Thursday, June 6, 2013

Hangatnya Semangkuk Wedang Ronde..Tersaji Fresh dari Dapur Sendiri..^^


Sore2..mendung2 gini..paling enak minum  wedang ronde teman2...nah..daripada repot2 membeli di luar yang belum tentu enak..lebih baik repot sedikit dan bikin sendiri yukks di rumah..hasilnya..tentu saja lebih memuaskan. Wedang ronde yang enak menurutku tidak hanya terasa jahenya saja..tapi harus ada juga aroma daun jeruk atau pandannya..jadinya..wedang rondenya..wangi..semerbak..menggugah selera. Kehangatan jahenya bakalan tetap tertinggal di mulut kita walaupun sudah habis 1 mangkuk wedang ronde nya..karena..aku pakai jahenya juga lumayan banyak.Apalagi jika jahenya jenis jahe emprit teman2..yang kecil2 tuch..lebih pedas rasanya. Cuma..kalau mau di konsumsi anak2..ya di sesuaikan selera saja ya jahenya..^^

Jadi..mau santai sore sambil menikmati wedang ronde yang hangat..ayoo..segera di buat ya..^^ Oh ya..wedang ronde kali ini aku simple saja isinya..cuma ada bola2 rondenya..harus itu ada..sama kolang2 dan kacang sangrai. Biasanya sich..suka ku kasih irisan kecil2 agar2 godir juga..dan roti tawar..persis kayak ronde abang2 di Semarang..cuma lagi nggak punya stock bahan ..jadinya seadanya saja..tapi sudah cukup mewakili resep wedang ronde kok. Oke..selamat mencoba ya teman2..ini dia resepnya..


Wedang Ronde

Bahan Kulit:
100 gram tepung ketan, 1 sendok makan tepung sagu, 1/4 sendok teh garam, 100 ml air hangat ( kurang lebih ya ), 1 tetes pewarna merah muda, 1 tetes pewarna hijau tua

Bahan Isi (aduk Rata):
50 gram kacang tanah kupas, disangrai, dihaluskan, 1-2 sendok makan gula pasir

Bahan Kuah:
800 ml air , 150 gram jahe, dibakar, dikupas, dimemarkan, 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun jeruk , 100 gram gula pasir, 1 sendok makan gula merah, garam ½ sendok teh

Bahan Pelengkap:
25 gram kacang tanah kupas, disangrai, 100 gram kolang kaling, dipotong-potong
Cara Membuat:
1. Kulit: aduk rata tepung ketan, tepung sagu, garam. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.( air bisa ditambah atau di kurangi..yang penting adonan sudah kalis atau bisa di bentuk )
2. Bagi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Satu bagian tambahkan pewarna hijau tua dan sisanya biarkan putih.
3. Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.
4. Kuah: rebus air, jahe, dan daun pandan serta daun jeruk. Masak dengan api kecil sampai beraroma.
5. Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk sampai larut. Saring.
6. Sajikan hangat ronde bersama kuah dan bahan pelengkapnya.
Tips : Sebaiknya membentuk bulatan..langsung di masukkan ke air yang sudah mendidih, supaya bentuknya bisa bulat rapi..jika di bulatkan dulu dan di taruh di wadah..suka peyok2 bentuknya rondenya







7 comments :

  1. salut sama Mba Didi, telaten banget ya di dapur. Kalau saya mah beli nih kalau wedang ronde..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ety..soalnya sering bikin sendiri..jadi kalau beli suka kurang puasa rasanya Mba..itu sambil main2 di dapur sama si kecil pas libur..seru..dia bantu bulat2 tin tuch..^^

      Delete
  2. rajin buanget mb diah ni. Bikin sarapan, motret, ngeblog masih nguplek lagi di dapur. Apa nggak capek to ?
    kalo wedang ronde aku paling seneng glindingane ketan kuwi lho mbak, hihi....Tapi harus nunggu hidayah dulu untuk bikinnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok2 an Super Mom ya Mba Rina..hihi..lha liburan gini..papinya yodha nggak libur Mba..jadi elumis aergi liburan..biar nggak bosan di rumah Yodha..ku ajak masak aja di dapur..ituch..seru dia bantu bikin rondenya seneng.

      Delete
  3. mba didi.... hehe mbakar jahenya bisa kyk disangrai gitu gak yaa? hampir tiap hari loh aq buka blog nya mbak ini.. resep2nya enak2.. makasi y mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2 ya..:)
      Boleh kok di sangrai jahenya..tapi kalau mau cepat..di cepit aja di cepitan yang buat ngangkat gorengan tuch..terus di bakar bentar di atas api kompor..yang penting sampai luarnya matang..biar ggak langu jahenya..:)

      Delete
  4. Mbak Diah, kemarin sore saya bikin ronde, tp tdk pake kolang kaling, hanya bola2 ronde dan kacang tanah sangrai saja. Sukses dan cantik dg 3 warna spt foto di atas! Isian masih ada, lain kali mau bikin lagi. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete