Saturday, June 15, 2013

Gethuk Lindri..& Gethuk Gulung..^^



Maksud hati mau bikin gethuk lindri..eh akhirnya kok malah jadi gethuk gulung..hihi. Lha..ternyata..gilingan dagingku yang buat nyetak gethuk lindri..malah sudah berkarat..jadi ragu2 mau ku pake buat nyetak gethuk lindri. Maksa..aku coba pakai cetakan putu mayang..jadi sich..gethuk lindri imut..cuma jadi kecil2 banget keluarnya adonan.Akhirnya..sisa adonan..jadiin gethuk gulung saja..praktis dan cepat , yang penting..adonannya kan adonan gethuk lindri..jadi rasanya..gethuk lindri gulung..^^..*maksa banget ya *..

Ceritanya tadi pagi aku ke pasar..mau cari nangka muda buat gudeg sich..eh..lha kok sampai pasar kok tumben sepi..padahal biasanya ramai banget kalau Sabtu..oalah..ternyata pasar dekat rumahku mau di bongkar..di ganti bangunan baru..dan ternyata sementara di relokasi di lapangan..jadilah tadi belanja di pasar baru  sementara..di lapangan..seru..walau sedikit bingung..karena posisi para pedagang yang sudah jadi langgananku jadi ganti..akhirnya muter2 cari  nangka..eh lha kok malah nemu penjual singkong yang bagus2..jadilah ganti haluan malah beli singkong..hihi. Soalnya jarang sich nemu singkong yang bagus dan berwarna kulit bagian dalam pink gini..selain di pasar satunya di tempat mbah2 langgananku..jadinya langsung aja beli singkongnya. Kayak gini nich teman2..singkong yang bagus buat gethuk ya..^^


Akhirnya sampai rumah semangat mau bikin gethuk lindri saja..udah lama pengen di buatin suami karena memang kalau beli kurang enak ya di tukang gethuk lindri keliling itu, suka keras dan aneh rasanya. Singkongnya bagus sekali aku dapat tadi , putih bersih dalamnya dan kulit bagian dalamnya berwarna pink..jadi mudah di kelupas..dan singkong yang jenis inilah yang sangat cocok buat di olah jadi jajanan tradisional. Karena lebih *mempur dan gempi*..dan kalau di kukus tuch bagus tekturenya..putih bersih dan *pero*..nggak berair..nah buat bahan gethuk pas banget dech. Singkong yang sudah di kukus tinggal di haluskan..tenang, nggak usah capek2 numbuk teman2 kalau bikin gethuk..ada cara yang lebih mudah..cukup di haluskan saja pakai garpu ketika singkong masih panas..mudah sekali..jadi nggak perlu tenaga dan bingung ya..kalau nggak punya alat tumbuk..tetep bisa kok bikin gethuk sendiri kok di rumah. Eh..tapi begitu adonan siap..sudah halus semua, tinggal di cetak..lha kok..alat gilingan daging punyaku sudah berkarat..aduch..jadi takut mau pakai..pupus sudah harapanku untuk bikin gethuk lindri..hihi. Akhirnya mencoba pantang menyerah..pakai cetakan putu mayang..bisa sich..cuma keluarnya kecil2 dan susah juga nekannya sampai adonan mau keluar..hihi..tapi akhirnya jadi beberapa juga....dan jadinya..gethuk lindrinya imut2..^^. Dan..akhirnya aku menyerah juga..sisa adonan di gulung saja..toch..rasanya sama..tetep lembut gethuk lindri...hihi..^^.

Oke..yang penting resepnya resep gethuk lindri ini ya teman2..ayuk..sapa tau ada yang suka dan mau coba..silahkan di coba..tapi nyetaknya yang bener ya..pakai alat gilingan daging ya..biar lebih cakep gethuk lindrinya..hihi. Resep gethuk lindri ini aku pakai campuran kelapa di dalam adonannya supaya lebih gurih dan enak.. tapi jika tidak suka ada campuran kelapa gethuknya..ya di hilangkan saja..mudah kan..^^...Selamat mencoba..^^

Gethuk Lindri

Bahan :
1 kg singkong 
Kelapa parut 200 gram, untuk campuran
Gula Pasir 50 - 100 gram
Gula Merah 75 - 100 gram
Garam 1 sendok teh
Vanili bubuk 1/2 sendok teh
Kelapa parut 50 gram untuk taburan, tambahkan sedikit garam, kukus juga.

Cara membuat :
Kukus singkong hingga matang ( tadi hasilnya jadi 800 gram ). Kelapa parut yang untuk campuran sekalian di kukus juga ya.
Campur singkong dengan kelapa parut dan garam
Bagi jadi dua adonan, satu tambahkan gula pasir sesuai selera ( aku tadi cuma 50 gram, jika mau lebih manis..100 gram ) dan yang satu tambahkan gulamerah sisir , uleni rata.
Adonan gethuk lindri siap di cetak pakai gilingan daging. Jika mau warna lain juga boleh..pakai gula pasir semua..lalu di warnai sesuai selera. Sajikan dengan kelapa parut.

2 comments :

  1. mbak,menurut saya yang warna pink itu bukan kulit ari,sebab kulit ari kan yang tipis mbak,jadi yang coklat itu. yang kulit warna pink ya kulit dalam...cmiiw ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya..hihi, makasih ya koreksinya..aku kadang emang suka buat istilah sdr...masak kulit ari di samain sama kulit singkong ya..:)

      Delete