Wednesday, June 19, 2013

Tahu Bulat Keriting..Cemilan Murah Meriah dan Sangat Gampang di Buat..^^


Jika teman2 mau ngemil gorengan gurih..tapi punyanya cuma tahu putih saja..tenang..bisa kok..di jadiin gorengan yang gurih. Tapi musti sabar ya...nunggu besok bikinnya..hihi....karena di inapkan dulu tahunya semalaman dikulkas..biar pas di goreng bisa keriting kulitnya. Teorinya begini nich..kan tahu dari kulkas jadi dingin tuch..terus di haluskan dan di campur bumbu2, lalu di goreng dalam keadaaan adonan masih dingin..jadi begitu kena minyak panas..akan terbentuk dech kulit keriting tahu itu. Begitu kira2 ya..asal  muasal keritingnya di tahu.

Tahu bulat keriting ini..irit bahan..tanpa telur juga....dan liatlah hasilnya..keriting bulat2 cantik kan..^^ Ada teman yang nanya..nggak hancur kah ketika adonan di goreng...jawabannya enggak tuch..liat ..bulat2 cantik kan..hihi. Kuncinya adonan di kepal2 sampai agak padat dan di bentuk bulat2 kecil ya..terus di goreng di minyak yang sudah benar2 panas..dan bulatan tahunya terendam minyak...jadi begitu adonan dingin dari tahu terkena minyak panas..maka akan terbentuk lapisan keriting kulit tahunya, setelah terbentuk kulit, kecilkan api, lalu goreng hingga kuning kecoklatan. Siap dech di cocol saus sambal..nyamm..nyamm..atau di buat campuran sup sayuran..enak juga...^^


Oke..mau coba kah teman2..sippp..ini dia aku kasih resepnya ya..

Tahu Bulat Keriting

Bahan :
5 buah tahu putih ukuran sedang ( lupa nimbang dech..kira2 300 gram mungkin )
1 siung bawang putih
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Taruh tahu dalam mangkuk, lalu simpan semalaman di kulkas, bagian bawah ya..bukan di freezer..ntar malah jadi es tahu..kalau di freezer..hihi.Buang jika ada air di mangkuknya ya..
Esok harinya..keluarkan tahu dan haluskan dengan ulekan. Haluskan juga bawang putih dan campur dengan tahu dan bumbu2 lain.
Kepal2 bentuk bulat sambildi padatkan ya, lalu langsung goreng ketika adonan masih dingin. Minyak harus sudah panas, dan tahunya terendam minyak. Jangan masukkan bulatan tahu terlalu banyak juga..biar suhu minyak stabil ya...Tunggu sampai berkulit, lalu kecilkan api, baru di bolak balik sampai matang. Ketika  baru di masukkan ke minyak..diamkan dulu ya..jangan di geser2 atau di bolak balik..sampai semua tahu berkulit biar aman...nggak hancur tahunya. Oke..mudah kan..selamat mencoba ya teman2..^^


9 comments :

  1. Mbak Diah ini bener2 kreatif, adaaa aja yg dibuat jadi makanan... jadi pengeenn nyobain semuannya Mbak, xixiix..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...lha..pokoknya apa yang ada di dapur dimasak Mba..kan jadi makanan tho..terus di pajang di sini..siapa tahu ada yang mau nyobain..ayo Mba..di coba..super murah meriah ini..tapi enakkk..^^

      Delete
  2. Wahh sangat menginspirasi mbak kretif, simpel, dan kayakny pasti uenak ,,, qu mw coba yuahh mbak :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Yunnie..murah meriah dan enak ..^^..met coba ya..

      Delete
  3. Replies
    1. ya Mba Giselle..silahakan di coba..jika masih ragu2 takut ambyar..tambahin putih telur 1 buat pengikat nggak pa2..nggak pengaruh ke rasa..^^

      Delete
  4. Ini harus aku coba mbak Di... secara aku tuh penyuka tahu.... mau diapain aja yg penting judulnya tahu aku suka semua ( dasar doyan makan...hihihi ). Sayang stock di kulkas tinggal tahu kulit. wah hrs segera beli nih biar besok pagi langsung bisa nyemal nyemil sambil nyruput kopi...hihihi

    ReplyDelete
  5. mbak diah...mau tanya...ini beda dengan tahu kopong itu ya?? biar kopong seperti di abang gorengan itu gimana ya :D

    ReplyDelete