Monday, June 3, 2013

Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda



Baking Powder dan baking soda..dua bahan tambahan untuk cake dan kue2 lain, yang buat teman2 yang suka bikin kue..pasti sering ketemu ya dengan dua bahan tersebut. Nah..apa sich beda baking powder dan baking soda..yukk..kita cermati bareng2 ya..^^ Kedua bahan tersebut adalah bahan pengembang yang dapat mengembangkan adonan, dari bentuknya sich sama ya..sama2 berbentuk bubuk warna putih. Cara Bekerjanya di dalam pembuatan cake atau kue adalah dengan cara kimia yaitu bahan2 tersebut melepaskan gas karbon . Gas ini membentuk gelembung dalam adonan, dan menyebabkan adonan bisa mengembang atau naik. Nah pas adonan di panggang, gelembung ini juga akan ikut mengeras. Demikianlah prinsip kerja dari baking powder ini teman2.

Baking powder dan baking soda biasanya di gunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat produk baking yang di panggang seperti butter cake, cake pisang, muffin, biscuit dll. Bisa di pakai salah satunya atau kombinasi dari keduanya. Selain itu baking powder dan baking soda bisa di gunakan untuk adonan pancake.Bahkan sebagai contoh penggunaannya...kue tradisional kita, yaitu onde2 ketawa..juga menggunakan kombinasi keduanya yaitu baking powder dan baking soda..hasilnya..kue akan mekar dan tertawa ketika di goreng..hihi..namanya juga onde2 ketawa ya..jadi harus ketawalah..^^

Pada dasarnya, baking soda adalah alkali, dan ketika kita mencampur suatu asam, seperti cuka, itu akan melepaskan gas. Kuncinya di sini adalah bahwa baking soda membutuhkan semacam asam untuk mengaktifkan reaksi. Jadi itu akan bekerja dalam resep yang menyertakan bahan-bahan seperti asam buttermilk, sour cream, jus lemon, yoghurt dan sebagainnya. Bahkan percaya atau tidak, bahan lain yang mengaktifkan baking soda adalah madu. Jadi apapun bahan ini akan mengaktifkan baking soda. Tetapi jika kita mencoba untuk menggantikan baking soda untuk baking powder dalam resep yang tidak ada bahan asam , maka tidak akan ada pelepasan gas dan adonan tidak akan naik.


Baking powder, di sisi lain, tidak lebih dari baking soda yang di campur dengan semacam senyawa asam (berbagai merek baking powder menggunakan senyawa asam yang berbeda2). Jadi sebenarnya baking soda adalah bahan utama untuk membuat baking powder. Baking soda dan senyawa asam tidak akan bereaksi bersama sampai mereka dibasahi, yang menyebabkan dua bahan kimia untuk campuran. Jadi yang disebut "double-acting" baking powder juga diaktifkan oleh panas dari oven atau wajan, dan dengan demikian memiliki kekuatan mengembangkan lebih besar.

Membuat Baking Powder Sendiri
Sebenarnya kita bisa membuat baking powder sendiri jika memang untuk keperluan mendesak. Yang perlu kita lakukan adalah menggabungkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh cream of tartar. Ini akan menghasilkan satu sendok makan baking powder. Namun kita harus menggunakannya dengan segera, tidak bisa di simpan.

Baking powder dan baking soda akan kehilangan fungsinya sebagai pengembang jika di simpan lama di tempat yang hangat, atau jika wadah tidak tertutup rapat. Jadi jika kita sudah menyimpan baking powder atau baking soda selama 6 bulan..lebih baik tidak di gunakan lagi..beli aja yang baru..kan harganya juga murah..^^

Demikian teman2..sedikit info tentang baking powder dan baking soda yang ku simpulkan dari berbagai sumber referensi dari web2 food & baking luar negeri. Semoga bermanfaat ya..buat teman2 yang suka atau sedang belajar baking.

2 comments :

  1. oouwh ternyata itu ya bedanya. Ku pikir sama saja...
    makasih Mak infonya..

    ReplyDelete
  2. Ya Mak Matris..yapp..pasti ada bedanya ya..makanya di jual terpisah..moga berguna ya..infonya..^^

    ReplyDelete