Wednesday, June 5, 2013

Aneka Jenis Cake Berdasarkan Proses Pembuatannya

Buat teman2 yang baru belajar baking..mungkin masih bingung ya dengan berbagai jenis cake..yang sering beredar resepnya..baik di tabloid kuliner..di internet dll. Tenang ...nggak usah bingung ya..yukk kita belajar sama2 tentang aneka jenis cake berdasarkan cara pembuatannya. 
  • Sponge Cake , adalah cake yang proses pembuatannya telur dan gula di kocok terlebih dahulu, baru di masukkan bahan kering seperti terigu dll, setelah itu di tambahkan margarin leleh di proses terakhirnya. Jenis sponge cake ini macam2, dari yang telurnya sedikit atau yang sering kita kenal dengan istilah bolu atau yang memakai telur banyak yang biasa kita sebut kue tart. Penggunaan jumlah telur inilah yang mempengaruhi tekture dan kelembutan cake ini. Dalam membuat cake jenis sponge cake ini..kadang membuat keder ya bagi pemula  yang baru belajar..karena tehnik mencampur tepung terigu dan margarin ke adonan yang harus hati2..supaya cake tidak turun atau jadi bantat. Tehnik yang baik untuk mencampur tepung atau margarin adalah tehnik aduk balik atau melipat dari arah bawah ke atas, secara perlahan, sehingga semua bahan tercampur rata. Karena jika bahan2 tidak tercampur dengan baik, misal margarin masih mengendap di dasar adonan..maka bisa di pastikan cake akan bantat.
  • Butter Cake, adalah cake yang di buat dengan tehnik mentega/ margarin dan gula di kocok dahulu, baru di tambahkan telur satu persatu dan sebagian tepung terigu. Gula yang di pakai untuk butter cake ini lebih baik gula castor atau gula halus, sehingga mudah larut. Mengapa pas di tambahkan telur di campur dengan sedikit tepung terigu waktu mengocoknya..supaya adonan homogen..dan tercampur rata, karena telur akan susah tercampur karena sudah ada margarin / mentega dulu yang di kocok, dengan di tambahkan sedikit terigu, makan adonan bisa tercampur rata. Selanjutnya bisa di tambahkan sisa tepung terigu dan bahan campuran cair, misal susu atau santan. Pembuatan cake dengan teknik butter cake ini lebih mudah dan aman buat pemula..karena semua proses bisa di lakukan dengan cara di kocok mixer. Jadi lebih praktis dan aman.Tekture dari cake jenis buttercake ini..padat tapi lembut .
  • Chiffon Cake, adalah jenis cake yang di buat dengan cara telur di pisahkan antara putih dan kuning telurnya. Kuning telur biasanya di campur dengan bahan2 kering dan cairan, sedangkan putih telur di kocok terpisah dengan gula hingga mengembang lalu di campurkan ke adonan basah dari terigu dan kuing telurnya. Tekturenya cake ini sangat lembut dan ringan rasanya. Tapi yang harus di perhatikan adalah proses pencampuran putih telur yang sudah mengembang ke adonan basah harus di lakukan dengan hati2 supaya adonan tidak turun sehingga cake bisa jadi bantat.
  • Cake dengan sistem all ini one.Cake jenis ini sangat mudah pembuatannya..karena semua bahan tinggal di masukkan ke wadah dan di kocok secara bersamaan sampai adonan kental dan mengembang. Cake jenis ini sangat mudah di lakukan terutama untuk pemula yang baru belajar baking. Hasil cake dengan sistem ini tetep lembut kok, karena biasanya untuk cake jenis ini umlah telurnya lebih banyak daripada jumlah tepungnya.
Demikian sedikit info mengenai jenis2 cake berdasarkan proses pembuatannya ya teman2..masih banyak lagi sich jenis kue berdasarkan bahan, ciri khas dan tehnik lainnya.nanti aku ulas lagi ya satu persatu. Semoga sedikit info ini bermanfaat buat teman2 yang baru belajar baking ya..

8 comments :

  1. wah jd bs nambah ilmu ni, OKE bgt deh pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..Lia..semoga bermanfaat ya..:)

      Delete
  2. Thanks Info nya Mba Diah :)
    Anyway, adakah artikel Mba soal dekor Kue, teknik2 & Alat2 yg biasa digunakan?!
    Makasih Mbaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Bunda...sama2..belum lengkap sich Bun,.baru ada sedikit ulasan mengenai menghias fondat secara sederhana di blog ini..nanti tak lengkapin dulu ya..:)

      Delete
  3. Mba diah..klo utk membuat blackforest, sebaiknya atau yg paling enak menGgunakan cake jenis ª[̲̅̅P̲̅]ª yah...mksh

    ReplyDelete
  4. Mba diah... wah baru tahu kl butter cake waktu nyampur telur dikasih terigu. Makasih -ulfa-

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu bagi baking pemula seperti saya, proses pencampuran adonan putih telur ke kuning telur untuk chiffon cake saya sdh mencoba mbak, tp kok hasilnya bantat, gmn y mbak supaya ttp mengembang gembul gitu ...terimakasih ilmunya mbak diah

    ReplyDelete