Monday, June 10, 2013

Short Trip ..Solo Klaten Yogya PP..Part 1 ..*Soto Seger Mbok Giyem Boyolali*


Pagi teman2...mau cerita nich..kemaren kami iseng pergi jalan2..ke Solo..Klaten dan Yogya..PP..one day trip..pergi pagi..malam balik lagi ke Semarang. Iseng sich sebenarnya..niatnya mau ngajak Yodha ke Borobudur..karena sekarang dia sudah tau sejarah pas belajar di Sekolahnya..dia pengen liat candi Borobudur..kalau dulu belum ngerti nggak pernah mau di ajak ke sana. Eh..pas mau berangkat tiba2 berubah haluan aku pengen lewat Solo saja..dan sekalian ke Klaten cari Gerabah Bayat buat properti photographyku..ya sudah..akhirnya kami berangkat pagi2..lewat jalur Solo. Nah..setiap lewat jalur Solo..tak lupa kami mampir ke tempat soto favorit kami sejak dulu Yodha kecil..udah sering kami ajak ke situ...Soto Seger Mbok Giyem di Boyolali. 

Seperti Soto2 lain di Boyolali yang terkenal..soto seger Mbok Giyem ini adalah jenis soto berkuah bening..dengan bumbu dan isian minimalis..tapi rasa kaldunya nendang..inilah yang jadi kekuatan utama rasa soto ini. Ada dua macam Soto yang di jual..yaitu soto sapi dan soto ayam kampung. tapi favorit kami adalah soto sainya. Karena kekuatan kaldu sapi yang bayak di kuahnya inilah sehingga , waluapun bening tapi rasa kuah sotonya segar..dan sangat gurih. Tapi jangan kuatir..walau isian sotonya cuma minimalis memang..cuma ada nasi..daging sapi / daging ayam beberapa iris dan tauge saja..tapi..pelengkapnya super banyak kok..dari berbagai macam lauk sampai aneka sate..dan jajan pasar. Udah dech..bakalan laper  mata dan tangan sibuk nyaut kiri kanan aneka cemilan yang terhidang di meja..sambil menunggu soto datang. yach..memang kalau datang pagi di warung soto Mbok Giyem ini musti rela antri..tapi penyajianya lumayan cepat juga kok karena karyawannya cukup banyak. Warung sotonya sich sederhana..dengan ciri khas warung soto ndeso dengan bangku2 panjang dan kita harus siap berdesakan ketika makan soto di sini..tapi malah seru kok..kita bisa saling sapa dan berinteraksi dengan pengunjung lain..kayak kemaren kami ngobrol dengan  pengunjung dari Semarang yang ternyata malah bakul Nasi Ayam Semarangan yang sudah cukup terkenal di Semarang yaitu Mbok Darmi dan keluarganya..wah..bakalan jadi liputan wisata kuliner selanjutnya dech..karena kami berjanji untuk mampir kapan2 ke warungnya di Simpang Lima Semarang. 

Ketika semangkuk soto sudah terhidang..kita pun sibuk lirik lirik meja kiri kanan cari sate favorit kami yaitu sate kikil. Uniknya memang di soto Mbok Giyem ini di setiap meja..cemilan dan lauk pauknya kadang berbeda2..karena saking banyaknya ragam cemilan dan aneka lauk pauknya. Sipp akhirnya kami menemukan sate kikil incaran kami di meja sebelah..hihi. Memang sate  kikil ini adalah salah satu lauk favorit pengunjung di warung soto  ini. Sate kikilnya gurih manis..empuk sedikit kenyal dan di bumbu bacem gitu kayaknya terus di goreng sebentar..nggak kerasa..dua sate habis ku lahap..padahal ukurannya gede2..belum sate lain..hihi..sarapan yang benar2 kenyang..!

Oke..itu cerita bagian pertama jalan2 singkat kami kemaren teman2..ntar nyambung lagi ya..di tempat2 kuliner lain yag kami singgahi kemaren..^^..sekarang..silahkan di nikmati dulu soto segernya ya..dan kalau mau coba sendiri..silahkan datang ke warung Soto Seger Mbok Giyem di Boyolali, alamatnya di belakang Pasar Sunggingan Boyolali..di jamin..bener2 segerrrr.....^^







10 comments :

  1. soto mbok giyem beberapa tahun terakhir emang lagi naik daun. Waktu mudik terakhir aku juga makan Soto Mbok Giyem di Solo. Ruame banget. Belum lagi lihat deretan lauknya. Waaaaa....bikin kalap deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..bener..sejak ada internet memang bener2 efektif ya buat promosi tempat2 kuliner unik gitu..karena cepat sekali informasi menyebar..dan banyakan dari luar kota pada ke situ memang ya Mba..kalap..sama dech Mba..hihi..cemal cemil nggak henti kalau di sana..^^

      Delete
  2. pengeen..kangen soto bening dengan isian minimalis..di pekanbaru sotonya nggak ada yang bening >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nisrina..memang Soto Bening ini banyak di Solo..Klaten Boyolali dan Yogya..kalau di sana berbumbu kuat semua ya Mba..^^..ayo wis kul ke sini Mba..^^

      Delete
    2. wah..lebaran nih baru bisa pulang kampung^^
      mbak kalau dah nemu resep yang hampir mendekati soto bening spt ini posting ya..aku setia menunggu..hehe :D

      Delete
    3. Hihi..iya Mba Nisrina..nanti tak coba2 lagi dulu ya..^^

      Delete
  3. Replies
    1. Nah itu dia..Mama Obito..belum berhasil bikin resep soto bening yang otentik aku..ya mungkin beda di jumlah kaldunya ya..kalau di warung2 gt kan sekalian banyak bikinnya..jadinya lebih kerasa kaldunya karena kaldu yang di pakai juga byk..kalau bikin sendiri, paling mentok kan 1/2 kg daging ya..hihi

      Delete
  4. Mbak Di, aku malah baru tau ada warung mbok giyem ini. Apa sama dengan Mbok Giyem yang di jalan raya Salatiga - Solo Mbak?

    Oh ya pas aku jalan2 ke Pasar Gede kok aku ga nemu yang jual jajan kue basah. Di mananya to Mbak? Thanks!

    ReplyDelete
  5. Wah kapan-kapan bisa nih mampir ke Soto Seger Mbok Giyem Bioyolali, buat kuliner
    mampir juga ke http://pewartawonogiri.blogspot.com/ untuk mengetahui wisata-wisata dan dan informasi sekitar wonogiri dan sekitarnya y mind, admin :))

    ReplyDelete