Sunday, June 23, 2013

Jongkong Surabaya..Kali ini Asli..Pakai Air Abu Merang Warna Hitamnya...^^


Kue Jongkong Surabaya..ada yang suka teman2 ?..Atau malah baru tahu..baiklah..aku ceritain sedikit ya..Jongkong Surabaya ini adalah sejenis kue lapis, terbuat dari tepung beras, santan, gula dan garam. Jadi..kue lapis beras biasa donk ya..dulu ku pikir begitu..tapi ternyata..ada satu bahan tambahan lagi yang membuat rasa kue lapis ini istimewa dan beda dari lapis beras pada umumnya..yaitu pewarnannya..semuanya menggunakan pewarna alami..yang hitam..warnanya dari air abu merang..sedangkan warna hijaunya dari air perasan daun suji dan daun pandan. Sehingga aroma dan rasanya..ternyata beda banget sama lapis beras biasa...setelah aku nyoba bikin yang otentik..yang benar2 pakai air merang tadi. Rasanya benar2 enak,  manisnya pas saja samar2 dan gurih rasanya, unik dech...pokoknya beda dech sama kue lapis beras biasa. Hangat2 ku sajikan buat suami..dan happ...langsung habis beberapa biji..hihi. Dulu sich ..pernah coba juga bikin jongkong Surabaya palsu..tapi karena nggak  punya merang..jadi warna hitamnya aku ganti coklat..pakai pasta coklat..enak juga sich..cuma rasanya jadi lapis kota..soalnya rasa coklat..hihi.


Di Semarang..susah banget cari *Merang*..yaitu daun dan batang padi yang sudah menguning dan kering itu lho teman2..lah ..di Semarang atas saja..yang dulu kata suamiku daerah sawah subur, sekarang udah jadi rumah semua..hihi..sampai akhirnya pas mudik ke Yogya kemaren aku udah pesan duluan sama ibuku untuk cari merang dan akhirnya..dapat dech..udah di tumbukin dan di ayak halus pula..sama ibuku..jadi dech..aku bisa buat jongkong surabaya yang otentik ini. Besok..mau coba bikin dawet ireng khas Purworejo..terus bikin tausa atau kumbu kacang hijau hitam, terus..apalagi ya..yang bisa pakai air abu..*mikir dulu ya..*..aduch..kebanyakan proyek di dapur aku ini..mau bikin kumpulan resep2 kue kering buat teman2 di fb aja..belum selesai2..udah mau bikin2 yang lain..maaf ya teman2..moga2 jadi beberapa hari lagi sebelum puasa dech kumpulan resep kue2 keringnya....biar bisa buat  mulai bikin atau buat variasi yang udah jualan kue kering ya..jadi..stay tuned..di sini ya..hihi..

Nah..back to Jongkong..ayuk2.kita lestarikan kue nan unik dan enak ini..dengan mencobanya di rumah teman2..jika tidak ada air merang...ya terpaksa..di ganti saja..pakai coklat pasta ya..rasanya tetep enak sich..cuma kurang otentik..selamat mencoba. Oh ya..tips..kadang2 kan kita males tuch ya..motong2 kue lapis..suka agak susah..nah..kalau mau praktis..di bikin aja pakai cetakan kue talam kecil2 gini..jadi bentuknya udah manis..nggak usah motong lagi..sekali lahap dech..hihi. Enggak ribet dan lama kok bikinnya teman2..asal kita enjoy aja ya..sambil nunggu setiap 5 menit bisa duduk manis dulu di dekat kompor sambil baca majalah..atau sambil ngerjain pekerjaan dapur lain..tapi jangan lupa pasang timer ya..hihi....

Oke..buat yang berminat dan suka kue lapis beras..ini dia resepnya ya..^^
Jongkong Surabaya

Bahan :
350 ml santan dari 1 butir kelapa ( aku pakai Bumas ukuran 90 ml, terus cairkan dengan di tambah air jadi sama 350 ml ukurannya )
75 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
100 gram tepung beras
20 gram tapioka
50 ml air abu merang , dari 5 sendok makan abu merang halus yang di encerkan dengan 50 ml air, kemudian saring pakai saringan halus, agar air warna hitam saja yang tersaring. ( jika tidak ada..ganti pasta coklat saja..)
50 ml air daun suji ( dari 20 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan, tapi jika tidak ada..pakai pasta pandan biasa aja )
Bahan taburan : 100 gram kelapa parut panjang dan sejimpit garam, kukus 15 menit.

Cara Membuat :
Rebus, santan, gula pasir, dan garam sambil di aduk sampai mendidih. Ukur 300 ml santannya dan biarkan hangat.
Campur rebusan santan dan semua tepung aduk hingga halus dan licin.
Bagijadi dua adonan, satu bagian tambahkan larutan air abu merang, dan satu bagian lagi tambahkan air pandan / pasta andan.
Taruh cetakan kue talam yang sudah di oles minyak dalam kukusan.
Tuang di cetakan talam satu lapisan warna hitam, kukus 5 menit, lalu tuang lagi adonan warna hijau, kukus lagi selama 5 menit. Begitu seterusnya sampai cetakan talam penuh. Lalu kukus terakhir 15 menit. Sajikan dengan kelapa parut..yummy..!

Tips : 
Sebelum adonan di tuang ke cetakan..pastikan adonan di aduk dulu..supaya tidak ada bagian yang mengendap di bawah.
Api sedang saja..jangan terlalu besar supaya kue lapisnya halus dan tidak bergelombang lapisannya.
Selamat Mencoba...!




11 comments :

  1. lha apalagi aku yang di ciledug mau cari abu merang kemana, hehe...kalo di solo sih di pasar tradisional insya Allah ada. Kue jongkong ni salah satu kue legit khas Jawa yang bikin kangen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya Mba Rina...dari dulu aku penasaran rasa kue lapis yang pakai merang gini..eh baru keturutan sekarang ini..dan ternyata benar2 enak ya..air merangnya ini yang memberi sentuhan unik..bener..legit rasanya..^^

      Delete
  2. Mbak Didi selalu bikin ngiler deh xixixixi :)...abu merangnya disini carinya dimana ya :(..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..makasih Mba Elvira..iya rada susah memang cari abu merang...ganti coklat pasta saja Mba..enak juga kok..^^

      Delete
    2. tapi beda rasa sepertinya mbak lebih enak abu merang kayaknya, mbak kasih liat potonya abu merang dong :D

      Delete
  3. Iya Mba..jadi nggak otentik hihi..coba cari toko2 Cina Mba..biasanya kan ada untuk bikin tausa kumbu kacang hijau yang jadi hitam itu lho..^^..ya Mba..nanti ku upload ya..^^

    ReplyDelete
  4. Cantiiiik mbakyu, aku jadi excited juga nunggu resep resep ber'merang' lainnya. Sebenarnya dah lama jg pengen bikin ini tp gak ada merangnya, hiks...btw love your blog new looks so much deh. Pas banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiiih Mba Hesti..^^..iya Mba..aku juga semnagat dari kemaren..eh ketumpuk nyoba reseplain..hihi..masih banyak lhokue2 unik bermerang..kayak kue Lompong dari Purworejo..nanti segera dech coba..aku juga penasaran soalnya..nanti kalau aku mudik Lebaran...aku bawa bubuk merang banyak tak kirimi Mba..di Yogya banyak..dan gratis..kalau cuma merang..hihi..

      Delete
  5. Bedanya dengan jongkong yang disajikan bersama cenil itu apa mbak? apakah di bahan dasar?

    ReplyDelete
  6. Bedanya dengan jongkong yang disajikan bersama cenil itu apa mbak? apakah di bahan dasar?

    ReplyDelete
  7. Mba Didi....saya coba pakai abu merang tapi kok warnanya gak bisa hitam banget ya....Radius

    ReplyDelete