau gak,trigu protein sedang merk ny apa,?protein tinggi merk nya apa?mksh mbk didi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat di sini ya mba..: http://www.diahdidi.com/2013/05/aneka-jenis-tepung-terigu-dan-fungsinya.html

      Delete
  9. Mbak diahh..help me...aku udh berkali kali bKin bolu kukus, baik itu pake kocokan manual ataupun mixer semua sukses merkah..sempet kujual jg banyak yg suka. Tapi 2 hari ini aku cb buat 3x mengkerut trs..pdhl bahan dan cara membuatnya sama persis kyk kmrn2. Kira2 knp y mbak? Apa stlh telur gula n ovalet dikocok kental pas penambahan terigu sprite dan vanili ga blh dimixer lama2? Diaduk balik gt aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wua......ikut bingung juga ya mba.kalau biasanya bagus kok terus jadi nggak bgs..coba di cermati prosesnya ya..ada yang salah nggak..:)

      Delete
  10. Ass.ww mba Diah, salam kenal ya.Sy silent ridermu mba.Sukaa bngt sama blognya mba Diah.Resep2nya mudah dipraktekin, bahan2nya jg mudah dicari.Saluut buat mba Diah yg terus berbagi resep&ilmunya.Smg berkah ya mba.Btw, sy mau nanya utk resep bolkus zebra.Itu airnya 160ml ikut dimixer mba?

    ReplyDelete
  11. oiya mba Diah, maaf td lp blm kutulis nama. Perkenalkan sy Retno mba

    ReplyDelete
  12. Hi mba Retno..salam kenal juga mba..iya..ikut di mixer ya..air bikin adonan jadi lembut..:)

    ReplyDelete
  13. Ooh...ikut dimixer dr awal bareng sama telur+gula?Apa nanti adonannya bisa kental mba?Btw, sy pngn beli tepung2 jualannya mba Diah, bisa sy lht dmn ya mba aneka produknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aku ya mba di bundadidi@gmail.com

      Delete
  14. Mbak Didi,putih telur atau kuning telur pengaruh nggak penyebab bantatnya bolu kukus?

    ReplyDelete
  15. Lebih byk ke proses kalau bolu kukus mba :)

    ReplyDelete
  16. Aku pas pertama kali bikin merkar dan cupnya menciut atau gak bantet alis berhasil.
    Tapi kemari aku bikin lagi buat acara pengajian fan hasilnya mengecewakan, mba.
    Udah bikin sampe 1, 75 kg cuma dapet 30'n yang berhasil. Dan siasanya menciut bantet tapi mekar dan tekstur kuenya itu keras malah kaya kue bolu biasa.
    Gimana nih maba?
    Oh yah saya pakai tepung terigu yng dijual di warung2 gitu, sama sama segitiga cuma saya pakai yang curah dan pertama bikin juga pakai tepung itu.
    Oh yah saya juga pakai sprite cuma yang kemarin hari pertama sama pake udah 4 hari lebih soalbya khn juga beli banyak, apa itu berpengaruh juga?
    Oh yah saya pakai teknik dicampur semua mba selama buat. Thx. Mohon bantuannya :-)

    ReplyDelete
  17. Bolu kukus punyaku dah empuk dan lembut, tp tidak mekar knp ya?

    ReplyDelete
  18. Dah cb 3x tp hasilny sama g mau merekah ngukusny adonanny jg penuh d cetakanya, apa krn sy pke cetakan bolu kukus yg lebar pendek itu, bkn yg kecil agk tinggi ya,, jd tdk mekar

    ReplyDelete
  19. Boleh minta resep bolkusnya mbak?

    ReplyDelete
  20. Mbak Didi saya mau tanya.. agar bolu kukus tidak bau anyir telur, tetap harus pakai vanili ya? Dan agar teksturnya lembut tipsnya bagaimana ya mbak?
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  21. Pertama saya bikin sukses, kedu a bantat kalo keluar dari kukusan.. nah yang ketiga gg mau ngembang tapi lembut.. kenapaiia mba..? Saya ada pesenan 300 dan pelanggan sangat kecewa: (

    ReplyDelete
  22. Pertama saya bikin sukses, kedu a bantat kalo keluar dari kukusan.. nah yang ketiga gg mau ngembang tapi lembut.. kenapaiia mba..? Saya ada pesenan 300 dan pelanggan sangat kecewa: (

    ReplyDelete
  23. Pertama saya bikin sukses, kedu a bantat kalo keluar dari kukusan.. nah yang ketiga gg mau ngembang tapi lembut.. kenapaiia mba..? Saya ada pesenan 300 dan pelanggan sangat kecewa: (

    ReplyDelete
  24. Mba diah...aku baru bikin bolu kukus pertama kali aku pake cara susu sama telur dikocok dulu baru di masukan ke bowl bahan2 lain( terigu,gula,dll) aku bikin tanpa air soda cuma pake baking powder aja alhamdulilah merekah bgt tapi bantat dan gak lembut, gimana ya mba harusnya ?

    ReplyDelete
  25. mba mau tanya dong saya coba buat bolu kukus tanpa soda ngakaknya kurang sempurna tapi kertas cup untuk bolu kukusnya jadi menciut itu kenapa mba?

    ReplyDelete
  26. Mbak punyaku mekar tapi banget gimana ya?

    ReplyDelete
  27. Mbk sy baru coba bikin bolkis mekar,tp mekar nya kurang sempurna,alias mekar 5,jd dy mekar nya ga naik,knp ya Mbk Diah,jd dy terkesan kurang mekar,padahal adonan roti nya saat dikukus sampai meluber jatuh ke panci nya Mbk..apa krna kbnyakan ngisi di
    cetakan/kurang uap ya Mbk??

    ReplyDelete