Friday, June 7, 2013

Bubur Udang Gurih


Selamat pagi..!..Mari kita awali pagi yang indah ini dengan sarapan bergizi teman2. Libur sekolah seperti ini..jadi waktu yang tepat untuk memasak aneka sarapan yang beda dari biasanya..karena tidak di buru waktu seperti pagi2 yang sibuk ketika kita harus menyiapkan keperluan anak sekolah..dan juga menyiapkan sarapan. Seperti pagi ini..aku membuat bubur udang..dalam rangka memanfaatkan stock  kulit dan kepala udang di freezer. Aku memang tidak pernah membuang kulit dan kepala udang..karena kulit dan kepala udang ini sangat berguna untuk membuat kaldu udang dan di dalamnya masih banyak kandungan gizinya lho..nanti aku tulis terpisah di cooking tips ya. Kaldu udang ini bisa kita manfaatkan untuk membuat Sup Tom Yam..Pindang Serani Udang..dan juga bisa untuk campuran membuat bubur seperti yang aku buat pagi ini. Jadilah bubur udang yang sangat gurih. 

Menu ini tercipta..dan terinspirasi ketika suami sering makan bubur udang begini di salah satu restoran di Semarang dan cerita kalau bubur udangnya sangat gurih dan enak..aku penasaran jadinya..tapi kalau mau coba..ke restorannya...kok agak malas juga..karena restorannya itu restoran pub..yang khusus buat dewasa..jadi nggak nyaman kalau mau mengajak Yodha ke sana. akhirnya ya..di coba sendiri saja di rumah..dan suruh suami nyicipin..gimana..rasanya sudah mirip yang di restoran belum. Tadi..suami sich lahap makannya..( apa karena lapar ya..^^ )..terus aku tanya..gimana..sudah mirip yang di restoran..sudah katanya..cuma kurang kuahnya...lho..kok pake kuah..hihi..oh ternyata..kalau di restoran itu bubur udangnya pakai kuah bening kayak sup gitu..mungkin kuah udangnya berbumbunya kali ya..kalau aku kan semua kaldu udang dan bumbu2nya ku masukkan jadi satu di buburnya dan jadinya walauun tanpa kuah buburnya sudah sangat gurih. Oke..next time kalau coba lagi yang versi pakai kuah dech..yang penting..versi bubur udang ala aku sendiri inipun suami dan anak suka. Jadi sudah bisa di simpan di sini resepnya..biar nanti kalau mau masak lagi..bisa sama takarannya.

Oke..buat teman2 yang bosan dengan bubur ayam..cobain dech bubur udang ini..rasanya..gurih dan enak. Aku kasih resepnya ya..selamat mencoba...^^

Bubur Udang Gurih

Bahan Bubur:
100 gram udang jerbung , kupas
1.300 ml air
100 gram beras , cuci bersih
1 cm jahe , memarkan
1 tangkai seledri , ikat
1/2 sendok teh garam / kaldu bubuk ayam
1/2 sendok teh merica bubuk
Bahan Pelengkap:
3 pangsit goreng
1 butir telur , kocok lepas, buat dadar, gulung, iris
1 tangkai seledri , iris
Kecap manis jika suka
Cara Membuat :
  1. Sangrai kulit dan kepala udang.
  2. Bubur, rebus kulit dan kepala udang dengan api kecil sampai mendidih dan berkaldu. Saring air kaldunya ukur lagi 1200 ml.
  3. Didihkan air kaldu udang, jahe, dan seledri. Tambahkan beras. Masak sampai setengah meresap.
  4. Masukkan garam, merica bubuk, dan udang. Masak sampai kental. Angkat.
  5. Sajikan bubur dengan pelengkapnya.








4 comments :

  1. sepertinya nyummy.... *gak sabar pengen nyoba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mak Matris..gurih ini..ada aroma udangnya buburnya..ayo silahkan di coba..:)

      Delete
  2. aku belum pernah makan bubur udang. Kapan-kapan mau nyobain ah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Rina..aku juga baru bikin ini..gara2 di ceritain suami..dan kebetulan memang suami suka banget sama seafood..jadi pas dech..^^

      Delete