Sunday, June 2, 2013

Sambal Matang Terasi Petai & Udang



Wah..akhirnya hari ini aku bisa ngerasain Terasi Puger..setelah mampir ke blognya Mak Mia yang lagi membahas terasi puger ini..aku langsung pengen coba..dan kebetulan pas Mak Mia ke Yogya..aku di kasih terasi ini..hihi..asyik2..makasih Mak Mia..^^

Pagi2 tadi langsung semangat belanja ke Pasar..buat coba rasa terasi ini..masakan yang pas ya tentu saja ya sambal terasi..cuma biar sambal terasinya makin istimewa..aku tambahin udang dan petai..jadi seru kan sambalnya..3 in 1 langsung..udah ada lauk dan lalapannya juga yaitu petai..hihi. Padahal aku nggak terlalu suka petai sich..tapi suami suka..ya udah..tadi hunting petai ke pasar. Wah..ternyata belum musim petai ya..jadi ngubek2 pasar nggak ada yang jual. Aku lalu telp tukang sayur langgananku..siapa tahu dia bawa petai..ternyata jawabnya..petai lagi mahal bu..1 papan 5 rb ..gubrak..mahal bener ya..seandainya petai bisa di awetkan..mungkin pas lagi musim petai dan lagi murah2nya gitu di kalengkan atau gimana..pasti laku di saat2 gini..hihi..lebay yach..ya sapa tau aja jadi peluang usaha tho..petai kaleng..kan bisa di ekspor juga tuch..hihi. Akhirnya aku tadi nemu petai juga sich..di warung bahan2 dapur langgananku....malah di depan pasarnya...hihi..asyik..jadi bisa membuatkan makanan favorit suami dech...cuma emang masih mahal..1 papannya Rp.3500 itupun dapatnya petai yang muda2..kalau yang tua Rp.5000..hihi..nggak pa2 dech..yang penting dapat petainya.

Akhirnya dari pagi sibuk di dapur..nyiapin bahan2 dan mulai masak. Lalu aku ingat permintaan teman2 untuk di kasih step by step..jika aku posting resep di blog ini. Ya udaah..aku coba ..akhirnya..masaknya dengan rapi sekarang..hihi..biasanya kan cepat dan cemplang cemplung..langsung matang..sekarang aku foto  satu persatu dulu langkah2nya..jadi musti rapi kan..biar enak di liat..hihi..dan jadinya makan waktu juga..soalnya harus bolak balik nyiapin tempat motret dan cuci tangan..nge lap tangan dulu  baru pegang kamera..*kalau nggak gitu..bisa bau terasi kamera kesayangaku..hihi* ..abis melakukan satu step masaknya. Nggak pa2..ribet sedikit tapi teman2 bisa jelas ya cara masaknya gimana..buat teman2 yang baru belajar masak. Eh..nggak kerasa udah jam 12..mateng dech..dan perut juga udah lumayan laper..sipp dah...bisa langsung santap..sambel udangnya. Oo..tapi ternyata ada yang lupa..aku lupa masak nasi..hihi..keasyikan...motret tadi..sampai belum masak nasinya. Yach..akhirnya harus bersabar dech mencicipi sambelnya. tapi tadi udah ku colek2 dikit ..emang sedap terasi pugernya ..^^. Iseng sambil nunggu nasi matang aku nonton channel favoritku di tivi..Asian Food Channel...wua..tambah laper..soalnya kan all about food acaranya..hihi. Akhirnya.aku posting dulu aja dech resep sambel terasinya di blog..sambil nunggu nasi matang..^^

Oke.gitu dulu ya cerita seruku di hari Minggu ini...sekarang cek dulu ya resep sambal terasi udang dan petai ala aku..dan step by step cara masaknya..yuk mari..^^

Sambal Matang Terasi Petai & Udang

  • Siapkan bahan2 sambalnya dulu ya, cabai , sesuai selera aja ya cabainya, kalau mau pedas tambahin juga cabe rawitnya , bawang merah kira2 8 buah, bawang putih 2 siung aja, dan terasi 1 sendok makan...cuci bersih semuanya, kecuali terasi. Siapkan juga gula merah 1 sendok teh / sesuai selera, serta garam/ bumbu kadu bubuk secukupnya.
  •  Ini bahan tambahannya..1 papan petai dan 100 gram udang segar yang sudah di kupas..
  • Biar gampang nguleknya dan lebih cepat halus, potong2 kecil dulu cabai dan bawang merah serta bawang putihnya...jadi nggak capek dech ngulek..^^..soalnya beda lho..kalau bahan bumbu di blender..kurang sedep gitu..^^
  •  Selanjutnya ulek cabainya dulu sampai agak halus ya
  •  Baru masukan bawang merah , bawang putih dan terasinya
  •  Ulek sampai halus kayak gini ya..tapi kalau capek ngulek..nggak halus2  banget ya nggak pa2..hihi
  • Nah..setelah halus bumbu2nya..lalu tumis dengan api kecil sampai benar2 matang dan harum baunya..tuch liat warnanya jadi berubah merah cantik kan setelah sambalnya di tumis dan matang..^^
  • Setalah itu masukkan udang dan petai ya, kenapa udang masuk terakhir, karena biar nggak alot, kan  udang kalau di masak kelamaan malah jadi alot tekturenya teman2. Nah tahap ini juga masukkan bumbu2 lain ya seperti garam / sedikit bumbu kaldu bubuk rasa ayam, dan gula merah.

  •  Aduk rata dan masak sampai udang matang dan petai layu.

  • Nah..sudah matang dech..sambal tumis terasi udang petainya..siap di santap dengan nasi putih anget yang masih ngepul..woa..tambah laper nich..udang mateng belum ya nasiku..hihi
  •  Selamat mencoba teman2..semoga sesuai selera ya..^^

24 comments :

  1. nyam....beneran bikin lafer....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk..maksi dulu Mba Rina..aku juga belum nyicip ini..nunggu nasi matang..online aja dulu..hihi..^^

      Delete
  2. Meeeehh terasinya mau juga, mak. Beli dimana? Terasi puger ya namanya? *noted*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Isti...ini terasi Puger..enakk..coba cari di supermarket besar dech..kalau aku ini di kasih sama Mak Mia..hihi.

      Delete
  3. maksi nyolek sambelnya mak Diah ah, maknyus ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...Ya..Ya.. Boleh Mak Uwien..masih banyak nich..^^

      Delete
  4. Replies
    1. Tullll Mak Noorma....^^..mksh ya udah mampir ke dapurku..^^

      Delete
  5. ngiler...liat sambelnya... nasi anget lauk sambel.. *ahh kaboor gambar2nya bisa menggagalkan dietku nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..maafken Mak Riski..menggoda dietnya..ayo..ambil tempe goreng terus di colekin ke sambelnya ya..enyakkk...hihi..*nggodain lagi..*

      Delete
    2. Tar deh, kapan-kapan saya coba Mak..

      Delete
  6. Bikin ngiler dan laper Mak.:)
    Salam kenal dari Nganjuk.

    ReplyDelete
  7. Makasih Mak Devy..ayo maksi dulu..hihi. Salam kenal juga ya..mksh udah mampir..^^

    ReplyDelete
  8. kalo sambal matang spt ini di tempatku kota Batu dan istilah surabaya namanya sambal bajak... Ntar aku pgn bikin juga nih... Ada oleh oleh terasi dr surabaya dan bandeng presto dr mertua.. Komplit deh jadinya kalo ada sambal ini.... Thanks yah mba... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..sambal bajak juga gini ya Mak Luluk..sipp2..nambah ilmu..hihi..soalnya aku biasa bikin sambal yang tumis yang gini aja..^^..cocok banget tuch Mak..di makan sama bandeng presto...^^

      Delete
  9. hihii baru tau nih ada yang namanya terasi PUGER, Matahari ada gak yaa? Selama ini yang dikenal terasi soko Juwana-Pati :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau di Semarang aku dulu taunya yang enak ya dari Juwana ya Mak..^^

      Delete
  10. Mba diah,itu di gmbar bahannya ada tomat ÿą ? Tp d cara pembuatan tdk pakai tomat?vivi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Mba Vivi..lupa nulis ya..di goreng sama semua bahan ya..lalu di haluskan..:)

      Delete
  11. Mbak diah,sorry nih comment lg...maksudnya tomatnya dimasukin waktu numis sambelnya ya ? (Cabai dan bwang kan sdh dihaluskan dr awal) =) -vivi-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di ulek bareng Mba..sama bumbu2 lain..:)..lalu di tumis lagi..:)

      Delete
  12. Terasi puger,jember memang te o pe ,Mbak...istilah nya keju jawa tuk terasi puger yg 1 kg kayak bata :-)...(Dini wong jember :-) ).....paling enak terasinya dibakar atau gongso pake minyak dikit (smp ancur ) dulu ..tinggal simpan deh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..serunya..keju Jawa..hihi. Iya mba..enak memang terasinya..^^
      Kalu di Jateng sini terasi Juwana yang terkenal juga Mba..:)

      Delete