Friday, June 14, 2013

Donat Kentang Isi Coklat


Hari ini..Yodha request minta di buatin donat coklat..gara2 kemaren pas bikin roti pisang kurang suka..karena ada pisangnya..padahal dia sudah request yang isi coklat. Sengaja sich..aku nggak kasih isi coklat pas bikin roti pisang kemaren..biar Yodha latihan nggak pilih2 makanan. tapi ternyata..tetep..kekeh nggak mau makan yang isi pisang..hihi..ya udah..kasihan juga dari kemaren pengen makan donat isi coklat..hari ini aku buatin saja..dan alhamdulillah..begitu mateng..anget2 langsung abis 3 biji..hihi..seneng dech sekarang Yodha udah doyan ngemil..jadi nggak rugi punya Emak yang tukang masak..hihi..cuma ya itu..masih pilih2..ngemilnya yang benar2 dia suka saja..tapi udah lumayan lah daripada dulu pas TK..susah makan dan ngemil. Sekarang apalagi liburan gini..kerjaannya di rumah main dan nonton tv..bentar2 laper..mi..!..Teriak gitu..hihi..seneng dech maminya..^^

Okeh..segitu cerita tentang donat favorit Yodha ini ya..Dia dari dulu paling suka donat jenis ini memang..jadi..dalamnya coklat leleh dan luarnya di taburi gula donat yang sejuk semriwing rasanya..memang enak sich. Mau coba teman2..yuukk..simak resepnya ya..step by step..sama aja sich kayak bikin roti pisang kemaren..cuma adonannya beda..kalau donat ini pakai 1 butir telur..bukan kuningnya saja..dan pakai sedikit kentang kukus juga..jadi hasilnya tetep lembut..dan empuk..khas donat gitu dech. Cuma..kalau lembutnya memang lebih lembut roti kepang isi pisang kemaren..karena kan pakai kuning telur saja..2 butir pula untuk 250 gram terigu. Jadi super lembut dan ringan tekture roti gorengnya. Kalau donat ini..ya cenderung lebih padat tapi empuk..khas gitu ya..kayak donat2 biasanya. Kan..namanya juga donat..hihi..bukan roti goreng. Kentangnya makainya dikit aja..beda seperti donat kampung yang pernah ku posting sebelumnya di sini..karena adonan donat isi coklat ini perlu rongga untuk di masukin coklat lelehnya nanti. Jadi biar tekturenya lebih berserat gitu..makannya..makai kentangnya dikit aja..:)..Kalau yang mau resep yang pakai kentang lebih banyak ..coba resep yang donat kampung ya..tinggal di klik di link di atas.

Oke..selamat mecoba teman2..^^
Donat Kentang Isi Coklat Leleh
Bahan-bahan :
400 gram tepung terigu protein tinggi 
50 gram gula pasir
1 sachet susu bubuk dancow
1 sendok teh ragi instan
50 gram kentang kukus, dihaluskan
1 butir telur
150 ml air es
50 gram margarin
1 sendok teh garam

Bahan Isi:
Coklat masak pekat 250 gram , lelehkan dengan cara di tim.
Gula donat secukupnya untuk taburan.

Cara Membuat :
  1. Donat: campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instan, dan kentang. Aduk rata.
  2. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  3. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
  4. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan.  Diamkan 45 menit sampai mengembang di atas loyang yang ditabur tepung.
  5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  6. Isi: Rebus air di panci kecil. Taruh potongan coklat masak ke dalam mangkuk atau panci yang sedikit lebih besar. Letakkan di atas panci kecil yang berisi air. Didihkan hingga coklat meleleh. Masukkan ke kantong plastik segitiga. Masukkan dalam kantung plastik segitiga.
  7. Lubangi bagian sisi donat dengan sumpit. Semprot sisinya dengan bahan isi. Tabur dengan gula donat


13 comments :

  1. Sama kayak anakku mba, ga suka kalo aku bikin roti isi pisang, pernah aku sengaja masukkan ke lunch box, eh yg dimaem cuma rotinya, pisangnya ditinggalin...nah kalo isi coklat gini juara, langsung ludes he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ya Mba Anna..anak2 kok kurang suka pisang ya ..kecuali pisang ambon..Yodha masih mau di makan sebagai buah gitu..cuma ya tak paksa2 atau di buat jus sama susu baru mau..lha..kalau olahan pisang yang tradisional..wis..nggak mau nyentuh blas..apalagi kalau cuma pisang goreng nagasari dll..kalau dpt snack begitu dari sekolah pasti di bawa pulang di kasih ke aku..hihi..

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. mba kalau isi nya dcc yg dicairkan, apa lama2 coklat nya ga mengeras di dlm nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hari berikutnya memang mengumpal Mba Laura..tapi tidak sampai mengeras..Kalau mau tetep leleh..bisa di campur sedikit susu cair Mba..coklat nya..di campur pada saat coklat di lelehkan..jadi tetep awet meleleh..^^

      Delete
  4. Mbak, itu isi donatnya pas udeh matang? Bukan pas masih adonan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohya, kalo kentangnya direbus memengaruhi hasil adonan ga, Mbak?

      Delete
    2. Pas udah mateng Mba ngisinya...lebih aman ya..takutnya kalau bocor isinya pas di goreng malah jadi kotor minyaknya...dan juga biar adonannya ngembang sempurna..biasanya donat isinya gitu di semprotin ke dalam donat..jika sudah matang..bisa di isi selai dll..kalau males repot2 ya pas mau makan di belah jadi dua saja..di oles selai atau coklat pasat Mba..hihi..praktis kan..^^ Kalau kentang di rebus tidak masalah Mba..asal sampai matang benar dan nggak mengerindil ya..pas di haluskan..jadi bisa nge blend sama adonannya..jika lembek..jumlah airnya saja di sesuaikan..oh ya..kalau nuang cairan di adonan donat atau roti jangan sekaligus ya Mba..sedikit demi sedikit saja..kalau adonan sudah kalis..boleh di hentikan pemberian airnya..supaya adonan tidak terlalu lengket..dan mudah untuk di uleni..Semangat ya Mba..^^

      Delete
  5. mba kalau coklatnya dipotong2 aja gimana? gak usah dilelehin. Hahahaha.. kyknya lbh gampang githu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba..cuma hati2 ya..mbentuk donat dan nggorengnya..biar nggak meleleh pas di goreng..:)

      Delete
  6. kalau gak pakai kentang, gantinya apa ya mb, apa susunya ditambai apa telur ? kdang kalau mau bikin ak yang bahannya ada di rumah, kalau rencana2 akhirnya g jadi bikin. nyetok2 bahan juga beli sekalian he...he kalau resep donat diatas dipanggang bisa g ? soalnya ak pernah nyoba yg donat cair dipanggang kok rasanya enakan yg diuleni menurutku sih mb. mkasih ya mb DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di ganti umbi2 an lain Mba..misal ubi..dll..kalau bikin yang tanpa umbi..pakai resep roti goreng aja..itu juga enak di buat donat.
      Kalau donat ini kan berat ya adonannya..takutnya kalau di oven ndak ngembang bagus mba,..beda sama di goreng yang kena minyak panas langsung. Kalau mau di oven pakai resep hot dot kemaren itu aja..yang aku posting...bisa jug ajadiin roti donat..:)

      Delete
  7. Mbak caranya supaya donatnya bulet bener gmna caranya ya? atau memang ada cetakan sendiri donat bulet tanpa bolong ditengahnya? karena saya bikin buletnya ga beraturan.

    Terima kasih.

    ReplyDelete