Sunday, June 23, 2013

Semprit Coklat Putih Telur


Rencana mau ku kumpulin jadi satu resep2 kue kering yang murah meriah..tapi enak..buat teman2 yang suka bikin kue kering sendiri untuk Lebaran atau untuk di jual...tapi kok ya ada aja resep2 lain yang di coba..jadi nya satu2 aja dech posting resep2 kue keringnya ya teman2..masalahnya..sebentar lagi udah mau puasa ya..ternyata..hihi..nggak kerasa...ya moga2 aja bisa jadi ide variasi kue keringnya ya buat teman2 yang sekarang lagi sibuk ngerjain proyek kue kering buat di jual atau mau buat sekedar untuk hantaran atau untuk suguhan tamu di hari Lebaran nanti.

Salah satunya..ini untuk memanfaatkan stock putih telur yang melimpah nich..aku kasih resep kue kering yang pakai putih telur ya..biar nggak mubazir itu putih telurnya..kan biasanya di buat lidah kucing aja tuch..cuma kadang rada males ribet ya kalau bikin lidah kucing..nah kalau resep semprit ini mudah saja..cara buatnya tinggal di kocok saja kayak kue kering biasanya..

Oke selamat mencoba teman2..^^

Semprit Coklat Putih Telur

Bahan2 :
250 gram tepung terigu protein rendah
30 gram susu bubuk
35 gram coklat bubuk
285 gram butter
150 gram gula halus
 ¼ sendok teh garam
 2 putih telur dari telur berukuran besar

Cara Membuat :
  • Panaskan oven 175C. Lapisi loyang dengan kertas roti
  • Ayak terigu , susu bubuk dan coklat bubuk, sisihkan.
  • Kocok butter , gula dan garam kecepatan sedang sampai putih , tambahkan putih telur dan kocok hingga menyatu.
  • Kecilkan speed mixer, lalu masukkan bahan kering. Kocok sebentar asal rata , selanjutnya di aduk  dengan spatula sebentar supaya bagian bawah juga tercampur rata.
  • Semprotkan adonan di loyang yang sudah di alasi kertas roti, dengan spuit sesuai selera modelnya..( kalau aku pakai 1 M dari Wilton ), lalu panggang kurang lebih 15 sampai 20 menit sampai renyah ( tergantung oven masing2 )
Tips : 
Untuk jenis kue kering dari putih telur ini..aku rekomendasikan pakai butter ya..supaya bisa benar2 renyah..jangan di ganti dengan margarin.
Jika ingin lebih manis, bisa di tambahkan chocochip untuk hiasan di tengah2 kuenya.

 




37 comments :

  1. Replies
    1. Ya Mba Shinta..ayukk di coba..kalau bosan lidah kucing..bisa jadi varian baru kue kering putel ^^

      Delete
  2. Kalo perbandingan'a utk butter dan margarine 1:1 bsa ğα>:/ ???pengen nyoba hehehe,,,

    By nona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang renyah kayaknya Mba Nona..^^..tapi coba saja..jika penasaran..hihi

      Delete
  3. Kalo gtu aq coba setengah resep dlu lah,,,aq suka aroma butter tp hubby Ϋάπĝ ğα>:/ suka mbak haduuhh hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama donk..kayak aku..nggak suka roma butter.tapi karena haru s pake yang tetep pake kmrn..hihi

      Delete
  4. kak, resep kue kastengelnya aku cari kok ga ada ya?

    btw, utk resep diatas ini kalau coklatnya diganti bubuk kopi bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya..belum di upload Fian..nunggu foto yang bagus ..hihi..kmrn bikin lum sempat di potret udah di bagi2 kuenya..^^
      Kalau ganti kopi..bisa juga ya..cuma kurang manis atau tidak aku belum pasti..soalnya kopi kan pahit ya..atau di tambahin gulanya mungkin..^^

      Delete
    2. Kak, aq dah coba resep d atas, lumayan berhasil, rasanya enaak, tapi kok kue ku mbleber ya pas d oven? jdi hasilny meskipun dh pake spluit pas udah matengny bunder biasa ga ad tekstur bunga2ny, hehe. untungny tetep bisa mengeras...
      kok bsa mbleber gt knp ya?

      pas bikin aq lupa, semua bahan kering d campur, jadi aduk mentega d awal ga dg gula...

      Delete
    3. Kelamaan ngocoknya ya Fian menteganya?..perkiraan ku sich begitu ya..jadi adonan mengembang..dan jadi mbleber..coba di cek ulang kmrn prosesnya ya berapa lama Fian ngocoknya..?..dan di ingat2 biar besok kalau coba lagi nggak kejadian lagi..^^

      Delete
  5. mbak..2putih telur itu brp ml ya..aku ada putih telur dr bbrp btir telur jdnya kl mau ukur hrs pakai gelas takar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung ukuran telurnya ya Mba..kira2 100 ml kayaknya..kalau putih telur ukuran sedang...:)

      Delete
  6. Aku uda coba. Enak mbak. Tapi lumer dikit bunganya gak secantik mbak punya. Thanks yah. Teman sampai minta resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2...oh mungkin kelamaan ngocok menteganya ya mba,.mentega memang mudah leleh kan ya.:)

      Delete
  7. rismayanti megawatiApril 4, 2014 at 4:56 PM

    Mbak diah salam kennal. Mbak mau tanya untuk dapat produk wilton dimana ya? D kotaku g ada. Kira2 berapa ya harganya. Soalnya pake plastik segitiga mudag sobek jadi ketika lagi enak2 hias cake eh bocor jdnya belepotan. Kebetulan saya pemula dlm dunia masak.. Mhn bantuannya mbak. Bs lewt email ga mbak rismayanti.megawati@gmail.com. Makasih mbak. Suka bgt sama blognya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau spuit nya ada byk di toko online mba..search aja..macam2 harga..20 -35 ribu..:) Klau kantong segitiga yang dari rubbe ritu yang aku dnak nemu di sini..aku di kirimi temen dari amerika Mba..:)

      Delete
  8. aku mau info untuj mbak rismayanti megawati utk.produk wilton banyak di toko bahan kue ani di jl.gunung sahari 1 jakarta pusat mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..mksh ya Mba..moga bermanfaat infonya buat teman2 yang cari ini..:)

      Delete
  9. Maaf mb Diah, apa harus dialasi kertas roti y? Kl loyangnya cuma diolesi margarin apa g bisa?

    ReplyDelete
  10. Sempritq gagal mb Diah. Di resep ditulis kocok sampe putih, dalam benakq kaya ngocok adonan cake yang sampe ngembang karena itu yg berwarna putih. Ditambah lg q pake margarin bukan mentega. Alhasil sempritnya ada yang renyah ada yang alot. Kacau deh hihihi...
    Kira2 brp lama y mb ngocok adonan awalnya yg sampe putih itu ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Weni..sebaiknya emang harus pakai mentega mba..untuk renyah kuenya..:) Ya di kocok sampai fluffy dan menyatu gt mba.....:)

      Delete
  11. Get it...
    Next time will do my best in shaa Allah. Maturnuwun mb

    ReplyDelete
  12. Maaf mb tanya lg butter sama roombutter itu apa sama yah? Ada yg bilang roombutter itu g halal. Bener gt kah? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Room butter itucuma sebutan orang kita utk menteg aimpor yang wangi gitu Mba....cari merk2 yg udah halal aja..misall wysman..orchid dll..tapi itu terbuat dari susu sapi kan ya...butter tuch ...:)

      Delete
  13. Mb,aku dah coba resep ini 4 x dan selalu gagal.. bunga nya g mbentuk bagus dan mbeleber.padahal aku g terlalu lama yang kocok merteganya.. klo d campur sedikit maizena gmn mb or soda kue gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nyampur adonan detelah mentega di kocok pakai spatula aja Mab..ndak usah di kocok lagi. Kalau pake soda kue..tambah ngembang dong..:)

      Delete
  14. Mbak mau tolong tanya dunk kalo misalnya skip coklat.gulanya perlu dikurangin ga ya???
    Mbak butternya pake merk apa?wysman?kalo full apa ga eneg yaa?? Atau mungkin pake merk apa?kayak elle gt??
    Makasih sebelumnya mbakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba...iya mba..gula di kurangi..:)
      Butter aku pakai BOS aja mba..hihi...jadi nggak neg kan nggak tajem aromanya..cuma bantu renyahnya aja..:)

      Delete
  15. Emang ada ya mbak merk BOS??tau nya elle,anchor,orchid....anyway..makasihh banyakk infonyaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. BOS itu pengganti butter Mba Venny..:)..versi murahnya butter..bukan merk dagang. Selengkapnya udah ku tulis di sini lho :http://www.diahdidi.com/2013/11/apa-itu-bos.html

      Delete
  16. Maaf mba diah saya mau ikutan tanya soal mentega BOS yg mba bilang, mentega BOS itu apa mmng merknya ya mba? Secara ditmpt saya koq blm nemu ya yg merknya BOS, saya pengen segera praktek resepnya ni, manfaatin stok putel.
    trima kasih, ipit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan merk mba..itu istilah..dalam bhs indonesia artinya penggantinya mentega . Jika mau pakai mentega yang mahal juga boleh kok kayak orchid dkk..:) Selengkapnya liat di sini ya. : http://www.diahdidi.com/2013/11/apa-itu-bos.html

      Delete
  17. Mbak Diah, saya sdh coba resep ini krn ada sisa putih telur wkt bikin roti. Yg satu pake coklat bubuk spt resep, yg satu lagi pake parutan keju cheddar (takaran coklat bubuk diganti tepung terigu). Wkt itu saya pake butter Wi**m**, tapi sekitar 235g/resep krn kehabisan, jadi 50g pake margarin. Putih telurnya saya kira2 sebab sdh dijadikan satu di wadah. Hasilnya enak dan gurih, tekstur renyah. Saya lebih suka yg coklat, anak2 lebih suka yg keju. Oya, adonan agak lembek, jadi sedikit melebar di loyang. Saya kocok sebentar saja, mungkin putih telurnya kebanyakan. Saya pake spuit biasa bentuk bintang, bukan punya Wilton, jadi bentuknya tdk secantik punya mbak.
    Terima kasih resepnya mbak, jadi punya alternatif lain untuk menghabiskan putih telur krn kami tdk suka lidah kucing.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..iya itu mungkin kalau meleber sdkt kebanyakan yang mba putel nya..bsk next time bs di takar dulu. Sipp mba..jadi nggak bingung ngabisin putel ya jika punya stock skrg..:)

      Delete
  18. Mbak jika putelnya sudah dicampur semua jadi satu, kira2 butuh berapa gram ya untuk resep ini

    ReplyDelete
  19. Mbak jika putelnya sudah dicampur semua jadi satu, kira2 butuh berapa gram ya untuk resep ini

    ReplyDelete