Friday, June 28, 2013

Tahu Pong Berontak....!..^^


Hihi...judul yang aneh ya teman2..tapi ya memang begitulah nama gorengan ini di Semarang. Tahu Pong berontak..yang terbuat dari tahu pong yang di isi tumisan sayuran yang gurih dan segar. Kalau di Yogya sich mirip2 dengan * Tahu Susur *..sama2 dari tahu..tapi pakainya tahu putih biasa ,bukan tahu pong. Jadi penampakannya lebih  gendut2 tahu pong berontak ini daripada tahu susur yang cenderung kotak gepeng gitu, karena kalau tahu pong kan enak..dalamnya sudah berongga..kayak kantung gitu..jadi bisa  banyak2 di isi sayurannya, sedangkan tahu susur, tahu putih utuh biasanya di belah jadi dua..kemudian di belah lagi..dan isi sayurannya di sisipkan di antar dua irisan tahu putih tipis itu, kemudian di celup adonan tepung dan di goreng. Kalau tahu susur adonan tepungnya agak kental..supaya isi sayurannya tidak lari ke mana2 pas di goreng...nah kalau tahu pong berontak ini..adonan pencelupnya agak encer..jadi lebih renyah  lapisan luar tepungnya. Rasanya..sama2 enak..aku suka semua..^^..soalnya aku penggemar gorengan..jadi baik tahu pong berontak atau tahu susur..aku sering buat dan suka semua. Silahkan teman2 mau coba yang mana..kalau tahu pong berontak ini rasanya renyah tepung luarnya dan ada rasa khas dari tahu pongnya.Kalau tahu susur tahunya lembut..berpadu dengan isian sayuran yang gurih dan segar, dan gurihnya lapisan kulit tepungnya..enak dech..di makan anget2..sambil nyeplus cabe rawit gitu...^^


Jika teman2 tidak menemukan tahu pong..bisa bikin sendiri kok,dari tahu biasa yang di goreng sampai kering dan berongga..cuma ya agak lama nggorengnya..dan perlu minyak banyak..jadi kalau ada mending beli di supermarket atau di pasar saja ya..^^. Atau pakai tahu sumedang yang sudah di goreng itu juga tambah enak. Oke yang mau coba..ini dia resepnya ya..lumayan lah..daripada beli gorengan di pinggir jalan yang minyaknya nggak ganti2...kan lebih baik bikin sendiri gorengan yang murah meriah ini. Cara membuatnya juga gampang sekali kok..dan agar lebih gurih..isiannya aku tambahkan beberapa udang geprek..jadi..semakin enak dech...selamat mencoba ya teman2..^^
Tahu Pong Berontak

Bahan : 
10 buah tahu pong kotak siap pakai

Bahan pencelup ( Aduk rata dengan air secukupnya, sampai adonan sedang kekentalannya ) :
100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
2 sendok makan tepung beras
1/2 sendok teh bumbu kaldu bubuk / garam sesuai selera
1/2 cm kunyit, haluskan
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
Bahan isi :
2 buah wortel, potong korek api
25 gram tauge panjang
5 lembar kol, iris halus
3 ekor udang segar, geprek
1 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk / garam secukupnya
Gula pasir 1 / 2 sendok teh
50 ml air
1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus untuk tumis sayuran :
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah 
1/2 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Isi : Panaskan 1 sendok minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum, masukkan udang geprek dan wortel, tambahkan air, aduk hingga wortel layu, lalu masukkan sayuran dan bumbu lain. Aduk hingga sayuran layu.
Buka tahu pong dengan pisau satu sisi aja  bagian atas, sehingga membentuk kantong, lalu isi dengan sayuran tumis dan rapikan kembali  hingga berbentuk kotak. 
Celup ke dalam bahan pencelup, lalu goreng hingga matang dan kecoklatan.
Sajikan dengan cabai rawit



9 comments :

  1. Di Cilacap namanya Tahu Berontak...kangen euuuy. Aku buat pertama kali itu kemarin, rasanya kata embak di rumah, enak, suamiku juga suka...cuma kurang banyak katanya..

    Hehee

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..jarang bikin tho Mak Astin biasanya..aku seneng sekali tahu isi gini..jadi sering banget bikin..kurang banyak apanya Mak..hihi..bikinnya ya..^^

      Delete
  2. Mbak Diah, adonan pencelupnya dikasih air kan? Thank buat resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Mba..lupa nulis..hehehe..mksh koreksinya..^^

      Delete
  3. Mbk,tahu pong nya itu beli mentah kan ya yg d supermarket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Dina..di supermarket ada banyak tahu pong kuning itu lho..atau pakai tahu Sumedang juga bisa..atau di Pasar juga byk Mba..^^

      Delete
  4. thank u Diah Didi, ....lets write other "recipe" .i just reading about tahu susur but really its different with "tahu berontak". i just know cos of u. Thank u again..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Maria..you are welcome..Yes..I will..:)

      Delete
  5. Seumur umur yg namanya bikin tahu isi tuh rasanya muales...tapi begitu ngintip resep2 pertahuannya (gek boso opo to iki...hihih) mbak Diah kok akhirnya kemaren jadi pengen bikin sendiri. Selain sehat isinya bisa sesuka hati, bisa diisi banyak sayuran.... sekalian menyiasati suami yg susah banget makan sayur. Thanks resepnya ya mbak... enaaaakkk lho...!!

    ReplyDelete