Friday, May 31, 2013

Sambel Goreng Tempe Kulit


Siang teman2..udah makan siang.....kalau belum..ini ku kasih sambal goreng ya..sambal goreng ala kampung tapi..yaitu sambel goreng tempe dan kulit melinjo. Buat yang belum terbiasa..mungkin agak aneh ya..tapi  buat aku yang asli Yogya ya udah biasa dari kecil makan sambel goreng seperti ini. Sambel goreng ini kalau di Yogya di sebut juga *Jangan Pedes Tempe Kulit*..*Jangan* itu artinya *Sayur*  kalau  di Yogya..jadi artinya sayur pedas tempe. Kalau sayur gurih di sebut * Jangan Anyep *..itu yang nggak pake cabe. Biasanya sich sambel goreng tempe ini nggak merah banget gini kalau ibuku yang masak..cenderung berkuah pucat, karena bumbu2nya semua di iris..cuma aku kombinasikan cara ibuku dan aku sendiri, yaitu bawang merah dan bawang putih di iris, cabenya aku ulek..supaya warna kuahnya merah cantik. Tapi rasanya tetep seger bumbu lain di iris.

Sambel goreng tempe kuit ini juga jadi menu favorit sarapan di tempat tinggal ku di Yogya..ada Mbah2 gitu yang jual bubur tiap pagi di rumahnya dan lauknya ya cuma sambel goreng tempe kulit gini..tapi enak lho..bener..hihi. Untuk sambel goreng ini..pilih kulit melinjo yang sudah merah2 ya teman2..jadi rasanya bisa empuk dan enak. Aku suka semua dari pohon melinjo..baik daun mudanya ( daun so )..krotonya ( bunganya )..kulit melinjo sampai buah melinjonya suka juga dan enak di buat emping. Oh ya selain di buat sayur bersantan gini..kulit melinjo yang merah2 dan ranum juga enak buat di oseng yang pedes gitu. Atau di bumbuin terus di goreng garing gitu juga enak lho..hihi..dulu mah..di rumah apa2 perasaan enak aja..yang di masak ibuku ya di lahap aja..^^..*dasar tukang makan yach..*


Oke..buat teman2 yang belum pernah coba kulit melinjo..ayo cobain ya di masak gini jika nemu kulit melinjo di pasar..enak lho..^^..ini ku kasih resepnya ya...ini versi sambel goreng yang ringan dan segar aja bumbunya, walaupun di gambar keliatan kental ya kuahnya..aslinya nggak terlalu sich...efek cahaya aja..motretnya sore..^^ Buat teman2 yang nggak suka kulit melinjo..sambel goreng tempe gini juga enak di campurin sama krecek. Untuk yang suka sambel goreng krecek yang lebih kuat berbumbu...liat resepnya di sini
Sambel Goreng Kulit Melinjo

Bahan :
1 papan tempe, potong kotak
 50 gram kulit melinjo yang merah2
 6 siung bawang merah , iris tipis
 4 siung bawang putih, iris tipis
5-10 buah cabe merah tergantung selera ya, haluskan.
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )
Kaldu bubuk / garam secukupnya
Santan sedang 800 ml
2 sendok makan minyak untuk menumis
Cara membuat:
Tumis bawang merah dan putih sampai harum, lalu masukan cabai halusnya, tumis lagi sampai benar2 matang semua bumbunya ya. Setelah itu masukan santan, tunggu sampai mendidh, baru masukkan tempe dan kulit melinjo serta bumbu2 lain.Masak sambil sesekali di aduk2 supaya santan tidak pecah dan sampai bumbu meresap. Sajikan.

6 comments :

  1. duh enake, jadi ngiler nih.
    Udah lama banget aku nggak masak tempe disantenin gini, habis tempe sini kalo dimasak santen malah jadi asem, :(

    ReplyDelete
  2. Oh ya..bener2 Mba Rina..ada beberapa tempe yang asem..makanya aku lebih suka beli tempe yang home made..yang di buat oleh Mbah2 gitu yang bikinnya cuma dikit..drpd tempe pabrik..coba pakai tempe bungkus daun itu Mba..biasanya nggak asem..ada nggak di sana..^^

    ReplyDelete
  3. ada sih mbak yang bungkus daun, tapi tetep asem. Mungkin kualitas air yang kurang bagus mempengaruhi hasil tempenya kali ya. Aku tinggal di Ciledug mbak diah dan air disini kualitasnya nggak layak buat masak dan minum. Jadi kalo ingin masak ya harus beli air, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu,,ya2 mungkin juga ya Mba..kualitas airnya pengaruh...sama dech kayak ponakanku di Karawang..byk industri..jadi airnya jelek..kalau masak pakai Aqua malah..hihi..boros ya..enakan tinggal di Bawen dulu ya Mba..kalau soal air..jernih..murni dan melimpah air bersih kayak di Semarang atas t4ku di sini. Aku..biasa pakai air Kampung kayak di sini..kalau pas di Jakarta..pernah nginap di hotel 2 hari aja..pakai air hotel..duch kulit muka jadi kering..hahaha..*kulit kampung juga kali ya..nggak mau kena air kota..*

      Delete
  4. nah, pas aku tadi beli mlinjo merah gendut seger, pas nemu resep ini... segera dieksekusi # sambil mengingat bubur kesukaan ibuku dg sayur spt ini :D ... aaaah besok mbubur aaaah # blog mba didi pancen bikin selalu ingat dapur ibuku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah..lha kok sama bener ya Mba..di rumahku di Yogya juga ada yang jual bubur lauknya sambel goreng tempe kulit gini..kita ini emang Yogya mania ya..^^

      Delete