Friday, June 28, 2013

Ayam Bakar Bumbu Bacem Khas Yogya..Yummy..!


Buat Orang Jawa apalagi  dari Yogya..kayak aku..pasti dech..menu bacem sudah menjadi menu keseharian. Apa aja bisa di bacem..dari ayam..tahu..tempe..daging..babat usus..banyak dech. Bacem..buat dari luar Jawa..yang belum tahu..adalah cara masak dengan di ungkep bumbu2 rempah dengan tambahan utama yang wajib ada adalah air kelapa dan gula merah dengan bumbu utama bawang merah , bawang putih , dan ketumbar. Tapi biar lebih gurih..aku suka tambahkan kemiri khusus untuk ayam bacem atau daging. Air kelapa inilah kunci agar citarasa bacem semakin enak..dan warnanya cantik...seperti bacem tahu dan tempe..akan semakin cantik dan menggiurkan warnanya jika memakai air kelapa. 


Dari semua bahan yang di bacem..yang paling sering ku masak adalah ayam bumbu bacem..karena Yodha suka sekali. Rasanya gurih dan manis..manisnya sich bisa di sesuaikan selera kok..jadi jangan kawatir akan manis banget kayak gudeg Yogya gitu. Setelah ayam di bacem..bisa di goreng sebentar saja asal berkulit di minyak yang panas, sehingga dalam ayam tetep basah dan lembut . Jika tidak suka di goreng..ayam bumbu bacem bisa juga di bakar..atau di panggang sebentar di pan..misal pake hapy call gitu...dengan di oles sedikit margarin dan di tambah sedikit kecap manis jika suka..rasanya akan semakin istimewa. Nah..hari ini menu kami adalah ayam bakar bacem ini..plus sambal terasi matang..hemmm..yummy dech..siap buat makan siang hari ini..walau dari tadi udah di colak colek sama Yodha ayamnya..hihi..enakkk katanya..^^

Oke..aku tulis resepnya juga ya..waluun teman2 mungkin udah biasa juga masak ayam bakar..siapa tau ada yang butuh resepnya..^^

Ayam Bakar Bumbu Bacem Khas Yogya

Bahan :
1 ekor ayam pejantan / ayam kampung
400 ml air biasa dan 400 ml air kelapa
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
Gula merah 50 gram ( sesuai selera )
Bumbu kaldu bubuk ayam 1 sendok teh dan garam secukupnya

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Cara membuat :

Ungkep ( masak dengan api kecil dan panci tertutup ) ayam dan semua bumbu hingga ayam lunak dan bumbu meresap , serta air habis / menyusut. Sesekali balik ayam biar merata bumbunya dan di cicipi rasanya sudah pas atau belum. Olesi ayam dengan sedikit margarin dan kecap manis, lalau panggang di atas pan anti lengket atau langsung di atas  bara api arang. Sajikan dengan sambal dan lalapan.
Sambal Terasi Matang

Bahan :
10 buah cabai merah 
4 buah cabai rawit
6 butir bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 sendok makan terasi
1 buah tomat merah
1/2 sendok teh gula merah ( secukupnya )
sedikit garam

Cara Membuat :
Goreng semua bahan hingga matang kecuali gula dan garam, ulek hingga halus, tambahkan gula dan garam, lalu tumis atau gongso kembali hingga sambal benar matang. Sambal matang ini awet di simpan di kulkas..jadi kalau mau makan tinggal di panaskan lagi saja..^^. Selamat mencoba.



27 comments :

  1. betul, saya suka bacem, paling sering bacem tempe sama tahu..kalo anak-anak doyan banget bacem ayam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ya Mak..berarti kayak Yodha anakku..sukanya ayam bacem..gurih manis sich ya..enakk..^^

      Delete
  2. Mbak,di ungkep nya brp jam ya mbak?? ak ga biasa masak ungkep di atas kompor sampe berjam2 gt mbak,biasa nya daging dan bumbu2 ak masukin ke magic cooker (semacam presto) tp tanpa listrik dan ga di atas kompor smp dagingnya empuk (biasa semalaman) bru ak panaskan lgi di atas kompor smp airrnya abis....Kira2 sama ga ya mbak hasilnya bakalan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kurang tau Sy kalau pakai magic cooker Mba Dina..belum pernah dan nggak punya..hihi. Kalau ungkep biasa pakai api kecil ya sekitar 1 -2 jam..pakai slow cooker yang pernah..sama rasanya...cuma kalau ketiduran pakai slow cooker dan nggak di cabut..tulangnya suka lepas2..keempukan ayamnya..

      Delete
    2. Hahaha oke deh...ntar ak coba dulu yaaa.....tak kbrin hasilnya ntar :)

      Delete
    3. Sipp di tunggu hasilnya..kalau enak juga..nanti tak beli Magic cookernya..hihi

      Delete
  3. resepnya menggiurkan...jadi ingin coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mas Rudi..selamat mencoba ya..enakk lho..^^

      Delete
  4. Halo mbak, ini disebut ayam kalasan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Evelyne..klu aku nyebutnya ya ayam bakar bacem aja..hihi..mungkin sama kali ya mba bumbu2nya..?

      Delete
  5. Mb Di, aku lg praktekin resep mb Didi yg ini ni, krn kebetulan hr ini br ktm ma aer kelapa. Biasanya dah pake resep mb Diah ini sih, cuman biasanya pake aer biasa. Yummy jg sih, tp yg ini pasti lbh yummy. Tks for sharing ya, mb.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Ida..BTW..air kelapa kan bisa minta di tukang kelapa di pasar Mba..gratis..hihi. Aku kadang di kasih sama tukang sayur..kalau pas lagi nggak butuh bisa di simpan di freezer lho Mba..jadi sewaktu2 di butuhkan bisa di pakai..:)

      Delete
    2. Di pasar deket rumah biasanya aer kelapa dibuang aja, mb Di. Dia gak sediain tpt nampung aer jelapa. Kalo di pasar yg agak jauh, ditampung di toples gede tu aer kelapanya, jd kalo kita beli santan dan mau aer kelapa, dia bungkusin pake plastik gede gitu.
      Tks idenya utk nyimpen aer klapa di freezer, mb. Ntar kalo beli santan, kuminta aer klapanya sisan trus tak simpen di freezer nggo mbacem ayam. Hehehe...
      -ida-

      Delete
    3. Sipp Mba..awet kok kalau di simpan di freezer..jadi di freezerku selalu ada stock air kelapa Mba..mau di buat mbacem apa aja enak...tempe..tahu..dll..:)

      Delete
  6. ijin copas ya mbak..... #wiwiek#

    ReplyDelete
  7. Mba dee.....cantik nanya do klo 1 ekor ayam tu klo ukuran kilo..an brapa ya.5f lg blajar....biar pas gitu bumbunya nanti haha.....malu2 in nie mama baru ga bisa masak.thanx sebelumnya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung Mba..kan ayam banyak jenisnya ya..kalau yang ayam broiler..itu kan gemuk2..jadi 1 ekor bisa satu kg..kalau ayam pejantan ya kadang kecil2 ndak ada sekilo..jadi kalau masak mending pakai ukuran ekor saja..misal pakai ayam pejantan ya pakai utuh satu atau separo..^^

      Delete
  8. Salam Kenal Mbk Diah. Mau nanya, kalau ayamnya digoreng tidak dibakar, tetep enak khan? Trmksh # fani #

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget dong Mba Fani..sama enaknya..:)

      Delete
  9. Mb klo air klapa nya di ganti santan kara gt bs ngga?
    Soal nya susah nyari air klapa, harus ke pasar besar dulu..
    New mommy sperti saya sangat terbantu dgn web nya mb Diah, terimakasih y mb.. ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah pake nggak pa2 klau bacem mba..kalau pakai santan..beda rasa..jadinya nanti ayam bumbu klaten..:)

      Delete
    2. Halo Mbak Diah.. jadi kalo ga ada air kelapa, diganti dgn air biasa aja, total air biasanya jadi 800 ml? CMIIW mbak..
      Makasih mbak webnya berguna banget buat newbie masak kayak aku hehe

      Delete
  10. Utk yg gak nemu air kelapa (apalg yg tinggal di negara2 yg gak umum pake kelapa) bs diganti dg: 250ml air masak+1/4sdt garam+ 2sdt gula+1/2sdt cuka... semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  11. Mbak diah.. Kalo pake air kelapa muda apa bisa juga? Thx before mbak..

    ReplyDelete
  12. Wow asik ni,,,,,pas banget menu buat berbuka puasa��

    ReplyDelete