Tuesday, June 11, 2013

Pisang Kremes Pandan



Kalau pulang dari Yogya..bagasi mobil..full oleh2..semua di masukin dech kayaknya sama ibuku..hihi...dari mulai beras sekarung..sampai pisang dll..padahal di rumah mertuaku sini juga banyak pohon pisang di kebunnya..dan sering banget dapat kiriman pisang..tapi mau nolak kok ya nggak enak hati sama orangtua..ya sudah..angkut saja..hihi...lagian pisangnya kalau dari rumahku di Yogya ya enak sich..besar2 dan benar2 masak pohon baru di petik..beda sama pisang2 kalau beli di pasar itu kan karbitan semua. Nah..berhubung pisang kepok ranumnya sudah matang semua..jadi musti cepat2 di olah supaya tidak kelamaan dan tidak segar lagi. Jadi nanti bakalan serba pisang dech menu cemilanku beberapa hari ke depan...hihi. Yang pertama aku buat pisang kremes pandan saja dulu. 

Sudah lama pengen nyoba pisang kremes..cuma belum terlaksana..akhirnya aku niatin tadi bikin pisang kremes ini. Coba2 adonan kremesnya kayak adonan ayam kremes saja tapi ku buat manis sedikit..alhamdulillah sukses kremesnya..kriuk2 garing dan cantik karena ada tambahan pasta pandannya..cuma aku belum canggih melipat kremes ke pisangnya..jadinya nggak semua permukaan pisang nya tertutup kremes..nggak pa2 dech.yang penting rasanya sudah enak..apalagi di tunjang manis alaminya pisang..sipp dech buat teman nge teh sore2 di temani secangkir teh poci pakai gula batu..sedepp dan wangi..yukk..nge teh dulu teman2..^^

Mau bikin pisang kremesnya dulu..oke..ini dia ku kasih resepnya ya..Selamat mencoba..^^

Pisang Kremes Pandan

Bahan :
10 buah pisang kepok yang benar2 tua dan matang
Bahan Pencelup :
Tepung terigu protein sedang 75 gram
Tepung beras 1 sendok makan
Gula halus 1 sendok makan
Garam sedikit saja
Air kira2 100 ml ( adonan lebih kental dari adonan kremes )

Bahan Kremes :
Tepung beras 175 gram
Tepung tapioka 2 sendok makan
Gula halus 2 sendok makan
Kuning telur 2 butir
Air 500 ml
Pasta pandan 1 sendok teh

Cara Membuat :
Campur semua bahan pencelup,aduk rata
Kremes : Campur tepung beras, tapioka, gula, garam, dan pasta pandan.Aduk rata, tuang air , lalu aduk hingga licin, saring jika perlu.
Tambahkan kuning telur dan aduk rata.
Panaskan minyak, tuang adonan kremes secukupnya. Masak dengan api besar hingga buih berkurang..lalu kecilkan api dan masukkan pisang yang sudah di celup adonan pencelup, letakkan di tengah2 kremes, lalu tempelkan kremesan di pisang dengan bantuan sendok kayu. Goreng hingga matang dan kremesan renyah. Sajikan hangat.



Ini dua macam adonannya , adonan cair buat kremesan dan satu lagi agak kental untuk pencelup.


Ini nich pisang oleh2 dari Yogya..gede2 dan matang pohon..pas banget dibuat pisang goreng kremes gini..^^


10 comments :

  1. sederhana cara pembuatannya, tapi yg jelas mesti dicoba buatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp..mudah kok Mas..dan rasanya enak..beda sama pisang goreng biasanya..selamat mencob aya..^^

      Delete
  2. Mb berarti goreng pisangnya satu satu ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..satu2.di belah 2 tapi nggak putus..atau di bentuk kipas..sesuai selera saja ya....met coba..^^

      Delete
  3. mbak,jumlah air untuk pencelupnya berapa mL?ndak ada keterangannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya.lupa nulis..kira2 100 ml Mba.jadi lebih kental sedikit dari adonan kremesnya ya..^^

      Delete
  4. Mba, piring,cangkir,teko dkk bagus2 deh, belinya di mana mba? Ak Mauuu donk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Klaten Mba Ida..di daerah Wedi..sentra industri gerabah sana..murah2..100 ribu aja bisa dapet byk..hihi

      Delete
  5. wah mba diah ngeliat resep" dan foto makanannya jadi pengen nyoba , hehe keren nih mba diah .
    Salam kenal ya mba ..

    ReplyDelete