Friday, June 21, 2013

Sambel Ijo ( Lado )...Yang Berubah Jadi Sambal Terasi..^_^



Teman2 suka nasi padang..pasti kenal sambal yang satu ini ya..sambal lado..atau sambal ijo, sambal yang emang terbuat dari cabai hijau semua. Aku..doyan masakan Padang..cuma..bukan penggemar berat..jadi jarang masak masakan Padang..sekalinya masak..kalau sesuai otentiknya...malah kurang cocok di lidah Jawaku..jika citarasanya hanya asin dan pedas saja..jadi kadang nich..kalau bikin rendang Padang..suka ku kasih sedikit gula merah..hihi..suamiku ketawa aja kalau makan rendangku..rendang Jawa katanya. Padahal suami suka banget masakan Padang ..jadi kalau pengen masakan Padang yang asli..ya kami lebih memilih makan di restoran Padang saja. Suamiku suka semua masakan Padang yang berkuah kental  dan rasanya bumbunya kuat gitu...kalau aku paling makan ayam bakarnya atau perkedel dan telur dadar yang tebal2 itu..udah..itu aja yang ku sukai dari masakan Padang..^^

Nah..hari ini aku pengen makan sambal..tapi tadi di tukang sayur cuma ada cabai hijau saja..ya sudah kepikiran bikin sambel lado aja..kebetulan ada bandeng di freezer..jadi bisa di goreng. Dari beberapa resep referensi..sambal lado itu bahannya cuma cabai hijau, bawang merah, tomat hijau dan sedikit garam. Semua bahan di kukus, terus di ulek kasar dan di tumis. Nah...setelah mateng..hemm..lidah Jawaku mengatakan ada sesuatu yang kurang di sambel ini..hihi..lha kan bumbunya cuma garam aja..jadi masih kurang sreg di lidahku..akhirnya..setelah mateng aku tumis lagi aja..ku tambahin terasi bakar dan sedikit gula merah..jadi nya..sambal terasi ijo..hihi..dasar lidah Jawa..sambel aja kalau nggak di kasih gula sedikit sama terasi..kurang afdol rasanya. Dah..jadi lah sambal lado ala aku..pakai terasi..hihi....Itu liat aja..penampilan sambal ijonya jadi over cook..karena aku tumis dua kali..^^ Kalau di masakan Padang itu terasa enak..karena teman2 lauknya banyak kali ya..hihi..dan berbumbu kuat semua..jadi kalau hanya untuk pelengkap..sambal lado ala Padang itu oke juga. tapi kalau cuma ku makan dengan ikan bandeng goreng tadi..rasanya kok ya kurang nendang..hihi...akhirnya berubah saja jadi sambal terasi ijo..^^

Oke dech..mau coba .. sambal terasi ijo...ala  aku..yukk..mari cobain..hihi...
Sambal Terasi Ijo

Bahan :
Cabai hijau besar atau yang keriting 50 gram
Cabai rawit hijau kecil 10 buah
Tomat hijau ukuran sedang 1 buah
Bawang merah 8 butir
Garam / kaldu bubuk1/4 sendok teh / secukupnya
Terasi bakar 1 sendok teh
Gula merah 1/4 sendok teh
2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat :
Kukus semua cabai, bawang merah dan tomat. 
Ulek kasar bersama terasi  bakar.
Tumis sambal hingga harum, masukkan garam / kaldu bubuk dan gula merah, aduk rata.
Angkat, sajikan

Tips :
Kalau suka versi asli sambel ijo Padang, bumbunya garam aja, lalu di tumis hingga layu saja sambelnya..jadi masih ijo seger warnanya.



5 comments :

  1. Sambel lado ini,saya juga belum pas seperti orang padang bikin. kelihatannya mudah tp ternyata untuk mendapatkan rasa yang pas butuh perjuangan. Kalau kepepet ya ke warung makan padang aja..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tull Mak Ety..makanya tadi ku tambahin terasi dan gula ..jadi lumayan cucok di lidah jawaku..hihi..

      Delete
  2. Ahhh....... pantesan aku cari resep rendangnya gak ketemu.... :(
    Salam,
    Ida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ida..aku jarang masak rendang..^^..lha..kalau pada di tanya warga rumah..daging mau di masak apa..pasti mintanya pada di buat empal kelem..rawon..di bacem..hihi..*lidah Jowo semua..*

      Delete
  3. Aku coba juga deh...:-D

    ReplyDelete